in

Baju Berwarna Hijau Mint Cocok dengan Hijab Warna Apa

Warna hijau mint merupakan salah satu warna yang sedang digemari oleh masyarakat, terutama oleh para wanita. Warna hijau mint ini umumnya bersifat lembut, karena warna hijau mint ini intensitas warnanya rendah. Warna hijau mint ini termasuk ke dalam warna dalam kategori pastel atau warna-warna yang kalem. Warna hijau mint ini bisa memberikan kesan yang kalem dan feminin bagi para penggunanya, terutama jika dikombinasikan dengan warna-warna netral atau warna pastel lainnya. Meskipun warna hijau mint ini masuk ke dalam warna-warna yang lembut, tetapi warna hijau mint ini belum bisa dikategorikan sebagai warna netral.

Sebab, warna hijau mint ini merupakan turunan dari warna primer hijau, yang notabene merupakan warna yang terang. Pastinya di antara kita pernah merasa kebingungan untuk mengombinasikan warna pakaian, karena setiap orang pasti ingin untuk tampil menarik demi mempresentasikan dirinya dengan baik. Salah satu contohnya, banyak ditemukan mereka yang kebingungan untuk mengombinasikan pakaian yang berwarna hijau mint.

Jika anda juga pernah merasa kebingungan untuk mengombinasikan pakaian berwarna mint, tidak perlu khawatir lagi khawatir lagi! Di bawah ini diuraikan beberapa rekomendasi padu padan pakaian warna hijau mint dengan hijab yang berwarna serasi. Namun, sebelum masuk ke dalam rekomendasi, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu cara padu padan warna. Artikel ini telah merangkum beberapa teori sederhana untuk mengombinasikan warna.

5 Konsep Kombinasi Warna

1. Kombinasi Warna Monokromatik

Sumber gambar: Blog Utara Studio

Kombinasi warna monokromatik ini merupakan padu padan warna yang paling umum digunakan, yakni menggunakan warna yang satu kelompok dengan warna yang ingin digunakan. Monokromatik ini tidak sama artinya dengan monokrom yang berarti hitam dan putih. Kombinasi warna monokromatik merupakan padu padan satu warna dengan warna yang menjadi turunannya. Konsep kombinasi monokromatik mirip dengan konsep gradasi warna, tetapi kombinasi monokromatik hanya menggunakan satu warna tersebut, yakni mulai dari shade warna yang lebih muda sampai warna yang lebih tua.

Pada intinya, kombinasi warna monokromatik adalah perpaduan sejumlah warna yang sumbernya dari satu warna, tetapi nilai dan intensitas warna tersebut berbeda. Sebagai contoh, warna dasar coklat yang intensitas warnanya semakin lama semakin berkurang bisa menjadi warna khaki, beige, juga cream. Warna-warna itu berasal dari satu warna yang intensitasnya berbeda. Maka dari itu, anda dapat menemukan warna-warna tersebut bisa dikombinasikan dan menghasilkan paduan yang matching dan selaras.

2. Kombinasi Warna Analog

Sumber gambar: SeekPNG.com

Kombinasi warna analog merupakan kombinasi yang menggunakan tiga warna yang bersebelahan dengan warna yang digunakan dalam roda warna. Sebagai contoh, dalam roda warna di atas, kita dapat melihat bahwa di sebelah kiri warna coklat ada warna coklat yang lebih muda, dan di sebelah kanan warna coklat terdapat warna merah bata. Ini berarti, anda dapat mengombinasikan warna coklat dengan warna coklat yang lebih muda, dan atau warna merah bata. Kombinasi warna analog ini dapat menghasilkan perpaduan warna yang seimbang dan harmonis.

3. Kombinasi Warna Komplementer atau Berseberangan

Sumber gambar: Pinterest

Berbeda dengan dua kombinasi warna yang telah dijelaskan di atas, kombinasi warna komplementer menggunakan dua warna yang tidak memiliki persamaan shade. Kombinasi warna komplementer merupakan kombinasi suatu warna dengan warna lain yang letaknya ada di seberangan warna tersebut dalam roda warna. Warna yang berada di posisi yang saling berseberangan berarti warna tersebut bersifat saling melengkapi atau komplementer. Anda dapat menentukan warna yang saling berseberangan tersebut dengan cara menarik garis lurus dari warna yang anda pilih.

Sebagai contoh, anda bisa melihat pada roda warna di atas bahwa warna merah berseberangan dengan warna hijau. Contoh lain, jika anda menarik garis lurus dari warna kuning, maka anda bisa menemukan warna tersebut berseberangan dengan warna ungu. Warna-warna ini saling melengkapi atau bersifat komplementer. Paduan warna komplementer ini sangat bisa anda gunakan untuk menentukan warna pakaian anda. Biasanya, untuk memadukan warna dengan kombinasi komplementer cukup dibutuhkan keberanian, karena akan menghasilkan warna color blocking atau padu padan yang penuh warna.

4. Kombinasi Warna Tetradik

Sumber gambar: Pinterest

Sesuai dengan namanya, kombinasi warna tetradik merupakan kombinasi yang memanfaatkan empat warna. Konsep kombinasi warna tetradik ini konsepnya sama seperti kombinasi warna komplementer, di mana kombinasi warna ini akan melibatkan warna yang saling berseberangan. Perbedaannya hanya pada jumlah warna yang dimanfaatkan, yaitu empat warna, sehingga membentuk seperti persegi.

Kombinasi warna tetradik juga bisa disebut sebagai kombinasi warna tanda “+” (plus), dengan menarik garis secara diagonal di dalam roda warna. Sebagai contoh, pada gambar roda warna di atas anda bisa melihat bahwa warna hijau, warna oranye, warna biru, dan warna merah saling berseberangan, dan keempat warna tersebut membentuk sebuah persegi. Keempat warna ini dapat anda kombinasikan menjadi padu padan warna yang cocok. Sama seperti kombinasi warna komplementer, untuk mengombinasikan warna tetradik ini biasanya dibutuhkan keberanian, karena paduan warna ini lebih warna-warni lagi.

5. Kombinasi Warna Triadik

Sumber gambar: Pinterest

Kombinasi warna yang satu ini hampir serupa dengan konsep kombinasi warna tetradik, hanya saja kombinasi warna yang satu ini menggunakan tiga warna. Kombinasi warna triadik biasa disebut juga sebagai kombinasi warna huruf T dalam roda warna. Kombinasi warna triadik ditentukan dengan menarik garis membentuk segitiga atau huruf T dalam roda warna. Sebagai contoh, pada gambar di atas anda dapat melihat bahwa segitiga dalam roda warna sudutnya berada pada warna kuning, biru, dan merah. Ini berarti warna kuning, biru, dan merah akan cocok jika dikombinasikan. Sebagai contoh lain, warna hijau, oranye, dan ungu juga akan membentuk segitiga atau huruf T. Ini menandakan ketiga warna tersebut cocok jika anda padu padankan.

Nah, itu dia Grameds beberapa konsep kombinasi warna yang bisa anda gunakan sebagai acuan untuk menentukan padu padan warna dalam berpakaian. Konsep kombinasi warna ternyata mudah untuk dimengerti ya. Kembali lagi untuk menjawab permasalahan untuk mengombinasikan pakaian berwarna hijau mint dengan warna hijab yang serasi, di bawah ini ada beberapa kombinasi warna hijab yang bisa kamu coba.

Rekomendasi Mix & Match Pakaian Berwarna Hijau Mint dengan Hijab yang Serasi

Pada dasarnya, baju warna hijau mint bisa cocok dikombinasikan dengan warna apa saja. Namun, warna hijau mint ini termasuk ke dalam salah satu warna yang tidak netral. Di bawah ini diuraikan beberapa contoh padu padan warna pakaian hijau mint dengan hijab yang berwarna serasi.

1. Hijab Berwarna Hijau Lebih Gelap

Sumber gambar: Pinterest

Padu padan pakaian berwarna hijau mint dengan hijab berwarna hijau lebih gelap seperti yang terlihat pada gambar di atas adalah kombinasi warna yang aman. Sebab, kedua warna ini bersumber dari warna primer yang sama, hanya saja berbeda pada tingkat intensitas warnanya. Jika mengacu pada konsep kombinasi warna yang telah dijelaskan di atas dan melihat pada roda warna, paduan warna hijau mint dan warna hijau lainnya termasuk ke dalam kombinasi warna monokromatik yang konsepnya serupa dengan gradasi warna. Shade kedua warna ini tidak berbeda jauh, sehingga pastinya sangat serasi jika dikombinasikan. Seperti yang terlihat pada foto di atas, sangat serasi ya paduan antara kedua warna hijau ini.

2. Hijab Berwarna Putih

Sumber gambar: Pinterest

Warna putih adalah warna yang paling netral dan pasti cocok jika dikombinasikan dengan semua warna. Padu padan dengan warna putih tidak akan pernah salah dan pasti hasilnya bagus. Maka dari itu, anda tentunya bisa memadukan baju berwarna hijau mint dengan hijab yang berwarna putih. Seperti pada foto di atas ini, cantik sekali ya paduan baju warna hijau mint dan hijab berwarna putih.

3. Hijab Berwarna Abu-Abu

Sumber gambar: Pinterest

Padu padan ini hampir sama seperti kombinasi dengan warna hitam, karena warna abu-abu juga masuk ke dalam rumpun warna netral atau monokrom. Secara umum warna monokrom akan cocok untuk dikombinasikan dengan warna apa saja. Dibuktikan dengan foto di atas, baju berwarna hijau mint serasi jika dipadukan dengan hijab yang berwarna abu-abu.

4. Hijab Berwarna Coklat

Sumber gambar: Pinterest

Paduan warna yang satu ini termasuk ke dalam paduan warna yang bisa dibilang cukup aman, karena paduan baju warna hijau mint dengan hijab berwarna coklat bisa masuk ke dalam kategori earth tone. Warna coklat yang digunakan pada foto di atas adalah warna coklat yang lebih soft atau intensitasnya lebih rendah, sehingga kedua warna ini sama-sama bersifat kalem. Maka dari itu, baju warna hijau mint akan cocok jika dipadukan dengan warna coklat yang soft seperti ini.

Nah, itu dia Grameds beberapa contoh paduan warna baju hijau mint dengan warna hijab yang serasi. Selain contoh-contoh di atas, anda juga bisa mencoba memadukan warna hijau mint dengan warna yang lainnya, sesuai dengan konsep kombinasi warna yang telah dijelaskan di atas. Anda bisa mencoba menggunakan warna-warna yang saling bersebelahan atau masih dalam satu rumpun warna primer yang sama atau mencoba padu padan dengan warna yang kontras atau berseberangan letaknya di roda warna.

Semoga artikel ini dapat membantu anda yang kebingungan dalam memadukan warna baju hijau mint dengan warna hijab yang anda akan pakai, sehingga anda tidak akan kebingungan lagi dalam mengombinasikan warna pakaian anda. Jika anda ingin mencari informasi terkait gaya berpakaian dengan hijab, atau informasi yang terkait dengan fesyen, anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari buku-buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi yang terbaik dan terlengkap bagi anda yang ingin belajar.

Written by Gabriel