in

Syarat Masuk STAN: Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN adalah perguruan tinggi vokasi yang banyak diincar para siswa yang menaruh minat pada bidang keuangan. Apabila kamu juga tertarik untuk masuk ke STAN, maka kamu perlu mengetahui syarat masuk STAN, cara daftar, jurusan paling favorit, dan lainnya. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas semuanya secara lebih lengkap dan rinci. Agar kamu bisa mendapatkan gambaran jika ingin diterima di perguruan tinggi ini.

Syarat masuk STAN 2022 sudah mulai diumumkan. Pada periode penerimaan tahun 2022, PKN STAN membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tiga program studi. Untuk kuota kursi mahasiswa baru STAN 2022 ini sebanyak 750 orang. PKN (Politeknik Keuangan Negara) STAN membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui SSCASN Sekolah Kedinasan atau Dikdin. Jadwal pendaftarannya sendiri sudah mulai dibuka pada tanggal 9 hingga 30 April 2022. Pendaftaran masuk STAN ini dapat dilakukan melalui lama dikdin.bkn.go.id.

Menurut pengumuman yang sudah dirilis di situs web resmi PKN STAN, rincian kuota calon mahasiswa baru di sekolah kedinasan ini adalah sebagai berikut:

1. Diploma IV Akuntansi Sektor Publik: 300 mahasiswa
2. Diploma IV Manajemen Keuangan Negara: 350 mahasiswa
3. Diploma IV Manajemen Aset publik: 100 mahasiswa.

Syarat Masuk STAN

Sebelum memutuskan untuk mendaftar di STAN, para calon mahasiswa PKN STAN sebaiknya mengetahui terlebih dulu berbagai syarat masuk STAN yang diberlakukan bagi para pendaftar seleksi. Ada dua jenis syarat masuk STAN yang harus dipahami, yaitu kriteria peserta dan juga persyaratan pendaftaran. Berikut ini adalah beberapa syarat pendaftaran PKN STAN yang perlu dicermati, antara lain:

1. Kriteria Peserta

Terdapat dua jenis kriteria peserta seleksi masuk PKN STAN yaitu program reguler dan juga program afirmasi. Untuk penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

a. Program reguler ini akan diikuti oleh peserta seleksi yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Dimana program yang satu ini merupakan penerimaan mahasiswa baru yang ditujukan untuk mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian atau Lembaga lain, dan Pemerintah Daerah.
b. Program afirmasi merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang khusus ditujukan untuk putra-putri yang berasal dari Papua, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan juga Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi ataupun kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan.
c. Khusus untuk Provinsi Papua dan juga Papua Barat, peserta harus berasal dari program Afirmasi Pendidikan Menengah atau ADEM dan non-ADEM atau umum.

2. Syarat Pendaftaran STAN

Menurut situs resmi pknstan.ac.id, berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa masuk ke PKN STAN, antara lain:

a. Para peserta adalah lulusan SMA/Sederajat.

b. Para peserta adalah lulusan SMA/Sederajat dan mempunyai nilai rata-rata ujian di ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

c. Calon peserta harus mempunyai nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan di 5 semester yakni semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI, dan juga semester gasal kelas XII, tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. Akan tetapi, ketika pendaftaran ulang, peserta yang bersangkutan harus sudah dinyatakan lulus dan mempunyai nilai rata-rata ujian pada ijazah yakni tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

d. Usia maksimal para peserta adalah 21 tahun. Sehingga calon peserta yang berusia di atas 21 tahun tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal untuk mendaftar PKN STAN adalah 15 tahun.

e. Calon peserta sudah mendaftar melalui portal LTMPT untuk mengikuti UTBK.

f. Para calon peserta harus mendapatkan nilai UTBK Tes Potensi Skolastik atau TPS minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris atau TBI minimal 450, ini berlaku untuk peserta reguler. Sementara untuk peserta afirmasi, nilai UTBK TPS minimal 400 dan TBI minimal 375.

g. Calon peserta sehat secara jasmani dan rohani, bebas ketergantungan napza atau narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lain.

h. Calon peserta laki-laki tidak memiliki tato atau bekas tato dan tidak bertindik atau memiliki bekas tindikan di telinga atau anggota tubuh lain, kecuali karena ketentuan adat atau agama.

i. Calon peserta perempuan tidak memiliki tato atau bekas tato dan tidak memiliki tindik atau bekas tindik di anggota badan lain selain telinga dan tidak bertindik di telinga lebih dari satu kali pasang, baik itu di kiri atau kanan telinga.

j. Calon peserta belum pernah menikah atau kawin dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti masa pendidikan.

k. Calon peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN di tahun-tahun sebelumnya.

l. Khusus untuk peserta yang berasal dari program Afirmasi Pendidikan Menengah atau ADEM Papua atau Papua Barat harus memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang menyatakan bahwa peserta adalah peserta ADEM dari Provinsi Papua dan Papua Barat.

m. Peserta yang berasal dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat dan Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur, harus memenuhi syarat tambahan yang ada di bawah ini, yaitu:

– Telah menyelesaikan pendidikan SD, SMP, SMA/Sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan juga Nusa Tenggara Timur.
– Memiliki garis keturunan orang tua, baik itu ayah atau ibu kandung asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
– Memperoleh rekomendasi dari pihak Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan PKN STAN

Tata cara pendaftaran seleksi kedinasan di PKN STAN dibagi menjadi 2 tahap. Pertama yaitu pendaftaran online melalui laman resmi SSCASN Dikdin. Kemudian, yang kedua adalah tahapan pendaftaran melalui situs PKN STAN. Perlu dipahami bahwa dalam pendaftaran melalui SSCASN BKN, calon peserta hanya bisa mendaftar di satu sekolah kedinasan saja pada Kementerian atau Lembaga. Jika peserta terdaftar di lebih dari satu sekolah kedinasan, maka yang bersangkutan akan dinyatakan gugur. Berikut ini adalah beberapa panduan pendaftaran seleksi STAN dalam penerimaan sekolah kedinasan adalah sebagai berikut:

1. Cara Pendaftaran di SSCASN Dikdin

Berikut ini adalah beberapa cara pendaftaran di SSCASN Dikdin, yaitu:

a. Buka portal website SSCASN Sekolah Kedinasan di alamat dikdin.bkn.go.id.

b. Kemudian, buatlah akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan cara menggunakan Nomor Induk Kependudukan atau NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK), lalu cetak Kartu Informasi Akun.

c. Setelah itu, login atau masuk ke dalam SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan.

d. Pilih sekolah kedinasan PKN STAN, pilih program reguler atau program afirmasi, lengkapi biodata, nomor UTBK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pondok Sekolah Nasional (NPSN), dan isian lainnya, lalu unggah dokumen yang dibutuhkan.

e. Berikut ini adalah beberapa dokumen persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses pendaftaran STAN untuk kategori program reguler, antara lain:

  1. Pas foto yang berlatar belakang merah, menggunakan kemeja putih polos, dan untuk peserta perempuan yang berjilbab, harus menggunakan jilbab berwarna putih polos. Untuk ukuran fotonya yaitu maksimal 200 Kb dengan format JPG.
  2. KTP untuk peserta yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga untuk yang belum mempunyai KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP. Untuk ukuran file maksimal 200 Kb dengan format JPG.
  3. Kartu Peserta UTBK, ukuran maksimal 500Kb dengan format PDF.
  4. Rapor SMA semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI, kemudian semester gasal untuk kelas XII, dokumen harus disatukan dalam satu file dengan ukuran 1.000Kb dan format PDF, atau ijazah SMA bagi peserta yang sudah lulus.
  5. Kartu Keluarga dengan ukuran maksimal 700 Kb dengan format PDF.

f. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus diunggah saat pendaftaran STAN untuk kategori program afirmasi, antara lain:

  1. Pas foto yang berlatar belakang merah, menggunakan kemeja putih polos, dan untuk peserta perempuan yang berjilbab, harus menggunakan jilbab berwarna putih polos. Untuk ukuran fotonya yaitu maksimal 200 Kb dengan format JPG.
  2. KTP untuk peserta yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga untuk yang belum mempunyai KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP. Untuk ukuran file maksimal 200 Kb dengan format JPG.
  3. Kartu Peserta UTBK, ukuran maksimal 500Kb dengan format PDF.
  4. Rapor SMA semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI, kemudian semester gasal untuk kelas XII, dokumen harus disatukan dalam satu file dengan ukuran 1.000Kb dan format PDF, atau ijazah SMA bagi peserta yang sudah lulus.
  5. Kartu Keluarga dengan ukuran maksimal 700 Kb dengan format PDF.
  6. Untuk peserta dari program Afirmasi Pendidikan Menengah atau ADEM Papua dan Papua Barat harus mengunggah berkas tambahan, yaitu Surat Keterangan dari SMA/Sederajat yang menyatakan bahwa peserta adalah peserta ADEM Papua dan Papua Barat. Formulir surat keterangan bisa diunduh melalui link berikut ini: bit.ly/FormPesertaADEMSPMBPKNSTAN.
  7. Peserta dari program Afirmasi Non-ADEM Papua, Non-ADEM Papua Barat, dan Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur harus mengunggah berkas tambahan lain yakni: Ijazah SD dan Ijazah SMP; dokumen Akta Kelahiran peserta; KTP ayah atau ibu kandung; dan Surat rekomendasi dari SMA atau sederajat. Form surat rekomendasi di link bit.ly/FormRekomendasiAfirmasiSPMBPKNSTAN.

g. Para peserta harus melakukan review atas resume dan mencetak Kartu Pendaftaran.

h. Logout dari portal untuk bisa melanjutkan proses selanjutnya.

2. Tahapan Pendaftaran Melalui Laman SPMB PKN STAN

a. Proses berikutnya yaitu mengisi formulir pendaftaran secara online atau e-registration di PKN STAN.

b. Untuk proses pendaftaran selanjutnya, bukalah portal spmb.pknstan.ac.id.

c. Login menggunakan username dan juga password yang sudah didaftarkan di portal dikdin.bkn.go.id.

d. Kemudian isi data pilihan program studi.

e. Pendaftar mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online.

f. Tahap yang terakhir yaitu pendaftar mengunci data yang sudah dilengkapi.

Untuk peserta yang mendaftar rekrutmen PKN STAN akan dikenakan biaya pendaftaran senilai Rp. 350.000. Uang tersebut telah meliputi biaya Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD senilai Rp 50.000. Tagihan biaya pendaftaran SPMB PKN STAN akan diberikan pada peserta yang sudah lolos dalam seleksi administrasi. Peserta yang sudah lulus Seleksi Administrasi akan memperoleh kode billing berupa Mandiri Virtual Account atau MVA.

Supaya bisa ikut tahapan selanjutnya, peserta diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran SPMB PKN STAN melalui Bank Mandiri, dengan menggunakan metode bayar setoran tunai, transfer ATM, dan lainnya.

Keuntungan Kuliah di STAN

Seperti yang kita ketahui bahwa Politeknik Keuangan Negara STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan yang paling favorit calon mahasiswa setiap tahun. Hal tersebut sebenarnya wajar saja mengingat akan ada berbagai macam keuntungan yang akan kamu peroleh ketika kuliah di STAN. Menempuh studi di kampus yang berada di bawah Kemenkeu akan memberikan berbagai kelebihan yang menarik. Berikut ini adalah beberapa keuntungan kuliah di STAN yang akan kamu dapatkan, antara lain:

1. Biaya Kuliah Gratis

Jika kamu memiliki kendala biaya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, maka kamu bisa memanfaatkan keuntungan kuliah di STAN. Sebab, semua biaya selama pendidikan akan dibiayai oleh negara. Lama pendidikan untuk menempuh program studi DIV yakni selama delapan semester. Selama waktu tersebut, mahasiswa tidak akan dikenakan biaya kuliah selama mengikuti kegiatan akademik di PKN STAN. Akan tetapi, jika kamu tidak memenuhi syarat kelulusan setiap akhir semester, maka bersiaplah untuk dikeluarkan dari program pendidikan PKN STAN. Walaupun memberikan keuntungan biaya kuliah gratis, namun mahasiswa tidak akan mendapatkan uang saku selama menempuh masa pendidikan.

2. Disediakan Asrama

Untuk yang berhasil lolos SPMB PKN STAN, akan disediakan asrama sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN STAN. Keuntungan kuliah di STAN yang sudah termasuk asrama ini hanya dapat dinikmati oleh mahasiswa DIV tahun pertama saja. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih fokus pada studi.

3. Lulus Jadi CPNS

Keuntungan lain dari kuliah di STAN adalah kamu memiliki kesempatan untuk bisa langsung kerja sebagai PNS. Kelebihan yang satu ini menjadi alasan banyaknya lulusan SMA yang ingin menjadi mahasiswa STAN. Kesempatan diangkat menjadi PNS telah memberikan jaminan masa depan yang baik. Sehingga tidak perlu lagi bingung mencari pekerjaan. Lulusan prodi Diploma IV dapat diangkat menjadi calon aparatur negara di Kementerian Keuangan atau kementerian lain dan pemerintah daerah sesuai dengan formasi ataupun kebutuhan yang tersedia pada tahun tersebut.

4. Memiliki Peluang Kerja di Kementerian Keuangan

Jika kamu memiliki cita-cita untuk bekerja di Kementerian Keuangan, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di STAN. Keuntungan berikutnya jika kamu kuliah disini adalah kamu mempunyai peluang kerja di Kementerian Keuangan. Sebab, lulusan program studi Diploma IV PKN STAN mempunyai peluang diangkat menjadi CPNS di Kementerian Keuangan. Apabila kamu sudah dinyatakan lulus pada seleksi penerimaan mahasiswa baru, setelah berhasil menyelesaikan pendidikan DIV di STAN, maka kamu bisa langsung mendapatkan penempatan kerja.

Pastinya, keuntungan lulusan STAN ini diharapkan dapat bermanfaat untuk bangsa dan negara. Terlebih mulai dari dosen hingga fasilitas yang cukup memadai yang diberikan untuk mahasiswa, menjadi kualitas lulusan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Keuangan tidak perlu dipertanyatakan lagi.

Demikian penjelasan mengenai syarat masuk STAN, keuntungan kulaih di STAN dan beberapa tahapan pendaftaran PKN STAN yang bisa dijadikan gambaran untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di PKN STAN. Buat Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang syarat masuk STAN, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah