in

Cara Buat CV Online Gratis dan Rekomendasi Websitenya

Buat CV online gratis – CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang menggambarkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian seseorang. CV ini biasanya dibuat saat seseorang melamar pekerjaan atau mengikuti seleksi masuk suatu institusi pendidikan. CV terdiri dari beberapa bagian, yaitu: a) Identitas Diri, b) Pendidikan, c) Pengalaman Kerja, d) Keterampilan dan e) Referensi.

Pembuatan CV harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti, karena CV akan menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan saat seseorang melamar pekerjaan. Pastikan untuk tidak menyertakan informasi yang tidak benar atau tidak relevan, serta gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Membuat CV kini bisa menjadi lebih mudah karena ada banyak website serta aplikasi yang menyediakan opsi untuk buat CV online gratis. Bagi Grameds yang tertarik, berikut cara membuat CV online gratis dan rekomendasi websitenya.

Pengertian CV dan Bagian-Bagiannya

 

Sumber: Pixabay

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisi informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian seseorang. CV biasanya dibuat saat seseorang melamar suatu pekerjaan atau mengikuti seleksi masuk suatu institusi pendidikan, seperti perguruan tinggi atau program magang.

CV terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

1. Identitas Diri

Berisi informasi tentang nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

2. Pendidikan

Mencantumkan riwayat pendidikan formal, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan terakhir. Biasanya disertai dengan nama sekolah, tahun masuk dan lulus, serta gelar yang diperoleh.

3. Pengalaman Kerja

Mencantumkan pengalaman kerja yang pernah dijalani, mulai dari nama perusahaan, posisi yang pernah dijabat, hingga tanggal mulai dan selesai bekerja.

4. Keterampilan

Mencantumkan keahlian yang dimiliki, seperti kemampuan mengoperasikan perangkat lunak atau bahasa asing yang dikuasai.

5. Referensi

Mencantumkan orang-orang yang bisa dihubungi untuk memberikan keterangan tentang kepribadian dan kompetensi seseorang.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

CV merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan saat seseorang melamar pekerjaan, sehingga penting bagi setiap orang untuk membuat CV yang baik dan menarik. Ketika membuat CV, Grameds harus memastikan untuk tidak menyertakan informasi yang tidak benar atau tidak relevan, serta menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Selain itu, perhatikan juga format dan desain CV, agar CV terlihat rapi dan menarik bagi perusahaan yang akan membacanya. Dengan membuat CV yang baik, peluang seseorang untuk diterima bekerja atau masuk ke institusi pendidikan yang diinginkan akan semakin besar.

Pengertian CV Menurut Para Ahli

Selain pengertian CV secara umum, ada pula pengertian CV yang dijelaskan dari beberapa sumber seperti Cambridge Dictionary dan Merriam Webster. Berikut penjelasannya.

1. Cambridge Dictionary

Pengertian CV atau Curriculum Vitae menurut Cambridge Dictionary adalah deskripsi singkat tertulis tentang pendidikan, kualifikasi, pekerjaan sebelumnya, dan terkadang juga berisi minat pribadi seseorang, yang dikirimkan kepada atasan ketika melamar pekerjaan.

2. Merriam-Webster

Menurut Merriam-Webster, pengertian Curriculum Vitae (CV) adalah laporan singkat mengenai karir dan kualifikasi seseorang yang disiapkan oleh pelamar untuk berada pada suatu posisi tertentu.

3. The Balance Careers

The Balance Careers menjelaskan bahwa pengertian Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen yang digunakan untuk membuat suatu daftar kualifikasi seseorang dan digunakan untuk melamar pekerjaan. CV bekerja dengan cara yang hampir sama seperti resume dan memberi informasi terperinci mengenai pendidikan maupun riwayat kerja seseorang. Secara singkatnya, CV dinilai jauh lebih komprehensif dibandingkan resume biasa.

