Bahasa Indonesia Business

Pengertian Kolega dan Contoh Penggunaan Yang Tepat

pengertian kolega
Written by Umam

Apa sebenarnya pengertian kolega dan bagaimana penggunaan istilah tersebut yang tepat? Dalam beberapa waktu terakhir ini, semakin banyak orang yang sering menggunakan kata-kata atau istilah yang jarang didengar.

Terlebih lagi di era digital seperti sekarang, kata atau istilah yang awalnya hanya sering pada suatu bidang tertentu, kini bisa berkembang secara cepat dan luas untuk digunakan dalam bidang yang lain. Misalnya saja, kolega.

Bagi sebagian orang yang terbiasa beraktivitas di lingkungan perkantoran, mungkin akan akrab dengan kata atau istilah kolega. Namun, bagi beberapa orang tidak terbiasa dengan dunia perkantoran era sekarang, bisa jadi kurang familiar dengan kata tersebut.

Belakangan ini, kata atau istilah kolega ramai digunakan para netizen Indonesia di berbagai platform, baik di dunia nyata maupun di dunia maya, seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga aplikasi berbasis chat yakni Line, BBM, WhatsApp dan lain sebagainya.

Tetapi, apa pengertian kolega itu sendiri? Nah, dengan semakin banyak memahami arti kata, Kamu dapat menjadi lebih paham dan lebih bijak dalam menggunakan sebuah kata. Selain itu, menambah pemahaman tentang kosa kata dan arti kata juga akan menjadikan Kamu lebih mudah dan lebih cepat dalam mengakses informasi.

A. Pengertian Kolega Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah arti dan penjelasan dan pengertian kolega menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI edisi V adalah:

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima, pengertian kolega atau ko.le.ga [n] adalah sebagai teman sejawat atau bisa juga sebagai kawan sepekerjaan.

B. Pengertian Kolega Menurut Etimologi

Sementara itu, hampir mirip seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia, menurut etymonline.com, kata kolega memiliki arti sebagai rekan di kantor, pekerjaan, hingga tenaga kerja.

Sekitar abad 16, kata kolega pertama kali digunakan dalam bahasa Prancis, tepatnya pada tahun 1530-an dengan kata Collegue. Kata ini berasal dari bahasa Latin yaitu collega yang memiliki arti teman di kantor.

Kata kolega sebenarnya merupakan bentuk asimilasi dari kata com-, yang dapat diartikan sebagai “dengan, bersama-sama”. Kemudian, com- ditambah dengan kata leg-.

Penggabungan kata ini biasa digunakan untuk memberikan instruksi dalam bekerja, misalnya untuk mengirim bersama wakil, mengirim bersama komisi, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, berdasarkan akar kata atau PIE, kata leg- memiliki arti sebagai “to collect, gather” atau dapat diartikan sebagai mengumpulkan. Sejak dulu, kata kolega biasa digunakan para pimpinan untuk mengirim satu rekan kerja untuk seseorang. Kata ini juga bisa digunakan pimpinan untuk memilihkan rekan kerja kepada temannya.

C. Penggunaan Kata Kolega

Dalam perkembangannya sekarang ini, kata kolega tidak hanya digunakan untuk lingkungan pekerjaan atau perkantoran. Kata ini juga tidak terbatas digunakan untuk seorang pimpinan memerintahkan pekerjanya. Saat ini, kata kolega dapat digunakan untuk memanggil teman atau mengakui seorang teman.

Misalnya saja, Adi merupakan seorang pengusaha makanan dan minuman, hal itu berarti semua pelaku usaha makanan dan minuman di sekitar Adi dapat disebut sebagai kolega dari Adi.

Selain itu, bagi Kamu yang berstatus sebagai seorang pelajar dari suatu sekolah, maka semua pelajar yang ada di sekolahmu dapat disebut sebagai kolega.

Secara konsep, kolega telah berkembang dan dapat dikelompokan menjadi dua kelompok, yaitu kolega internal dan eksternal.

1. Kolega Internal

Kolega internal dapat dipahami sebagai teman sejawat atau teman sepekerjaan. Kolega di sini memiliki arti sebagai seorang teman yang Kita kenal dan memiliki pekerjaan yang satu profesi dengan Kita. Sederhanya, kolega internal adalah teman satu tempat kerja dan berpotensi menghasilkan kerja sama.

Misalnya saja, Kamu merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan farmasi. Maka, teman Kamu yang bekerja di perusahaan farmasi tersebut adalah seorang kolega internal. Maksud kata internal sendiri adalah karena Kamu dan kolega berada di satu perusahaan yang sama.

2. Kolega Eksternal

Sementara itu, kolega eksternal dapat didefinisikan sebagai seseorang yang merupakan teman sejawat yang berprofesi sama, tetapi dia bekerja di bagian luar perusahaan atau tempat kerja. Praktek kolega eksternal ini biasanya muncul untuk seseorang yang sering melakukan hubungan dengan luar perusahaan, seperti humas.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Misalnya saja, kamu adalah seorang sales di sebuah bangunan, yang mana Kamu sebenarnya adalah karyawan dari perusahaan tingkat internasional.

Teman Kamu yang bekerja sebagai sales, tetapi bekerja di perusahaan yang lain dapat dikatakan sebagai seorang kolega eksternal. Kata eksternal sendiri maksudnya adalah teman sejawat yang berasal dari luar perusahaan atau tempat kerja.

Bagi Kamu yang mengetahui banyak kosa kata, Kamu akan bisa lebih mudah untuk berkomunikasi atau menyampaikan sebuah pendapat teman hingga pekerjaan.

Demikian adalah penjelasan ataupengertian kolega yang sebenarnya . Ada banyak cara untuk mencari arti sebenarnya dari kata, bisa dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau website etimologi online yang ada di internet.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Pengertian Kolega

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

banner-promo-gramedia-ilana-tan

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien