in

10 Mobil Termahal di Dunia dan Alasan Orang Membeli Mobil Mahal

Sumber: Pexels

Mobil termahal di dunia – Bagi orang-orang kelas atas, memiliki koleksi mobil termahal di dunia akan menjadi suatu kebanggaan, sebab eksistensi dari mobil-mobil mahal terbatas atau biasa kita sebut limited edition. Karena hal inilah, industri otomotif mulai berlomba-lomba untuk merakit mobil terbaru dengan teknologi serta desain terbaru yang eksklusif.

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi kendaraan roda empat tidak hanya menjadi alat transportasi, akan tetapi menjadi satu gaya untuk meningkatkan citra diri seseorang. Bahkan ada beberapa orang yang rela untuk mengeluarkan budget puluhan miliar demi mendapatkan kendaraan impiannya yang paling mahal.

Pada umumnya, orang akan membeli sebuah kendaraan karena fitur canggih dari kendaraan tersebut. Selain karena fitur, ada pula orang yang membeli kendaraan karena menyukai desain dari kendaraan tersebut.

https://www.gramedia.com/products/otomotif-14-edisi-11-17-agustus-2022?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Biasanya, mobil termahal di dunia akan memiliki desain yang elegan serta fitur canggih yang inovatif. Karena hal inilah, mobil-mobil mahal pun semakin digandrungi. Lalu apa saja mobil termahal di dunia?

10 Daftar Mobil Termahal di Dunia

mobil termahal di dunia
Sumber: Pexels

Bagi pecinta mobil, kendaraan roda empat satu ini bukan hanya sekadar mobil akan tetap dianggap sebagai sebuah karya otomotif yang luar biasa. Semakin tinggi kualitas dari sebuah mobil, maka akan semakin mahal pula harga jual dari mobil tersebut. Selain itu, jumlah unit juga akan memengaruhi harga mobil. Nah, apa saja mobil termahal tersebut? Dan bagaimana kualitasnya sehingga mendapat predikat sebagai mobil termahal?

1. Mercedes Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe Prototypes

mobil termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Model mobil termahal di dunia yang pertama adalah mobil klasik asal Jerman yang pertama kali diperkenalkan pada sekitar tahun 1955. Mercedes 300 SLR Uhlenhaut yang hanya diproduksi sebanyak 2 unit saja.

Mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yaitu sekitar 135 juta euro atau Rp 2 triliun yang laku pada acara lelang tertutup. Hal ini membuat Mercedes Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe Prototypes mendapatkan predikat sebagai mobil termahal di dunia saat ini.

300 SLR Uhlenhaut adalah Mercedes Benz termahal pada masanya. Mobil satu ini memiliki 8 mesin silinder yang mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar yaitu sekitar 300 hp. Mesin 8 silindernya pun sanggup membawa mobil ini melaju dengan kecepatan hingga 300 km/jam.

2. Ferrari 250 GTO

mobil termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Mobil termahal kedua di dunia adalah Ferrari 250 GTO. Model Ferrari satu ini adalah mobil yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Di mana mobil ini sebelumnya sempat digunakan oleh Phill Hill pada balapan yang diadakan di Targa Florio pada tahun 1962.

Karena termasuk supercar, mobil Ferrari 250 GTO juga pernah digunakan oleh Jean Guichet dan Gianni Bulgari. Menurut spesifikasinya, Ferrari 250 GTO dibekali dengan mesin yang berkapasitas 3.0 liter V12 dan mampu menghasilkan tenaga hingga maksimal 300 hp.

Ferrari 250 GTO ini juga mampu menyentuh kecepatan maksimal nya yaitu 280 km/jam. Dengan sejarah yang melengkapi mobil ini serta mesin yang cukup bertenaga, maka mobil ini berhasil dijual dengan harga 48,4 US Dollar atau setara dengan Rp 708.7 miliar.

3. Rolls Royce Boat Tail

mobil termahal di dunia
Sumber: Detikcom

Siapa yang tidak kenal dengan merk mobil Roll Royce? Brand mobil satu ini telah dikenal sebagai brand yang memproduksi mobil-mobil berkualitas dengan harga yang mahal.

Sehingga banyak orang mengidamkan untuk memiliki mobil dari Roll Royce, terutama karena desain serta spesifikasi yang ditawarkan oleh brand ini. Oleh karena itu, tidak heran apabila Roll Royce Boat Tail masuk dalam daftar mobil termahal di dunia.

Terinspirasi dari elemen-elemen laut, mobil satu ini dinamakan Roll Royce Boat Tail. Pada bagian belakang dari mobil ini, ada kompartemen yang dapat dibuka serta menghadirkan suasana untuk bersantai.

Kemudian pada bagian bagasi mobilnya juga dilengkapi dengan lemari pendingin serta minuman. Rolls Royce Boat Tail memiliki mesin V12 dengan kapasitas 6,75 liter. Tidak hanya spesifikasinya saja yang mengagumkan, mobil ini juga limited edition karena hanya diproduksi sebanyak 3 unit saja dengan harga 28 juta US Dollar atau setara dengan Rp 398 miliar.

4. Bugatti La Voiture Noire

mobil termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Selain Roll Royce, Bugatti merupakan brand mobil yang dikenal memproduksi mobil-mobil mahal dan mewah. Salah satu mobil termahal yang pernah diproduksi oleh Bugatti adalah Bugatti La Voiture Noire.

Mobil mewah satu ini hanya diproduksi satu unit saja dan dijual dengan harga 18 juta US Dollar atau setara dengan Rp 255,9 miliar. La Voiture Noire pertama kali diperkenalkan ke publik pada sekitar tahun 2019 dengan menghidupkan kembali mobil lama dengan tipe 57 SC Atlantic.

Menurut segi dapur pacunya, Bugatti La Voiture Noire dilengkapi oleh mesin W16 yang memiliki kapasitas 8000 cc 4 turbo. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut kurang lebih sebesar 1.500 tk.

5. Ferrari 335 S Spider Scaglietti

mobil termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Ferrari memiliki dua tipe mobil yang masuk dalam daftar mobil termahal di dunia. Tipe mobil Ferrari yang kedua adalah Ferrari 335 S Spider Scaglietti. Mobil Ferrari satu ini dirancang dengan performa yang tinggi.

Ferrari 335 S Spider Scaglietti hanya dijual sebanyak empat unit saja di seluruh dunia. Dengan harga yang cukup fantastis yaitu sekitar 36 juta US Dollar atau setara dengan Rp522 miliar.

Mobil mewah satu ini pertama kali diperkenalkan oleh publik pada tahun 1957. Supercar asal Italia satu ini dibekali dengan mesin V12 dengan kapasitas 4,1 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 400 hp. Mesin tersebut adalah mesin yang paling bertenaga pada masanya.

6. Bugatti Centodieci

mobil termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Mobil termahal di dunia yang keenam adalah Bugatti Centodieci yang menjadi model supercar modern EB110. Dari desainnya, mobil ini menggunakan beberapa elemen desain dari EB110 dan menjadi ikon dari brand Bugatti di era 1990-an.

Seperti halnya mobil mahal yang lain, Bugatti Cento Dieci juga diproduksi dalam jumlah terbatas yaitu hanya sebanyak 10 unit saja dan dihargai 9 juta US Dollar atau kira-kira setara dengan Rp127,9 miliar.

Tidak hanya memiliki desain klasik, Bugatti Centodieci juga dibekali dengan mesin W16 yang memiliki kapasitas 8000 cc. Dengan tenaga mesin sebesar 1557 tk, mobil satu ini mampu melesat pada 0 hingga 100 km per jam hanya dalam kurun waktu 2,4 detik saja.

7. Rolls Royce Sweptail

mobil termahal di dunia
Sumber: Detikcom

Selain Boat Tail, brand mobil Rolls Royce juga memproduksi mobil sedan yang unik yaitu Sweptail. Sesuai dengan nama dari mobil ini, Rolls Royce Sweptail memiliki desain runcing pada bagian belakangnya.

Selain itu, mobil ini juga memiliki keunikan lainnya pada bagian belakang yaitu memiliki atap kaca yang cukup panjang. Mobil mewah ini diperkenalkan pada publik di tahun 2017 dan dijual dengan harga 13 US Dollar atau setara dengan Rp 184 miliar.

Rolls Royce Sweptail dilengkapi dengan mesin V12 dengan kapasitas 6,76 liter. Seperti halnya mobil mewah yang lain, mobil ini hanya diproduksi secara terbatas dan hanya ada 1 unit saja di seluruh dunia.

8. Pagani Zonda HP Barchetta

mobil termahal di dunia
Sumber: Liputan6.com

Pagani Zonda HP Barchetta merupakan brand mobil asal Italia. Brand Pagani memproduksi mobil dengan harga yang cukup mahal. Salah satu model yang memiliki harga paling tinggi adalah Pagani Zonda HP Barchetta.

Mobil satu ini adalah mobil yang hanya diproduksi sebanyak tiga unit saja. Dengan harga jual 17,5 juta US Dollar atau kira-kira setara dengan Rp 248 miliar. Hypercar yang diproduksi oleh Pagani ini dilengkapi dengan mesin milik Mercedes Benz.

Mesin tersebut memiliki kapasitas 73, liter V12. Selain itu, Pagani Zonda HP Barchetta juga dilengkapi dengan roda belakang yang ditutupi oleh serat karbon. Mobil ini cukup unik, sebab tidak memiliki atap seperti mobil umum lainnya.

9. Mercedes Benz Maybach Exelero

mobil termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Mercedes Benz pertama kali memperkenalkan mobil Maybach Exelero pada tahun 2022. Mobil ini sempat menjadi mobil paling mahal yang pernah dijual oleh Mercedes Benz.

Mobil satu ini dijual dengan harga 8 juta US Dollar atau kira-kira setara dengan Rp 119 miliar. Selain memiliki desain yang mewah, mobil ini juga dilengkapi dengan mesin V12 twin turbo.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut adalah sebesar 690 hp. Dengan tenaga tersebut, mobil ini mampu meluncur dengan kecepatan maksimal hingga 350 km/jam.

10. Bugatti Divo

mobil termahal di dunia
Sumber: AntaraNews

Divo adalah salah satu mobil yang cukup spesial yang diproduksi oleh Bugatti. Brand mobil asal Perancis ini hanya dibuat sebanyak 40 unit saja di seluruh dunia. Bugatti Divo dijual dengan harga 5,9 juta US Dollar atau kira-kira setara dengan Rp83,8 miliar.

Sebagai salah satu mobil yang mewah, Bugatti Divo dikenal memiliki kecepatan fantastis. Selain itu, bentuk mobil yang aerodinamis downforce juga ditingkatkan pada tipe Bugatti satu ini dengan akselerasi later 1,6 Gs. mobil ini juga dikenal memiliki desain yang futuristik serta menawan.

https://www.gramedia.com/products/otomotif-03-edisi-26-mei-01-juni-2022?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kenapa Mobil Mewah Memiliki Harga yang Mahal?

mobil termahal di dunia
Sumber: Pexels

Apabila diperhatikan, mobil-mobil yang termasuk dalam 10 daftar mobil termahal memiliki harga selangit yang mungkin akan sulit dibeli oleh orang biasa. Sehingga, biasanya mobil tersebut hanya dimiliki oleh jutawan atau miliarder yang mampu merogoh kocek lebih demi sebuah mobil. Lalu apa yang membuat sebuah mobil bisa dihargai semahal itu?

Dari banyaknya mobil yang beredar di pasaran Indonesia, umumnya ada dua jenis mobil. Pertama adalah mobil yang diproduksi atau dirakit di Indonesia atau biasa disebut sebagai Completely Knock Down (CKD) dan ada mobil yang diproduksi di luar negeri kemudian diimpor ke Indonesia atau disebut dengan Completely Built Up (CBU).

Beberapa jenis dari mobil CBU adalah mobil-mobil mewah. Mengapa disebut dengan mobil mewah? Sebab mobil tersebut memiliki sejumlah fitur yang mewah, berlimpah, dan tidak banyak dimiliki oleh jenis atau model mobil yang lain.

Sehingga, untuk membuat sebuah mobil dengan spesifikasi, kualitas, inovasi dan fitur yang berbeda dari mobil lain, maka dibutuhkan biaya lebih. Entah itu dari proses desainnya, menguji fitur-fitur terbarunya hingga menciptakan inovasi baru.

Lalu ada beberapa faktor lain yang membuat mobil dibanderol dengan harga selangit, terutama mobil-mobil mewah CBU yang tidak bisa dirakit di Indonesia.

Untuk mengetahui hal ini, perlu Grameds ketahui bahwa setiap barang yang masuk ke Indonesia perlu melalui beberapa proses salah satunya adalah pajak. Lalu, pajak yang dibebankan pada mobil mewah CBU tentu saja tidak sedikit.

Kenapa pajak mobil tinggi? Tujuannya agar pemerintah dapat mengendalikan atau membatasi jumlah impor barang yang masuk ke Indonesia. Selain itu, jenis pajak yang dikenakan pun bervariasi.

Ada empat jenis pajak yang dikenakan pada barang-barang impor. Di antaranya adalah Pajak Penghasilan pasal 22 (Pajak PPh 22), Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (Pajak PPnBM), Bea masuk sebesar 50% untuk mobil mewah dan Pajak Pertambahan Nilai (Pajak PPn).

Dari pajak yang dibebankan pada sebuah mobil mewah CBU yang masuk ke Indonesia, maka akan ada penambahan biaya sekitar 195% atau dua kali lipat dari harga aslinya. Sehingga, harga jual dari mobil mewah akan berkisar tiga kali lipat dari harga normal dari negara pembuat mobil tersebut. Hal inilah yang membuat harga mobil mewah melangit dan mahal.

Mengapa Orang Membeli Mobil Mewah dengan Harga Mahal?

mobil termahal di dunia
Sumber: Pexels

Meskipun dibandrol dengan harga yang mahal dan dikenakan pajak yang tinggi, mengapa ada orang yang rela merogoh kocek lebih untuk membeli sebuah mobil? Tentu saja ada alasan yang membuat mobil mewah dengan harga selangit pantas diidamkan oleh banyak orang. Berikut beberapa alasan yang membuat orang mau membeli mobil mewah.

1. Menawarkan Opsi Keamanan Tercanggih

Mobil mewah akan sangat memperhatikan keselamatan dari penggunanya, mengingat ada risiko berbahaya di jalan raya. Oleh sebab itu, pabrik mobil mewah akan menambahkan beberapa fitur keamanan seperti peringatan titik buta, roda kemudi teleskopik, airbag di samping dan depan, kontrol traksi, hill start assist dan lainnya.

2. Menjelaskan Status yang Tinggi

Tidak semua orang mampu membeli mobil mewah karena harganya yang mahal. Oleh karena itu, mobil mewah yang dimiliki oleh seseorang akan menjelaskan status sosial orang tersebut. Karena hal ini pula, ada grup khusus bagi para pemilik dan pecinta mobil mewah yang tentu saja tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang.

3. Memiliki Nilai Jual yang Tinggi, Cocok sebagai Investasi

Mobil mewah akan memiliki harga jual yang tinggi, meskipun telah dijual second atau bekas. Tidak seperti mobil bekas lainnya yang akan turun harga ketika dijual. Semakin langka model mobil tersebut, maka akan semakin tinggi pula harganya. Oleh sebab itu, mobil mewah pun cocok dijadikan sebagai barang investasi.

4. Menggunakan Teknologi Canggih

Teknologi canggih yang ada pada mobil mewah tentu saja akan memakan biaya mahal. Teknologi canggih ini akan menawarkan pengalaman berkendara yang aman serta nyaman bagi pengendaranya. Tidak hanya dilengkapi oleh fitur keamanan saja, biasanya mobil mewah juga dilengkapi dengan fitur hiburan dan lainnya.

https://www.gramedia.com/products/pengenalan-bodi-otomotif?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah daftar 10 mobil termahal di dunia. Apakah ada mobil incaran Grameds? Jika Grameds tertarik dengan topik mobil atau otomotif, Grameds bisa mencari informasinya dengan membaca buku maupun tabloid seputar otomotif yang tersedia di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi