in ,

Jurusan Saintek dan Soshum di UGM (Universitas Gadjah Mada)

Jurusan Saintek dan Sohum UGM menjadi pilihan banyak orang. Dimana bahkan terdapat perkataan, “Apapun jurusannya, UGM kampusnya”, ada banyak sekali orang yang menginginkan kuliah di Universitas Gadjah Mada, baik itu jurusan Saintek dan Soshum UGM.

Semenjak didirikan dalam waktu kurang dari lima tahun setelah Indonesia merdeka, UGM berhasil diakui sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia dengan kiprah yang sangat luar biasa.

Yogyakarta bukan hanya daerah yang kaya akan budaya, Yogyakarta bisa dikatakan sebagai salah satu tempat yang banyak menjadi tujuan utama oleh para pelajar di seluruh Indonesia. Maka tak heran, apabila Yogyakarta juga mendapatkan julukan sebagai kota pelajar.

Dari berbagai kampus yang ada di Yogyakarta, ada satu nama kampus yang sangat diperhitungkan kualitasnya, kampus tersebut adalah Universitas Gadjah Mada. Universitas Gadjah Mada atau yang sering disebut UGM ini sudah mendapatkan banyak pengakuan dari berbagai pihak, baik itu dalam skala nasional maupun internasional.

Misalnya saja, berdasarkan pemeringkatan QS untuk Graduate Employability pada 2019 lalu, UGM menempati peringkat ke 301 dari 500 universitas terbaik yang ada di dunia. Sementera itu, kampus ini juga masuk dalam pemeringkatan universitas terbaik versi The Times Higher Education (THE) pada tahun 2020 dalam peringkat 1001+ dunia.

Selain itu, universitas yang juga dikenal sebagai kampus biru ini diketahui memiliki sejumlah 18 fakultas, satu sekolah vokasi, dan satu sekolah pascasarjana. Jumlah program studi yang di kampus ini mencapai 265. Oleh karena itu, berdasarkan kualitasnya, banyak sekali orang yang bercita-cita untuk kuliah di Universitas Gadjah Mada.

Nah, kamu perlu tahu bahwa Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Indonesia dengan peminat yang sangat tinggi. Maka dari itu, kampus yang terletak di Sleman, Yogyakarta ini berhasil melahirkan banyak tokoh-tokoh terkenal lho, sebut saja Presiden Indonesia ketujuh, yakni Joko Widodo.

Nah, bagi kamu yang ingin memilih UGM sebagai kampus tujuan, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu nih daftar fakultas serta program studi yang ada di UGM terutama jurusan saintek dan soshum UGM yang ada. Yuk, lihat daftar lengkapnya berikut ini.

Jurusan Saintek di UGM

Pada bagian pertama ini, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan jurusan saintek atau IPA di UGM. Nah, berikut ini adalah seluruh jurusan di Universitas Gadjah Mada pada rumpun Sains dan Teknologi, di antaranya yaitu:

1. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Biologi

Apabila kamu berkunjung ke berbagai kampus lain, bisa jadi kamu akan menemukan jurusan Biologi dan jurusan Sains dan Teknologi lainnya berada di satu bagian yang sama, misalnya seperti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Namun, hal itu berbeda dengan Jurusan Biologi yang ada di UGM. Di UGM, jurusan Biologi telah menjadi satu bagian yang berdiri sendiri, yakni Fakultas Biologi. Biologi di UGM memiliki akreditasi yang unggul dan daya tampung yang cukup besar, yakni sebanyak 225 kursi pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2020/2021.

2. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Farmasi

Selanjutnya, jurusan Saintek di Universitas Gadjah Mada yaitu Farmasi. Hampir sama seperti Biologi, jurusan Farmasi merupakan satu-satunya program studi yang ada di fakultasnya, sehingga disebut juga Fakultas Farmasi UGM. Jurusan Farmasi sendiri sudah memiliki akreditasi A dengan daya tampung mencapai 240 pada tahun 2020/2021.

3. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Geografi

Kemudian, ada Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada yang masuk dalam rumpun Sains dan Teknologi. Dalam Fakultas Geografi ini, ada tiga departemen atau jurusan, antara lain yaitu Geografi Lingkungan, Geografi Pembangunan, dan Sains Informasi Geografi.

Nah, berikut ini adalah beberapa jurusan yang ada di Fakultas Geografi UGM beserta akreditasi dan daya tampung UGM pada tahun 2020/2021, di antaranya yaitu:

a. Geografi Lingkungan (Unggul): 100

b. Kartografi dan Penginderaan Jauh (Unggul): 75

c. Pembangunan Wilayah (A): 65

4. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Kedokteran Gigi

Fakultas kedokteran biasanya memiliki banyak departemen di bawahnya. Tetapi, di Universitas Gadjah Mada, Fakultas Kedokteran Giginya hanya memiliki dua prodi saja. Nah, berikut ini adalah dua jurusan yang ada pada Fakultas Kedokteran Gigi UGM beserta akreditasi dan daya tampungnya pada tahun 2020/2021, antara lain yaitu:

a. Higiene Gigi (B): 50

b. Kedokteran Gigi (A): 150

5. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Kedokteran Hewan

Tidak hanya Fakultas Kedokteran Gigi, dalam rumpun Saintek, ada satu program studi yang sekaligus menjadi fakultas di Universitas Gadjah Mada, yakni Kedokteran Hewan. Kedokteran Hewan di UGM sendiri memiliki akreditasi A dengan daya tampung UGM mencapai 150 kursi pada tahun 2020/2021.

6. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan

Nah, setelah membahas tentang kedokteran gigi dan kedokteran hewan, berikut ini adalah pembahasan tentang Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan. Di fakultas ini, ada tiga jurusan, antara lain yaitu:

a. Gizi Kesehatan (A): 100

b. Ilmu Keperawatan (A): 100

c. Kedokteran (A): 175

7. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Kehutanan

Fakultas Kehutanan merupakan adalah fakultas Presiden Indonesia Joko Widodo pada saat menempuh pendidikan sarjananya. Di fakultas ini, hanya ada satu program studi, yakni Jurusan Kehutanan dengan akreditasi A dan daya tampung UGM mencapai 275 kursi pada tahun 2020/2021.

8. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam diketahui memiliki empat departemen besar, mulai dari Fisika, Ilmu Komputer dan Elektronika, Kimia, hingga tentu saja Matematika. Berikut ini adalah jurusan yang ada di Fakultas MIPA beserta akreditasi dan dengan daya tampung UGM pada tahun 2020/2021, di antaranya yaitu:

1. Elektronika dan Instrumentasi (Unggul): 70

2. Fisika (A): 70

3. Geofisika (A): 70

4. Ilmu Aktuaria: 40

5. Ilmu Komputer (Unggul): 70

6. Kimia (Unggul): 140

7. Matematika (Unggul): 85

8. Statistika (Unggul): 60

9. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Pertanian

Setelah membahas FMIPA, berikut ini kita akan membahas tentang jurusan apa saja yang di Fakultas Pertanian. Sampai saat ini, diketahui ada enam departemen yang ada di Fakultas Pertanian, antara lain yaitu Budidaya Pertanian, Hama dan Penyakit Tumbuhan, Mikrobiologi Pertanian, Perikanan, Sosial Ekonomi Pertanian, dan Tanah. Sementara itu, ada sembilan jurusan yang di Fakultas Pertanian UGM ini.

Berikut ini adalah beberapa jurusan yang ada di Fakultas Pertanian beserta akreditasi dan daya tampungnya pada tahun 2020/2021, di antaranya yaitu:

a. Agronomi (A): 80

b. Akuakultur (A): 60

c. Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (A): 80

d. Ilmu Tanah (A): 60

e. Manajemen Sumberdaya Akuatik (A): 60

f. Mikrobiologi Pertanian (A): 30

g. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (A): 40

h. Proteksi Tanaman (A): 65

i. Teknologi Hasil Perikanan (A): 60

10. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Peternakan

Universitas Gadjah Mada memiliki satu program studi yang cukup terkenal di Fakultas Peternakan, yaitu Ilmu dan Industri Peternakan. Jurusan tentang peternakan ini sendiri sudah terakreditasi Unggul dengan daya tampung UGM sebanyak 300 kursi pada tahun 2020/2021.

11. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Teknik

Selanjutnya, ada 13 program studi dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Nah, berikut ini akan disajikan informasi terkait seluruh jurusan tersebut beserta akreditas dan daya tampungnya pada tahun 2020/2021, antara lain yaitu:

a. Arsitektur (Unggul): 80

b. Perencanaan Wilayah dan Kota (A): 80

c. Teknik Elektro (Unggul): 100

d. Teknik Fisika (A): 120

e. Teknik Geodesi (Unggul): 135

f. Teknik Geologi (A): 120

g. Teknik Industri (Unggul): 110

h. Teknik Kimia (Unggul): 150

i. Teknik Mesin (A): 140

j. Teknik Nuklir (A): 65

k. Teknik Sipil (Unggul): 150

l. Teknologi Informasi (Unggul): 100

m. Teknik Biomedis: 40

12. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Teknologi Pertanian

Terakhir, ada Fakultas Teknologi Pertanian di Universitas Gadjah Mada. Dalam fakultas ini, ada tiga departemen, antara lain yaitu Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknologi Industri Pertanian, serta Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian.

Nah, berikut ini adalah akreditasi dan daya tampung yang disediakan pada Fakultas Teknologi Pertanian UGM pada tahun 2020/2021, di antaranya yaitu:

1. Teknik Pertanian (A): 100

2. Teknologi Industri Pertanian (Unggul): 110

3. Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (A): 110

Jurusan Soshum di UGM

Selanjutnya, pada bagian ini kita akan melanjutkan pembahasan untuk mengenal berbagai dengan jurusan Sosial dan Humaniora atau disingkat Soshum di Universitas Gadjah Mada. Berikut ini adalah seluruh jurusan serta fakultas yang ada di UGM pada kelompok IPS atau Soshum, di antaranya yaitu:

1. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Ekonomika dan Bisnis

Fakultas yang pertama adalah Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Fakultas ini memiliki tiga departemen untuk setiap jurusan atau program studi yang ada di UGM. Berikut ini adalah beberapa jurusan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis beserta akreditasi dan daya tampung UGM pada tahun 2020/2021, antara lain yaitu:

a. Akuntansi (Unggul): 150

b. Ilmu Ekonomi (A): 90

c. Manajemen (Unggul): 130

2. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Filsafat

Kemudian, ada Fakultas Filsafat. Dalam fakultas ini diketahui hanya memiliki satu prodi dengan tiga departemen, yaitu Filsafat Agama, Filsafat Barat, dan Filsafat Timur. Jurusan Filsafat ini sendiri telah mendapatkan akreditasi A dengan daya tampung UGM mencapai 150 kursi pada tahun 2020/2021.

3. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Hukum

Tidak terlalu berbeda dengan Fakultas Filsafat, Hukum juga menjadi satu-satunya program studi UGM di fakultasnya. Jurusan Hukum sendiri telah mendapatkan akreditasi A dengan daya tampung UGM hingga 330 kursi pada tahun 2020/2021.

Meskipun diketahui hanya ada satu jurusan UGM, Fakultas Hukum sendiri memiliki 11 departemen, mulai dari Hukum Adat, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Dagang, Hukum Internasional, Hukum Islam, Hukum Lingkungan, Hukum Pajak, Hukum Perdata, Hukum Pidana, hingga Hukum Tata Negara.

4. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Ilmu Budaya

Selanjutnya, pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada memiliki enam departemen, antara lain yaitu Antar Budaya, Antropologi, Arkeologi, Bahasa, Sastra, dan Sejarah. Sementara itu, jurusan yang ada di fakultas ini berjumlah 11. Nah, berikut ini adalah setiap jurusan yang di Fakultas Ilmu Budaya beserta akreditasi dan daya tampung UGM pada tahun 2020/2021, yakni:

a. Antropologi Budaya (A): 65

b. Arkeologi (A): 45

c. Bahasa dan Kebudayaan Korea (A): 45

d. Bahasa dan Sastra Indonesia (A): 50

e. Pariwisata (A): 45

f. Sastra Arab (A): 55

g. Sastra Inggris (A): 55

h. Sastra Jawa (A): 32

i. Sastra Jepang (A): 30

j. Sastra Perancis (A): 30

k. Sejarah (A): 40

5. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Hampir sama seperti Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik juga memiliki enam departemen untuk seluruh jurusan atau program studi UGM. Berikut ini adalah beberapa jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM beserta akreditasi dan daya tampungnya pada tahun 2020/2021 yaitu:

a. Ilmu Hubungan Internasional (A): 80

b. Ilmu Komunikasi (A): 75

c. Manajemen dan Kebijakan Publik (A): 75

d. Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (A): 75

e. Politik dan Pemerintahan (A): 75

f. Sosiologi (A): 75

6. Fakultas Universitas Gadjah Mada: Psikologi

Jurusan Soshum terakhir di UGM adalah Psikologi. Program studi ini merupakan satu-satu jurusan yang di Fakultas Psikologi. Jurusan Psikologi juga sudah memiliki akreditasi A dan daya tampung UGM 2020/2021 sebanyak 225 kursi.

Tips Mengerjakan UTUL UGM

Setelah mengetahui jurusan Saintek dan Soshum di UGM, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan pada saat mengikuti ujian masuk UGM, yaitu:

saintek dan soshum UGM

saintek dan soshum UGM

1. Sering Try Out UTBK

Tips yang pertama tentu saja yaitu sering berlatih atau try out. Bagaimana pun juga, belajar dengan ujian merupakan cara yang paling ampuh untuk seseorang menguasai materi atau menjawab pertanyaan. Selain itu, usahakan untuk mencari soal asli yang biasa digunakan pada UTUL UGM.

2. Tetap Tenang

Bagaimanapun situasi yang sedang kamu alami, kamu harus tetap tenang dan mengendalikan diri. Hal ini dilakukan agar pada saat kamu mengerjakan soal ujian, kamu bisa fokus pada ujian hingga selesai. Usahakan untuk tidak terburu-buru dalam mengerjakan.

3. Baca Baik-Baik Aturan Pengerjaan Soal

Pada lembar soal biasanya tertulis skor benar dan salahnya untuk menilai jawaban, beserta segala aturan ujian. Kamu sebaiknya membaca terlebih dahulu aturan sebelum mengerjakan lembar soal, bacalah dengan seksama aturan dan perintah soalnya dengan baik dan memperhatikan semua detailnya.

4. Jaga Kesehatan

Tips mengerjakan soal UTUL UGM selanjutnya adalah jaga kesehatan. Kesehatan merupakan salah satu hal paling krusial pada saat kamu mengikuti ujian. Ditambah lagi di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kamu harus selalu belajar dan juga menjaga kesehatan.

5. Berdoa

Terkahir, tips untuk mengerjakan lembar soal dari UTUL UGM adalah berdoa. Setelah berusaha dengan sungguh-sungguh, langkah selanjutnya adalah tentu saja berdoa dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Selain itu, kamu juga bisa berdoa sendiri atau meminta restu dan doa dari orang tua.

Demikian adalah seluruh jurusan Saintek dan Soshum yang ada di Universitas Gadjah Mada. Apa kamu sudah menemukan jurusan favoritmu? Jangan lupa, selain memilih jurusan yang tepat, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk UGM.

Nah, itulah berbagai jurusan saintek dan soshum UGM yang dapat menjadi referensi Grameds khususnya yang ingin mengambil jurusan tersebut.

Temukan informasi menarik lainnya terkait jurusan saintek dan soshum UGM ataupun jenjang karir lainnya melalui berbagai buku rekomendasi yang ada dibawah ini.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Jurusan Saintek dan Soshum UGM

Written by Emka Umam