in

Review Buku Save The Cat! Write a Novel

Ada istilah Buku adalah jendela dunia. Dimana memiliki arti bahwa isi buku memuat berbagai informasi di seluruh dunia. Dengan membacanya tentu akan memperkaya pengetahuan kita seputar isi dunia ini. 

Ada berbagai jenis buku yang bisa kita baca mulai dari buku berisi pengetahuan, buku tentang agama hingga buku yang memuat cerita-cerita. Buku berisi pengetahuan sangatlah banyak jenisnya dan memiliki manfaat yang baik untuk kita setelah membacanya. 

Contohnya, buku yang berisi bagaimana merawat anak dengan baik, buku bagaimana memperbaiki peralatan, buku tentang pengetahuan bisnis yang baik, dan masih banyak lagi.

Lalu ada juga buku yang berisikan tentang ilmu agama. Buku ini sangat penting bagi umat yang beragama, karena kita diwajibkan untuk membaca dan memahami nya. 

Kitab suci adalah buku yang menjadi pedoman umat beragama, yang dimana di negara kita terdapat lima agama yang diakui, sebut saja Al Quran kitab suci umat Islam, Al kitab atau Inji kitab suci umat kristiani dan katolik,  Weda kitab suci umat Hindu, Tri Pitaka kitab suci umat Budha, dan Si Shu Wujing kitab suci umat Konghucu.

Selain itu, ada juga buku yang berisikan cerita-cerita yang menarik, biasanya buku ini memiliki tokoh utama yang menjadikan buku ini kuat secara struktur ceritanya. Contohnya seperti buku komik yang memuat sebuah cerita disertai gambar ilustrasi dan percakapannya. 

Biasanya buku ini memiliki banyak jilid, sehingga buku ini memiliki cerita yang cukup panjang. Yang sekarang sedang diminati adalah buku komik dari Jepang yang biasa disebut dengan manga, dimana ada banyak judul manga memiliki jutaan pembaca dan sangat fenomenal di seluruh dunia. 

Siapa yang tidak tahu Komik Dragon Ball dan Doraemon, komik yang bisa dikatakan legend ini merupakan salah satu komik sepanjang masa.

Untuk saat ini yang sedang menjadi favorit di seluruh dunia adalah komik Naruto, Bleach, Fairy Tale, dan One Piece, ada beberapa yang sudah tamat manga nya ada juga yang masih berjalan ceritanya sampai saat ini seperti komik One Piece.

Buku yang tergolong dengan cerita menarik lainnya adalah buku Novel. Buku kategori ini selalu memiliki klimaks dan akhir cerita seperti apa di bukunya, oleh karena itu biasanya buku ini cukup tebal. 

Walaupun ada juga beberapa buku yang memiliki beberapa judul untuk mengetahui ending ceritanya, seperti novel best seller Harry Potter serta Lord of The Ring. 

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kedua contoh buku ini memiliki jumlah judul buku yang lebih dari satu, dimana setiap judul buku memiliki keterkaitan ceritanya dan harus membacanya secara sistematis agar kita memahami dan mengikuti keseluruhan dari ceritanya. 

Ada juga buku novel karya Dan Brown, yang memiliki jumlah judul lebih dari satu, sebut saja Angel & Demon, Da Vinci Code, serta Inferno adalah contoh karya Dan Brown, hanya saja keterkaitan setiap judulnya tidak terlalu ditonjolkan, jadi kita bisa membaca setiap judulnya secara acak. 

Ada beberapa buku  novel yang karena menjadi terlalu fenomenal dan terkenal di seluruh dunia, seperti cerita dari seluruh buku novel Harry Potter dan Lord of The Ring diangkat menjadi sebuah film.

Untuk menulis cerita dari sebuah novel tidaklah semudah yang dikira. Banyak penulis-penulis terkenal yang menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan sebuah buku novel. Karena butuh ide yang inovasi dan kreatif, agar cerita yang dibuat dapat menarik dapat dipahami oleh pembaca nya. 

Menentukan tema adalah bagian paling penting ketika menulis sebuah cerita, namun mengembangkan karakter dalam cerita sama pentingnya. Agar alur dalam cerita menjadi semakin menarik dan tidak monoton. 

Contohnya adalah tidak membuat karakter selalu hebat sepanjang cerita, ada kalanya ditambahkan bahwa beberapa kali karakter dibuat tidak berdaya atau mengalami kendala. Ini dimaksudkan juga agar akhir dari ceritanya tidak mudah ditebak.

Dalam menulis sebuah novel ada sebuah metode yang disebut dengan save the cat, yang pertama  kali diperkenalkan oleh seorang penulis skenario bernama Blake Snyder. Pada awalnya metode ini digunakan untuk naskah-naskah drama dan skenario pementasan. 

Namun pada saat ini, metode ini digunakan dalam penulisan sebuah novel. Para penulis selalu paham bahwa tokoh utama terkadang tidak diminati oleh pembaca. Dengan teknik ini membuat tokoh utama diselamatkan, agar dalam babak selanjutnya menjadi disukai. 

Tujuannya agar tokoh utama mendapatkan perhatian, agar cerita nya menjadi berkembang dan menarik.

Menemukan sebuah gagasan sebenarnya adalah yang paling mudah. Mengumpulkan beberapa ide pun mungkin akan mudah. 

Yang menjadi sebuah kendala adalah ketika harus mengembangkan ide tersebut untuk menjadi sebuah karya yang bisa diminati banyak orang. Mewujudkan sebuah ide tentu dibutuhkan proses yang tidak cepat.

Untuk menjadi penulis hebat, apakah dibutuhkan yang namanya sebuah bakat? Sebuah bakat mungkin akan mempengaruhi cara kita dalam mencari suatu ide dan menyusun sebuah kata-kata yang baik. 

Namun yang utamanya adalah dibutuhkan sebuah tekad, ada kemauan yang tinggi, pantang menyerah, serta kedisiplinan untuk bisa menjadi seorang penulis yang hasil karyanya disukai dan diapresiasi oleh banyak orang.

Membicarakan tema terkait self improvement, dalam artikel ini akan membahas buku dengan judul Save the Cat! Writes a Novel karya Jessica Brody dimana isi buku tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara membuat cerita novel yang baik dan menarik.

Mari kita simak dan lihat penjelasan di bawah ini. Selamat membaca!

 

Tentang Buku Save The Cat! Write a Novel

Penulis: Jessica Brody

Tanggal Terbit: 1 November 2021

Penerbit: Noura

Jumlah Halaman: 407 Halaman

ISBN: 9786232422827

Pros & Cons

Pros
  • Isi buku yang mudah dipahami dan dimengerti
  • Bahasa terjemahan nya mudah dipahami
  • Mengambil contoh dari buku novel yang sudah terkenal 
Cons
  • Ada beberapa istilah yang bisa membingungkan

Sinopsis Save The Cat! Write a Novel

Novel yang paling efektif memiliki cerita eksternal dan cerita internal. Dimana ada lima belas ketukan yang diatur ke dalam struktur tiga bagian, dan menjadi sebuah mesin yang menggerakkan transformasi pemeran utama dengan menyatukan cerita bagian pertama dan kedua. 

Setiap ketukan dengan penjelasan yang menarik dan mengagumkan, serta beberapa ide tentang babak kedua yang menantang sangat layak untuk dibaca. Bahwa dunia babak dua harus menjadi versi terbalik dari dunia babak pertama. 

Babak kedua adalah ketika pemeran utama sedang mencoba menyelesaikan masalah tetapi mereka melakukannya dengan cara yang salah, dan itu juga merupakan poin dalam cerita di mana harus memenuhi premisnya, menunjukkan pemeran utama yang sedang berada di tengah-tengah aksi. 

Ada sejumlah cara umum untuk meningkatkan aksi pemeran utama di titik tengah cerita, dan kemudian menunjukkan cara memanfaatkan momentum dari titik tengah hingga babak ketiga.

Review Buku Save The Cat! Write a Novel

Buku ini dimulai dengan pembahasan terkait Save the Cat, yang dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan sebuah judul yang berasal dari sebuah gagasan untuk menulis karakter yang tidak disukai, dan mempengaruhi agar pembaca tertarik dengan mereka. 

Pada dasarnya ada sebuah metode untuk membantu memahami keseluruhan bagian dari sebuah buku, dimana memudahkan untuk mengidentifikasi bagian mana yang menghilang dan bagaimana menyelesaikannya.

Lalu ada penjelasan mengenai bagaimana memiliki teknik yang bagus tentang cara mengidentifikasi elemen-elemen transformasi karakter utama sebagai plot yang kuat. 

Ada beberapa elemen nya yaitu mengetahui masalah atau kekurangan dari karakter utama yang harus diperbaiki, lalu ada tujuan atau sebuah mimpi yang akan dikejar oleh karakter utama, dan ada sebuah pelajaran tentang hidup yang perlu karakter utama pelajari. 

Apabila elemen-elemen ini bisa terpenuhi, cerita dari karakter utama akan menjadi semakin kuat dan menarik.

Secara garis besar, beberapa novel terkenal memperkenalkan bahwa cerita terbagi atas tiga babak utama yang membuat langkah untuk menjalin plot cerita yang saling berhubungan satu sama lainnya. 

Bahwa ternyata ada lima belas beat sheet yang terbagi dalam tiga babak tersebut.  Ini adalah sebuah rute jalan cerita dari novel yang  akan dibuat. 

Biasanya pada awal perjalanan sebuah cerita akan memiliki karakter utama yang tidak berdaya, namun pada akhir perjalanannya akan menampilkan sosok yang berbeda.

Lima belas beat sheet itu terdiri dari gambaran pembukaan, tema, persiapan, katalisator, perdebatan, terpecah menjadi dua, cerita kedua, kesenangan dan permainan, sebuah titik tengah, orang jahat mendekat, semua menghilang, sebuah malam yang akan jiwa gelap, terpecah menjadi tiga, akhir, dan gambaran terakhir. 

Ini merupakan urutan ketukan dan ringkasan dari setiap ketukan, kemudian setiap ketukan dijelaskan secara lebih rinci dan diberikan sebuah contoh setiap ketukan dalam novel yang sudah diterbitkan. 

Contoh ketukan gambaran pembukaan akan diberikan contoh dari gambaran pembukaan buku novel The Hunger Games, Pride and Prejudice, dan Confessions of a shopaholic.

Ada sepuluh genre cerita sebagai fondasi untuk membuat sebuah novel, agar dapat mengetahui elemen-elemen apa saja yang dibutuhkan agar cerita yang dibuat berhasil menarik minat banyak orang. 

Sepuluh genre cerita tersebut adalah Whydunit, Rites of Passage, Institutionalized, Superhero, Dude with a Problem, Fool Triumphant, Buddy love, Out of the bottle, Golden Fleece, dan Monster in the house.

Penjelasan tentang Genre cerita, yaitu bahan utama yang dibutuhkan untuk setiap genre cerita dan contoh novel yang sesuai dengan genre tersebut. Dijelaskan juga bagaimana sebuah novel cocok dengan Genre cerita. 

Contohnya genre Why dunit, beat sheet nya dapat ditemukan dalam novel The Girl on Train oleh Paula Hawkins. Lalu ada genre superhero bisa ditemukan dalam novel Harry Potter, dimana terdapat beberapa elemen yang bisa dijadikan panduan untuk membuat cerita bertemakan superhero. 

Lalu ada juga genre Fool Triumphant, dimana tokoh utama dalam cerita tersebut adalah orang yang bodoh, namun kekurangan yang ditampilkan oleh tokoh utama tersebut merupakan kekuatannya. 

Biasanya tipe yang seperti seperti terpinggirkan oleh sekelompok orang. Karya dengan genre ini bisa ditemukan dalam novel The Princess Diaries, Bridget Jone’s Diary, dan Jane Eyre.

Genre cerita bukanlah genre biasa yang didapatkan seperti horror, fiksi ilmiah, drama, dan sebagainya. Ini bisa dikategorikan seperti nada, untuk mengetahui jenis cerita seperti apa yang diinginkan, lalu transformasi dari karakter utama nya, dan tema sentral dari novel yang dibuat.

Mau tau apa saja pembahasan selengkapnya, anda bisa mendapatkan secara menyeluruh dengan mengakses Gramedia.com untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap dan detail dari buku Save the Cat! Write a Novel karya Jessica Brody.

Kelebihan dan Kekurangan Save The Cat! Write a Novel

Dalam pembahasan ini akan dijabarkan beberapa kelebihan yang terdapat dalam buku Save the Cat! Write a Novel. Isi buku memiliki gaya bahasa yang tidak rumit, sehingga para pembaca bisa memahami dan mengerti isi keseluruhan bukunya. 

Lalu, penjelasan nya mengambil beberapa novel terkenal sebagai referensi agar kita bisa memahami metode yang digunakan dalam novel-novel terkenal tersebut, dimana berdasarkan metode yang dijelaskan dalam buku ini

Selain itu, ada juga kekurangan yang ditampilkan dalam buku ini, beberapa pembahasan penulis adalah ada beberapa istilah-istilah yang membuat orang awam tidak mengerti makna atau maksud dari istilah tersebut.

Secara keseluruhan buku ini patut menjadi buku yang direkomendasikan untuk dibaca. Buku ini mendapat rating yang cukup tinggi 4,52 di goodsreads, buku yang tidak boleh dilewatkan untuk dibaca.

Kesimpulan Buku Save The Cat! Write a Novel

Buku ini cocok untuk para penulis atau yang sedang memulai menulis novel, karena dalam isi buku ini membahas bahwa dalam menulis novel tidak hanya terpaku kepada formula pada umumnya yang biasanya agak kaku, melainkan membantu dengan cara memahami terlebih dahulu pola yang banyak ditemukan di novel yang sudah terkenal sepanjang masa dan memastikan agar novel yang dibuat memiliki struktur cerita yang memiliki pola yang sama seperti dalam novel-novel terkenal tersebut.

Buku ini mengajarkan bahwa dalam melakukan penulisan sebuah buku menjadi semi-rumus, dimaksudkan bahwa novel yang selalu bergantung kepada formula-formula yang ada bisa menghilangkan cerita yang mudah diprediksi. 

Namun, alasan sebenarnya dalam buku ini adalah bagaimana mendukung karakter untuk berada di atas plot cerita, agar struktur cerita dapat terjalin menggunakan kombinasi yang baik dari beberapa pengembangan karakter dan plot peristiwa nya tentunya yang tepat waktu dengan perkembangan di dalam cerita.

Buku ini memberikan beberapa metode-metode, panduan-panduan, dan langkah-langkah yang mudah dipahami dan dimengerti, agar bisa diikuti sehingga bisa menghasilkan sebuah karya yang baru dan menarik. 

Langkah-langkah tersebut juga bisa membantu para penulis yang sering kali merasakan kebingungan dalam membuat dan menyajikan agar alur cerita dalam novel menarik. 

Selain itu, bisa membantu para penulis yang  mengalami kebuntuan di tengah-tengah proses, dengan mengikuti langkah-langkah tersebut bisa kembali melanjutkan tulisan yang dia buat.

Buku ini juga mengupas beberapa novel-novel terkenal di dunia sebagai referensi untuk menunjukkan pemakaian metode-metode apa yang digunakan dalam penulisan novel tersebut. 

Agar kita bisa mengetahui beberapa aspek yang menjadi novel-novel terkenal memiliki cerita yang menarik. Novel-novel yang menjadi referensi tersebut adalah Novel Harry Potter, The Princess Diary, Bridget Jone’s Diary, Jane Eye, dan masih banyak lagi.

Buku ini juga bisa membantu para penulis atau yang sedang memulai untuk menulis agar bisa berpikir lebih kreatif untuk mendapatkan cerita yang baik sesuai dengan karakternya. Dimana akan ada banyak pertimbangan-pertimbangan agar memastikan karakter yang ditampilkan sangat layak untuk diceritakan.

Demikianlah review buku dari Save the Cat! Writes a Novel karya Jessica Brody. Semoga kamu suka dan ingin membaca keseluruhan bukunya ya!

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy