in

Daftar Nama Hewan dari F dalam Bahasa Inggris

Daftar nama hewan dari F – Grameds banyak cara untuk bisa memberi pengetahuan yang baru bagi si buah hati salah satunya adalah dengan mempelajari nama nama hewan yang berawalan dari huruf f. Kamu juga bisa menyebutkan ciri-ciri fisik dan kebiasaan apa yang dilakukan hewan itu dibandingkan hanya menyebutkan nama namanya.

Selain itu, kamu juga bisa memperlihatkan bentuk dari hewan itu. Hal ini karena ada banyak sekali hewan di bumi ini. Kamu bisa memilih salah satu huruf seperti Nama Hewan dari huruf F. Berikut ini adalah daftar nama hewan dari huruf f.

 

Daftar Nama Hewan dari F dalam Bahasa Inggris

  • Fennec Fox – Rubah Fennec

sumber : pexels.com

Rubah Fennec adalah salah satu hewan nokturnal (aktif pada malam hari) yang juga merupakan jenis rubah terkecil dari keluarga Canidae. Rubah ini biasa dikenali dari telinganya yang lebar dan besar.

Hal itu membuat kepekaan indra pendengarannya sangat tinggi, sehingga dia bisa mendengar mangsanya yang ada di dalam tanah. Rubah ini memiliki habitat di Afrika Utara, dan umumnya memangsa mamalia kecil, seperti serangga dan burung kecil.

 

  • Fox – Rubah

sumber : pexels.com

Fox dalam bahasa Indonesia biasa kita kenal dengan istilah rubah. Rubah bisa hidup di hutan yang ada di semua benua di dunia. Mereka merupakan pelari yang baik dan mereka memakan hewan yang lebih kecil seperti tikus, kelinci, burung, serangga dan masih banyak lagi.

 

  • Ferret – Musang

sumber : pexels.com

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Ferret adalah hewan mamalia yang satu genus dengan musang Mustelidae Mustela. Di Eropa, musang ini telah didomestikasi (dijinakkan) sejak 2.500 tahun lalu. Selain untuk dipelihara sebagai teman, hewan ini juga biasanya digunakan untuk berburu kelinci.

Hewan ini dikenal sebagai hewan nokturnal. Tidak hanya tinggal di hutan dan juga semak semak namun hewan ini bisa hidup dengan baik di perkotaan dan biasanya ia memakan hewan yang lebih kecil seperti ayam dan tikus.

 

  • Fin Whale – Paus Sirip

sumber : bobogrid.id

Paus dengan nama Latin Balaenoptera physalus ini merupakan hewan terbesar kedua setelah paus biru. Panjang paus sirip biasanya bisa mencapai 25,9 meter, dan memiliki berat bisa mencapai 114 ton.

Paus ini bisa dikatakan tidak berbahaya bagi manusia karena ia hanya memakan hewan kecil seperti krill dan ikan kecil. Ikan paus ini bisa memiliki usia rata rata mencapai 80 hingga 90 tahun bahkan ada yang bisa mencapai 150 tahun. Mereka bisa berenang dengan kecepatan rata-rata 35 km per jam dan jika berburu mencapai 45 km per jam

 

  • Fire-Bellied Toad – Kodok Api

sumber : iStock.com

kodok api ini diberi nama kodok api dari warna merah yang ada di bagian bawah tubuhnya. Kodok ini memiliki ukuran 4,1 cm dan termasuk genus Bombina dan mudah dijumpai di wilayah Eropa dan Asia yang beriklim sedang.

 

  • Fish – Ikan

sumber : pexels.com

Grameds pasti tahu dengan hewan yang satu ini. Ikan merupakan hewan yang hidup di air dan bernapas menggunakan insang. Tergolong sebagai anggota vertebrata poikilotermik, ikan terdiri lebih dari 27,000 spesies di seluruh dunia. Biasanya, ikan bisa untuk dipelihara sebagai ikan hias atau bisa di konsumsi untuk kebutuhan pangan.

 

  • Flamingo

sumber : pexels.com

Berasal dari kata Latin ‘lamma’, yang berarti ‘api’, burung ini memang memiliki bulu dengan warna yang menyerupai api. Berasal dari genus Phoenicopterus dan familia Phoenicopteridae, burung berkaki panjang ini dapat ditemukan di danau dangkal besar, hutan bakau, dan pulau-pulau berpasir.

Flamingo biasanya bisa kita temui dengan  warna bulunya yang cantik yaitu merah muda, warna bulunya ini juga bisa dipengaruhi makanan yang dikonsumsinya. Flamingo berkembangbiak dengan cara bertelur.

 

  • Fly – Lalat

sumber : pexels.com

Lalat merupakan jenis serangga dari ordo Diptera, yang memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang halter, yang berasal dari sayap belakang di metatoraks, kecuali pada spesies lalat yang tidak bisa terbang. Lalat memiliki waktu hidup yang sangat singkat yaitu hanya mampu hidup dalam rentang waktu 15 hingga 30 hari dan jika tanpa makan hanya mampu hidup 2 hingga 3 hari. Hewan ini biasa aktif di siang hari terutama ketika cuaca sedang cerah dan hangat.  Hewan ini juga ternyata bisa melihat apa yang ada di belakangnya loh grameds hal ini karena lalat memiliki ribuan lensa kecil yang membentuk mata sehingga memungkinkan lalat melihat sejauh 360 derajat.

 

  • Flying Ant – Laron

Laron biasanya kerap muncul di awal musim hujan yaitu rayap. Laron adalah salah satu hewan yang sudah ada sejak zaman purba, ada banyak fosil yang membuktikan bahwa rayap sudah ada sejak 120 juta tahun lalu. Laron berkumpul di rumah akan mendekati sumber cahaya seperti lampu atau lainnya.

Hal ini agar laron bisa mencari pasangan. Laron ternyata juga tidak bisa hidup lama loh grameds bahkan hanya bertahan satu malam. Jika laron itu mati menandakan dia tak menemukan pasangan.

Laron yang menemukan pasangannya kemudian membentuk koloni baru dan laron betina menjadi ratu. Laron adalah serangga yang tidak bisa melihat dan mendengar walau sudah mendekati sumber cahaya.

 

  • Fireflies – Kunang-Kunang

Grameds apakah kalian pernah melihat hewan ini pada malam hari? Hewan ini biasa kita kenal dengan sebutan kunang-kunang, hewan ini memiliki cahaya yang keluar dari tubuhnya ketika mereka terbang di malam hari.

Hewan ini termasuk dalam famili Lampyridae dan memiliki lebih dari 2.000 spesies yang ditemukan di semua benua dan pulau di dunia. Biasanya, hewan ini pemakan cairan tumbuhan, siput kecil, cacing dan serangga lainnya.

Kenali nama-nama hewan juga bisa dipelajari melalui buku. Bagi para orang tua yang sedang mencari buku tentang dunia hewan, maka buku berjudul Kamus 3 Bahasa Nama Hewan bisa dijadikan sebagai panduan.

 

  • Falcon

sumber : pexels.com

Falcon merupakan burung sejenis alap-alap, burung ini tidak kalah gesit dengan burung elang meski memiliki ukuran yang lebih kecil. Falcon memiliki gerakan yang sangat lincah dan juga jarak tempuh penerbangan yang sangat jauh.

Burung ini ketika terbang juga sangat akrobatis sebab bisa menukik dengan tajam bahkan juga bisa berputar arah dengan sangat cepat. Sama halnya dengan elang, burung falcon memiliki penglihatan yang sangat tajam sehingga bisa melihat mangsa dari jarak jauh sekalipun sedang terbang.

Burung Falcon memiliki ukuran yang lebih kecil dari burung elang membuat burung falcon juga memiliki ukuran sayap yang lebih kecil, paruh lebih kecil dan kaki yang lebih kecil. Hal ini juga mempengaruhi ukuran mangsa yang akan menjadi santapannya, paruh dan cakar yang dimiliki burung falcon juga tidak kalah tajam dimana dengan paruhnya yang agak melengkung, burung falcon mampu mengoyak daging para mangsanya.

ada usia muda burung falcon ini memiliki ukuran sayap atau bulu sayap yang lebih panjang dan lebih tebal, tetapi setelah beranjak dewasa bulu sayap burung falcon akan menipis karena sudah terlalu sering terbang di ketinggian dan bahkan juga terkadang melawan arah angin sehingga membuat beberapa bulu sayap menjadi rontok dan menipis.

 

  • Finch – kutilang

sumber : pexels.com

FInch merupakan jenis burung yang masih memiliki kerabat dengan burung pipit. Burung ini memiliki habitat asli di pulau galapagos, hewan ini juga salah satu spesies yang digunakan oleh Charles Darwin untuk membuktikan teori evolusi dan nyatanya terbukti. Burung itu dahulu memiliki ukuran yang lebih besar dan paruhnya menyusut untuk bisa mengkonsumsi lebih banyak jenis biji-bijian.

 

  • Fire Ant – semut Api

sumber : pexels.com

Di indonesia hewan ini biasa kita kenal sebagai semut api yang merupakan salah satu genus semut yaitu solenopsis. Jika dibandingkan dengan semut lainnya, semut ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dengan panjang yang mencapai 33 mm. Sedangkan ratu lebih memiliki panjang badan mencapai 6 mm.

Semut ini memiliki warna coklat kemerahan dan mereka biasa hidup dalam koloni sekitar 100.000 semut per koloni. Biasanya semut hitam jika menggigit akan membuat kamu merasa gatal namun ketika semut ini menggigit maka gigitan ini cenderung lebih menyakitkan.

 

  • Fire Salamander – Salamander Api

sumber : pexels.com

Fire salamander bisa kita kenal dengan salamander api, hewan ini dikategorikan dalam keluarga Salamandridae. Hewan ini memiliki panjang badan ketika dewasa mencapai 30 cm meskipun sebagian besar hanya sekitar 20 cm. Hewan ini bisa ditemukan di Eropa, Afrika dan beberapa negara di Timur Tengah.

Hewan ini memiliki habitat di daerah dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Hewan ini cukup mudah untuk dirawat sebagai hewan peliharaan dan makanannya ulat dan larva ngengat.

 

  • Fishing Cat – Kucing Sungai

sumber : iStock.com

Kucing sungai atau kucing bakau merupakan salah satu jenis kucing yang berbeda dengan kucing lainnya karena hewan ini tidak takut dengan air seperti kucing pada umumnya. Kucing ini memiliki habitat di dekat air termasuk di sekitar danau, sungai, rawa. Kucing sungai ini termasuk dalam kucing yang langka loh grameds.

Bobot tubuh kucing ini bisa mencapai 8-14 kilogram untuk jenis kelamin jantan dan 5-9 kilogram untuk betina. Kucing bakau jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar dari betina sekitar 57-111 cm dengan tinggi maksimal 35 cm. Di Indonesia kucing ini termasuk salah satu kucing langka.

 

  • Flying Fish – Ikan terbang

Flying Fish atau yang biasa kita kenal dengan ikan terbang atau biasa dikenal sebagai toran. Ikan ini termasuk dalam keluarga Exocoetidae. Ada sekitar 50 spesies ikan dan sebagian besar ikan ini hidup di lautan tropis dan subtropis. Ikan ini sebenarnya tidak terbang di udara seperti burung ya grameds.

Hal ini karena adanya dorongan kuat dari ekornya maka bisa membuat ikan ini terbang melayang di udara. Yang membuat ikan ini unik adalah sayapnya merupakan hasil modifikasi dari sirip.

Tak ada salahnya bagi para orang tua untuk memperkenalkan nama-nama hewan kepada anak-anaknya. Namun, bagi para orang tua yang masih bingung mencari buku tentang nama-nama hewan, maka buku Cara Praktis Mengenal Nama Buah, Hewan, dan Benda bisa jadi solusinya.

  • Flying Foxes – Kalong

Grameds juga pasti tidak asing lagi dengan hewan nokturnal malam ini. Di Indonesia hewan ini biasa disebut dengan kalong, hewan ini merupakan salah satu spesies kelelawar dari famili Pteropodidae. Kalong biasanya ditemukan di daerah tropis dan subtropis terutama di semak-semak dan hutan bakau.

Biasanya, kalong memakan serangga. Kalong juga memiliki pendengaran yang sangat tajam dia bisa mendengar sensor yang dipantulkan lewat benda di sekeliling benda. Kalong bisa mencapai berat 1,6 kg dan bentangan sayap mencapai 1,7 meter.

 

  • Flying squirrel – Tupai Terbang

Dalam bahasa indonesia, hewan ini biasa dikenal dengan tupai terbang. Hewan ini memiliki penampilan fisik yang serupa dengan tupai pada umumnya. Namun, yang membuat hewan ini unik adalah ia memiliki sayap yang terbentuk ketika hewan ii merentangkan kedua tangan dan kakinya.

Fakta unik dari hewan ini adalah bukan terbang melainkan meluncur. 90% spesies tupai terbang ada di Asia hal ini karena hutan lebat yang menawarkan perlindungan dan diversifikasi atau penganekaragaman spesies. Biasanya, tupai ini tidak membuat sarangnya sendiri melainkan mencari dan menggunakan lubang besar atau sarang burung yang sudah ditinggali pemiliknya.

 

  • Fossa

Fossa merupakan hewan sejenis musang yang merupakan salah satu mamalia endemik Madagaskar. Hewan ini termasuk dalam kategori karnivora dan ada dalam famili Eupleridae. Ada beberapa pendapat bahwa sebenarnya secara fisik hewan ini memiliki kedekatan dengan kucing namun banyak peneliti yang udah setuju bahwa ia cenderung lebih dekat dengan musang.

Ukuran dari hewan ini tidak terlalu besar, Fossa memiliki tinggi 70 hingga 80 cm dan memiliki ciri khas lainnya adalah cakar yang panjang. Hewan ini biasanya memakan hewan lain termasuk kadal, tikus dan burung.

 

  • Frigatebird – Burung cikalang

Burung ini merupakan burung dari keluarga burung laut yang bisa dijumpai disepanjang wilayah samudra tropis dan subtropis. Lima jenis burung ini yang masih hidup diklasifikasikan ke dalam satu marga yaitu Fregata. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam dan jenis jantan burung ini memiliki kantong berwarna merah pada leher yang bisa menggembung besar yang digunakan untuk menarik perhatian betinanya.

Burung ini bisa menghabiskan waktu hingga berhari-hari di udara hal ini karena burung cikalang bisa tidur saat terbang di udara meskipun tidak lama. Burung ini juga memiliki sayap yang lebar dan yang jantan bisa memiliki ukuran sayap mencapai dua meter.

 

  • Frilled neck lizard – kadal berjumbai

Kadal ini merupakan satu-satunya reptil dari keluarga Chlamydosaurus yang masih bertahan dan hidup hingga saat ini. Hewan ini memiliki tubuh yang dipercantik oleh sesuatu seperti jubah renda yang ada di lehernya.

Ketika kadal ini marah atau merasakan adanya ancaman maka ia akan memperluas rumbainya hingga 25 cm untuk menunjukkan kepada musuhnya bahwa mereka bisa lebih besar dan lebih kuat. Selain itu, juga bisa kamuflase dengan membuat leher terlihat lemas dan rapuh.

  • Frog – Kodok

Hewan ini merupakan hewan amfibi yang hidup di darat dan air tawar. Ciri-ciri penampilan fisik katak ini adalah memiliki tubuh yang licin, warna yang bervariasi, kaki belakang lebih panjang dan memiliki kemampuan berenang dan melompat yang baik.

Bahkan, beberapa spesies memiliki ciri khas khusus yaitu memiliki bintil di sekujur tubuhnya dan merupakan salah satu hewan yang melewati fase metamorfosis sempurna.

Nah, itu dia grameds adalah daftar nama hewan dari F yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menambah wawasan pada buah hati. Jika grameds ingin membaca mengenai buku hewan-hewan atau buku lainnya, maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis : Christin Devina

Rujukan:

  • https://daftarhewan.com/hewan-huruf-f/
  • https://kumparan.com/berita-terkini/7-nama-hewan-dari-huruf-f-di-dalam-bahasa-inggris-dan-terjemahannya-1xe6Bi8BvzH
  • https://www.florafaunaatoz.com/2020/03/nama-nama-hewan-dari-huruf-f.html?m=1
  • https://kids.grid.id/read/472955526/kenali-fakta-menarik-laron-yang-hidup-satu-malam-saja-akubacaakutahu?page=all
  • https://www.rentokil.co.id/tips-mudah-mengendalikan-hama/fakta-menarik-tentang-hama/10-fakta-lalat-rumah-yang-belum-anda-ketahui/
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/ina-suraga/fakta-unik-burung-cikalang-c1c2
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/6-fakta-paus-sirip-hewan-terbesar-kedua-di-dunia-c1c2?page=all


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.