Tips Membuat CV

Sebagai tambahan, beberapa tips yang dapat dilakukan ketika membuat CV yang baik adalah:

  1. Buat dengan rapi dan jelas: Gunakan font yang mudah dibaca dan sebaiknya tidak terlalu kecil. Juga pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak warna atau gambar yang mencolok.
  2. Sesuaikan dengan posisi yang dilamar: Sesuaikan informasi yang ditampilkan dengan posisi yang dilamar, sehingga perusahaan dapat dengan mudah mengetahui kecocokan antara kompetensi yang dimiliki dengan posisi yang ditawarkan.
  3. Jelaskan dengan singkat: Jangan menuliskan informasi yang terlalu panjang atau terlalu detail, sebab perusahaan tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca CV. Tuliskan informasi yang paling penting saja.

Fungsi CV bagi Pelamar Kerja dan Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dari CV, sebenarnya apa fungsi atau kegunaan dari Curriculum Vitae ini? CV tentu saja memiliki berbagai macam fungsi, bukan hanya bagi para pelamar kerja saja, akan tetapi juga bagi perusahaan yang menerima CV tersebut.

Beberapa fungsi dari CV bagi seorang pelamar kerja atau magang antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Guna memperkenalkan diri seseorang pada perusahaan.
  2. Untuk dapat mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara yang realistis serta sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Sementara itu bagi suatu perusahaan, CV memiliki fungsi antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Untuk dapat mengklasifikasikan pelamar sesuai dengan jenjang pendidikan serta pengalaman yang ia miliki.
  2. Untuk dapat mengetahui kemampuan maupun keterampilan dari seorang pelamar
  3. Untuk dapat mengetahui besaran nilai gaji yang pantas ditawarkan kepada seorang pelamar.

Cara Buat CV Online Gratis

Sumber: Pexels

Ada beberapa kriteria ketika membuat CV, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa membuat Curriculum Vitae tidak dapat sembarangan, sebab CV akan menentukan apakah seseorang dapat diterima di sebuah institusi atau perusahaan.

Dengan menggunakan CV, maka perusahaan dapat melihat batas kemampuan, keahlian yang dimiliki oleh pelamar dan pengalaman yang akan berguna untuk perusahaan tersebut.

Namun, agar HRD atau perusahaan tertarik untuk membaca deskripsi diri seorang pelamar pada CV, maka CV harus terlihat menarik, tidak berlebihan dan tentunya meyakinkan.

Untuk membuat CV dengan kriteria tersebut, Grameds bisa membuat CV secara online dan gratis dengan menggunakan beberapa website berikut ini:

  • Canva

Membuat CV online gratis bisa dilakukan dengan mengakses website Canva. Tentu saja bagi sebagian orang, Canva tidak asing lagi sebab website satu ini menyediakan berbagai macam template desain yang dapat digunakan untuk membuat poster hingga CV.

Untuk membuat CV, Canva telah menyediakan beberapa desain yang telah dikelompokan menjadi beberapa tema. Mulai dari tema colorful, abstract hingga CV dengan desain tema profesional.

Tema CV bisa Grameds pilih sesuai dengan pekerjaan atau profesi yang Grameds ambil. Contohnya apabila Grameds melamar pekerjaan dalam bidang kreatif, maka Grameds bisa memilih desain dengan tema colorful atau abstract.

Canva juga memperbolehkan penggunanya untuk mengatur tata letak dengan bebas. Contohnya Grameds bisa memindahkan posisi heading informasi, melakukan copy paste teks dengan bebas, mengunggah foto. Fitur-fitur Canva untuk membuat CV ini bisa digunakan oleh pengguna hanya melalui smartphone.

Akan tetapi, Canva memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah desain CV template yang disediakan kurang ramah pada Applicant Track System atau ATS. ATS merupakan aplikasi penyaring CV secara otomatis yang peka pada deskripsi teks.

Hal ini karena desain tema CV yang disediakan oleh Canva lebih menonjolkan desain dinamis serta minim ruang teks untuk deskripsi. Kekurangan lainnya adalah file CV online dari Canva tidak dapat diedit dengan aplikasi pihak ketiga, sehingga proses editing CV harus dilakukan dengan menggunakan akun Canva.

Selain itu, Canva juga memiliki beberapa kelebihan seperti berikut ini:

  • Memilih template untuk dapat membuat CV secara online dan dengan tema menarik serta gratis. Temanya sangat beragam mulai dari profesional hingga kreatif.
  • Tema CV mudah dimodifikasi. Contohnya seperti mengubah tampilan font, mengubah warna dan mengunggah foto.
  • Kickresume.com

Untuk membuat CV online gratis, Grameds bisa mencoba mengunjungi situs kickresume.com untuk membuat CV dengan tema profesional. Website satu ini memang dikhususkan untuk CV dengan tampilan profesional, sebab templatenya lebih menonjolkan ruang untuk teks yang lebih luas.

Meskipun template-nya professional, akan tetapi variasi tema CV pada kickresume.com cukup beragam. Seluruh template pada website satu ini dikelompokan berdasarkan industri pekerjaan penggunaannya. Mulai dari sektor kesehatan, manufaktur hingga IT.

Apabila pengguna website kickresume.com ingin menambahkan foto ataupun gambar, website satu ini memiliki fitur attachment file. Sehingga pengguna dapat menambahkan lebih dari foto maupun gambar.

Tidak hanya tampilannya, website satu ini juga memiliki berbagai macam fitur yang mendukung kebutuhan CV resmi lainnya. Contohnya seperti fitur proofreading untuk dapat mendeteksi kesalahan eja dalam deskripsik atau fitur menulis resume secara otomatis.

Akan tetapi, kickresume kurang fleksibel apabila pengguna ini mengatur tata letak serta melakukan custom heading. Sehingga apabila Grameds ingin melakukan banyak perubahan desain atau tata letak, lebih baik Grameds menggunakan website membuat CV online lainnya.

Terlepas dari kekurangannya tersebut, website satu ini juga memiliki beberapa kelebihan di antara adalah user friendly bagi pemula dan memiliki banyak fitur otomatis yang dapat mendukung membuat CV dengan tema profesional.

  • Bikin CV

Bikin CV adalah website yang digunakan untuk membuat CV dari Indonesia. Sudah ada banyak pengguna yang ikut menggunakan website satu ini. Hal ini karenakan Bikin CV memiliki interface user friendly bagi pemula dan mudah digunakan.

Selain itu, alur untuk membuat CV online gratis dari website Bikin CV pun cukup simpel. Pengguna hanya perlu mengisi tabel informasi, kemudian memilih desain dan mengunduh file CV yang telah selesai dibuat.

Karena diperuntukan bagi pemula, website satu ini hanya menyediakan tema terbatas. Sehingga, website Bikin CV akan kurang tepat digunakan oleh Grameds yang ingin membuat CV dengan menggunakan tema atau desain unik.

Kekurangan lain dari website satu ini adalah kurang fleksibel bagi pengguna yang ingin melakukan kustomisasi jenis font, heading atau warna font. Namun ada pula beberapa kelebihan lain seperti file CV yang lebih ringan dibandingkan website penyedia lain, ramah pada ATS dan memiliki alur serta interface yang user friendly untuk membuat CV online gratis.

  • Novoresume

Apabila Grameds membutuhkan desain CV yang lebih beragam, maka Grameds bisa mencoba membuat CV online gratis dengan cara mengunjungi website Novoresume.

Novoresume menyediakan berbagai macam template desain yang dikelompokan menjadi beberapa kategori. Kategori desain CV mulai dari college, basic, executive hingga creative. Grameds bisa memiliki desain template CV mulai dari resmi hingga kreatif sesuai dengan profesi atau karir Grameds.

Apabila Grameds ingin mengoptimalkan CV, maka Novoresume menyediakan fitur Live Content Feedback. Dengan menggunakan fitur satu ini, CV Grameds akan langsung dikomentari oleh pakarnya.

Tujuan dari fitur tersebut adalah agar CV yang dibuat oleh pengguna akan menjadi lebih menarik serta sesuai dengan preferensi dari HRD perusahaan yang Grameds incar.

Seperti halnya beberapa website lainnya, Novoresume juga memiliki beberapa kekurangan yaitu memiliki editing tools yang sangat minim, sehingga akan kurang fleksibel untuk dapat mengatur heading atau tata letak informasi dan deskripsi CV.

Sedangkan kelebihan dari Novoresume adalah memiliki desain yang bervariasi mulai dari desain CV kreatif hingga profesional, ramah pada ATS dan pengguna akan mendapatkan tips maupun saran secara langsung dari pakar HRD.

  • CV Maker

Bagi Grameds yang ingin membuat CV dengan desain minimalis atau simpel, Grameds bisa mencoba membuat CV online gratis dengan menggunakan CV Maker.

CV Maker memiliki banyak template tema CV dengan nuansa yang cenderung bersih, minimalis dan simpel. Selain karena variasi desainnya, alur membuat CV dengan menggunakan CV Maker pun sangat user friendly. Pengguna hanya perlu mengisi form informasi, lalu memilih desain dan mengunduh file CV yang telah diedit.

Selain itu, CV hasil editing pengguna juga dapat diunduh dengan berbagai macam format. Pengguna bisa memilih format HTML. PDF atau bahkan TXT sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, maka CV hasil editing pengguna pun akan menjadi lebih ramah pada ATS.

Seperti website membuat CV online gratis yang lainnya, CV Maker juga telah mengelompokan desain tema atau template sesuai dengan kategorinya.

Akan tetapi, CV Maker sedikit tidak fleksibel untuk mengatur tata letak atau heading. Meskipun begitu masih ada beberapa kelebihan lain dari CV Maker, seperti memiliki interface dan alur yang user friendly, desain simpel dan dapat diunduh dalam berbagai format sesuai kebutuhan.

  • Visual CV

Apabila ingin proses membuat CV tidak repot dan simpel, Grameds bisa menggunakan website Visual CV secara gratis. Website satu ini dapat digunakan untuk memudahkan penggunanya dalam mengisi data deskripsi.

Caranya adalah dengan mengimpor data dari akun LinkedIn pengguna. Oleh karena itu, pengguna diharuskan telah memiliki akun LinkedIn dan login. Setelah CV selesai, pengguna dapat melacak viewers CV, caranya adalah dengan membagikan link CV tersebut ke berbagai media sosial. Kemudian pengguna dapat memantau grafik viewers pada dashboard.

Kemudian jika pengguna ingin membuat CV untuk kebutuhan industri yang berbeda-beda, maka pengguna dapat mengelompokkannya secara pribadi pada dashboard.

Desain template yang disediakan oleh Visual CV pun cukup beragam. Mulai dari template dengan tema simpel, kreatif hingga profesional. Akan tetapi desain tema tersebut kebanyakan memiliki tata letak yang sama.

Meskipun tata letak dari template Visual CV terkesan monoton dan membosankan, tetapi pengguna dapat mengatur tata letak heading sesuai dengan kebutuhan dan lebih mudah. Pengguna juga dapat mengganti background warna sesuai dengan keinginan.

  • Indeed

Jika tidak memiliki akun LinkedIn, Grameds bisa membuat CV online gratis dengan menggunakan Indeed. Caranya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu mengisi form informasi dan mengisinya sesuai dengan preferensi.

Seperti Visual CV, desain CV di Indeed memang terlihat lebih simpel akan tetapi pengguna dapat mengatur tata letak heading dengan bebas. Meskipun tidak perlu login, tetapi jika Grameds ingin langsung mengimpor data dari LinkedIn bisa dengan mudah menggunakan website satu ini.

Itulah beberapa website untuk buat CV online gratis dengan mudah. Selain CV yang baik, agar dapat diterima di suatu perusahaan Grameds juga perlu menambah wawasan dan skill dengan membaca buku.

Gramedia.com sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan original untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Sumber: 

  • https://www.niagahoster.co.id/blog/buat-cv-online-gratis/#1_Canva
  • https://majoo.id/solusi/detail/contoh-cv-lamaran-kerja


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Devina

Hai aku devina, bagi ku menulis adalah hal yang menarik untuk aku jalani. Dengan menulis aku bisa mengetahui banyak hal dan informasi yang tidak pernah aku tahu sebelumnya. Menulis juga membuatku bisa bercerita tentang banyak hal yang unik.

Kontak media sosial Instagram saya Christin Devina