in

Mengenal Employee Wellness Program : Pengertian, Manfaat, dan Cara

Pixabay.com

Employee wellness Employee wellness ialah salah satu program untuk karyawan yang perlu dilakukan perusahaan, terutama di masa pandemi Covid-19. Dunia terus berubah dan banyak hal yang dapat menyebabkan stres kerja bagi karyawan. Masalah kesehatan karyawan dapat mengurangi keuntungan perusahaan, sebab karyawan merupakan aset penting perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan berkewajiban untuk mengelola dan memelihara para karyawan agar dapat bekerja dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menyelenggarakan employee wellness program.

Program ini dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan mengembangkan perusahaan. Agendanya sendiri adalah tentang kesehatan untuk mewujudkan pola hidup sehat melalui pendidikan dan jaminan kesehatan.

Tujuan utama dari employee wellness program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan. Hasilnya, karyawan menjadi lebih sehat, bugar, dan lebih produktif. Berikut ini informasi lengkapnya tentang program kesehatan untuk karyawan di tempat kerjanya.

Mengenal Employee Wellness

Employee Wellness
Pexels.com

Employee Wellness adalah sebuah program yang dibuat oleh perusahaan untuk para karyawan terutama untuk kesehatannya, baik kesehatan fisik dan mental untuk meningkatkan performa dalam pekerjaan.

Agenda kesehatan yang direncanakan untuk para karyawan ini membutuhkan banyak persiapan. Dari data kesehatan pekerja hingga pengalaman mereka. Program ini dapat direncanakan sesuai dengan kebutuhan sumber daya manusia (SDM). Program Kesehatan melampaui implementasi. Tapi juga monitoring dan evaluasi. Cari umpan balik dari karyawan yang merasakan agenda dengan mengisi survey.

Saat merencanakan program kesehatan, pihak perusahaan harus menyelaraskannya dengan visi dan misi perusahaan. Jika itu membantu pekerjaan dan sejalan dengan budaya perusahaan, karyawan bersedia untuk mengikutinya. Ada beberapa program kesehatan karyawan yang dapat dilaksanakan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas karyawan.

Perusahaan dapat memilih agenda sesuai dengan visi dan misi karyawan serta perusahaan. Karyawan biasanya mengulangi kegiatan yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari mereka. Untuk itu, SDM perlu menyadari kesediaannya untuk melakukan kegiatan kesehatan. Ini dapat dilakukan melalui platform kesehatan.

Karyawan terlatih dapat mengumpulkan poin bonus. Pihak perusahaan kemudian dapat menukarkan poin dengan produk atau layanan yang diinginkan karyawannya. Semoga dapat meningkatkan semangat mereka untuk hidup sehat.

Hal ini bisa saja berkaitan dengan burnout yang merupakan masalah yang sering dihadapi oleh para pekerja. Perusahaan perlu memperhatikan masalah ini. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan data penyebab burnout.

Employee Wellness

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

HR dapat mengirimkan survei kepada karyawan untuk mengambil data ini. Ada banyak kemungkinan penyebab burnout. Mulailah dengan beban kerja yang berlebihan, kurangnya dukungan, dan kurangnya sumber daya untuk ketidakadilan.

Stressor lingkungan kerja modern dapat mulai membebani karyawan. Stres ini berdampak langsung pada kesejahteraan fisik dan mental mereka. Kesejahteraan karyawan meliputi kegiatan dan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan. Memprioritaskan kesejahteraan karyawan adalah cara utama pemberi kerja dapat mengurangi kelelahan dalam organisasi mereka.

Saat kita mulai lebih memahami dampak stres dan kelelahan pada tubuh , semakin jelas bahwa kita perlu memperhatikan kesehatan di tempat kerja. Lagi pula, ketika karyawan merasa didukung, mereka cenderung melakukan pekerjaan yang luar biasa. Program kesehatan atau employee wellness ini dapat memainkan peran kunci dalam meningkatkan keterlibatan karyawan dan mengurangi pergantian.

Meskipun 80% pengusaha mengklaim mendukung kesehatan fisik dan emosional tim mereka, hanya 46% karyawan yang merasa didukung . Program kesehatan karyawan yang efektif melibatkan pemahaman manfaat apa yang paling sesuai dengan kebutuhan karyawan. Mengapa kesehatan karyawan menjadi prioritas di tempat kerja saat ini?

Karyawan yang bahagia dan sehat tidak lebih menyenangkan berada di sekitar. Mereka juga dapat membuat bisnis lebih menguntungkan dan diinginkan oleh talenta baru. Employee Wellness Program menjadi taruhan meja bagi perusahaan yang ingin menarik bakat terbaik. Pada 2019, 58% perusahaan menawarkan tunjangan kesehatan untuk mendukung karyawan mereka dan mengurangi stres di tempat kerja.

Manfaat kesejahteraan penting pada tahun 2020 karena alasan yang jelas. Selama pandemi, 30% orang pekerja menunjukkan gejala kecemasan, depresi, atau keduanya. Kesehatan mental memainkan peran penting dalam keberhasilan karyawan di tempat kerja. Tidak diragukan lagi bahwa tuntutan pekerjaan sering menjadi sumber stres bagi karyawan.

Perusahaan seperti Chevron akan melakukan segalanya untuk mendukung karyawan dan mendorong kesehatan mental. Employee Wellness Program mereka adalah contoh yang bagus dari manfaat kesehatan yang dilakukan dengan benar.

Pemeriksaan kesehatan mental dan penitipan anak di tempat memberdayakan karyawan untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka.Bahkan ketika masa-masa sulit. Sementara, kampanye untuk meningkatkan kesadaran juga mengurangi stigma seputar kesehatan mental.

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Manfaat Employee Wellness Program

Ketika karyawan bekerja, banyak yang akan melarikan diri dari perhatian perusahaan. Dengan kata lain, setiap karyawan yang fleksibel biasanya memiliki caranya sendiri untuk menyelesaikan tugas yang diterima. Ini memungkinkan untuk mencegah kelelahan. Banyak perusahaan menyikat cara spesifik mereka yang tidak sesuai dengan kemampuan pekerja.

Akhirnya, dia mengalami kelelahan. Selain mencegah kelelahan, perusahaan harus mengadakan agenda kesehatan. Employee Wellness Program menghadirkan banyak manfaat bagi karyawan. Keunggulan langsung sehat dan bugar, sehingga dapat bekerja keras, positif, dan produktif. Selain itu ada lebih banyak keuntungan lain seperti berikut ini.

1. Meningkatkan Employee Engagement

Meningkatkan komitmen karyawan dapat dilakukan dengan kegiatan yoga, gym, makan siang sehat, kegiatan kelompok sehat seperti senam untuk meningkatkan keterlibatan karyawan. Keterlibatan karyawan yang tinggi dapat mengoptimalkan kinerja tim. Lima puluh tujuh persen karyawan melihat hubungan antara kesejahteraan dan produktivitas mereka .

Masuk akal jika karyawan tidak memprioritaskan kesehatan mereka, pekerjaan bisa mulai terganggu. Mendukung karyawan dengan layanan kesehatan fisik, mental, emosional, dan finansial menghilangkan fokus dari perjuangan mereka dan memungkinkan mereka untuk fokus pada pekerjaan.

2. Mengurangi Stres

Stres dapat mengurangi produktivitas dan kesehatan. Oleh karena itu, implementasi program kesehatan membantu mengurangi stres pekerja. Employee Wellness Program mampu meminimalisir stres sehingga kinerja ditingkatkan.

3. Meningkatkan Retensi

Agenda Kesehatan menunjukkan bahwa perusahaan peduli terhadap karyawannya. Hal ini membuat pekerja merasa nyaman. Efek positifnya adalah mencegah pergantian karyawan dan meningkatkan retensi karyawan.

4. Meningkatkan Moral

Fasilitas kesehatan perusahaan membantu para pekerja berpikir positif. Ini mempengaruhi lingkungan kerja yang sehat dan laboratorium. Oleh karena itu, lingkungan kerja dapat mempertahankan moralitas karyawan. Ini menunjukan bahwa perlu untuk mempertimbangkan dalam sikap program kesehatan.

Program ini memiliki tujuan yang baik, tetapi harus menggunakan cukup uang. Secara umum, dana untuk implementasi program tentu sangat tinggi. Ini berarti penyesuaian SDM dengan data karyawan. Setelah itu, perusahaan tidak akan menanggung anggaran.

Kualitas perusahaan tidak hanya dievaluasi dari banyak keuntungan yang dihasilkan. Namun, juga dengan kesehatan dan kinerja karyawan. Mencegah penyakit karyawan adalah praktik yang lebih baik daripada hanya asuransi.

5. Keterlibatan Karyawan Menjadi Lebih Tinggi

Stres di tempat kerja adalah salah satu penyebab utama kurangnya keterlibatan dan ketidakhadiran. Mengatasi kesehatan mental melalui Employee Wellness Program dapat mengurangi stres karyawan. Ketika dapat mengelola stres, karyawan memiliki tingkat ketidakhadiran yang lebih rendah dan semangat kerja yang lebih tinggi. Semangat kerja karyawan yang tinggi mengarah pada hubungan yang lebih baik dengan rekan tim dan proyek yang lebih sukses.

6. Tingkat Turnover Lebih Rendah

Karyawan cenderung bertahan di perusahaan di mana mereka merasa dihargai dan diapresiasi. Employee Wellness Program adalah cara yang bagus untuk menunjukkan komitmen perusahaan kepada karyawan. Sementara program kesejahteraan juga membantu mempertahankan talenta terbaik.

7. Menunjukan Budaya Perusahaan yang Lebih Baik

Program kesehatan sering kali mencerminkan nilai-nilai organisasi. Dukungan eksekutif untuk kesejahteraan karyawan merupakan indikator kuat bahwa perusahaan adalah tempat yang tepat untuk bekerja. Komitmen yang jelas terhadap kesehatan karyawan menunjukkan bahwa perusahaan menghargai karyawan yang bahagia dan sehat. Seiring waktu, pendekatan yang mendukung ini menjadi cerminan budaya perusahaan.

Employee Wellness

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Membangun Employee Wellness Program

Membuat Employee Wellness Program adalah keputusan perusahaan yang baik untuk karyawannya. Di balik kerja keras tersebut, terdapat berbagai manfaat dari program tersebut, seperti peningkatan produktivitas dan keterlibatan karyawan.

Kemajuan teknologi memungkinkan siapa saja untuk bekerja dengan cara yang berbeda. Tidak ada yang salah dengan memberi karyawan fleksibilitas untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tentu saja tidak mengganggu performa tim. Waktu istirahat juga berdampak besar pada kesehatan fisik dan mental pekerja. Artinya, perusahaan perlu menyosialisasikan kesempatan cuti berbayar agar karyawan dapat menggunakan haknya saat dibutuhkan. Berikut adalah 11 cara untuk membangunnya:

1. Memberi Penghargaan dan Insentif Kesehatan

Pemberian imbalan dan insentif untuk mencapai sasaran kesehatan merupakan salah satu cara untuk membangun program ini. Namun, itu kurang berharga bagi karyawan, jadi sebaiknya jangan mengevaluasinya secara seragam. Sebagai solusinya, pihak perusahaan dapat menggunakan Platform Kesehatan.

Hal ini untuk melihat kemajuannya dalam mencapai tujuan kesehatan karyawan. Pelacakan dapat dilakukan dengan memantau akumulasi poin. Selain itu, karyawan dapat menukarkan poin ini dengan hadiah yang diinginkan. Dengan cara ini, motivasi mereka untuk menjalankan program ini tinggi.

2. Mengatasi Burnout

Cara selanjutnya untuk membangun program kesehatan karyawan adalah dengan memerangi burnout, yang juga dikenal sebagai kelelahan. Banyak karyawan mengalami masalah ini karena berbagai alasan.

Misalnya, beban kerja yang berat, dukungan sumber daya yang minimal, dll. Untuk mencapai tujuan kesehatan karyawan, perusahaan perlu mengidentifikasi tingkat potensi kelelahan. Misalnya, dengan melakukan survei anonim. Evaluasi diperlukan jika ada tanda-tanda kelelahan atau stres di atas tingkat tertentu.

3. Memberi Kelonggaran dan Waktu Istirahat

Kemajuan teknologi memungkinkan siapa saja untuk bekerja dengan cara yang berbeda. Tidak ada yang salah dengan memberi karyawan fleksibilitas untuk menyelesaikan pekerjaan. Tentu saja dengan syarat tidak mengganggu performa tim.

Waktu istirahat juga berdampak besar pada kesehatan fisik dan mental pekerja. Artinya, perusahaan perlu mensosialisasikan kesempatan cuti berbayar agar karyawan dapat menggunakan haknya saat dibutuhkan.

4. Praktik Mindfulness

Mindfulness adalah praktik bahwa seseorang tahu momen terakhir dengan pikiran yang terlalu banyak. Mindfulness dapat menunjukan bahwa seseorang terhubung dengan apa yang mereka rasakan.

Selain itu, perhatian juga dapat meningkatkan kepercayaan pada pemrosesan emosi sebelum bertindak. Perusahaan dapat memberikan pendidikan perhatian. Ini mendorong karyawan untuk menangani stres kerja mereka.

5. Program Fitnes

Kegiatan kebugaran juga efektif dalam membangun program kesehatan karyawan. Perusahaan dapat menyediakan area kebugaran untuk lingkungan kantor mereka atau secara finansial mendukung karyawan yang berolahraga di gym. Ini adalah bentuk investasi perusahaan dalam kesehatan dan kebugaran anggota. Cara ini dapat meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan.

6. Layanan Kesehatan

BPJS melindungi hak-hak seluruh karyawan perusahaan. Namun, pemberian layanan medis lainnya tidak hanya membuat tenaga kerja tetap sehat, tetapi juga membuat mereka bahagia. Misalnya, melakukan pemeriksaan kesehatan, memperkenalkan pelatih kesehatan, dll.

7. Edukasi Seputar Kesehatan

Bagaimana seseorang yang tidak memiliki pengetahuan dapat menjalani gaya hidup sehat? Memfasilitasi penyebaran webin kesehatan mental, kursus online, dan artikel kesehatan merupakan salah satu bentuk kepedulian karyawan perusahaan.

8. Mendorong Kebiasaan Makan Sehat

Program kesehatan karyawan juga dapat dilakukan dengan mempromosikan pola makan yang sehat. Cara termudah adalah dengan menyajikan makan siang yang sehat secara teratur selama periode waktu tertentu. Perusahaan juga bisa memberikan cemilan sehat kepada para pekerja di area kantor. Selain membentuk pola makan yang sehat, cara ini bisa memperkuat tim perusahaan.

9. Program berhenti Merokok

Merokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Oleh karena itu, membuat program berhenti merokok adalah ide bagus yang dihargai oleh karyawan. Perusahaan dapat memberikan pelatihan dan membentuk kelompok pendukung untuk mengganti biaya pengobatan atau pengobatan yang terkait dengan program.

10. Program Dukungan Transportasi

Mengemudi lalu lintas mengurangi kinerja pekerjaan seseorang. Untuk meminimalisasi hal tersebut, perusahaan dapat memberikan bantuan transportasi seperti bus karyawan, klub sepeda dan refund angkutan umum. Sebanyak pekerja yang berpartisipasi aktif dalam program ini layak mendapatkan penghargaan lagi.

Dengan cara ini, mereka memiliki lebih banyak motivasi untuk menjadi lebih sehat. Kepentingan perusahaan dalam kesehatan dan kesejahteraan karyawan adalah nilai khusus bagi karyawan. Perusahaan menerima banyak manfaat dari program kesehatan karyawannya.

11. Membentuk Komite Kesehatan

Pilih sekelompok karyawan yang berdedikasi untuk membawa kesejahteraan bagi organisasi. Mintalah mereka membentuk komite dan berperan sebagai bentuk perubahan untuk mengembangkan program yang paling bermanfaat bagi karyawan. Komite ini menangani peninjauan data survei, memilih inisiatif populer, membuat tantangan, dan banyak lagi.

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Hal yang Membuat Employee Wellness Program Berhasil

Apa yang membuat Employee Wellness Program berhasil? Dorongan yang tepat sangat membantu dalam menciptakan program kesejahteraan yang sukses. Namun, tanpa sponsor dan promosi yang jelas, ada kemungkinan besar program kesehatan karyawan ini bisa gagal.

Berikut ini tips agar program kesehatan karyawan ini bisa berhasil:

  1. Komunikasi yang jelas dan teratur dari sumber memastikan karyawan mengetahui manfaat kesehatan mereka. Ini juga akan mendorong mereka untuk memperhatikannya.
  2. Partisipasi dalam tantangan adalah cara yang menyenangkan dan mudah untuk mendorong karyawan mengembangkan kebiasaan sehat. Rancang tantangan yang sesuai yang menarik bagi pekerja yang berbeda.
  3. Sponsor kepemimpinan yang kuat karena melihat para pemimpin berpartisipasi akan membuat karyawan merasa nyaman untuk menjauh dari meja mereka.
  4. Meminta umpan balik secara teratur dapat memahami apa yang diinginkan karyawan. Hal ini merupakan bagian integral dari pengembangan program. Pikirkan lebih dari sekadar menghemat biaya perawatan kesehatan dan lihat apa yang akan membantu tim perusahaan berkembang.

Pihak perusahaan dapat melakukan survei rutin untuk lebih memahami kinerja karyawan. Ini juga akan membantu perusahaan memahami dukungan apa yang paling menguntungkan tim kerja.

Itu lah penjelasan tentang employee wellness yang sepertinya memang perlu diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Simak beragam informasi lainnya terkait lingkungan kerja yang sehat lewat koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan yang terbaik agar kamu bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Lala



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda