in

6 Langkah Cara Jualan di Facebook dan Berbagai Tips yang Wajib Dicoba!

Sumber: Pixabay

Cara Jualan di Facebook – Perdagangan sosial mendapatkan popularitas bagi pembeli online, jadi akan menjadi keuntungan bagi pengecer untuk mempelajari cara menjual di Facebook selain memiliki toko online. Untuk menjual produk di Facebook, pertama-tama, Grameds perlu halaman Facebook khusus untuk bisnis kita, bukan halaman pribadi.

Selanjutnya, sambungkan pula platform e-commerce ke Facebook atau buat Facebook Shops secara manual. Terakhir, kita bisa memasarkan produk melalui iklan, konten, dan postingan yang dipromosikan untuk memaksimalkan penjualan. Simak selengkapnya cara jualan di Facebook dibawah ini!

Creative Facebook For Businesshttps://www.gramedia.com/products/conf-creative-facebook-for-business?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-creative-facebook-for-business?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Jualan di Facebook

cara jualan di facebook
Sumber: Pixabay

Tentunya, terdapat keuntungan tersendiri ketika kita memanfaatkan platform media sosial untuk memasarkan produk, salah satunya melalui Facebook. Sebagai salah satu media sosial terbesar, maka platform ini punya akses ke banyak audiens.

Jadi, bagaimana cara jualan di Facebook yang tepat? Simak langkah cara jualan di Facebook Shops di bawah ini.

Langkah 1: Siapkan Akun & Periksa Kepatuhan

Sebelum kita mulai menyiapkan Facebook Shops, kamu juga harus memastikan beberapa hal, antara lain:

  • Bisnis Grameds menjual barang fisik yang mematuhi perjanjian pedagang dan kebijakan perdagangan Facebook .
  • Grameds adalah admin Bussiness Manager.
  • Grameds mempertimbangkan untuk menyiapkan akun bisnis di Instagram yang terhubung ke
  • Halaman Facebook yang dikelola. Aplikasi bekerja sama dengan baik untuk menjual ke pelanggan, jadi kita akan memerlukan ini untuk membantu dalam menjual barang. Mulailah mempelajari cara mengatur akun bisnis di Instagram.
  • Halaman Facebook dan akun bisnis Instagram Grameds (jika kita mengaturnya) terhubung ke akun Pengelola Bisnis yang sama.
  • Grameds memiliki izin pengelolaan untuk Facebook Page.

Catatan: Jika sudah memiliki toko di Facebook atau Instagram, itu akan secara otomatis dikonversi ke pengalaman toko baru kita. Selain itu, grameds juga dapat mengatur Instagram Shop dengan cara yang serupa tetapi pada platform yang berbeda.

Langkah 2: Buat Halaman Bisnis Facebook

Untuk menyiapkan toko Facebook, Grameds harus membuat Facebook Page gratis untuk bisnis. Kita tidak bisa membuat Facebook Shops dari akun Facebook pribadi karena hanya tersedia di Page.
Memiliki Bussiness Page terpisah sangat diperlukan untuk membuat Facebook Page. Memiliki halaman ini memberikan banyak keuntungan dalam pemasaran dibandingkan akun pribadi, termasuk:

  • Menyediakan cara bagi pelanggan kita untuk menemukan bisnis dan mengikuti postingan profesional kita.
  • Memberi kita banyak peluang pemasaran gratis.
  • Menawarkan berbagai macam alat periklanan yang hemat anggaran.
  • Membiarkan Grameds menjual produk langsung ke audiens besar lebih dari 2,9 miliar pengguna Facebook langsung dari halaman Facebook kita.

Langkah 3: Siapkan Manajer Perdagangan

Meskipun Grameds sudah memiliki toko online di platform berbeda atau berencana menggunakan Facebook Shops secara eksklusif, tetapi kita perlu menyiapkan Commerce Manager. Di sinilah awalnya Grameds akan menyiapkan Facebook Shops atau menghubungkan platform e-commerce.

Grameds dapat memilih untuk membuat Facebook Shops secara eksklusif di fitur Shop, atau menghubungkan toko online yang sudah ada.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

The Architecture of Love | Di balik Pena

Pertama

Masuk ke Commerce Manager.

Kedua

Pilih “Buat toko” untuk menjual barang fisik; pilih “Buat katalog” untuk menjual atau mengiklankan barang lain (seperti perjalanan, persewaan, dan media). Kemudian, klik Mulai.

Ketiga

Pilih metode pembayaran di mana Grameds ingin pelanggan menyelesaikan pembelian mereka. Pilihan yang tersedia adalah: Situs web atau Direct (Checkout) di Facebook atau Instagram dan Messaging.

  • Jika masih memilih opsi pembayaran di situs web lain, pelanggan dapat menelusuri toko Grameds di Facebook. Ketika melakukan check out, mereka akan diarahkan ke situs web Grameds dari halaman detail item. Pilih opsi ini jika Grameds sudah memiliki toko online. Kita juga perlu mengintegrasikan toko ke Facebook.
  • Saat memilih checkout dengan Messaging, kita dapat mengarahkan pembeli untuk mengirim pesan ke bisnis kita di Messenger atau WhatsApp untuk menyelesaikan pembayaran mereka. Dengan opsi ini, Grameds perlu mengatur cara diri sendiri untuk memproses pembayaran dan memenuhi pesanan. Jika ingin memenuhi pesanan di WhatsApp, Grameds memerlukan akun bisnis WhatsApp di akun Pengelola Bisnis yang sama dengan toko dan mengaturnya sebagai metode kontak utama untuk Toko.
  • Jika memilih checkout dengan Facebook atau Instagram, maka pelanggan tidak akan diarahkan ke situs web lain dan akan dapat check out secara langsung. Fitur ini saat ini terbatas untuk penjual di AS dan mengharuskan kita memiliki Akun Dagang. Jika Grameds memilih opsi ini, biaya penjualan dibebaskan hingga 31 Desember 2022, dan pembayaran dilakukan dalam 8 hingga 10 hari kerja.
  • Untuk itu, Grameds harus menunjukkan informasi tambahan untuk menyiapkan pembayaran di Facebook atau Instagram.

Keempat

Pilih Business Page tempat Grameds ingin menambahkan toko.

Kelima

Hubungkan atau buat Akun Bisnis.

Keenam

Tambahkan setidaknya satu opsi untuk pengiriman dan pengembalian untuk toko Grameds (pengaturan ini dapat diperbarui pengaturan nanti). Isi biaya, minimum keranjang, dan perkiraan hari pengiriman untuk setiap opsi. Kemudian, tambahkan jendela pengembalian toko dan alamat email layanan pelanggan.

Ketujuh

Pratinjau pengaturan toko kita dan tinjau Perjanjian Penjual Facebook, lalu tekan Finish setup.

Kedelapan

Ikuti petunjuk untuk Mengatur pembayaran dengan memasukkan informasi bisnis, pajak, dan perbankan.

Langkah 4: Evaluasi Pilihan untuk Menjual di Facebook

Setelah membuat toko, sekarang kita perlu mengevaluasi opsi untuk menjual di Facebook. Grameds dapat memilih antara dua metode: menjual melalui Facebook Shops yang terintegrasi penuh, atau dengan menghubungkan toko online yang ada ke Facebook dan menyinkronkan produk kita.

Langkah 5: Tambahkan Produk ke Katalog

Setelah menyiapkan akun Commerce Manager dan menghubungkan Halaman Facebook, Grameds dapat mulai menambahkan produk ke katalog.

  • Katalog Facebook adalah tempat semua informasi produk kits (seperti judul produk, gambar, harga, deskripsi, dll.) dan inventaris dapat ditemukan.
  • Grameds dapat mengelola katalog menggunakan alat Pengelola Katalog yang ada di bawah tab Katalog di menu bilah sisi Commerce Manager.
  • Grameds juga dapat mengatur katalog untuk barang fisik serta perjalanan, real estat, mobil, dan hiburan/media.

Ada beberapa cara untuk menambahkan produk ke katalog. Metode yang Grameds pilih bergantung pada beberapa faktor: ukuran inventaris, jenis inventaris, dan seberapa sering berubah.

Langkah 6: Pasarkan Produk Anda untuk Sukses Toko Facebook

Sekarang produk Facebook Shops Grameds siap untuk dipromosikan ke pengikut Facebook dan pelanggan potensial yang tak terhitung jumlahnya!

Dengan produk yang sudah disimpan di Facebook, kita dapat dengan mudah dan cepat memilih produk atau grup produk tertentu untuk dipromosikan melalui postingan dan iklan Facebook. Kemudian, Grameds juga dapat memasarkan produk secara organik ataupun melalui iklan berbayar.

Facebook Marketing

https://www.gramedia.com/products/conf-facebook-marketing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

https://www.gramedia.com/products/conf-facebook-marketing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Jualan di Facebook Shops Lainnya

Buat Daftar Produk Unggulan

Memulai sebuah toko online dapat memakan waktu, tetapi relatif mudah dilakukan. Grameds tidak hanya perlu memberi merek toko, tetapi juga harus memasarkannya.

Sebagian besar mesin pencari menarik deskripsi produk kita ketika pengguna mencari produk tertentu. Ini berarti, Grameds juga harus membuat deskripsi yang akurat dan mendetail.

Untuk membuat daftar produk unggulan, maka Grameds harus merakit empat komponen utama:

  • Gambar produk yang bagus: Kamera mewah atau fotografi profesional tidak perlu memiliki foto produk yang bagus. Kita mungkin hanya membutuhkan ponsel saja.
  • Deskripsi Produk Detail: Jangan malu-malu saat mendeskripsikan produk Grameds. Deskripsi yang baik harus penuh dengan detail yang menjual produk, ditambah ukuran, ukuran, berat, atau detail lain yang diperlukan.
  • Informasi ukuran dan berat produk: Angka-angka ini dapat dimasukkan dengan informasi produk di sebagian besar sistem e-commerce, sehingga kita dapat mencetak label pengiriman yang akurat. Ini opsional, tetapi dapat bermanfaat.
  • Nomor produk atau nomor SKU inventaris: Grameds mungkin bertanya-tanya mengapa Facebook Marketplace meminta nomor SKU (stock keeping unit). Ini adalah kode produk yang membantu melacak produk di toko online Anda.

Jalankan Iklan, Promo & Kampanye

Ada banyak cara, baik gratis maupun berbayar, untuk memasarkan produk Facebook Shops kita kepada pengikut dan audiens yang lebih besar, termasuk:

  • Menampilkan produk dan spesial melalui pos yang ditingkatkan, yang merupakan pos reguler yang dapat menjangkau audiens yang besar dan ditargetkan dengan sedikit biaya.
  • Menjalankan kampanye iklan Facebook dengan produk unggulan.
  • Mendistribusikan penawaran dan mengadakan kontes untuk melibatkan pemirsa Grameds dan menarik pemirsa baru ke halaman dan produk Facebook Shops kita.

Alangkah baiknya, tetap pertimbangkan peluang iklan berbayar Facebook untuk memberikan eksposur maksimum pada bisnis Grameds dengan investasi yang relatif kecil.

Jual Barang di Facebook Marketplace

cara jualan di facebook
Sumber: Pixabay

Langkah 1: Aktifkan Checkout di Facebook untuk Toko

Sebelum mulai, siapkan pembayaran di Facebook untuk toko Grameds. Jika Grameds memiliki toko Shopify, siapkan pembayaran di Facebook di Shopify terlebih dahulu agar pelanggan dapat menyelesaikan pembelian langsung dari Marketplace.

Catatan: Inventaris toko dan manajemen pesanan akan tetap dikelola melalui Shopify tetapi pembayaran akan diproses dan dikirim dari Facebook.

Langkah 2: Tambahkan Marketplace sebagai Saluran Penjualan untuk Facebook Shops

  • Buka Commerce Manager.
  • Pilih toko.
  • Di menu sebelah kiri, klik Pengaturan.
  • Klik Aset Bisnis.
  • Pilih Aktifkan Marketplace.

Setelah langkah-langkah sederhana ini, toko kita sudah siap! Cantuman disetujui dan biasanya mulai muncul di Marketplace dalam waktu 24 jam. Seperti halnya produk Facebook Shops, semua cantuman harus mematuhi Kebijakan Perdagangan dan Standar Komunitas Facebook.

Langkah 3: Iklankan Toko atau Produk di Marketplace

Setelah Grameds menambahkan Marketplace sebagai saluran penjualan, pertimbangkan untuk beriklan demi menjangkau lebih banyak orang, bahkan jika kita tidak berencana untuk memposting langsung di Marketplace.

Hanya mencantumkan item untuk dijual tidak seefektif membuat iklan berbayar yang muncul saat orang berbelanja di Marketplace. Saat orang menggunakan Facebook di ponsel, iklan marketplace akan muncul untuk mengajak mereka berbelanja.

Untuk membuat iklan di Marketplace dibutuhkan beberapa langkah, antara lain:
Buka Pengelola Iklan dan pilih tujuan iklan. Klik Lanjutkan.

  • Pilih Tujuan.
  • Pilih Audiens dan tentukan penargetan kita.
  • Pilih Penempatan Otomatis atau Edit Penempatan. Facebook merekomendasikan penempatan iklan otomatis karena jika disetujui dan kompatibel dengan pengaturan Grameds, iklan akan muncul di Marketplace dan semua penempatan lain yang kompatibel di Facebook, Instagram, Messenger, dan Audience Network.
  • Tetapkan Anggaran dan Jadwal Grameds.
  • Pilih format materi iklan. Cobalah ikuti spesifikasi gambar dan video yang direkomendasikan.
  • Setelah mengatur iklan Anda, klik Place Order.

Tips Berjualan di Facebook

cara jualan di facebook
Sumber: Freepik

Nah, berikut ialah tips untuk berjualan di Facebook, Grameds. Yuk, simak dengan seksama!

1. Ciptakan Rasa Komunitas

Toko-toko lokal terancam oleh persaingan, tidak hanya di sekitar sudut, tetapi di pinggiran kota dan di seluruh dunia. Ada satu hal yang dapat dilakukan toko lokal yang tidak dapat dilakukan oleh toko online murni dan itu adalah memberikan rasa komunitas lokal yang menggabungkan dan mensinergikan baik secara online maupun offline.

Pasang berita lokal dan berikan informasi di halaman Facebook yang relevan dengan kota atau pinggiran kota Grameds dan wujudkan komunitas lokal di sekitar kita. Oleh karena Facebook adalah tempat bagi teman dan keluarga untuk berbagi, maka kamu juga harus memastikan bahwa sudah mengoptimalkan kehadiran Facebook sebagai portal komunitas sangatlah penting.

2. Tawarkan Penawaran Spesial Satu Kali

Salah satu alasan utama orang “menyukai” merek adalah agar mereka dapat menerima penawaran khusus. Jika Grameds sudah memiliki toko online, maka akan ingin memperlakukan toko Facebook sebagai titik distribusi lain di web dan sebagai perpanjangan dari depan toko, jadi menyediakan web spesial yang juga ada di Facebook akan membuat mereka datang kembali.

3. Posting Konten yang Menghibur

Rentang perhatian pendek dan umpan berita pengguna menjadi ramai dengan sangat cepat. Jadi, jangan batasi posting untuk pengumuman penjualan dan sejenisnya. Menjalankan item seperti teka-teki dan lelucon, atau sekadar mengajukan pertanyaan terbuka kepada penggemar Facebook kita tentang peristiwa terkini atau budaya pop setiap hari memastikan kita tetap berada di radar mental mereka dan terus membuat kita selalu diingat.

4. Tingkatkan “Like” Facebook

Tumbuhkan basis penggemar dengan memperoleh lebih banyak “like” sangat penting sehingga ketika memposting pembaruan, kita meningkatkan kemungkinan bahwa konten khusus akan muncul di umpan berita pelanggan potensial.

5. Promosikan Facebook Shops di Toko “Bricks & Mortar”

Jangan lupa untuk memberi tahu pengunjung toko bahwa kita ada di Facebook dan beri tahu mereka bahwa penawaran eksklusif Facebook akan diposting di sana secara berkala.

6. Kembangkan Basis Data Email Pelanggan

Dalam semua hype jejaring sosial, cukup sering kita melupakan pentingnya menyimpan semua email. Ingat database email langsung di bawah kendali Grameds dan promosi yang mengarahkan pelanggan ke toko Facebook, yang dapat dikirim kapan pun kita mau daripada mengandalkan ‘Edge Rank’ Facebook untuk menyampaikan berita kepada penggemar Facebook.

7. Berikan Penawaran Eksklusif

Orang suka merasa istimewa. Alasan terbesar orang akan “like” merek ritel di Facebook adalah harapan mereka akan mendapatkan banyak keuntungan darinya. Jadi berikanlah kepada mereka! Tawarkan promosi, diskon, dan obral yang eksklusif untuk penggemar Facebook dan mereka akan terus datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak lagi.

8. Pikat Penggemar Facebook Baru dengan Insentif

Mempertahankan hubungan dengan penggemar Facebook yang sudah ada itu penting, tetapi membawa lebih banyak hal adalah cara kita tumbuh. Berikan kode promo satu kali, kupon, atau sesuatu seperti pengiriman diskon kepada siapa saja yang menyukai halaman kita. Grameds akan terkejut melihat betapa cepatnya berita spesial semacam itu menyebar ke orang lain dan kemudian membuatnya mudah dan jelas bagi mereka untuk “like” halaman Facebook kita.

1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook

https://www.gramedia.com/products/conf-1-juta-rupiah-pertama-anda-dari-facebook'?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-1-juta-rupiah-pertama-anda-dari-facebook'?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Grameds, itulah penjelasan terkait cara jualan di Facebook. Semoga semua pembahasan di atas terkait cara jualan di Facebook bisa bermanfaat sekali bisa menambah wawasan Grameds.

Kamu bisa mendapatkan lebih banyak insight melalui buku-buku yang dibeli di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Baca juga terkait cara jualan di Facebook lainnya:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy