in

Cara Mengetahui HP Disadap, Tanda-Tanda, dan Solusinya

Pixabay.com

Cara Mengetahui HP Disadap – Smartphone atau hp telah terbukti sebagai berkah tersembunyi bagi kita semua. Perangkat genggam yang satu ini menjadi alat komunikasi utama, untuk profesional yang tengah bekerja maupun masyarakat umum dengan berbagai keperluannya. Tentu saja, kemajuan teknologi memungkinkan kita melakukan lebih dari sekadar menggunakan hp untuk menelepon. Dengan berbagai manfaatnya, privasi tetap menjadi salah satu perhatian utama dalam penggunaan smartphone.

Jika diingat-ingat, pernahkan kita berada di tengah-tengah panggilan telepon dan mendengar suara aneh, seperti bunyi klik atau suara yang statis? Ini adalah tanda-tanda paling populer bahwa hp kita sedang disadap. Hingga saat ini, banyak orang yang mengalaminya dan khawatir bahwa privasi komunikasi pribadi dan bisnis mereka tidak terjaga.

Hp kita mungkin rentan terhadap penyadapan, terutama jika perangkat di-jailbreak atau di-root untuk memanfaatkan berbagai aplikasi pihak ketiga dengan berbagai fungsinya yang menggiurkan tetapi membahayakan.

Cara Mengetahui HP Disadap

Perlu beberapa penyelidikan untuk mengetahui apakah kita berurusan dengan bunyi aneh saat menelepon atau berbagai gangguan acak lainnya. Di sini, kita akan mengulik berbagai tanda disadapnya hp.Namun sebelum itu, tentunya kita harus belajar mengenai penyadapan itu sendiri. Simak pengertiannya di bawah ini!

Pengertian dan Alasan HP Disadap

Apakah itu penyadapan telepon atau HP? Benarkah penyadapan bisa terjadi secara nyata? Tentu saja. Namun, sistemnya tidak semudah yang kita pikirkan. Terdapat aplikasi atau program khusus yang bertugas melacak dan menyadap HP ataupun perangkat lainnya. Selain itu, ada pula cara-cara tertentu untuk mengetahui HP yang disadap.

Penyadapan atau pelacakan HP adalah aktivitas ketika panggilan telepon pengguna dan segala aktivitas lainnya dilacak menggunakan perangkat lunak yang berbeda. Prosedur ini sebagian besar dilakukan tanpa diketahui target, alias pemilik HP asli tidak sadar akan adanya aktivitas semacam ini.

Penyadap dapat menyadap HP kita dengan cara mengakses perangkat tanpa izin. Biasanya, program yang digunakan adalah aplikasi software mata-mata. Sementara untuk telepon rumah, penyadap akan memasang perangkat keras atau perangkat lunak khusus.

Penyadapan secara Hukum

Kita sering menemukan contoh penyadapan di film dan acara TV, khususnya ketika lembaga pemerintah menggunakan metode ini untuk menyelesaikan kasus apa pun atau menangkap penjahat. Ternyata, penyadapan memang metode yang digunakan oleh lembaga keamanan untuk melacak percakapan yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan keamanan suatu negara.

Umumnya penyadapan telepon hanya dapat dilakukan oleh otoritas khusus karena banyak legalitas yang harus diurus. Merupakan kejahatan untuk menyadap telepon seseorang tanpa persetujuan mereka.

Di Indonesia, aturan tentang penyadapan tertuang dalam Pasal 31 Undang-undang No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-undang N0. 11 Tahun 2008. Penyadapan disebut sebagai kegiatan untuk mendengarkan, merekam, membelokkan, mengubah, menghambat, dan/atau mencatat transmisi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak bersifat publik, baik menggunakan jaringan kabel komunikasi maupun jaringan nirkabel, seperti pancaran elektromagnetis atau radio frekuensi.

Pihak yang berhak melakukan penyadapan adalah para penegak hukum. Adapun kegunaannya ialah hanya untuk keperluan menyelesaikan suatu kasus hukum. “Kecuali intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), intersepsi yang dilakukan dalam rangka penegakan hukum atas permintaan kepolisian, kejaksaan, dan/atau institusi penegak hukum lainnya yang ditetapkan berdasarkan undang-undang,” itulah bunyi Pasal 31 Ayat 3.

Meski terkesan memiliki hak istimewa untuk menyadap, penyidik tidak bisa melakukannya sembarangan. Ada berbagai prosedur yang harus diterapkan. Pasalnya, KUHP Pasal 83 ayat 1-4 pun mengatur batas kewenangan penyidik dalam menyadap suatu perangkat. Pasal ini menyebut, penyadapan bisa dilakukan selama mendapatkan izin dari pihak pengadilan.

Sementara itu, dalam Pasal 83 ayat (3) diatur bahwa penyadapan hanya dapat dilakukan oleh penyidik atas perintah tertulis dari atasan penyidik setempat. Ini pun setelah mendapatkan surat izin dari hakim pemeriksa pendahulu.

Tak heran, penyadapan memang sepatutnya diatur dengan jelas dan ketat. Meski begitu, masih banyak pihak tak bertanggung jawab yang menggunakan kemampuannya untuk menyadap HP orang lain demi mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri. Penyadapan yang seperti ini pun akan merugikan privasi masyarakat.

Cara Mengetahui HP Disadap

Cara Mengetahui HP Disadap

Setelah mengetahui pengertian dan aturan mengenai penyadapan, kita masih bertanya-tanya. Bagaimana bisa program-program penyadapan yang sangat krusial dimiliki dan digunakan oleh pihak selain yang berwenang? Lalu, tanda apa yang akan muncul jika HP kita tengah disadap oleh orang yang merugikan?

Kini, saatnya kita mengulik berbagai “sinyal” yang akan muncul saat HP tengah disadap secara ilegal. Simak di bawah ini:

1. Kebisingan Backsound yang Tidak Biasa

Inilah tanda yang paling populer, secara rinci, kita akan mendengar bunyi atau ketukan tertentu yang tak wajar selama bertelepon jika HP kita disadap. Contohnya, seperti suara statis yang berdenyut, dengungan bernada tinggi, dan suara latar aneh lainnya.

Tanda lain yang lebih jelas terdengar, yaitu jika kita mendengar suara yang tidak biasa seperti bip, klik, atau bunyi teratur lain ketika tidak sedang menelepon. Meski begitu, ini bukanlah indikator pasti bahwa HP atau telepon rumah kita sedang disadap. Jadi, kita harus terlebih dahulu mengecek kerusakan umum lainnya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Salah satu cara melacak suara tak wajar bersuara kecil adalah menggunakan sensor bandwith. Sensor ini adalah

Periksa suara yang tidak terdengar di ponsel Anda dengan menggunakan sensor bandwidth suara pada frekuensi rendah. Sensor bandwidth suara adalah aplikasi pendeteksi kebisingan dari ponsel lain yang dapat digunakan untuk mengukur suara pada perangkat yang berpotensi disadap. Jika menemukan suara beberapa kali dalam satu menit, telepon kita mungkin saja disadap.

2. Daya Tahan Baterai Berkurang

Jika masa pakai baterai HP tiba-tiba menjadi jauh lebih pendek dari sebelumnya atau baterai memanas saat HP sedang digunakan, bisa saja perangkat lunak penyadapan sedang berjalan tanpa suara di latar belakang HP dan menghabiskan daya baterai.

Pertimbangkan seberapa sering ponsel kita digunakan. Apakah lebih banyak panggilan suara atau penggunaan aplikasi? Jika demikian, itu bisa jadi alasan utama baterai ponsel lebih cepat terkuras dari biasanya, bukan disadap.

Untuk mengecek penggunaan baterai HP secara detail, kita bisa memanfaatkan pengaturan ponsel dan mendapatkan informasinya. Selain itu, bisa juga mengunduh aplikasi tertentu yang terpercaya untuk mendapat gambaran lebih jelas.

Berikut langkah-langkah mengecek penggunaan baterai dengan pengaturan ponsel:

  • Di iPhone, buka Pengaturan > Baterai, lalu scroll ke bawah hingga Penggunaan Baterai. Cara lain, yaitu mengunduh aplikasi Battery Life dari App Store atau Coconut Battery dari coconut-flavour.com.
  • Untuk perangkat Android, cari Pengaturan untuk penggunaan baterai atau buka Pengaturan > Perangkat > Baterai untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak.

Periksa penggunaan aplikasi dengan teknik yang disebutkan, lalu periksa lagi beberapa hari kemudian untuk melihat mana yang paling banyak berubah. Jika kita terlalu sering menggunakan, itulah alasan aplikasi tersebut menggunakan begitu banyak baterai. Namun, jika kita tidak sering menggunakannya sedangkan penggunaan baterainya terus membesar, maka sesuatu yang aneh seperti adanya virus yang telah menyadap ponsel mungkin terjadi. Sebaiknya, kita segera menghapus aplikasi tersebut.

3. Masalah Saat Mematikan HP

Masalah lain yang bisa menjadi tanda penyadapan adalah HP kita menjadi kurang responsif dan sulit dimatikan. Sebab, hal tersebut bisa dipengaruhi oleh akses tak sah yang dipegang orang lain terhadap HP kita.

Oleh sebab itu saat mematikan HP, selalu periksa apakah proses tersebut gagal atau lampu latar tetap menyala meskipun HP telah dimatikan. Jika kedua hal ini terjadi, kemungkinan ada perangkat lunak berbahaya atau kesalahan update sistem pada HP kita.

4. Kegiatan Mencurigakan Lainnya

Jika HP mulai hidup, mati, atau mulai menginstal aplikasi sendiri, seseorang kemungkinan telah meretasnya dengan aplikasi mata-mata dan mungkin mencoba menyadap panggilan dan aktivitas di HP kita.

Berikut rincian kegiatan aneh yang bisa terjadi saat HP disadap:

  • Pesan Teks Aneh
    Tanda lain bahwa seseorang mencoba menyadap HP adalah saat kita menerima pesan teks SMS aneh yang berisi huruf dan angka kacau dari pengirim yang tidak dikenal. Fenomena ini terjadi karena beberapa aplikasi penyadapan menerima perintah mereka melalui pesan SMS berkode.
  • Iklan Pop-Up
    Iklan pop-up yang aneh dan tidak dapat dijelaskan juga dapat menunjukkan adanya malware atau aplikasi penyadapan. Namun, ada penjelasan yang lebih umum tentang fenomena ini, yaitu adanya brand yang mencoba menawarkan produk mereka pada kita dengan cara tertentu.
  • Ikon Bergerak
    Saat kita tidak menggunakan HP, ikon aktivitas jaringan dan bilah lain di bagian atas layar seharusnya tetap diam, tidak bergerak. Jika ada ikon yang bergerak, ini menunjukkan aktivitas tertentu. Jadi, jika hal ini terjadi saat kita bahkan tidak memainkan HP, dapat diartikan bahwa seseorang sedang mengendalikannya dari jarak jauh atau mengirim data secara diam-diam.

5. Informasi Pribadi yang Muncul secara Online

Ini adalah tanda yang datang selain dari HP kita. Jika menemukan data pribadi atau informasi yang seharusnya bersifat terbatas tersebar di internet, bisa saja ada pihak yang telah menyadap HP dan membocorkan data kita.

Data pribadi yang dimaksud, termasuk email, catatan, gambar, hingga data lain apa pun yang telah kita amankan di HP. Selain tersebar, berkas ini pun bisa hilang dari HP kita. Para peretas biasanya melakukan ini dengan mengekstrak data dari HP dan mengunggahnya secara online dari jarak jauh.

6. Gangguan Elektronik dengan Perangkat lain

Pernahkah Grameds mengalami gangguan pada HP saat mendekatkannya dengan perangkat lain, seperti laptop, telepon rumah, atau televisi? Hal ini seharusnya tak terjadi terlalu sering meskipun kita tengah memakai ponsel secara aktif. Namun, jika Grameds menemukan gangguan statis (selain bunyi) pada HP saat sedang menelepon, ini bisa diartikan sebagai tanda adanya seseorang yang tengah mendengarkan percakapan.

Apa lagi contoh lainnya? Beberapa perangkat penyadapan menggunakan frekuensi yang berada di dekat pita radio FM. Jika radio Grameds mengeluarkan suara bernada tinggi saat disetel ke mono dan diputar ke ujung pita, HP mungkin disadap dan itu mengganggu radio.

Begitu pula dengan frekuensi siaran TV yang menggunakan saluran UHF (ultra-high frequency). Kita bisa memeriksa gangguan ini dengan mendekatkan ponsel ke TV yang memiliki antena.

7. Tagihan Telepon Lebih Tinggi Dari Biasanya

Jika tagihan telepon menunjukkan lonjakan yang luar biasa tinggi dalam penggunaan teks atau data, ini adalah tanda lain bahwa seseorang mungkin telah meretas telepon kita. Namun, bukan berarti gejala ini adalah tanda pasti adanya penyadapan HP.

Hal yang sama juga bisa terjadi jika Anda kita saja mengunduh aplikasi baru yang menggunakan banyak data. Sebab, itu bisa menjadi alasan pasti adanya penggunaan data yang tiba-tiba meningkat. Demikian pula saat kita mengizinkan orang lain menggunakan perangkat kita saat tidak terhubung ke Wi-Fi.

Hanya saja, spyware dan aplikasi berbahaya lainnya dapat menggunakan paket data seluler kita untuk melakukan transaksi rahasia mereka tanpa sepengetahuan kita. Jadi, segera hubungi operator HP atau layanan telepon dan mintalah bantuan jika Grameds melihat aktivitas data yang tiba-tiba meledak pada tagihan telepon.

Aplikasi Pihak Ketiga sebagai Perantara HP Disadap

Aplikasi pihak ketiga adalah sumber potensial untuk malware dan spyware. Jika Grameds baru saja mengunduh aplikasi dari mana saja selain App Store atau Google Play Store, itu bisa menjadi penyebab adanya penyadapan HP.

Meskipun kita menggunakan saluran yang sesuai untuk mengunduh aplikasi, beberapa penyadap dan peretas menyalin nama dan ikon aplikasi terkenal untuk membuat aplikasi palsu. Jadi, sebelum mengunduh, ada baiknya kita menjalankan penelusuran Google, baik dari aplikasi maupun pengembangnya untuk memastikan keduanya asli.

Cara Mengetahui HP Disadap

Apa yang Harus Dilakukan saat HP Disadap?

Saat mengetahui atau mencurigai bahwa HP kita disadap, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mengecek aplikasi, memeriksa sumber aplikasi yang tak diketahui atau unknown source dan mematikannya, hingga mereset HP.

Untuk mengecek aplikasi yang mencurigakan, kita bisa masuk ke pengaturan dan manajer aplikasi (app manager), lalu mengecek dengan teliti akan adanya aktivitas mencurigakan seperti spy, malware, atau monitor.

Sementara untuk memeriksa unknown sources, Grameds bisa masuk ke pengaturan dan pilih menu “Keamanan dan Privasi” (Security and Privacy) dan mematikan opsi sumber tidak diketahui alias unknown sources.

Setelah itu, cara tercepat untuk menghentikan perilaku aneh dari peretas jarak jauh tanpa mematikan seluruh telepon, yaitu dengan menyalakan mode pesawat untuk mematikan data seluler dan Wi-Fi. Ini akan memungkinkan kita menangani situasi secara offline (menghapus aplikasi, menyetel ulang perangkat, dan lainnya) sambil juga menghentikan aktivitas jaringan apa pun.

Namun jika mengalami kesulitan, Grameds juga bisa mengecek nomor IMEI dengan memeriksa pengaturan, lalu masuk ke “Tentang Ponsel”. Umumnya, di sana akan tertera nomor IMEI HP. Pastikan untuk menyimpan nomor ini dengan baik karena akan dibutuhkan untuk menyelidiki aktivitas mencurigakan di HP kita.

Cara terakhir yang bisa kita lakukan jika penyadapan terlalu sulit dieksekusi, yaitu dengan mereset ulang HP kita. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan dan pilih opsi “Cadangkan dan Setel Ulang”, kemudian pilih menu “Reset Data Pabrik” atau Factory Data Reset. Setelah itu, Grameds bisa memilih opsi “Hapus Semua Aplikasi” untuk meng-uninstall semua aplikasi pihak ketiga.

Kesimpulan

Berhati-hatilah dengan aplikasi apa pun, terutama game, yang seringkali meminta izin untuk mengakses riwayat panggilan, buku alamat, atau daftar kontak kita. Jika HP juga kerap dimainkan anak-anak, kita mungkin juga perlu mengaktifkan mode kontrol orang tua agar mereka tidak mengunduh aplikasi berbahaya secara tidak sengaja.

Jika Grameds ingin lebih paham tentang peraturan digital, Informasi dan Transaksi Elektronik khususnya terkait HP, tak ada salahnya untuk mencari berbagai referensi dan membaca bukunya dari #SahabatTanpaBatas, Gramedia, Toko buku terbesar yang selalu berusaha menyediakan layanan pembelian buku terpercaya!

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda