in ,

12 Jurusan Soshum Terfavorit dan Fakultasnya

Jurusan Soshum – Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi dapat dikelompokkan berdasarkan jurusan pada tingkat sekolah menengah atas, yakni IPA, IPS dan Bahasa.

Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial kita tahu termasuk pada rumpun Sosial dan Humaniora pada saat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, yang mana siswa hanya dapat memilih jurusan kuliah dengan latar belakang mata pelajaran IPS.

Ada baiknya, pada saat menentukan jurusan di SMA dapat kamu pilih sesuai dengan minat. Hal ini dikarenakan akan memberikan pengaruh penting dan sangat menentukan pada saat hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Soshum sendiri merupakan kelompok yang digunakan untuk pemilihan jurusan di perguruan tinggi negeri dengan dasar ilmu pengetahuan sosial.

Misalnya saja, di Universitas Gadjah Mada terdapat terdapat 30 jurusan soshum. Sementara itu, Universitas Indonesia terdapat 32 jurusan soshum. Sedangkan, Universitas Brawijaya diketahui memiliki 29 jurusan soshum yang sangat cocok untuk anak IPS melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Maka dari itu, sebelum memilih jurusan kuliah, ada baiknya kamu dapat melihat di website masing-masing universitas terkait program studi soshum apa yang tersedia. Setelah itu, kamu dapat mulai menentukan kampus atau jurusan mana yang hendak diambil. Misalnya saja seperti, pada saat mengikuti SNMPTN, kamu diminta memilih dua universitas dan dua jurusan soshum.

Gramedia.com telah berhasil mengumpukan informasi terkait jurusan soshum yang paling banyak diminati dan memiliki prospek yang bagus di masa depan. Nah, berikut ini adalah beberapa jurusan soshum yang perlu kamu ketahui, antara lain yaitu:

Jurusan Soshum

sbmptn soshum

sbmptn soshum

1. Manajemen

Jurusan soshum yang paling favorit dan sangat menarik banyak peminat masih dipegang oleh manajemen. Pada data SNMPTN 2021 saja, manajemen menjadi jurusan kuliah yang paling banyak diminati dari rumpun sosial dan humaniora.

Dalam jurusan manajemen sendiri, kamu bisa belajar tentang cara untuk membuat perencanaan dan pengelolaan sebuah organisasi maupun perusahaan. Beberapa mata kuliah Manajemen yang akan kamu pelajari, di antaranya yaitu Ekonomi Manajerial, Manajemen Strategi, Komunikasi Bisnis, Manajemen Risiko, dan lain sebagainya.

Maka tak heran, apabila jurusan Manajemen selalu menjadi jurusan dengan tingkat keketatan paling tinggi dalam beberapa seleksi masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia, misalnya seperti Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Hasanuddin.

2. Ilmu Komunikasi

Kemudian, jurusan soshum paling favorit yang kedua adalah ilmu komunikasi. Tentu bagi kamu yang anak IPS waktu SMA pasti familiar dengan jurusan ini. Pada data yang ditemukan, jurusan ini bisa dikatakan merupakan jurusan paling favorit kedua dalam seleksi masuk beberapa perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Gadjah Mada.

Jurusan ini bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan kuliah pada rumpun sosial dan humaniora yang memiliki peminat, terutama anak IPS. Hal itu dikarenakan ada banyak sekali anak IPS yang memiliki minat untuk merintis karir dalam industri media, seperti reporter, humas, marketing communication, content writer, sutradara film, fotografer, penyiar radio, dosen, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali hal yang bisa kamu pelajari pada saat kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Misalnya saja, jurusan Ilmu Komunikasi biasanya akan membuatmu belajar tentang ilmu hubungan masyarakat, penyiaran, komunikasi media, jurnalistik, hingga periklanan. Beberapa ilmu tersebut yang bakal menentukan fokus bidangmu secara spesifik.

3. Psikologi

Psikologi menjadi jurusan soshum paling favorit ketiga belakangan ini. Menurut data penerimaan mahasiswa baru tahun 2021, Psikologi termasuk kedalam jurusan yang selalu memiliki persaingan paling ketat di Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam jurusan ini, Kamu akan mempelajari tentang berbagai perilaku hingga perasaan yang dimiliki oleh setiap individu. Namun, tidak sebagai dokter yang memberikan pengobatan kepada seseorang yang sedang mengalami gangguan jiwa.

Selain itu, seiring dengan meningkatnya kesadaran tentang kesehatan mental, psikologi menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek yang sangat baik. Terlebih lagi di zaman kemajuan teknologi, ada banyak sekali elemen yang mengagetkan sehingga membuat seseorang menjadi lebih mudah stress atau bahkan depresi.

Dalam jurusan Psikologi, kamu bakal belajar dari para ahli atau tokoh dari ilmu psikologi. Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang bagian psikologi yang lain, misalnya saja seperti perkembangan manusia, beberapa cabang ilmu psikologi, hingga sampai yang akan mengharuskan kamu untuk melakukan wawancara dan observasi untuk praktikum.

Kemudian, ada beberapa peminatan dalam jurusan Psikologi, mulai dari psikologi organisasi, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi perkembangan dan psikologi klinis. Pemilihan peminatan ini nantinya akan memberikan bekal kamu pada saat lulus. Entah kamu ingin jadi HRD, konsultan pendidikan, konselor, peneliti, dosen, atau bahkan bisa juga membuka klinik sendiri, tetapi tentu dengan syarat sudah menempuh pendidikan S2 profesi.

4. Akuntansi

Jurusan soshum paling favorit keempat adalah akuntansi. Sebagai jurusan yang berada di rumpun sosial dan humaniora, akuntansi bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan dengan prospek yang sangat baik di masa yang akan datang. Pasalnya, akuntansi terbukti sangat dibutuhkan dalam semua bidang perkantoran, baik di lembaga negara maupun swasta.

soshum sbmptn um mandiri

soshum sbmptn um mandiri

Jurusan ini juga dikenal memiliki prospek yang luwes, tak heran apabila setiap tahun selalu ada persaingan yang ketat di hampir semua perguruan tinggi di Indonesia. Maka dari itu, sebagian besar perguruan tinggi yang ada di Indonesia pasti memiliki jurusan ini, entah jenjang D3, D4, maupun S1.

Pada saat kuliah di jurusan akuntansi, maka kamu diharuskan untuk menguasai sederet mata kuliah tentang akuntansi tentunya, mulai dari Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Biaya, Akuntansi Anggaran, Akuntansi Pemerintah, Sistem Informasi Akuntansi, Perpajakan, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cita-cita orang akuntansi. Lulusan jurusan Akuntansi biasanya memiliki cita-cita untuk bekerja di Big Four. Big Four sendiri adalah istilah untuk empat kantor Akuntan Publik (KAP) terbesar yang ada di dunia, yaitu Deloitte, E&Y, KPMG, dan PWC. Bagi kamu yang bisa masuk ke sana, tentu hal itu merupakan salah satu pencapaian paling bergengsi yang kamu miliki dalam hidupmu.

5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Jurusan soshum yang paling banyak diminati kelima adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau biasa disingkat PGSD. Menjadi guru tentu merupakan cita-cita yang membanggakan bagi sebagian orang. Maka dari itu, jurusan PGSD dapat menjadi salah satu jalan untuk menjadi seorang guru. Terlebih lagi, mengajar anak tentu akan sangat baik untuk menciptakan generasi di masa yang akan datang.

Dalam proses pembelajaran di jurusan PGSD, kamu bakal dibekali dengan berbagai jenis mata kuliah dasar dan penting, mulai dari Perkembangan Peserta Didik, Psikologi Pendidikan, Kajian Bahasa Indonesia SD, Belajar dan Pembelajaran SD, Pengembangan Kurikulum SD, Strategi Belajar Mengajar SD, dan lain sebagainya.

6. Desain Komunikasi Visual

Selanjutnya, DKV yang merupakan singkatan dari Desain Komunikasi Visual bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan soshum yang memiliki prospek bagus di masa depan. Meskipun sering kali disepelekan karena pekerjaannya yang hanya menggambar saja, kuliah Desain Komunikasi Visual memerlukan proses berpikir yang mendalam dan panjang dalam menghasilkan sebuah gambar. Maka dari itu, tak heran apabila setiap gambar buatan anak DKV sangat menarik, informatif, dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Apabila jurusan soshum yang lain seperti Ilmu Komunikasi lebih menekankan penyampaian pesan secara verbal, jurusan Desain Komunikasi Visual lebih fokus untuk menyampaikan sebuah pesan atau maksud tertentu melalui karya seni. Di Indonesia sendiri, jurusan Desain Komunikasi Visual yang paling banyak diminati yaitu FSRD ITB. Tahun lalu saja, ada sekitar 1.618 pendaftar untuk kuliah di jurusan tersebut.

Dalam jurusan Desain Komunikasi Visual, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah tentang seni, diantaranya yaitu nirmana, dasar seni rupa, tipografi, visual branding, copywriting, fotografi, teknologi grafika, desain kemasan, dan lain sebagainya. Seorang lulusan DKV sendiri memiliki prospek kerja yang sangat bagus, misalnya saja seperti agensi periklanan, media online, industri perfilman, bahkan banyak juga yang lebih memilih sebagai pekerja lepas atau freelance.

7. Ilmu Hukum

Siapa yang tidak tahu jurusan soshum ini, Ilmu hukum merupakan salah satu jurusan paling populer di perguruan tinggi Indonesia. Para mahasiswa jurusan hukum diketahui akan mempelajari berbagai hal tentang hukum secara mendalam, baik secara teori maupun penerapannya.

Bagi kamu yang tertarik untuk terjun dalam dunia hukum di Indonesia. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari jurusan ini, misalnya saja seperti pengacara atau lawyer, sekretaris legal, asisten legal, hingga paralegal.

8. Sosiologi

Sebagai salah satu bidang ilmu di rumpun sosial dan humaniora, Sosiologi menjadi jurusan yang sebenarnya tidak cukup populer. Hanya saja, di masa depan, jurusan ini akan sangat dibutuhkan.

Sosiologi sendiri sebenarnya merupakan ilmu tentang hal-hal yang memiliki hubungan dengan kehidupan individu hingga masyarakat. Manfaat dari alumni dari jurusan Sosiologi biasanya akan sangat dibutuhkan dalam menentukan sebuah kebijakan. Tidak hanya itu, dalam beberapa kebutuhan, seorang Sosiolog akan sangat diperlukan dalam melakukan analisis perilaku masyarakat sekaligus memecahkan masalah sosial.

Apabila lulusan dari jurusan Sosiologi bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk membantu dalam menyusun kebijakan serta mengatur penduduknya. Di masa depan, seorang Sosiolog bisa menjadi UX Researcher di perusahaan start-up. Tugas dari seorang UX Research sendiri tidak terlalu berbeda dengan tugas sebenarnya, yaitu mencari masalah. Hanya saja, UX Researcher diperlukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen dari suatu perusahaan.

9. Bisnis Digital

Apabila sebelumnya membahas kemungkinan jurusan Sosiologi untuk bekerja di perusahaan Startup, berikutnya akan dijelaskan tentang jurusan yang baru ramai di Indonesia, yakni Bisnis Digital. Bisnis Digital sendiri mulai muncul di beberapa perguruan tinggi negeri saja, antara lain yaitu Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, hingga Universitas Negeri Malang.

Namun, tidak hanya kampus negeri saja yang sudah membuka jurusan Bisnis Digital. Tetapi, ada juga beberapa kampus swasta yang telah membuka jurusan Bisnis Digital, mulai dari Universitas Katolik Parahyangan hingga Binus University. Secara garis besar, jurusan ini memberikan kamu pengetahuan tentang bagaimana pemanfaatan teknologi dan internet dalam upaya mengembangkan sebuah bisnis.

Apabila kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan mengambil mata kuliah seperti perencanaan bisnis start-up, statistika, pengembangan web, SEO, digital marketing, market research, consumer behaviour, hingga desain produk.

Nah, dengan bekal ilmu dan praktik yang sudah kamu miliki selama kuliah di jurusan Bisnis Digital. Tentu saja kamu sudah bisa mendirikan sebuah startup yang mana kamu adalah CEOnya. Namun, apabila kamu belum siap menjadi seorang pengusaha, kamu juga bisa menjadi seorang digital marketing specialist, social media specialist, public relations, dan masih banyak lagi.

10. Sastra Inggris

Jurusan sosial dan humaniora selanjutnya adalah Sastra Inggris. Jurusan ini masih banyak diminati. Pasalnya, sastra Inggris tidak hanya dikenal sebagai jurusan untuk belajar bahasa Inggris, melainkan juga untuk belajar tentang teori kebahasaan, teori penerjemahan, sampai teori sastra. Nah, bagi kamu yang bermimpi ingin masuk jurusan ini, Sastra Inggris bisa dikatakan salah satu jurusan dengan persaingan yang ketat.

11. Pendidikan Vokasional Seni Kuliner

Pada SNMPTN 2021 lalu, Pendidikan Vokasional Seni Kuliner dari Univeristas Negeri Jakarta menjadi salah satu jurusan paling banyak diminati di Indonesia. Jurusan ini mengajarkan para mahasiswa untuk memahami proses menyiapkan, memasak, hingga menghidangkan makanan seluruhnya. Namun, tidak hanya itu, karena ada nama seni kuliner. Jurusan ini akan membuat kamu mempelajari tentang pengolahan hidangan masakan berbagai daerah, mulai dari Western dan Asia, tradisional dan mancanegara, sampai bakery dan patisserie.

12. Tata Rias

Kemudian, yang terakhir adalah adalah jurusan yang dianggap tidak terlalu memiliki masa depan, yaitu tata rias. Diketahui hanya ada beberapa kampus saja yang memiliki jurusan ini, antara lain yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan beberapa kampus swasta seperti LaSalle College atau Puspita Martha International Beauty School. Alumni jurusan tata rias biasanya akan memiliki sertifikat di bidang kecantikan pada saat lulus, baik itu gelar diploma atau sarjana terapan.

Sebagai profesi yang memiliki hubungan keindahan kulit, mahasiswa Tata Rias juga akan belajar mengenai anatomi, fisiologi, kesehatan kulit dan rambut, kimia kosmetik, keselamatan kerja, dan riset kecantikan. Tata rias pada dasarnya bukan hanya soal merias wajah, melainkan juga belajar memahami keindahan tubuh manusia. Di masa sekarang, peluang kerja untuk jurusan ini sangat terbuka, hal itu dikarenakan Tata Rias sangat dibutuhkan di industri hiburan, misalnya seperti Make Up Artist (MUA), tenaga pengajar, hingga membuka brand kosmetik sendiri.

Daftar Fakultas dan Jurusan Soshum

1. Fakultas Hukum

Ilmu Hukum

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Ilmu Ekonomi
  • Ekonomi Islam
  • Bisnis Islam

3. Fakultas Ilmu Budaya

  • Sastra Inggris
  • Sastra Arab
  • Sastra Perancis
  • Sastra Jepang
  • Sastra Jerman
  • Bahasa dan Kebudayaan Korea
  • Antropologi
  • Ilmu Filsafat
  • Ilmu Perpustakaan
  • Ilmu Sejarah
  • Arkeologi
  • Ilmu Filsafat

4. Fakultas Psiokologi

Psikologi

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Ilmu Politik
  • Sosiologi
  • Ilmu Hubungan Internasional
  • Ilmu Komunikasi
  • Manajemen & Kebijakan Publik
  • Ilmu Kesejahteraan Sosial
  • Kriminologi

6. Fakultas Ilmu Administrasi

  • Ilmu Administrasi Fiskal

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Jurusan Soshum

Written by Emka Umam