Bahasa Indonesia Pendidikan

Pengertian Teks Inspirasi: Jenis, Ciri, Struktur, dan Contoh Lengkapnya

pengertian teks inspirasi
Written by Umam

Pengertian Teks Inspirasi – Setiap manusia yang hidup di dunia sering kali dilanda perasaan putus asa atau kehilangan inspirasi. Perasaan tersebut bisa dipahami sebagai rasa kehilangan semangat atau motivasi untuk melakukan sesuatu.

Misalnya saja, seorang yang sedang kehilangan semangat atau inspirasi bisa jadi akan sangat malas untuk bangun dari tempat tidur, sehingga cenderung tidak melakukan apapun.

Apabila Kamu dalam situasi seperti ini, Kamu perlu berusaha untuk mengembalikan kembali semangat dan motivasi supaya menjadi produktif dalam hidup. Salah satu cara yang bisa dilakukan tentu saja adalah dengan menemukan inspirasi yang sesuai dengan situasi yang sedang Kamu alami.

Kamu dapat menyibukkan diri terlebih dahulu dengan berbagai hal, seperti menonton film atau series, mendengarkan musik atau podcast, dan Kamu juga bisa membaca buku tentang inspirasi hidup.

Ada banyak sekali bacaan yang bisa mengembalikan semangat dan motivasi, misalnya seperti buku, majalah, artikel dari koran, hingga cerita hidup seseorang yang banyak tersebar di berbagai platform media sosial. Gramedia.com juga memiliki banyak bacaan yang bisa Kamu gunakan untuk menemukan sebuah inspirasi.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang pengertian teks inspirasi. Materi tentang pengertian teks inspirasi pada dasarnya adalah materi kelas 9 Sekolah Menengah Pertama.

Namun, materi ini menjadi salah satu materi yang sangat relevan untuk semua orang. Pasalnya, seorang manusia perlu memiliki inspirasi dan motivasi supaya mampu menjalani hidup dengan penuh makna dan semangat. Yuk simak selengkapnya!

A. Pengertian Teks Inspirasi

Sebuah teks bacaan yang memuat isi tentang inspirasi bisa disebut sebagai teks inspirasi. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, inspirasi dapat diartikan sebagai sebuah ilham.

Oleh karena itu, pengertian teks inspirasi adalah suatu bahan tertulis yang berisi cerita fiksi tentang pengalaman yang terjadi secara nyata sehingga dapat digunakan sebagai media untuk menemukan ilham, ide, atau gagasan bagi seseorang yang membacanya.

Berdasarkan pengertian teks inspirasi tersebut, teks inspirasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk membangkitkan atau menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri dari seseorang untuk mengatasi segala masalah yang ada.

Masalah yang biasa muncul bisa jadi bagian dari proses untuk meraih tujuan atau impian yang diinginkan.

B. Jenis-Jenis Teks Inspirasi

Setelah mengetahui tentang pengertian teks inspirasi, pada bagian ini kita akan mulai membahas mengenai jenis-jenis teks inspirasi. Teks inspirasi sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari teks inspirasi berdasarkan sifat peristiwanya dan teks inspirasi berdasarkan tokohnya.

Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang jenis teks inspirasi yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu:

1. Berdasarkan Sifat Peristiwa

Pertama, jenis teks inspirasi berdasarkan sifat peristiwanya dibagi menjadi 2 jenis, yaitu nonfiksi dan fiksi. Berikut adalah penjelasannya:

a. Nonfiksi

Pengertian Teks inspirasi jenis nonfiksi adalah sebuah teks yang menceritakan kisah seorang tokoh secara nyata dengan peristiwa dan latar belakang yang pernah dimiliki dalam hidupnya.

b. Fiksi

Pengertian Teks inspirasi jenis fiksi bisa dipahami sebagai teks yang menceritakan tentang kisah fiksi atau khayalan yang memiliki nilai inspirasi didalamnya.

2. Berdasarkan Tokoh

Kedua, jenis teks inspirasi berdasarkan tokohny dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu teks inspirasi yang dibuat berdasarkan tokoh orang terkenal, sufi, dan binatang.

a. Orang terkenal

Sesuai namanya, teks ini merupakan salah satu jenis teks inspirasi yang memuat cerita dari berbagai kisah dari orang terkenal yang pernah ada.

b. Sufi

Sementara itu, teks berikut ini bisa dipahami sebagai salah satu jenis teks inspirasi yang mengandung cerita tokoh-tokoh ahli agama. Sufi sendiri dapat dipahami sebagai sosok yang telah mengabdikan hidupnya kepada jalan ketuhanan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

c. Binatang

Terakhir, teks ini adalah salah satu jenis teks inspirasi yang memiliki cerita tentang kisah dari binatang atau fabel. Teks ini bisa jadi adalah teks rekaan, tetapi tetap memuat tentang nilai inspirasi, motivasi, hingga semangat hidup.

C. Ciri-Ciri Teks Inspirasi

Setelah mengetahui tentang pengertian teks inspirasi dan jenisnya, berikut ini kita akan mempelajari tentang ciri-ciri dari teks inspirasi. Ciri-ciri dari sebuah teks bisa juga diartikan sebagai gaya khas yang dimiliki teks sehingga bisa digunakan untuk membedakan teks yang satu dengan teks yang lain.

Nah, berikut ini adalah ciri-ciri teks inspirasi yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu:

1. Umumnya diangkat dari kisah nyata

Sebuah teks inspirasi umumnya diangkat atau diadaptasi dari kisah nyata seorang tokoh yang memiliki nilai inspiratif. Kisah nyata dari seorang tokoh tersebut bisa dipahami sebagai cerita yang memiliki gambaran tentang hal-hal positif dalam hidupnya, sehingga bisa dengan mudah dipahami atau dirasakan oleh para pembaca.

Namun, dalam beberapa teks inspirasi banyak ditemukan juga kisah dengan jenis fiksi atau rekaan, tetapi tetap masuk akal.

2. Memiliki tema tertentu

Setelah kisah nyata, ciri berikutnya dari teks inspirasi adalah memiliki tema teretntu. Sebuah teks inspirasi biasanya memiliki bentuk tulisan yang bisa dikembangkan dari satu tema tertentu. Hal ini dikarenakan tema bisa menjadi salah satu penentu sebuah teks inspirasi menjadi menarik atau tidak untuk dibaca.

3. Memiliki judul yang menarik

Berikutnya, teks inspirasi biasanya memiliki judul yang menarik. Hal ini menjadi penting karena dapat menarik pembaca untuk menyimak teks tersebut. Selain itu, dengan memiliki judul yang menarik, pembaca akan lebih mudah untuk melakukan identifikasi tentang gambaran dari isi teks.

4. Memiliki alur yang menarik

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Selanjutnya, teks inspirasi perlu memiliki alur cerita yang mampu menyajikan tentang pemahaman awal, inti, dan akhir cerita atau kisah. Dengan penyajian seperti itu, teks inspirasi akan memiliki alur cerita yang urut dan tersusun secara kronologis.

Maka dari itu, teks inspirasi juga sering disebut sebagai teks cerita. Hal ini dikarenakan adanya penggambaran urutan waktu kejadian yang dialami tokoh dari awal hingga akhir.

5. Bersifat naratif

Sebuah teks inspirasi tentunya harus memiliki sifat naratif. Naratif sendiri dapat dipahami sebagai teks yang memberikan uraian atau penjelasan tentang urutan kejadian suatu peristiwa. Sifat naratif sendiri bisa dibuktikan salah satunya dengan menyusun alur cerita yang urut.

6. Ada tokoh yang diceritakan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebuah teks inspirasi memiliki tokoh cerita yang memiliki beragam kisah hidup dan latar belakang. Kisah hidup dari tokoh ini akan menjadi sumber inspirasi atau suri teladan untuk para pembaca.

Kriteria tokoh yang ada dalam cerita inspirasi umumnya adalah manusia yang memiliki banyak prestasi dan telah berhasil membuktikan diri kepada banyak orang. Selain itu, seseorang yang memiliki keterbatasan fisik pun bisa termasuk ke dalam kriteria tokoh inspiratif.

Kekuatan dan tekadnya untuk terus berkarya dan menggapai kesuksesan menjadi sumber yang sangat inspiratif. Tetapi, dalam beberapa teks inspirasi juga banyak ditemukan seorang tokoh yang memiliki bentuk tokoh fiksi atau binatang.

D. Struktur Teks Inspirasi

Sama seperti yang lainnya, teks inspirasi disusun berdasarkan strukturnya. Berikut ini adalah struktur teks inspirasi yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu:

1. Abstraksi

Bagian pertama dari struktur teks inspirasi yaitu abstraksi. Abstraksi dapat diartikan sebagai suatu gambaran tentang isi teks. Bagian pertama dari teks inspirasi ini sebenarnya bersifat opsional, yang mana para pembaca boleh menulisnya dan boleh tidak menuliskannya. Namun, bagian ini biasanya tidak ditulis.

2. Orientasi

Bagian kedua dari struktur teks inspirasi adalah orientasi. Orientasi sendiri memuat tentang pengenalan tokoh dan latar, mulai dari latar waktu, tempat, hingga suasana. Bagian pengenalan tokoh umumnya terletak pada paragraf pertama. Sementara itu, untuk bagian latar biasanya terdapat pada pada paragraf pertama dan kedua.

3. Komplikasi

Bagian ketiga dari struktur teks inspirasi adalah komplikasi. Sesuai namanya, komplikasi dapat dipahami sebagai tahap pemunculan masalah dalam sebuah cerita. Sebuah teks inspirasi terdapat komplikasi yang berkaitan dengan berbagai hal problematik yang dialami dan dilalui oleh tokoh.

Beberapa masalah yang sering ditampilkan dalam teks inspirasi yaitu seperti kemiskinan, pengangguran, dan lain sebagainya.

4. Resolusi

Bagian keempat dari struktur teks inspirasi adalah resolusi. Resolusi sendiri dapat dipahami sebagai cara yang dilakukan oleh setiap tokoh dalam teks inspirasi untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya. Oleh karena itu, resolusi bisa disebut juga sebagai tahap penyelesaian masalah atau konflik dalam sebuah cerita.

5. Koda

Bagian kelima atau terakhir dari struktur teks inspirasi yaitu koda. Koda sendiri adalah tahap akhir dalam teks inspirasi yang mengandung kesimpulan dari keseluruhan peristiwa.

Setiap konflik yang tersaji dalam sebuah cerita umumnya ditulis untuk ditelaah makna dibaliknya. Oleh karena itu, pada bagian ini pembaca bisa mencoba untuk mengambil nilai-nilai atau pesan moral untuk diteladani dan diaplikasikan dalam hidupnya. Koda biasanya terletak di bagian paling akhir dari sebuah teks inspirasi.

E. Kaidah Kebahasaan Teks Inspirasi

Kaidah kebahasaan dalam suatu teks memiliki fungsi sebagai pembeda antar teks berdasarkan gaya bahasanya. Nah, teks inspirasi sendiri memiliki beberapa kaidah kebahasaan yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

1. Menggunakan kata ekspresif

Teks inspirasi biasanya memakai beragam kata ekspresif yang mampu menggambarkan emosi dari tokoh. Mulai dari perasaan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan pribadi yang dialami oleh tokoh.

2. Menggunakan kalimat deskriptif

Teks inspirasi umumnya memakai beberapa kalimat deskriptif. Kalimat deskriptif sendiri memuat penggambaran atau penjelasan secara detail dan jelas tentang suatu objek tertentu.

3. Menggunakan konjungsi

Teks inspirasi umumnya memakai konjungsi, beberapa konjungsi tersebut yaitu:

a. Penjumlahan: dan

b. Waktu: ketika, tatkala, pada, sewaktu, seraya

c. Simpulan: jadi, oleh karena itu, dengan demikian

d. Pemilihan: atau

e. Harapan: agar, supaya

4. Menggunakan majas

Teks inspirasi umumnya memakai majas, misalnya seperti:

a. Majas hiperbola, yaitu majas yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu secara berlebihan dan tidak masuk akal.

b. Majas metafora, yaitu majas yang menggunakan sebuah analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda.

c. Majas personifikasi, yaitu majas yang digunakan untuk menggambarkan benda mati seolah-olah hidup dan bersikap seperti manusia.

F. Contoh Teks Inspiratif Sederhana

Setelah mengetahui berbagai hal tentang teks inspirasi, berikut ini akan disajikan contoh teks inspirasi supaya kamu lebih mudah dalam memahaminya.

1. Contoh Teks Inspiratif 1

Teks Inspiratif tentang Covid-19

a. Orientasi

Sejak pandemi Covid-19 masuk ke tanah air, banyak perawat muda yang ditugaskan di berbagai rumah sakit salah satunya adalah Cintya. Walaupun masih muda, Cintya sangat totalitas dalam menjalankan tugasnya dalam melayani pasien. Hal itu juga membuat Cintya diapresiasi oleh orang tuanya.

b. Kerumitan Peristiwa

Meskipun sudah totalitas dalam bekerja, tetap saja ada yang meremehkan pekerjaannya karena usianya yang masih sangat muda. Banyak yang menganggap Cintya belum memiliki pengalaman. Hal itu membuat Cintya sakit hati. Walaupun demikian, ia terus menguatkan tekadnya dalam rangka menyembuhkan pasien.

c. Komplikasi

Sejak bekerja, Cintya tinggal di rumah kontrakan. Selain kinerjanya dipandang sebelah mata di rumah sakit, Cintya juga dijauhi oleh orang-orang disekitar kontrakan.

Tetangga yang melihatnya akan merasa takut karena ditakutkan Cintya akan membawa virus dan menularkan ke orang disekitarnya. Ia juga pernah mendengar bahwa corona merupakan konspirasi. Hal itu tentu sangat menyakiti hatinya.

d. Resolusi

Dari semua masalah yang dihadapi, Cintya tetap fokus untuk bekerja. Ia tetap membantu orang-orang yang membutuhkan jasanya. Pasien yang sudah dinyatakan sembuh pun banyak memujinya.

Cintya berharap dunia cepat pulih sehingga tidak banyak yang terpapar virus Corona. Ia juga berharap setiap orang dapat mematuhi protokol kesehatan serta menghargai profesi orang lain.

e. Koda

Ketulusan Cintya dalam bekerja telah diuji dengan berbagai cobaan dari lingkungan disekitarnya. Walaupun begitu, ia tetap tegar. Cintya menjadi salah satu pahlawan yang perlu diapresiasi saat pandemi Covid-19.

2. Contoh Teks Inspiratif 2

Teks Inspirasi Rajin Menabung

Sejak SD, Zahra telah mengenal tentang istilah menabung pangkal kaya. Sejak saat itu, Zahra menjadi gemar menabung. Ia menyimpan uangnya di celengan ayam, plastik, dan berbagai celengan lainnya.

Tidak ada kesulitan bagi Zahra untuk menyisihkan sebagian uangnya agar dapat menabung setiap harinya. Namun sejak keluarganya mengalami kesulitan, Zahra terpaksa membuka tabungannya. Ada saja yang dialami di keluarganya, baik kakaknya sakit lalu ibu dan juga ayahnya.

Ada rasa kekesalan pada diri Zahra saat uang yang selama ini dia sisihkan untuk ditabung harus habis begitu saja. Ia juga kesal, kenapa kakaknya tidak menabung seperti dirinya. Dia juga menyayangkan kenapa kedua orang tuanya juga tidak memiliki tabungan sama sekali.

Pikiran-pikiran tersebut terus menghantui Zahra. Namun, Zahra sadar bahwa lebih baik jika lebih rajin menabung. Sejak saat itu, Zahra memisahkan tabungannya. Satu tabungan untuk keluarganya dan satunya lagi untuk dirinya.

Zahra akhirnya berhasil membeli sesuatu yang dia inginkan dengan tabungannya. Zahra tetap percaya bahwa menabung pangkal kaya. Ia telah berhasil membantu orang tuanyanya disaat kesulitan. Hal itu membuat Zahra semakin semangat untuk menabung.

3. Contoh Teks Inspiratif 3

Masalah Kehidupan

a. Orientasi

Seekor keledai terjatuh pada lubang yang sangat dalam. Hal itu membuatnya tidak dapat menarik keledai keluar entah berapa kali ia telah mencobanya. Ia lalu memutuskan untuk mengubur keledainya hidup-hidup.

b. Kerumitan Peristiwa

Sedikit demi sedikit tanah dimasukan dalam lubang dimana keledai berada. Keledai menggoyangkan tubuhnya agar tanah yang berada diatas tubuhnya terjatuh. Keledai perlahan dapat terus melangkah diatas tanah.

c. Komplikasi

Keledai tersebut terus mengibaskan tubuhnya dan menaiki tanah yang dijatuhkan kedalam lubang. Semakin tanah ditimbun, maka tanah menjadi semakin tinggi.

d. Resolusi

Saat menjelang siang, akhirnya keledai dapat keluar dari lubang. Keledai Pun akhirnya dapat menuju padang rumput nan hijau.

e. Koda

Setelah banyak masalah yang dilalui, keledai akhirnya dapat merumput di padang rumput hijau. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa setelah terlepas dari suatu masalah, akan membuat kita meraih apa yang diimpikan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Pengertian Teks Inspirasi

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien