in

Gelar S.E. Adalah Sarjana Ekonomi dan Prospek Kerja Sarjana Ekonomi

Gelar SE adalah  – Pendidikan menjadi salah satu faktor yang bisa menunjang kesuksesan seseorang. Di mana di Indonesia sendiri ada peraturan wajib belajar 13 tahun. Itu artinya pendidikan memang menjadi faktor penting dalam kehidupan manusia.

Dalam dunia pendidikan akan memiliki jenjang dari yang terendah hingga yang tertinggi. Selain Sekolah Menengah Atas Atau SMA maupun SMK dan sederajat. Ada juga jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Pada jenjang perguruan tinggi ini nantinya akan dibagi menjadi berbagai macam yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa sesuai dengan minat maupun bakat yang dimilikinya. Ketika menempuh jenjang pendidikan perguruan tinggi seperti Strata 1 (S1), maka pada saat lulus dari jenjang pendidikan tersebut seorang mahasiswa akan mendapatkan gelar sesuai dengan program studi atau sesuai dengan fakultasnya.

Sebagai contohnya adalah gelar S.E. yang akan didapatkan oleh seorang mahasiswa lulusan prodi Ilmu Ekonomi. Nah bicara tentang gelar S.E. atau Sarjana Ekonomi ternyata masih banyak hal menarik yang bisa kita bahas bersama melalui penjelasan yang ada di dalam artikel ini.

Pengertian Strata 1

pixabay

Sebelum kita membahas tentang gelar S.E. atau Sarjana Ekonomi, kita akan mempelajari terlebih dahulu tentang Strata terlebih dahulu.

Strata merupakan salah satu tingkat pendidikan setingkat di atas pendidikan sarjana muda. Jika dilihat dari penjelasan kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Strata akan dibagi menjadi tiga bagian.

Mulai dari jenjang Sarjana atau Strata 1/S1, Magister 2 atau Strata 2/S2 dan juga jenjang pendidikan Doktor atau Strata 3/S3. Di mana setiap Strata memiliki masa studi yang berbeda-beda tergantung yang diambil oleh setiap mahasiswa.

Pada Strata 1 biasanya akan memiliki total masa studi selama 4 hingga 5 tahun. Lalu, untuk program Magister 2 atau S2 akan menempuh masa studi selama 1,5 hingga 4 tahun lamanya. Sedangkan untuk Doktor biasanya akan menempuh masa studi paling lama 7 tahun.

Pengertian Gelar S.E.

Mereka yang berhasil menyelesaikan pendidikan jenjang Strata 1 atau S1 akan mendapatkan sebuah gelar sesuai bidang yang ditempuh. Sebelumnya telah dijelaskan jika jenjang pendidikan Strata 1 memiliki berbagai macam bidang yang bisa dijadikan pilihan calon mahasiswa.

Salah satunya adalah bidang ilmu ekonomi. Di mana nantinya para mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program pendidikan ekonomi akan mendapatkan sebuah gelar yang disebut S.E..

Itu artinya gelar S.E. adalah sebuah tanda atau title yang akan diberikan kepada setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan dalam bidang ilmu ekonomi. Jika dalam program akademi internasional, Sarjana Ekonomi atau S.E. akan setara dengan Bachelor of Economics atau B.Ec. Atau B.Econ.

Selain itu, bagi Sarjana Ekonomi juga bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu jenjang pendidikan Magister atau Doktor.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pada penjelasan sebelumnya disebutkan jika gelar S.E. adalah suatu gelar yang akan diberikan kepada mereka yang telah berhasil menyelesaikan atau lulus jenjang Strata 1 dalam bidang ilmu ekonomi.

Sedangkan ilmu ekonomi sendiri adalah ilmu yang akan mempelajari segala bentuk tingkah laku manusia dengan tujuan untuk bisa mendapatkan serta mengolah sumber daya yang terbatas. Selain itu ilmu ekonomi juga bisa diartikan sebagai usaha untuk bisa membuat alternatif barang maupun jasa agar bisa memuaskan kebutuhan hidup manusia yang pada dasarnya tak terbatas.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi, pada akhirnya kita bisa memprediksi setiap tindakan manusia yang ada di masa depan. Dimana prediksi tersebut bisa kita gunakan dalam perencanaan bisnis atau usaha, penentuan harga, membuat kebijakan dalam pemasaran, kebijakan kesejahteraan masyarakat hingga merumuskan kebijakan sumber daya manusia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang tertutup pada pasar produksi, distribusi, pemakaian barang maupun kekayaan. Kekayaan dalam hal ini bisa dalam bentuk uang, perdagangan maupun sebagai perindustrian.

Selain itu, hal-hal yang berhubungan pemanfaatan uang, tenaga serta waktu juga masuk ke dalam golongan kekayaan. Ilmu ekonomi juga masih berhubungan dengan perekonomian suatu negara. Sehingga segala aturan maupun tata cara dalam berekonomi, baik itu sektor perindustrian maupun perdagangan termasuk ke dalam pembahasan ilmu ekonomi.

Oleh karena itu ilmu ekonomi tidak akan jauh dari perekonomian negara seperti proses penentuan anggaran belanja negara, penentuan besaran pajak dan lain sebagainya.

Sedangkan secara etimologi, ilmu ekonomi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu Oikos atau Oiku dan Nomos yang memiliki arti peraturan rumah tangga. Dari arti tersebut bisa dijelaskan jika ilmu ekonomi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan rumah tangga.

Hal tersebut akan mengarah pada satu keluarga yang terdiri dari suami, istri dan anak-anak serta rumah tangga yang lebih luas yaitu rumah tangga bangsa, negara dan dunia.

Apakah Gelar S.E. Banyak Diminati?

Hal pertama yang perlu diketahui adalah ilmu ekonomi saat ini memang banyak diminati di Indonesia. Hal tersebut karena lulusan Sarjana Ekonomi bisa menunjukkan jika diri mereka memiliki banyak keterampilan yang bisa dilakukan.

Selain itu Sarjana Ekonomi juga bisa memecahkan masalah yang begitu kompleks. Bahkan Sarjana Ekonomi juga memiliki kemampuan analitis yang begitu mumpuni sera bisa menafsirkan data ekonomi. Hal tersebut juga menjadikan Sarjana Ekonomi selalu dihargai oleh perusahaan yang sedang membuka rekrutmen dalam bidang tersebut.

 

Dengan demikian ketika Anda memilih untuk masuk ke dalam jurusan ilmu ekonomi, maka Anda juga harus merasa percaya diri. Ada penelitian yang menjelaskan jika para Sarjana Ekonomi akan cenderung memiliki penghasilan lebih besar setelah mereka bekerja dibandingkan dengan lulusan jurusan lainnya.

Walaupun sebenarnya Sarjana Ekonomi tidak menjamin 100 persen bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi sekaligus. Namun setidaknya dengan modal Sarjana Ekonomi akan menjadikan Anda sebagai seseroang pekerja yang lebih dihargai di dunia kerja.

Bahkan, untuk saat ini para Sarjana Ekonomi bisa bekerja dalam bidang yang mereka minati.

Peluang Kerja S.E.

pixabay

Tentunya tujuan akhir memiliki gelar Sarjana Ekonomi atau S.E. adalah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan konsentrasi yang dipelajari maupun sesuai dengan keinginan pribadi. Namun apakah Anda tahu apa saja peluang kerja setelah mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi?

Tak bisa dimungkiri jika gelar Sarjana Ekonomi saat ini masih terus dicari banyak perusahaan terkemuka di Indonesia maupun dalam lingkup internasional. Sebab Sarjana Ekonomi memang bisa memajukan sebuah perusahaan dalam berbagai macam bidang.

Nah, di bawah ini adalah beberapa peluang kerja bagi pemilik gelar Sarjana Ekonomi.

1. Investor Relation Associate

Menjadi Sarjana Ekonomi memang memiliki prospek kerja yang begitu cemerlang. Hal ini memang tak bisa dimungkiri lagi, sebab banyak posisi yang bisa diisi oleh Sarjana Ekonomi.

Salah satu prospek kerja yang dimiliki oleh Sarjana Ekonomi adalah investor relation associate. Mungkin proses kerja yang satu ini jarang kalian dengan. Namun sebenarnya posisi investor relation associate bisa banget diisi oleh para lulusan Sarjana Ekonomi.

Biasanya posisi investor relation associate berada di institusi perbankan. Tugas dari investor relation associate sendiri adalah bertugas untuk melakukan proses pendekatan serta pengenalan dengan para calon penanam modal maupun saham di perusahaan yang ia tempati.

Sebagai seorang investor relation associate, Anda akan bertugas untuk memberikan info seputar perusahaan namun dari sudut pandang ekonomi. Oleh karena itu untuk posisi tersebut harus bisa diisi oleh mereka yang memiliki bidang keilmuan yang sejalur seperti Sarjana Ekonomi.

2. Perpajakan

Dalam Dunia bisnis dan usaha akan selalu berhubungan dengan yang namanya perpajakan. Dimana para pemilik gelar Sarjana Ekonomi akan bisa mendapatkan peluang untuk bekerja di dalam kantor perpajakan.

Bahkan jika Anda adalah seorang Sarjana Ekonomi dan ingin mempelajari hal baru bisa banget lho mencoba mengisi salah satu posisi di kantor perpajakan. Hal ini karena dengan bermodalkan latar belakang Sarjana Ekonomi akan sangat berhubungan dengan salah satu profesi yang ada di kantor perpajakan.

Meski begitu biasanya pihak birokrasi akan melakukan penyesuaian sesuai dengan ketentuan yang ada, maka Anda juga harus bisa mempelajari banyak ilmu.

Jika Anda memang merasa memiliki kemampuan yang cukup serta minat dalam dunia perpajakan. Tentunya Anda bisa langsung mencoba mencari lowongan kerja dengan posisi tersebut dan langsung apply lowongan tersebut.

3. Risk Analyst

Seorang Sarjana Ekonomi juga bisa memiliki peluang kerja pada posisi risk analyst atau analyst risiko. Posisi analisis risiko biasanya akan banyak berhubungan dengan departemen tim legal pada sebuah perusahaan.

Sedangkan untuk tugas seseorang yang menempati posisi analisis risiko adalah seperti mengumpulkan data keuangan perusahaan yang pada akhirnya akan dijadikan data saat melakukan proses pengajuan pinjaman maupun kerja sama.

Sama dengan profesi perpajakan, dalam posisi analisis risiko juga akan membutuhkan effort yang cukup besar karena memang akan ada banyak hal baru yang bakalan dipelajari oleh para pekerjanya.

Menariknya ilmu yang telah dipelajari oleh seorang Sarjana Ekonomi akan sangat berguna untuk profesi risk analyst. Hal ini karena seorang Sarjana Ekonomi akan dituntut untuk bisa melakukan penentuan kelayakan investasi dari sebuah perusahaan.

Posisi risk analyst akan dibagi menjadi beberapa kategori seperti market risk specialist, regulatory risk specialist, credit risk specialist.

4. Credit Analyst

Selanjutnya ada posisi credit analyst yang bisa juga ditempati oleh para Sarjana Ekonomi. Credit analyst sendiri merupakan suatu profesi dalam bidang finansial yang pada dasarnya memiliki tugas untuk melakukan analisis kelayakan kredit pada sebuah sekuritas, individu maupun perusahaan.

Tentunya profesi ini sangat cocok bagi Anda yang memang memiliki gelar Sarjana Ekonomi. Meski begitu ketika Anda menempati posisi tersebut juga harus diimbangi dengan mempelajari tentang regulasi jasa kredit yang ada di tempat kerja tersebut.

Selain itu posisi credit analyst bisa menjadikan Anda lebih mdha untuk bertemu klien dalam maupun luar kota. Jika Anda memang suka dengan pekerjaan dinamis, maka profesi credit analyst bisa dipertimbangkan.

5. Penasihat Keuangan

Penasihat keuangan adalah salah satu jenis pekerjaan yang memiliki banyak tugas. Meski begitu pada dasarnya tanggung jawab dari profesi penasihat keuangan adalah untuk memberikan saran terkait dengan keuangan seseorang maupun sebuah perusahaan.

Selain itu penasihat keuangan juga akan memastikan tujuan finansial milik klien bisa tercapai sesuai dengan ketentuan waktu yang ditetapkan.

Dari segi gaji memang sangat menggiurkan untuk posisi penasihat keuangan ini. Bahkan Anda juga bisa bertemu dengan klien baru setiap saat dengan berbagai macam permasalahan finansial yang akan menambah pengalaman Anda di bidang penasihat keuangan.

6. Guru Atau Dosen

Selain dalam dunia perbankan maupun perpajakan, seorang Sarjana Ekonomi juga bisa menjadi tenaga pengajar seperti menjadi guru mata pelajaran ekonomi. Selain itu seorang Sarjana Ekonomi yang menempuh jenjang Magister juga memiliki kemungkinan untuk menjadi seorang dosen.

Menjadi seorang guru maupun dosen merupakan salah satu pekerjaan yang begitu membaganggakan. Anda tak hanya akan mendapatkan gaji dalam bentuk uang saja. Namun Anda juga akan mendapatkan rasa bangga tersendiri karena telah mampu mencerdaskan bangsa serta turut andil dalam memajukan negara.

7. Akuntan Publik

pixabay

Dalam dunia kerja, Sarjana Ekonomi memang terbilang memiliki cakupan yang lebih luas dalam memilih pekerjaan yang akan ia tempati. Salah satunya adalah jenis pekerjaan akuntan public yang bisa diisi oleh Sarjana Ekonomi yang mempelajari bidang akuntansi.

Di mana akuntan public meurapakan suatu pekerjaan yang akan berhubungan dengan pengurusan rekam jejak transaksi, menyiapkan surat keuangan dan pengurusan pengembalian pajak atau tax returns.

Nah bagi Anda yang berminat memasuki posisi akuntan public dengan gelar Sarjana Ekonomi. Coba cek sekarang juga lowongan pekerjaan yang ada, jika ada langsung saja apply dengan bermodalkan gelar Sarjana Ekonomi dan pengalaman kerja yang dimiliki.

8. Compensation And Benefit Manager

Compensation and benefit manager juga bisa diisi oleh seorang Sarjana Ekonomi. Di mana posisi ini berada di tim HRD lho.

Posisi tersebut akan membantu perusahaan mengelola setiap regulasi pemberian bonus serta kompensasi pada setiap karyawan yang ada. Tujuannya adalah data dan program yang dibuat oleh karyawan compensation and benefit manager adalah untuk membantu perusahaan untuk melakukan identifikasi karyawan terbaik yang layak untuk mendapatkan apresiasi.

Pada posisi compensation and benefit manager, seorang Sarjana Ekonomi akan mampu memiliki kemampuan yang lebih baik lagi.

9. Market Research Analyst

Tahukah Anda jika seorang Sarjana Ekonomi mampu menempati posisi market research analyst. Di mana sebenarnya posisi market research analyst memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan.

Seorang seorang Sarjana Ekonomi tentunya Anda bisa mencoba menempati posisi market research analyst. Market research analyst sendiri memiliki tugas untuk melakukan penilaian pada produk maupun jasa akan bisa berjalan pada kondisi tertentu.

Ilmu ekonomi seperti desain studies dan analisis daya akan membantu Anda untuk menghitung setiap hasil yang juga menampilkan informasi market kepada pihak klien.

10. Konsultan Management

Seorang Sarjana Ekonomi yang memiliki latar belakang pengetahuan yang berhubungan dengan finansial serta model kuantitatif dari sebuah analisis bisa mencoba untuk menempati posisi pekerjaan konsultan manajemen.

Di mana posisi konsultan manajemen biasanya akan dimulai dari melakukan research analyst maupun junior consultant. Posisi tersebut bisa menjadi awal Anda untuk bisa belajar lebih banyak sebelum akhirnya menjadi konsultan manajemen.

Di mana pada dasarnya seorang konsultan manajemen akan memiliki tugas untuk melakukan analisis permasalahan pada sebuah bisnis serta mencari kemungkinan solusi yang bisa digunakan.

Dari pembahasan di atas, dapat dikatakan bahwa S.E. adalah Sarjana Ekonomi. Nah, itulah beberapa peluang kerja yang bisa ditempati oleh seorang pemilik gelar Sarjana Ekonomi. Di sisi lain, mungkin beberapa waktu kedepannya juga akan muncul jenis pekerjaan baru dengan latar belakang pekerjaannya adalah seorang Sarjana Ekonomi. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Jika kamu ingin mencari buku tentang ekonomi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy