in

Baju Merah Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Ini Inspirasinya!

Sumber: hijabclothes.com

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa – Pernah nggak sih Grameds bingung memadukan baju warna merah dengan jilbab warna apa? Sifat warna merah yang mencolok dan terkesan dominan menjadikan baju berwarna ini hanya dipakai oleh orang-orang dengan kepercayaan diri tinggi.

Pasalnya siapapun yang mengenakan baju merah seringkali menjadi pusat perhatian. Gramed, kalau kamu termasuk salah satu yang masih gamang untuk memadukan baju merah dengan jilbab apa, jangan khawatir, kami akan mengulasnya di dalam tulisan ini.

https://www.gramedia.com/products/conf-dandan-hijab-7-menit-jilbab-cantik-tanpa-peniti?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Baju Merah Cocok dengan Jilbab Warba Apa?

Buat kamu yang menggunakan jilbab, jangan khawatir. Tenang saja. Ada banyak macam warna yang bisa kamu pakai agar outfit yang kamu pilih terlihat padu-padan. Yuk Grameds, langsung saja kita ulas bersama.

1. Jilbab Warna Putih

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Jika kamu ingin penampilanmu terlihat bersahaja tapi menyala, jilbab warna putih bisa menjadi pilihanmu. Kedua warna ini tampak kontras jika dipadukan, di sisi lain, kamu juga akan terlihat fresh, cerah, dan modis. Hasilnya, kamu akan terlihat memukau dan bersinar.

Sebagai warna netral, putih cenderung cocok untuk dipadukan dengan warna apa saja. Tone yang kalem dan polos dapat menyeimbangkan mencoloknya baju merah yang kamu kenakan. Perpaduan keduanya memberikan kesan saling melengkapi satu sama lain dan menghilangkan kesan monoton.

2. Jilbab Warna Orange

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Warna merah dan kuning memang sama-sama warna yang mencolok. Sebagai turunan dari warna kuning, orange tetap saja memiliki sifat-sifat bawaan dari warna kuning. Jika warna merah dan kuning dikombinasikan, akan menghasilkan kesan mewah, stabil, hangat, ceria, optimis, cekatan, dan efektif dalam satu paduan outfit.

Dengan memasangkan baju merah dengan jilbab orange, kamu akan tampak segar dan manis. Tidak hanya itu, kamu tampak berwibawa namun membumi. Meskipun keduanya sama-sama terang, perpaduan keduanya tidak menghasilkan warna yang norak selama kamu bisa menyiasati penampilanmu.

3. Jilbab Warna Hitam

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa
Sumber: cewekbanget.grid.id

Warna hitam dan putih merupakan warna-warna netral yang bisa dipadukan dengan warna apa saja. Jika jilbab berwarna putih bisa dipadupadankan dengan baju merah, maka jilbab berwarna hitam pun juga dapat dipasangkan dengan baju merah. Warna hitam yang gelap dapat meredam kehebohan dan kontradiktif yang dibawa baju merah.

Kesan mencolok dari baju merah dapat diimbangi dengan gelapnya hitam yang cenderung memberikan kesan misteri, elegan, dan formal. Jika dipadukan, kedua warna ini dapat saling melengkapi satu sama lain.

Sebaiknya, warna merah yang kamu pilih untuk baju memiliki tone yang terang. Baju merah terang akan tampak kontras dapat memberikan kesan ketegasan dan kesegaran. Sebaliknya baju yang berwarna merah gelap dapat memberikan kesan gelap dan kemurungan. Namun demikian, jika kamu berkulit putih atau kuning langsat, kamu cenderung bebas memilih paduan.

4. Jilbab Warna Abu-abu

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Abu-abu tua dan abu-abu muda berasal dari satu jenis yang sama, yakni perpaduan antara putih dan hitam. Keduanya dapat dikombinasikan dengan baju merahmu. Warna abu-abu merupakan warna yang earthy sehingga memberikan kesan keseimbangan.

Sebagai warna yang dikenal kalem, jilbab abu-abu dapat mengimbangi mencoloknya baju merah yang kamu kenakan. Kekaleman warna abu-abu juga dapat meredam agresivitas dan dominasi yang dibawa warna merah. Dengan kehadiran jilbab abu-abu, kamu akan tampak sebagai orang yang tenang namun berani, dalam namun siap menerima tantangan, dan bergairah namun dapat mengendalikan diri. Seimbang kan, Grameds?

5. Jilbab Warna Ungu Muda

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Baju merah tampak cocok dengan warna ungu muda. Terlebih baju berwarna merah marun, perpaduan keduanya akan menghasilkan tampilan yang sedap dipandang mata. Keduanya akan terlihat kontras, namun tidak terlalu mencolok.

Warna ungu muda memiliki warna yang mendekati putih dan tone yang menyerupai merah marun. Dengan demikian, jilbab ungu muda dan baju merah marun akan menghadirkan nuansa warna yang senada. Selain itu, jilbab ungu muda memberikan kesan muda dan segar begitu dipadu-padankan dengan baju merah marun.

6. Jilbab Warna Senada

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa
Sumber: instagram.com/dianpelangi

Baju merah bukan hanya cocok dipadukan dengan jilbab dengan berbagai warna di atas. Baju merah juga cocok untuk dipadukan dengan jilbab dengan warna yang sama dan tone yang senada. Bukan hanya bisa, melainkan sangat bisa. Paduan ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki kulit cerah.

Untuk menghindari kesan monoton, hindari pemilihan aksesoris berwarna merah. Kamu bisa memilih aksesoris dengan warna yang cerah agar terlihat lebih berwarna.

https://www.gramedia.com/products/jilbab-traveler-love-spark-in-korea?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

7. Jilbab Warna Nude dan Cokelat Muda

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Baju merah akan sangat cocok jika dipadukan dengan jilbab berwarna nude. Kamu pernah mendengar warna ini? Warna ini memang belum begitu familiar karena jarang disebut. Namun para kaum hawa tentu tidak asing dengan warna ini karena warna ini seringkali menjadi salah satu varian warna lipstik.

Jika dipadukan dengan baju merah, jilbab berwarna nude akan memberikan kesan sederhana dan kalem. Pemilihan jilbab nude ini dapat menyeimbangkan baju merah yang terlihat heboh dan menantang.

Jilbab nude ini juga dapat kamu aplikasikan dengan semua jenis undertone lainnya. Hal tersebut tidak mengherankan karena warna nude memiliki tone warna yang mendekati tone kulit mayoritas orang-orang Indonesia. Sehingga orang-orang Indonesia cocok menggunakan setelan ini.

Bagi kamu yang memiliki kulit sawo matang, kamu tidak perlu khawatir. Di samping warna cokelat muda dan krem, warna nude dapat menjadikan kulit sawo matang tampak segar dan lebih cerah. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan kan, Grameds?

Di samping warna nude, warna cokelat muda dapat menjadi pilihan untuk jilbabmu. Cokelat muda selalu menawarkan kesan kasual. Kesan kasual ini dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin tampil gaya tanpa harus berlebihan. Kamu tidak perlu ribet, cukup mengandalkan mix and match gaya yang nyaman, simpel, namun tetap on-point.

8. Jilbab Warna Dusty Pink

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Dibanding dengan warna pink aslinya, warna dusty pink terlihat lebih kalem. Warna ini tampak sedikit lebih berdebu dari warna pink aslinya sehingga warnanya tidak terlalu menyala. Dusty pink sangat cocok untuk kamu pilih sebagai warna jilbab jika dipadukan dengan baju merah.

Ketegasan yang dipancaran oleh warna merah dapat diimbangi oleh kekaleman warna dusty pink. Tidak hanya itu, jilbab dusty pink akan menampilkan kesan feminimmu sebagai wanita. Senada dengan jilbab pink, wanita yang mengenakan baju merah dan jilbab pink atau dusty pink akan terlihat tegas, lembut, dan feminin dalam satu waktu.

9. Jilbab Motif

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Jika kamu bosan memadukan jilbab berwarna polos dengan baju merah, tidak salahnya kamu memilih jilbab bermotif. Dengan penampilan ini, kamu dapat memvariasikan motif-motif yang kamu pilih agar mix and match dengan baju merah. Kamu pun bisa memilih jilbab dengan motif simpel atau motif ramai. Kedua motif ini terbukti bisa melengkap baju merah dengan tampilan yang lebih semarak.

10. Jilbab Merah dengan Tone yang Berbeda

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Tidak hanya cocok dengan jilbab dengan warna senada, baju merah juga cocok untuk kamu padukan dengan jilbab warna merah dengan tone yang berbeda juga bisa kamu jadikan alternatif untuk penampilanmu. Kamu bisa memilih baju merah gelap dengan jilbab merah terang atau sebaliknya, baju merah terang dengan jilbab merah gelap.

11. Jilbab Warna Teal

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Jilbab dengan warna teal ini mungkin belum terbayangkan oleh banyak orang untuk dikombinasikan dengan baju merah. Padahal, perpaduan antara jilbab teal dengan baju merah menghasilkan kombinasi yang unik dan bisa diterima kok. Coba saja kamu perhatikan foto di atas. Tidak buruk kan?

Bagi sebagian orang, perpaduan tersebut mungkin masih aneh. Anggapan tersebut tidak mengherankan karena perpaduan ini masih jarang digunakan oleh wanita berjilbab. Tenang saja, Grameds. Dengan mengenakan setelan outfit ini, kamu akan terlihat anggun, kalem, dan warnanya tidak akan mati.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat memadukan jilbab teal dengan baju merah marun. Dengan begitu, kamu akan menghasilkan penampilan yang segar dan menawan. Meski terkesan kontras, tapi serasinya paduan ini tidak membuatmu terlihat norak.

12. Jilbab Warna Dusty Rose

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Dusty rose merupakan warna mawar namun lebih berdebu sehingga terlihat agak pucat. Warna ini mendekati warna pink, ungu, dan cokelat muda. Oleh karena itu, warna ini menampikan kesan kasual dan feminin sekaligus. Jika dipadukan dengan baju berwarna merah, jilbab ini cocok untuk dijadikan pendampingnya.

Jilbab berwarna dusty rose bisa dipakai oleh kamu yang memiliki kulit dengan undertone fair and cool. Dusty rose menawarkan kesan segar dan cerah, baik diaplikasikan sebagai baju, bawahan, ataupun jilbab. Warna ini terbilang cukup eksklusif, sehingga kamu memadukannya dengan baju merah, kamu akan tampak mewah dan elegan.

13. Jilbab Warna Biru Tua

Selain warna hitam, warna biru tua merupakan warna gelap yang cocok untuk dipadukan dengan warna merah. Oleh karena itu, jilbab biru tua dapat kamu kombinasikan dengan baju merah. Dengan mengenakan perpaduan ini, kamu akan tampak sophisticated.

Untuk penampilan yang memberikan kesan terbaik, kamu bisa menggunakan baju merah berbahan kain katun satin yang memperlihatkan efek kilauan. Dengan perpaduan ini, kamu juga tidak akan terlihat mencolok. Efek lainnya dari setelan outfit ini adalah munculnya perasaan sejuk dan dingin.

14. Jilbab Warna Emas

Baju merah cocok dengan jilbab warna apa

Warna emas memang identik dengan kemegahan. Warna ini dapat dimaknai sebagai kemakmuran dan kemenangan, sejalan dengan kualitas emas yang memiliki harga fantastis. Tidak heran jika warna ini banyak digunakan untuk menceritakan kisah sukses. Emas adalah warna pertama yang paling bisa mendeskripsikan prestasi dan kemenangan yang gemilang.

Warna ini masih jarang digunakan sebagai warna jilbab. Padahal, jilbab berwarna emas cocok dan tidak ada masalah jika dipadukan dengan baju merah. Perpaduan jilbab emas dan baju merah akan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang sukses, jaya, dan makmur. Tidak hanya itu, kamu juga akan terlihat megah dan sulit dijangkau dengan setelan outfit ini.

Karena perpaduan ini mempertontonkan kemegahan, jilbab emas dan baju merah sebaiknya digunakan pada saat acara-acara formal saja. Di acara seperti itu, penting bagi kamu menampilkan kesan yang baik dan wibawamu.

https://www.gramedia.com/products/muslimah-produktif?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Selayang Pandang Warna Merah

Dalam dunia psikologi warna, merah merupakan warna yang memiliki pengaruh paling kuat dalam merangsang emosi dibandingkan warna lainnya. Meskipun warna kuning juga terlihat mencolok, namun kuning hanya memberikan kesan keceriaan, lapar, optimisme, kebahagiaan, dan energisitas.

Sedangkan warna merah, selain membangkitkan rasa lapar, juga dapat memberikan kesan menantang. Warna ini juga dinilai sebagai warna yang paling kontradiktif, mampu menghadirkan semangat, amarah, dan cinta sekaligus.

Beberapa efek psikologi yang dihadirkan oleh warna merah adalah sebagai berikut:

1. Energi dan Kegembiraan

Warna merah diyakini dapat memberikan energi tambahan dan menstimulasi kebahagiaan bagi siapapun yang melihat dan memakainya. Studi yang khusus membahas efek warna merah menyatakan bahwa orang yang terpapar warna merah atau memakai warna ini akan mengalami pada peningkatan tekanan darah, metabolisme, pernapasan, dan denyut jantung. Keempat hal ini dapat meningkatkan energi yang kamu miliki.

2. Bahaya atau Peringatan

Sebagaimana yang telah kita bahas di awal, warna merah adalah yang menonjol (setelah warna kuning) dan dominan, bahkan paling kontradiktif. Hal tersebut menjadikan warna merah dikenal sebagai warna yang sangat mudah dikenali sehingga mudah menarik perhatian orang. Oleh karenanya, peringatan tegas akan larangan atau perhatian seperti alat pemadam kebakaran, sirine, tanda berhenti, dan lampu tanda berhenti semuanya berwarna merah.

Tidak hanya itu, warna merah juga memberikan pertanda ada bahaya di sekitarmu. Istilah red flag atau bendera merah, yang sering digunakan kawula muda jaman sekarang, memiliki arti adanya kejanggalan pada seseorang atau sesuatu yang harus menjadi kewaspadaan.

3. Dominasi

Sebuah studi pernah dilakukan pada saat pergelaran Olimpiade 2004 di Athena, Yunani. Saat itu, para atlet pada jenis olahraga gulat, tinju, dan taekwondo secara acak diberikan seragam merah dan biru. Dari pembagian seragam tersebut, didapatkan data bahwa atlet yang memakai seragam berwarna merah mampu meraih kemenangan lebih banyak.

Para ahli pun memperbincangkan fenomena ini. Mereka berpendapat, warna merah memiliki hubungan yang sangat erat dengan dominasi. Dengan mengenakan seragam warna merah, besar kemungkinan atlet memiliki rasa superioritas, dominan, dan powerfulness, sehingga mereka tampil secara agresif dan dipenuhi ambisi untuk menang.

4. Semangat dan Gairah

Selain menjadi pengingat akan adanya bahaya dan peringatan, warna merah juga dapat membangkitkan semangat dan gairah dalam waktu bersamaan. Bahkan, baju merah dapat mengundang ketertarikan lawan jenis yang memperhatikanmu. Warna merah juga dipercaya dapat menggelorakan cinta.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2008 menguji kecenderungan laki-laki terhadap foto seorang perempuan yang memakai baju merah dan biru. Hasilnya, wanita yang sama lebih menarik lawan jenis secara visual apabila menggunakan baju warna merah dibanding baju biru.

5. Amarah atau Serangan

Saat seseorang marah, warna wajahnya cenderung berubah menjadi agak kemerahan karena terjadi peningkatan aliran darah. Hal inilah yang mendorong budaya hampir di seluruh dunia mengidentikkan warna merah dengan amarah.

6. Kekuatan, Kekayaan, dan Kejayaan

Di samping warna hitam, warna merah juga bisa digunakan untuk melambangkan kekuatan. Tidak sedikit warna merah dipilih untuk melambangkan kekuatan dan keperkasaan. Tidak hanya itu, warna merah juga dapat menjadi simbol kejayaan dan kekayaan sekaligus.

Jika diperhatikan, para pengusaha yang kaya banyak yang menggunakan dasi berwarna merah. Warna merah juga dipilih sebagai sambutan mewah untuk orang-orang terhormat. Kita mengenalnya dengan istilah karpet merah atau red carpet. Beberapa ahli di bidang ini menyatakan, laki-laki yang menggunakan pakaian merah lebih menarik di mata perempuan karena terkesan kuat mandiri, dan mapan.

https://www.gramedia.com/products/hijab-mahkota-muslimah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah beberapa inspirasi untuk menjawab baju merah cocok dengan jilbab warna apa. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait padu padan pakaian dan jilbab yang tersedia di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mutiani Eka Astutik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi