in

24 Daftar Orang Terpintar di Dunia yang Dikenang Sepanjang Masa

unsplash.com

Daftar Orang Terpintar di Dunia – Tahukah kamu siapa saja orang terpintar di dunia sepanjang masa? Orang-orang ini memiliki pengaruh yang sangat besar di tingkat dunia. Bahkan, dapat mengubah sistem serta tatanan sesuai dengan pemikirannya.

Jika ditanya siapa saja orang terpintar di dunia ini yang terlintas di pikiranmu mungkin para ilmuwan serta orang-orang yang pernah disebutkan dalam buku-buku besar lainnya. Namun, kepintaran mereka sendiri sesungguhnya dipengaruhi oleh tingginya IQ. Orang yang pintar sesungguhnya mampu memberi dampak besar bagi lingkungan sekitarnya.

Daftar Orang Terpintar di Dunia

Lalu siapa saja orang terpintar di dunia serta bagaimanakah pengaruhnya? Simak informasi lebih lengkapnya berikut ini.

1. Albert Einstein

Daftar Orang Terpintar di Dunia
mldspot.com

Siapa yang tak kenal Albert Einstein? Tidak mengherankan sesungguhnya jika ia kemudian dinobatkan sebagai orang terpintar di dunia. Dengan IQ mencapai 225 lebih dari manusia pada umumnya, kontribusi Albert Einstein dalam bidang Fisika sangat besar bagi dunia. Bahkan, Albert Einstein sebagai ilmuwan terbesar di abad 20 juga pernah memperoleh hadiah nobel di bidang tersebut. Hingga sepeninggalnya kini, kontribusinya dalam Fisika tetap digunakan, yaitu Teori Relativitas.

2. Leonardo da Vinci

Daftar Orang Terpintar di Dunia
sains.kompas.com

Leonardo da Vinci juga termasuk ke dalam daftar orang terpintar di dunia dalam sepanjang sejarah. Memiliki pengaruh yang besar dalam hal seni Lukis, ia juga berbakat di banyak bidang lainnya, seperti matematika, seni pahat, penulisan, anatomi, serta berbagai bidang lainnya. Pernah melihat lukisan Monalisa? Karya ini juga dibuat olehnya. Selain pencapaian tersebut, ia juga orang pertama yang membantu menemukan parasut, helikopter, tank, dan lain sebagainya. Leonardo da Vinci juga tertarik pada bidang geologi serta menggambar peta di berbagai tempat.

3. Isaac Newton

Daftar Orang Terpintar di Dunia
kompas.com

Jika sudah pernah belajar Fisika dan mendapatkan materi tentang gravitasi, kamu pastinya juga akan mengenal nama Isaac Newton. Isaac sebagai orang yang menemukan Hukum Gravitasi. Ia juga mencetuskan berbagai teori gravitasi karena melihat sebuah apel yang jatuh. Hingga kini penemuan Newton masih juga digunakan dalam bidang ilmu pengetahuan.

Penemuan lain dari Isaac Newton di antaranya adalah hukum gerak, sebab Isaac Newton juga sebagai seorang matematikawan, astronom, dan alkimia yang sangat jenius. Selain itu Newton juga dianggap sebagai ilmuwan paling berpengaruh yang pernah hidup. Karya-karyanya tidak hanya digunakan pada abad ke-17 saja, tetapi hingga menghasilkan berbagai teknologi modern.

Kontribusi Isaac Newton selain teori gravitasi dan gerak, juga ada teori warna yang terlihat dalam pelangi dan spektrum. Ia juga yang menulis buku berjudul “Philosophie, Naturals, Principia Mathematic” yang membahas tentang prinsip-prinsip fisika modern.

4. Kim Ung Yong

Daftar Orang Terpintar di Dunia
beautynesia.com

Pernahkah kamu mendengar nama Kim Ung Yong? Ilmuwan ini berasal dari Negeri Ginseng dan memiliki IQ di atas 200. Kecerdasannya sudah terlihat sejak ia masih kecil. Ia mampu menguasai banyak bahasa di usianya yang masih 3 tahun. Tidak mengherankan jika kecerdasan Kim Ung Yong kemudian membuatnya dipercaya oleh NASA untuk mengerjakan suatu proyek selama 10 tahun. Kini, Kim Ung Yong telah menjadi profesor di negeri kelahirannya Korea Selatan.

5. Stephen Hawking

Daftar Orang Terpintar di Dunia
nationalgeographic.grid.id

Nama Stephen Hawking telah mendunia sebagai seorang fisikawan. Stephen Hawking juga mencetuskan berbagai Teori, yang paling terkenal adalah Teori Big Bang sebagai asal mula terbentuknya alam semesta.

Stephen Hawking dengan keterbatasan fisik yang ia miliki, tetap dapat memberikan sumbangsih besar terhadap ilmu pengetahuan. Ia juga menjadi seorang penulis dan direkrut di pusat penelitian kosmologi teoritis.

Stephen Hawking juga memprediksi bahwa lubang hitam (black hole) ini akan mengeluarkan radiasi yang disebut radiasi Hawking. Hawking juga merupakan orang pertama yang mencetuskan teori kosmologi serta mendukung mekanika kuantum. Sebagai penerima penghargaan sipil tertinggi di Amerika Serikat, Presidential Medal of Freedom, Stephen Hawking juga menulis buku dengan judul “A Brief History of Time”. Dalam buku ini Hawking kemudian membahas teorinya serta kosmologi secara umum.

6. B.J Habibie

Daftar Orang Terpintar di Dunia
kompas.com

BJ.Habibie sebagai orang terpintar di Indonesia yang juga terkenal di dunia. B.J Habibie merupakan mantan presiden Indonesia yang memiliki IQ mencapai 200. Kontribusi besarnya bagi dunia di antaranya adalah menemukan teori crack yang sangat penting untuk perkembangan industri pesawat terbang.

7. Galileo Galilei

Daftar Orang Terpintar di Dunia
bobo.grid.id

Galileo Galilei merupakan seorang ahli fisika, matematika, dan seorang astronom. Galileo Galilei juga menyandang predikat sebagai Bapak Astronomi Modern. Kontribusinya yang masih juga digunakan hingga saat ini di antaranya adalah penemuan kompas militer.

Selain itu ia juga berperan dalam revolusi ilmiah. Kontribusi Galileo Galilei di bidang astronomi di antaranya adalah penemuan teleskop. Ia juga mempunyai peran dalam observatorium astronomi. Galileo Galilei kemudian mengonfirmasi fase-fase Venus, juga analisis bintik matahari dan menemukan empat satelit terbesar planet Yupiter.

8. Thomas Alva Edison

Daftar Orang Terpintar di Dunia
voi.id

Thomas Alva Edison merupakan seorang penemu yang produktif. Salah satu penemuannya yang besar adalah lampu pijar. Pada sisi lainnya Thomas Alva Edison juga berprofesi sebagai pengusaha. Ia kemudian menjadi pelopor revolusi teknologi pertama di Amerika.

Siapa sangka jika Thomas Alva Edison sebagai penemu pertama yang memiliki laboratorium penemuannya sendiri? Selain dikenal dengan penemuannya dalam hal lampu pijar, Thomas Alva Edison juga memiliki penemuan lainnya mulai dari kamera film hingga baterai yang dapat diisi ulang.

9. Terence Tao

nytimes.com

Nama Terence Tao sungguh dikenal karena kontribusinya di bidang aritmatika bilangan bulat dengan teorema Green-Tao. Ia juga memiliki kecerdasan serta keistimewaan yang unik, karena di usia 2 tahun sudah dapat mengajari anak 5 tahun belajar menjumlahkan serta mengeja angka.

Tak hanya itu Terence Tao juga memenangkan olimpiade matematika internasional pada usianya yang masih terbilang muda serta mendapatkan gelar Ph.D di usia 20 tahun. IQ Terence Tao mencapai 230. Kontribusi Terence Tao lainnya di antaranya adalah menghilangkan red-eyes (mata merah) pada foto dengan mengggunakan teori The power of Convex Relaxations.

10. Noam Chomsky

Daftar Orang Terpintar di Dunia
voi.id

Noam Chomsky atau dikenal juga sebagai bapak linguistik modern merupakan seorang ilmuwan kognitif sekaligus filsuf dan pengamat politik. Noam Chomsky bersama karya-karyanya mampu mengubah banyak hal, seperti kehadiran kecerdasan buatan (AI) hingga teori musik. Tak hanya itu, ia juga menulis lebih dari 100 buku dan terpilih sebagai salah satu dari 100 intelektual publik di jajak pendapat tahun 2005.

11. Manahel Thabet

Daftar Orang Terpintar di Dunia
medium.com

Manahel Thabet merupakan seorang ekonom, ilmuwan, dan konsultan dari Yaman dengan IQ 168 yang hanya dimiliki oleh sekitar 0,1 persen orang-orang di dunia. Tak hanya itu, Manahel Thabet juga telah memenangkan banyak sekali penghargaan, salah satu di antaranya adalah penghargaan kemanusiaan dari Persatuan Bangsa Bangsa.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

12. Andrew Wiles

Daftar Orang Terpintar di Dunia
nature.com

Andrew Wiles juga merupakan seorang ahli matematika yang telah memenangkan banyak sekali penghargaan. Ia mampu membuktikan Fermat’s Last Theorem atau Teorema Terakhir Fermat Nya pada tahun 1995. Berdasarkan kepada The Guiness Book of World Records, teoremanya kemudian menjadi salah satu masalah matematika tersulit yang ada di dunia. Andrew Wiles dan kemampuannya memecahkan teorema yang telah berlangsung 358 tahun.

13. Edward Witten

Daftar Orang Terpintar di Dunia
quantamagazine.com

Edward Witten merupakan seorang ilmuwan yang dikenal karena kontribusinya dalam teori M, supersimetria, gravitasi kuantum, dan teori string. Edward Witten juga termasuk ke dalam fisikawan tercerdas dalam generasinya sekaligus “the world’s greatest living theoretical physicist”. Majalah TIME kemudian memasukkan namanya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia. Tak hanya dikenal dalam bidang fisika, ia juga memberikan kontribusi yang besar dalam bidang matematika.

14. Charles Dickens

Minews.id

Charles Dickens merupakan seorang penyair, kritikus sosial, dan penulis. Charles Dickens dikenal juga dengan karya-karyanya, seperti Oliver Twist, David Copperfield, dan A Christmas Carol. Charles Dickens menjadi novelis terbesar dalam periode Victoria.

15. Michael Faraday

internasional.kompas.com

Ilmuwan Inggris Michael Faraday tak mengenyam pendidikan tinggi namun mampu berkontribusi dalam bidang elektrokimia dan elektromagnetik. Teknologinya pun dapat kita nikmati hingga saat ini. Michael Faraday sebagai seorang ilmuwan terjenius memiliki banyak prinsip ilmiah yang ia temukan kemudian diberi nama sendiri, seperti Efek Faraday, Hukum Induksi Faraday, dan Gelombang Faraday.

16. Johann Goethe

britannica.com

Johann Goethe merupakan seorang polymath Jerman di era 1800-an serta memiliki perkiraan skor IQ antara 210-225. Ia juga mendirikan ilmu kimia manusia serta mengembangkan teori awal evolusi. Tak hanya itu ia juga dianggap sebagai salah satu tokoh terbesar di dalam sastra Barat. Drama puitisnya yang berjudul Faust diterbitkan pada tahun 1808 serta masih dibaca dan dipelajari hingga saat ini.

17. James Maxwell

deweezz.com

James Maxwell memiliki perkiraan skor IQ mulai dari 190 sampai 205, James Maxwell juga merupakan seorang fisikawan matematika dari Skotlandia dan terkenal karena menciptakan teori klasik radiasi elektromagnetik. Saat Einstein ditanya apakah ia telah berdiri di atas bahu Isaac Newton dalam mencapai kesuksesan, Einstein kemudian menjawab: “Tidak, saya berdiri di atas bahu Maxwell.”

18. William Sidis

debate.com

William Sidis merupakan seorang anak ajaib Amerika yang menjadi inspirasi utama dalam film Good Will Hunting. Memiliki IQ antara 200 hingga 300, ia diterima di Universitas Harvard saat usianya baru menginjak 9 tahun. Meski kemudian universitas liga ivy tidak mengizinkannya masuk dikarenakan usianya yang masih terlampau muda. Akhirnya ia memutuskan untuk berkuliah di Universitas Tufts sampai Harvard akhirnya mengizinkannya masuk di usia 11 tahun.

19. Carl Gauss

theguardian.com

Carl Gauss menjadi salah satu matematikawan Jerman terbesar di abad ke-19. Dengan skor IQ berkisar antara 250 sampai 300, ia kemudian melanjutkan kontribusinya di bidang teori bilangan seperti statistik, aljabar, dan analisis.

20. Nikola Tesla

theconversation.com

Saat ini setiap memikirkan Tesla atau merek mobil mewah mungkin yang akan muncul di benakmu adalah Nikola Tesla atau salah satu orang terpintar di dunia. Lahir pada tahun 1856, Tesla memiliki rentang IQ dari 160 hingga 310. Ia juga dikenal sebagai penemu mesin arus bolak-balik dan kumparan Tesla.

21. Voltaire

theconversation.com

Francois Marie Arouet atau Voltaire memiliki IQ sangat tinggi berkisar antara 190-200. Lahir di tahun 1694, ia juga dikenal sebagai salah satu penulis serta filsuf terbesar Perancis yang dikenal karena kritik serta sindirannya terhadap bangsawan elit negaranya sendiri.

22. Christopher Hirata

paw.princeton.edu

Christopher Hirata dan IQnya yang mencapai 225 mendapat perhatian penting di usia 14 tahun ketika kemudian menjadi pemenang termuda pada Olimpiade Fisika Internasional 1996. Menginjak usia 16 tahun, dia juga bekerja sama dengan NASA untuk menyelidiki kolonisasi Mars.

23. Grace Hopper

biography.com

IQ 175 dimiliki oleh Grace Murray Hopper yang merupakan ilmuwan komputer terkemuka dari Amerika Serikat. Hopper juga merupakan salah satu programmer pertama dari komputer MARK 1 serta menjadi pengembang Compiler pertama. Tak hanya itu saja, ia juga mahir bekerja dalam Fortran dan Cobol. Kontribusinya dalam bidang komputasi tak dapat diabaikan bahkan hingga saat ini.

24. Ruth Lawrence

gcpawards.com

Dengan IQ 175 perempuan kelahiran 1971 ini kemudian lulus ujian masuk Oxford pada usianya yang masih 10 tahun serta menjadi orang termuda yang lulus dari Oxford hingga kini. Ia juga merupakan seorang profesor matematika yang berasal dari Inggris serta telah banyak menyumbangkan buah pikiran di bidang teori simpul dan topologi aljabar.

Buku Terkait Orang Terpintar di Dunia

1. Elon Musk Si Pria Jenius Abad 21

Siapa yang tidak mengetahui Tesla dan SpaceX? Tentu semua orang mengetahuinya. Tapi siapakah sosok hebat yang ada di belakangnya? Dialah Elon Reeve Musk atau yang oleh dunia lebih dikenal dengan Elon Musk.

Di balik kesuksesannya saat ini, Musk ternyata mempunyai masa kecil yang kelam. Musk bisa melalui masa-masa itu dan berhasil menunjukkan kepada dunia bahwa pengalaman hitam tidak selamanya menjadi ganjalan. Pengalaman itu justru menjadi batu loncatan untuk mencapai semua harapan dan keinginan.

2. Why? People – Stephen Hawking

Stephen Hawking merupakan anggota termuda dari Royal Society pada tahun 1974, dan pada tahun 1979 dilantik sebagai The Lucasian Professor of Mathematics at The University of Cambridge serta fisikawan universe yang sehebat Einstein, Newton, dan Galileo.

Hawking lahir di Oxford, Inggris tahun 1942. Saat berusia 21 tahun, dia didiagnosis menderita penyakit Lou Gehrig di mana penyakit ini menghancurkan sel saraf yang ada di dalam tubuhnya yang membuatnya tidak bisa hidup lebih dari 2 tahun lagi.

Namun, Hawking tidak menyerah, justru hingga kini dia sudah mengemukakan banyak teori dan teori ilmu ruang angkasa. Bahkan dia mengakui bahwa ada kesalahan dalam teori black hole yang dikemukakan sendiri 30 tahun yang lalu dan menerima teori baru. Sikap Hawking ini menunjukkan seorang ilmuwan sejati yang tidak memikirkan gengsi dan wibawa.

3. Seri Smart Science: Bumi dan Bulan – Catatan Penelitian Galileo Yoon

Dalam buku ini dikisahkan bahwa ayahku adalah seorang astronom dan kakakku sangat menyukai Bulan. Jadi, saat Ayah dan Kakak bertemu, mereka selalu bercerita tentang astronomi. Karena aku tidak tahu apa-apa tentang astronomi, aku sedikit kecewa. Lalu, aku membaca semua buku yang berhubungan dengan astronomi. Apa saja yang aku pelajari tentang astronomi? Hal- hal menarik apa yang aku temukan bersama Kakak?

Seri Smart Science merupakan buku cerita dengan konten sains menarik yang dapat diakses melalui ponsel pintar. Anak akan mendapat pengalaman baru dalam belajar sains melalui cerita, video percobaan, animasi, dan aplikasi seru.

4. Why? People – Albert Einstein

Albert Einstein, ilmuwan fisika teoretis yang sangat terkenal dalam abad ke-20, menerima Penghargaan Nobel atas pengabdiannya terhadap ilmu fisika teoritis yang mengembangkan teori umum relativitas pada tahun 1921. Salah satu rumus yang paling terkenal adalah rumus Teori Relativitas yaitu E=mc².

Albert Einstein pun pernah mengemukakan bahwa, “Orang yang tidak pernah berbuat salah adalah orang yang tidak pernah melakukan sesuatu.”

Demikian daftar orang terpintar di dunia yang nama dan karyanya akan dikenang sepanjang masa. Grameds bisa mendapatkan buku-buku dengan topik terkait di gramedia.com. Sebab sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan memberikan produk-produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

  1. Inilah Ciri Orang Pintar dan Pandai, Bukan Melulu Tentang IQ
  2. Intelegensi: Pengertian, Jenis, Faktor, dan Potensi
  3. Pola Pikir: Mengembangkan Cara Berpikir Cerdas dan Kreatif
  4. Kemampuan Kognitif untuk Berpikir
  5. Perkembangan Kognitif: Pengertian, Teori, dan Tahapannya
  6. Rekomendasi Buku Menambah Wawasan Terbaru 2022

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda