in

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Melihat Hantu

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Melihat Hantu – Manusia yang hidup di dunia pasti mengetahui kalau selalu berdampingan dengan makhluk halus dan hantu. Meskipun hidup berdampingan dengan hantu, tetapi tidak semua orang bisa melihat hantu secara langsung. Ada beberapa orang yang benar-benar memiliki kemampuan untuk melihat hantu, tetapi ada juga orang yang hanya bisa merasakan kehadiran hantu. Akan tetapi, sebagian orang lainnya pernah merasakan kehadiran hantu dan melihat hantu tanpa sengaja.

Seseorang yang tidak sengaja melihat hantu di suatu tempat, biasanya akan muncul ketakutan, sehingga akan berusaha untuk kabur. Hal seperti itu sangatlah wajar dan hampir semua orang akan merasa ketakutan ketika melihat hantu. Dikutip dari brainacademy.id bahwa dari hasil survei YouGov di Inggris, di tahun 2014 menyimpulkan bahwa sebesar 39% orang Inggris meyakini kalau dirumahnya terdapat makhluk halus dan 34% orang lagi berpikir bahwa hantu itu memang benar-benar ada.

Pada umumnya, hantu akan muncul di tempat-tempat yang gelap dan suasana yang menyeramkan. Bahkan, terkadang hantu muncul di rumah yang sudah kita tempati selama bertahun-tahun, sehingga beberapa orang merasa takut untuk tidur sendirian atau tidur dalam keadaan gelap. Seseorang yang takut melihat hantu biasanya akan tidur dalam keadaan lampu tetap dinyalakan dan tidur pun menjadi nyenyak.

Oleh karena itu, ketika seseorang melihat hantu, ia akan merasa sedang diganggu dan merasa tidak nyaman. Bahkan, aktivitas yang dilakukan menjadi kurang maksimal karena ada rasa takut yang muncul. Meskipun rasa takut sering muncul ketika melihat hantu, tetapi sebaiknya kita sebagai manusia tetap berani karena dengan keberanian kemungkinan besar hantu tidak akan mengganggu kita.

Biasanya seseorang yang mengalami rasa takut ketika melihat hantu karena tidak harus melakukan apa. Maka dari itu, kamu harus mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika melihat hantu. Pada kesempatan ini, kita akan membahas hal-hal yang perlu kamu lakukan ketika melihat hantu.

Tanpa berlama-lama lagi, kamu bisa simak pembahasannya di bawah ini. Jadi, baca artikel ini sampai habis, Grameds.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Melihat Hantu

Apa yang harus dilakukan ketika melihat hantu?
pixabay

Hal-hal yang perlu dilakukan ketika melihat hantu sebagai berikut.

Selalu Meminta Perlindungan Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Ketika kamu sudah melihat hantu, sebaiknya secepat mungkin untuk berdoa sambil meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa, kita akan memiliki keberanian dan membuat pikiran, sehingga rasa takut ketika melihat hantu akan berkurang.

Menguatkan Mental dan Meningkatkan Rasa Berani

Dengan mental yang berani, maka rasa takut akan menghilang. Itulah salah satu cara yang perlu kamu lakukan ketika melihat hantu. Namun, rasa berani yang kamu tidak boleh berlebihan karena bisa memunculkan rasa sombong. Rasa sombong itu bisa saja membuat seorang manusia diganggu oleh hantu lebih lama dan membuat kamu tidak nyaman.

Tetap Berusaha Untuk Tenang

Selain dengan rasa berani, ketika melihat hantu kamu perlu berusaha untuk tetap tenang, sehingga tahu hal-hal apa yang harus dilakukan. Dengan pikiran yang tenang, seseorang akan mudah fokus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Membaca Doa-Doa yang Sesuai Kepercayaannya 

Hal yang perlu kamu lakukan ketika melihat hantu adalah membaca doa-doa yang sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Hal ini perlu dilakukan karena dengan doa-doa itu, kamu akan diberikan perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, sebaiknya kamu menghapalkan beberapa doa atau ayat-ayat suci dari kitab suci agar ketika melihat hantu tidak terlalu merasa takut.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Ketika Melihat Hantu Menurut Pandangan Islam

Apa yang harus dilakukan ketika melihat hantu
pixabay

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan ketika melihat hantu dalam pandangan Islam.

1. Memohon Perlindungan Kepada Allah S.W.T

Hal yang perlu dilakukan pertama kali dan harus untuk dilakukan ketika melihat hantu adalah membaca doa untuk meminta perlindungan kepada Allah S.W.T. Dengan berdoa kepada Allah, seorang hamba akan diberikan perlindungan, sehingga tidak akan diganggu oleh hantu. Adapun doa ketika melihat hantu, setan, atau jin, yaitu:

Apa yang harus dilakukan ketika melihat hantu?

Artinya:

Ya Allah, kami memohon penjagaan kepada-Mu dan kami menitipkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta kami, dan segala sesuatu yang Engkau berikan kepada kami. Ya Allah, jadikan lah kami dalam penjagaan-Mu, tanggungan-Mu, kedekatan-Mu, dan perlindungan-Mu dari gangguan setan yang menggoda, dari orang yang kejam, dari mata orang yang berniat jahat, dari orang yang bermaksud zalim, dan dari keburukan apa pun yang membawa keburukan. Sesungguhnya Engkau maha kuasa atas segala sesuatu.”

2. Membaca Ayat Kursi

Ketika kamu melihat hantu, maka kamu harus berusaha untuk tidak mempedulikannya dan berusaha membaca ayat-ayat suci Al-Quran. Dalam Islam, membaca ayat kursi merupakan salah satu cara agar tidak diganggu oleh hantu atau setan. Dengan membaca ayat kursi, maka seorang hamba akan diberikan perlindungan oleh Allah, sehingga rasa nyaman tetap dalam melakukan aktivitas akan terus ada.

Bahkan, menurut ajaran Islam, sebelum seseorang tidur di malam hari, sebaiknya membaca ayat kursi terlebih dahulu. Dengan melakukan hal ini, kamu akan diberikan perlindungan oleh Allah agar hantu tidak mengganggu tidurmu.

“Siapa yang membacanya (ayat kursi) ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655).

3. Jangan Terlalu Takut dan Terlalu Berani

Rasa takut yang berlebihan akan membuat hantu senang untuk mengganggu kita sebagai manusia lebih lama. Namun, rasa berani yang berlebihan akan membuat seorang manusia menjadi sombong, sehingga seolah-olah dapat melawan hantu. Jadi, sebaiknya ketika melihat hantu kamu tidak boleh terlalu takut dan terlalu berani. Hal ini perlu dilakukan ketika melihat hantu agar pikiran tetap bisa tenang dan fokus, sehingga tidak terganggu dengan kehadiran hantu yang ada di sekitar kita.

Meskipun dengan tetap tenang dan fokus dapat membuat kita merasa tidak diganggu oleh hantu, tetapi lebih baik lagi ketika melihat hantu tetap membaca doa seraya meminta perlindungan kepada Allah. Dengan perlindungan dari Allah, kita tetap merasa berani yang tidak berlebihan.

4. Selalu Yakin Kalau Manusia Lebih Baik Dari Hantu

Hantu atau setan tidak akan kuat untuk menggangu apabila kita punya keberanian dan rasa yakin kalau memiliki kelebihan yang tidak mungkin dimiliki oleh hantu. Dalam pandangan Islam, hantu merupakan bagian dari jiin yang akan memperlihatkan dirinya kepada manusia bukan dalam wujud aslinya. Oleh karena itu, hampir kebanyakan hantu yang dilihat oleh manusia wujudnya memiliki banyak kekurangan.

Selain itu, di dalam Islam, hantu atau setan ini merupakan perwujudan dari makhluk-makhluk yang tidak beriman kepada Allah. Seperti yang terkandung di dalam Al-Quran Surat Al Araf ayat 27.

Apa yang harus dilakukan ketika melihat hantu?

Artinya:

Wahai anak cucu Adam, Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

Jadi, ketika melihat hantu, sebaiknya kamu tetap berani dan tenang serta tetap berdoa memohon perlindungan kepada Allah.

Tanda-Tanda Kehadiran Hantu

Apa yang harus dilakukan ketika melihat hantu?
pixabay

Supaya kita memiliki persiapan untuk memberanikan diri dan menenangkan diri ketika melihat hantu, maka perlu mengetahui tanda-tanda kehadiran hantu sebagai berikut

1. Di Sekitar Kita Ada Aroma Busuk, Amis, dan Bunga

Ketika kamu pergi ke suatu tempat, baik itu dengan jalan kaki atau dengan kendaraan, kemudian tercium aroma-aroma yang tidak biasa, seperti aroma busuk, amis darah, dan aroma bunga merupakan tanda-tanda dari adanya hantu di sekitar kita. Munculnya aroma-aroma itu bisa saja memunculkan hantu yang benar-benar ingin mengganggu kita supaya kita takut ketika merasakan keberadaannya atau melihatnya. Untuk meminimalisir diganggu oleh hantu, maka ketika berada di suatu tempat yang belum pernah kita datangi, sebaiknya ucapkan “permisi”.

Aroma busuk, amis, dan bunga ini muncul tanpa sebab atau tiba-tiba muncul begitu saja. Apabila kamu mencium aroma-aroma seperti itu, sebaiknya tetap berusaha untuk berani agar tidak diganggu oleh hantu. Alangkah baiknya lagi, kamu melakukan doa-doa untuk meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan begitu, semoga hantu yang tadinya ingin mengganggu tidak menjadi mengganggu.

2. Munculnya Rasa Takut yang Seperti Ada yang Mengikuti

Hampir sebagian orang akan merasakan rasa takut ketika melihat hantu, ternyata ketika sudah merasa ada yang mengikuti sekaligus muncul rasa takut menandakan bahwa kemungkinan besar di sekitar kamu sedang ada hantu.

Hal ini bukan hanya terjadi di tempat-tempat yang menyeramkan saja, tetapi terkadang terjadi di tempat yang sering kita kunjungi seperti di rumah. Terkadang di beberapa ruangan yang ada di rumah terdapat ruangan yang bisa membuat kita merasa takut dan seolah-olah ada yang mengikuti.

Jika kamu merasa takut dan merasa ada yang mengikuti ketika berada di rumah mungkin saja disebabkan karena rumah itu jarang dihuni karena kesibukan yang kamu miliki. Selain itu, munculnya hantu di rumah bisa juga disebabkan karena jarang meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar rumah terasa nyaman dan tidak ada hantu.

3. Sering Terdengar Suara-Suara yang Aneh

Apa yang harus dilakukan ketika melihat hantu?
Pixabay

Suara-suara aneh yang muncul dan tanpa tahu sumber suaranya darimana merupakan salah satu tanda munculnya hantu di suatu tempat. Suara-suara itu aneh yang munculnya entah darimana, seperti adanya suara tangisan yang sangat sedih, adanya suara meminta tolong dengan yang terdengar cukup jelas atau samar-samar, bahkan ada juga suara hewan dari kejauhan atau dari dekat. Munculnya suara-suara itu akan membuat merasa manusia bingung dan memunculkan rasa takut.

Ketika kamu tiba-tiba mendengar suara-suara aneh yang sumbernya tidak diketahui, sebaiknya segera membaca doa-doa Kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan perlindungan dan keberanian. Selain itu, munculnya suara-suara aneh itu bisa saja memunculkan hantu yang ingin mengganggu atau bisa juga hantu yang hanya sekadar lewat saja.

4. Munculnya Penampakan Hantu

Dalam kasus yang lebih parah, hantu benar-benar menampakkan dirinya di depan kita yang akan membuat kita terkejut sekaligus muncul rasa takut. Penampakan hantu yang tampak ini biasanya memiliki wujud yang cukup menyeramkan, sehingga kita pun merasa takut. Wujud-wujud hantu yang menyeramkan, seperti hantu berkepala buntung, hantu tidak memiliki tangan dan kaki, hantu berwujud gigi taring panjang, dan masih banyak lagi.

Munculnya penampakan hantu bisa saja terjadi di rumah kita yang sering ditempati. Hal ini wajar saja terjadi karena biar bagaimanapun kita pasti akan berdampingan dengan makhluk halus yang berbeda dimensi. Selain itu, kita juga tidak tahu sebenarnya tempat yang kita tempati merupakan tempat angker atau bukan. Ketika melihat penampakan hantu walaupun muncul rasa takut, sebaiknya kamu berusaha untuk tetap berani agar bisa berpikir dengan tenang.

5. Tubuh Merasa Dingin dan Merinding 

Apa yang harus dilakukan ketika melihat hantu?
pixabay

Ketika suhu udara sedang panas, kemudian kamu merasakan dingin yang sampai membuat kamu bingung bagaimana bisa muncul suhu yang dingin di tengah-tengah suhu yang sedang panas dan tiba-tiba saja tubuh kamu merasa merinding, maka kemungkinan besar kedua hal itu tanda-tanda kehadiran hantu. Jika, tubuh sudah merasa dingin yang diikuti dengan merinding akan memunculkan rasa tidak nyaman. Bahkan, terkadang kita merasa kalau tubuh seperti ada yang sedang menyentuhnya.

Ketidaknyamanan itu akan bisa mengganggu aktivitas yang sedang kita lakukan. Misalnya, lembur kerja di kantor pada malam hari, kemudian merinding pasti pekerjaan lemburan akan susah untuk diselesaikan dan ketika tidur pada malam hari yang tiba-tiba saja muncul hawa dingin dan merinding, sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.

6. Suatu Benda Bergerak Sendiri

Dalam kehidupan sehari-hari yang kita lakukan pada malam hari, terkadang melihat benda yang bergerak sendiri padahal di sekitar benda yang bergerak tidak ada orang. Ketika melihat kejadian seperti itu, pasti kita akan merasa terheran-heran dan muncul pertanyaan siapa yang menggerakan benda itu, Apalagi benda yang digerakkan cukup berat, kita pun akan semakin takut. Benda yang bergerak sendiri walaupun ukurannya berat dan besar merupakan salah satu ciri munculnya hantu di sekitar kita.

Penyebab benda bisa bergerak sendiri walaupun tidak ada angin dan manusia yang menggerakkan adalah adanya energi negatif di sekitar benda-benda tersebut. Hal ini bisa saja terjadi karena umumnya hantu memiliki energi-energi negatif. Oleh karena itu, ketika melihat suatu benda bergerak sendiri, sebaiknya segera membaca doa-doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan perlindungan serta tidak diganggu lebih lama oleh hantu.

7. Kendaraan yang Dikendarai Terasa Berat

Bagi kamu yang pernah merasakan kendaraan yang sedang dikendarai tiba-tiba terasa berat, bisa jadi ada hantu yang sedang berada di dekatmu. Bahkan, kamu bisa saja hantu itu sedang naik kendaraan kamu. Biasanya kendaraan yang dikendarai terasa berat terjadi ketika sedang melintas di jalan yang angker dan menyeramkan, seperti tempat kejadian kecelakaan yang memakan korban jiwa. Bukan hanya jalan saja, tetapi ketika melintas di tempat-tempat yang angker, seperti kuburan tak menutup kemungkinan kalau kendaraan akan terasa berat.

Apabila ketika berkendara kamu merasakan kalau kendaraan menjadi berat, sebaiknya kamu tetap tenang, tetap fokus berkendara hingga sampai ke tujuan. Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu memikirkan hal apa yang sedang terjadi. Pada umumnya, ketika hal itu terjadi, perlahan-lahan hantu itu akan menghilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa tanda kalau ada makhluk halus atau hantu yang tiba-tiba muncul di sekitar kita. Ketika kamu sedang merasakan tanda-tanda seperti itu, sebaiknya kamu meningkatkan keberanian dan membaca doa-doa memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan melakukan hal-hal itu, semoga saja kamu tidak ganggu oleh hantu dan aktivitas tetap bisa dilakukan dengan maksimal.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Sumber: Dari berbagai macam sumber



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu