in

Review Buku Blue Ocean Shift Karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne

Blue Ocean Shift: Beyond Competing merupakan buku karya profesor W. Chan Kim & Renee Mauborgne. Blue Ocean Shift adalah buku lanjutan yang menindaklanjuti dari Blue Ocean Strategy, buku terlaris global klasik yang telah terjual mencapai 3,6 juta kopi. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia pada bulan November 2017 oleh Gramedia Pustaka Utama, dengan judul Blue Ocean Shift (Pergeseran Samudra Biru): Melampaui Persaingan.

Blue Ocean Shift memuat berbagai contoh inspiratif tentang para pemimpin di berbagai organisasi dan industri yang membuat pergeseran dari samudra merah yang penuh dengan persaingan, ke samudra biru dengan ruang pasar baru yang membentang luas. Pergeseran itu dilakukan dengan menggunakan alat-alat dan menerapkan proses yang dijelaskan dalam buku ini. Blue Ocean Shift akan memberitahu langkah demi langkah, cara untuk membangun kepercayaan diri karyawan Anda, sehingga organisasi atau perusahaan dapat meraih pertumbuhan baru.

Dengan memanfaatkan lebih dari satu dekade pekerjaan baru, W. Chan Kim dan Renee Mauborgne ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana bergerak melampaui persaingan, menginspirasi kepercayaan karyawan Anda, dan meraih pertumbuhan baru. Dengan menggabungkan wawasan psikologi manusia dengan alat penciptaan pasar praktis dan panduan dunia nyata, Kim dan Mauborgne memberikan panduan definitif untuk mengubah diri Anda, tim Anda, atau organisasi Anda ke tingkat yang baru, yang lebih tinggi. Kedua penulis akan menunjukkan mengapa penciptaan yang tidak mengganggu sama pentingnya dengan gangguan dalam meraih pertumbuhan baru.

Blue Ocean Shift dikemas dengan penelitian dan contoh baru tentang bagaimana para pemimpin di berbagai industri dan organisasi membuat perubahan dan menciptakan pasar baru dengan menerapkan proses dan alat yang diuraikan dalam buku ini. Apakah Anda adalah perusahaan rintisan yang kekurangan uang atau perusahaan besar yang mapan, nirlaba atau pemerintah nasional, Anda akan belajar bagaimana beralih dari samudra merah ke samudra biru dengan cara yang membangun kepercayaan karyawan Anda, sehingga mereka memiliki dan mendorong prosesnya.

Dengan pelajaran yang telah teruji dari keberhasilan dan kegagalan di lapangan, Blue Ocean Shift adalah bacaan penting bagi para pemimpin, manajer, dan pengusaha. Anda akan belajar apa yang berhasil, apa yang tidak, dan bagaimana menghindari jebakan di sepanjang jalan. Buku ini akan memberdayakan Anda untuk berhasil saat Anda memulai perjalanan samudra biru Anda sendiri. Blue Ocean Shift sangat diperlukan bagi siapa pun yang berkomitmen untuk membangun masa depan yang menarik.

Profil W. Chan Kim dan Renee Mauborgne – Penulis Buku Blue Ocean Shift

Sumber: blueoceanstrategy.com

Chan Kim

Chan Kim adalah Co-Direktur Institut Strategi Samudra Biru INSEAD dan Ketua Profesor Strategi dan Manajemen Internasional di INSEAD. Bukunya Blue Ocean Strategy, yang ditulis bersama Renée Mauborgne, telah terjual sebanyak 3,6 juta eksemplar dan diakui sebagai salah satu buku strategi paling ikonik dan berpengaruh yang pernah ditulis. Buku ini diterbitkan dalam 44 bahasa yang memecahkan rekor dan merupakan buku terlaris di lima benua.

W.Chan Kim Kim berada di peringkat 3 guru manajemen teratas di dunia dalam daftar Guru Manajemen Top Dunia oleh Thinkers50. Ia terpilih untuk Hall of Fame Kepemimpinan 2011 oleh majalah Fast Company dan dinobatkan sebagai salah satu dari 5 profesor sekolah bisnis terbaik dunia oleh Peringkat MBA. Ia juga menerima Nobels Colloquia Prize for Leadership on Business and Economic Thinking. Ia juga merupakan Anggota Forum Ekonomi Dunia dan anggota penasihat untuk Uni Eropa, serta menjabat juga sebagai penasihat di beberapa negara.

Renee Mauborgne

Renee Mauborgne adalah wanita asal Amerika Serikat. Ia adalah bagian dari The INSEAD dan Profesor Strategi di INSEAD, sekolah bisnis terbesar kedua di dunia. Ia juga merupakan Co-Direktur INSEAD Blue Ocean Strategy Institute. Sama seperti W. Chan Kim, Renee Mauborgne berada di peringkat 3 guru manajemen teratas di dunia dalam daftar Guru Manajemen Top Dunia oleh Thinkers50.

Ia juga terpilih untuk Hall of Fame Kepemimpinan 2011 oleh majalah Fast Company dan dinobatkan sebagai salah satu dari 5 profesor sekolah bisnis terbaik dunia oleh Peringkat MBA. Ia juga menerima Nobels Colloquia Prize for Leadership on Business and Economic Thinking. Mauborgne menjabat di Dewan Penasihat Presiden Barack Obama di Historically Black Colleges and Universities (HBCUs) selama dua periode Presiden. Renee juga merupakan anggota Forum Ekonomi Dunia.

Sinopsis Buku Blue Ocean Shift

Pros & Cons

Pros
  • Penjelasan seluruh materi dituliskan secara terstruktur dan jelas.
  • Terdapat contoh kasus, grafik, dan tabel yang mendukung materi yang dijelaskan, dan menjadikan pembaca dapat memahami materi dengan mudah.
  • Buku ini merupakan buku strategi bisnis yang tidak hanya bisa menjangkau perusahaan besar atau wiraswasta, tetapi juga lembaga nirlaba dan pemerintahan.
Cons
  • Terdapat banyak istilah dalam bahasa asing yang tidak disertai penjelasan.

Seiring berjalannya waktu, dari tahun ke tahun, persaingan di dunia industri semakin ketat. Kini dengan semakin banyaknya informasi, pilihan, dan persaingan, menyebabkan adanya kesamaan dalam penawaran dan strategi. Banyak organisasi dan industri yang terjebak dalam samudra merah yang dipenuhi dengan persaingan. Akibatnya, organisasi sulit untuk berkembang.

Maka itu, diperlukan usaha untuk bergeser dari samudra merah yang dipenuhi persaingan, ke samudra biru yang memiliki ruang pasar baru. Banyak industri yang hanya fokus kepada persaingan dibandingkan strategi. Melalui buku Blue Ocean Shift, kita akan bersama-sama belajar strategi terbaik samudra biru yang akan mengeluarkan kita dari samudra merah. Buku ini akan menjelaskan langkah demi langkah melalui penggunaan alat-alat dan menerapkan proses yang dibutuhkan untuk bergeser dari samudra merah ke samudra biru.

Secara sederhana, Blue Ocean Strategy merumuskan pandangan tentang alam pasar yang terdiri atas dua jenis samudra, yakni samudra merah dan samudra biru. Samudra merah merupakan segala industri yang ada saat ini, di mana sebagian besar organisasi bersaing. Sedangkan, samudra biru merupakan semua industri yang belum diciptakan, di mana laba dan pasar baru tumbuh semakin besar.

Blue Ocean Shift akan memperlihatkan perbedaan pola dasar dan konseptual yang memisahkan langkah persaingan pasar atau samudra merah, dan langkah penciptaan pasar atau samudra biru. Terdapat lima langkah untuk melakukan pergeseran samudra biru, yakni memulai, memahami di mana posisi saat ini kita berada, membayangkan kemungkinan atau target posisi kita selanjutnya, mencari tahu bagaimana cara untuk dapat mencapai posisi tersebut, dan membuat program atau gerakan.

Dengan menilai penawaran produk atau jasa kita melalui melihat seberapa banyak nilai inovatif yang diberikan kepada konsumen, membuat kita dapat melihat secara strategis, apakah portofolio kita sebetulnya sehat atau rentan. Sebelum menemukan strategi samudra biru yang tepat, kita perlu membangun tim samudra biru yang tepat pula. Pada awalnya, mungkin para karyawan dan atau anggota tim samudra biru akan merasa takut dan ragu untuk melakukan pergeseran ke samudra biru.

Hal ini wajar terjadi, karena pada dasarnya tim belum memahami bagaimana pergeseran dari samudra merah ke samudra biru ini. Merasa takut akan perubahan dari kenyamanan yang sudah mereka pahami adalah hal yang normal. Sebagai seorang pemimpin, kita harus selalu berusaha meyakinkan dan melibatkan seluruh anggota tim dalam setiap diskusi.

Tanyakan apa pandangan dan pendapat mereka tentang rencana yang dibuat. Dengan begitu, seluruh anggota tim akan merasa dibutuhkan dan dihargai kontribusinya dalam rencana pergeseran ke samudra biru. Selain itu, anggota tim juga bisa menjadi semakin percaya diri dan menjalankan tugas mereka dengan sepenuh hati.

Melalui mempelajari dan ikut merasakan aspek-aspek tidak menyenangkan yang dialami oleh konsumen dari industri kita, dan dengan membuat peta utilitas pembeli, menjadi sebuah alat dan salah satu langkah untuk melakukan pergeseran ke samudra biru. Tim harus menemukan aspek-aspek menyakitkan apa saja yang dialami oleh konsumen selama menggunakan produk atau jasa perusahaan, baik secara sadar maupun tidak. Mulai dari saat proses pembelian, pengiriman, pemakaian, aspek pelengkap, pemeliharaan, dan pembuangan.

Ketika aspek-aspek yang menyakitkan itu dapat ditemukan, kemudian tim dapat merubahnya menjadi sebuah nilai baru yang inovatif bagi pembeli. Dengan ikut merasakan pengalaman sebagai pembeli, tim akan mengetahui perasaan dan alasan mengapa konsumen memilih produk atau jasa dari industri. Jangan lupa juga untuk bertanya kepada pembeli tentang alasan mereka memilih produk yang satu daripada produk yang lain. Hal ini dilakukan supaya tim dapat lebih memahami keinginan dan kebutuhan konsumen secara lebih mendalam, sehingga inovasi dan nilai dalam produk atau jasa dapat ditingkatkan.

Kelebihan Buku Blue Ocean Shift

Sebagai buku lanjutan dari Blue Ocean Strategy yang merupakan buku paling laris di dunia dan buku strategi paling ikonik, buku Blue Ocean Shift ini tidak kalah baik kualitasnya. Profesor W. Chan Kim dan Renee Mauborgne dinilai mampu memaparkan segala informasi ini dengan baik. Penjelasan tentang alat-alat dan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk melakukan pergeseran dari samudra merah yang penuh persaingan ke samudra biru yang memiliki ruang pasar baru dinilai terstruktur dengan rapi dan jelas.

Selain memuat penjelasan, profesor Kim dan Mauborgne juga menyertakan beberapa contoh kasus yang relevan, kemudian gambar grafik dan tabel, yang semakin memperjelas pemahaman pembaca akan materi yang sedang disampaikan. Jadi, setiap langkah demi langkah dijelaskan secara rinci mendalam, sehingga pembaca dapat memahami strategi ini.

Secara keseluruhan, buku Blue Ocean Shift adalah buku strategi bisnis yang tidak hanya bisa menjangkau perusahaan besar atau wiraswasta, tetapi juga lembaga nirlaba dan pemerintahan. Buku ini dapat memperluas cakrawala yang merupakan inti dari samudra biru. Buku ini dapat menjadi pegangan yang tepat bagi para pelaku bisnis di zaman ini.

Kekurangan Buku Blue Ocean Shift

Selain kelebihan, buku Blue Ocean Shift ini memiliki kekurangan. Kekurangan pada buku ini terletak pada banyaknya istilah dalam bahasa asing yang tidak disertai penjelasan. Hal ini cukup menjadi kendala bagi sejumlah pembaca.

Pesan Moral Buku Blue Ocean Shift

Melalui buku Blue Ocean Shift, kita dapat belajar bahwa merasa takut dan khawatir akan suatu hal yang tidak pasti adalah sebuah hal yang wajar. Seperti dalam menghadapi sebuah perubahan. Namun, jangan jadikan rasa takut dan khawatir itu sebagai sebuah kendala, tetapi jadikan sebagai sebuah motivasi untuk melakukan yang terbaik.

Melalui buku ini, kita dapat memahami bahwa apa yang kita cari menentukan apa yang kita lihat. Ketika kita berasumsi bahwa satu-satunya cara kita dapat menciptakan pasar baru adalah dengan mengganggu pasar lama, peluang untuk penciptaan yang tidak mengganggu dapat dengan mudah terlewatkan. Orang cenderung memusatkan perhatian mereka pada inti pasar yang ada dan apa yang diperlukan untuk mengganggu tatanan yang ada. Ini mempersempit visi mereka dan membutakan mereka pada kekayaan gerakan penciptaan pasar yang tidak mengganggu yang bisa mereka lakukan.

Sekian artikel ulasan buku Blue Ocean Shift (Pergeseran Samudra Biru): Melampaui Persaingan karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Bagi anda para pelaku bisnis yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang strategi untuk keluar dari persaingan pasar, buku ini adalah pilihan yang tepat untuk anda baca. Kalian bisa mendapatkan buku ini hanya di Gramedia.com. Selamat membaca!

Rating: 3.91

Written by Gabriel