Environment

Manfaat Energi Panas Matahari bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Seluruh Mahkluk Hidup di Bumi

Written by Umam

Manfaat Energi Panas Matahari – Kita tentu tahu bahwa ada banyak sekali manfaat energi panas matahari. Sebagai sumber energi yang paling besar di dunia, matahari telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi, seperti manusia, hewan, tumbuhan, bahkan planet bumi itu sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, matahari dapat diartikan sebagai sebuah bintang yang menjadi pusat tata surya dari galaksi bima sakti. Sebagai pusat dari tata surya, matahari secara alamiah juga berperan untuk memancarkan panas dan cahaya ke Bumi dan planet lain. Matahari juga diketahui memiliki kandungan yang besar dari hidrogen dan helium.

Semakin majunya peradaban manusia, energi panas matahari mulai dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja seperti industri, rumah tangga, sampai dengan perkantoran. Tidak hanya sampai di situ, berikut ini adalah beberapa manfaat energi panas dari sinar matahari bagi kehidupan manusia yang perlu kamu ketahui. Yuk simak ulasan berikut ini!

A. Manfaat Energi Panas Matahari Bagi Manusia

1. Listrik tenaga surya

Matahari merupakan salah satu energi yang tidak akan ada habisnya atau bisa dikatakan sebagai energi terbarukan. Maka tak heran apabila manfaat energi matahari yang pertama adalah bisa digunakan sebagai sumber energi untuk listrik. Listrik dari matahari sendiri dikenal sebagai listrik tenaga surya.

Dengan memanfaatkan energi panas matahari sebagai sumber listrik, hal ini menjadikan kamu memiliki pasokan listrik yang aman dan baik untuk lingkungan. Kita tahu sendiri bahwa selama ini manusia masih bergantung pada batubara untuk menyalakan listrik. Sementara itu, listrik energi surya diyakini akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk manusia seperti keperluan rumah maupun gedung dan pabrik.

2. Memberi penerangan

Manfaat selanjutnya dari energi panas matahari adalah bisa digunakan sebagai sumber penerangan bagi manusia. Apabila tidak ada energi matahari dengan bentuk berupa cahaya, tentu saja dunia akan dilanda kegelapan. Hal ini akan menjadikan seluruh umat manusia tidak dapat melihat apapun yang ada di lingkungan sekitarnya.

Sumber cahaya yang bersumber dari matahari tentu sangat berbeda dengan penerangan yang diberikan oleh lampu. Lampu sendiri dapat menyala apabila dialiri oleh listrik terlebih dahulu. Maka dari itu, seiring dengan penggunaan teknologi panel surya yang lebih murah, kamu dapat memanfaatkannya sebagai sumber penerangan alami pada saat pagi hari dan cadangan energi untuk lampu di malam hari.

3. Kendaraan tenaga surya

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sudah tidak bisa dilepaskan dari peran kendaraan untuk beraktivitas. Salah satu manfaat energi matahari yang sedang ramai dibahas saat ini tentu saja yaitu kendaraan tenaga surya. Kendaraan tenaga surya sendiri diyakini bakal menjadi moda transportasi yang banyak digunakan di masa depan.

Namun, penggunaan dari kendaraan tenaga surya ini sendiri masih belum banyak dimiliki sekarang ini. Hal ini disebabkan tenaga surya yang belum tersedia secara luas bagi banyak orang. Maka dari itu, cara yang bisa dilakukan untuk merealisasikan kendaraan ini tentu adalah dengan melakukan perubahan pada sumber listrik, dari batu bara menjadi energi terbarukan seperti matahari.

B. Manfaat Energi Tenaga Surya Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui manfaat yang bisa diberikan oleh energi panas matahari bagi kehidupan manusia, berikut ini akan dijelaskan sederet manfaat energi panas matahari pada kesehatan manusia, di antaranya yaitu:

1. Sumber Vitamin D

Tidak hanya hanya memiliki manfaat sebagai energi terbarukan, energi panas matahari ternyata bisa menjadi salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Institute OF Medicine, seseorang orang harus selalu menerima asupan vitamin D sebanyak 4000-9000 IU/hari atau sekitar 10 hingga 20 menit setiap hari.

Sebagai sumber nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, energi panas matahari disebut juga sebagai vitamin sinar matahari atau dalam dunia kesehatan dikenal dengan vitamin D. Kulit manusia pada dasarnya memiliki sejenis kolesterol yang memiliki fungsi sebagai pembangun vitamin D. Pada saat senyawa ini terpapar oleh radiasi UV-B dari matahari, maka senyawa tersebut akan berubah menjadi vitamin D.

Apabila dibandingkan dengan vitamin D yang berasal dari makanan atau bahkan suplemen, vitamin D dapat bersirkulasi dua kali lebih lama pada tubuh manusia. Hanya saja, jumlah vitamin D yang bisa diserap oleh tubuh sangat bergantung pada berbagai faktor, misalnya seperti usia, musim, tabir surya, bahkan juga pakaian.

2. Menguatkan tulang

Energi panas matahari ternyata sangat baik digunakan untuk menguatkan tulang. Vitamin D sendiri diketahui memiliki peran yang cukup penting dalam melakukan pengaturan kalsium sekaligus membuat kadar fosfor dalam darah lebih stabil. Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan vitamin D yang sangat baik untuk digunakan dalam menyerap kalsium

Seorang anak harus memiliki kadar vitamin D yang tinggi. Hal ini dikarenakan rendahnya kadar vitamin D pada anak akan menyebabkan terkena rakhitis. Rakhitis sendiri merupakan suatu gangguan pada tulang yang sedang tumbuh sehingga menjadikan kalsium gagal disimpan dalam tulang.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada orang dewasa. Kurangnya kadar vitamin D akan sangat berpotensi untuk menjadikan seseorang bisa terkena penyakit osteomalasia atau pelunakan tulang. Selain itu, banyak orang juga diketahui banyak terkena osteoporosis dikarenakan kurangnya vitamin D pada tubuh.

3. Memperbaiki Mood

Berjemur di bawah sinar matahari selama 10 hingga 15 menit per hari ternyata juga sangat baik untuk mencegah stress dan depresi. Hal ini tentu bisa kamu manfaatkan pada saat hendak memulai hari agar lebih semangat dalam beraktivitas maupun bekerja. Seseorang yang mengalami penurunan paparan sinar matahari diketahui akan lebih mudah terkena stres dan depresi.

Manfaat energi panas matahari pada dasarnya adalah untuk mendukung pelepasan serotonin dan endorfin. Kedua hormon tersebut berkaitan erat dengan suasana hati sehingga bisa menjadikan seseorang lebih bahagia. Tak heran, apabila sinar matahari efektif memberikan ketenangan secara keseluruhan sehingga terhindar dari depresi.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain mampu menjadikan peredaran darah pada tubuh manusia menjadi lebih lancar, energi panas matahari juga diketahui sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang. Pada saat retina mata terkena paparan dari sinar matahari, maka tubuh akan mulai menghasilkan serotonin.

Seperti yang ditulis pada Healthline, sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa para pekerja kantor akan mengalami peningkatan kualitas tidur pada saat menerima banyak cahaya alami atau energi panas matahari. Hal ini tentu saja dapat membantu tubuh mengatur jam internal sehingga efektif meningkatkan kualitas tidur seseorang.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat energi matahari bagi kesehatan manusia yang kedua yaitu dapat digunakan untuk sebagai salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah. Pada saat kulit mendapatkan energi panas matahari, ada senyawa yang disebut nitric oxide dilepaskan ke dalam pembuluh darah. Proses ini sendiri cukup efektif untuk membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Hal ini pada akhirnya juga akan sangat membantu untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berdasarkan salah salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Journal of Investigate Dermatology Suggest mengatakan bahwa paparan sinar UVA yang dihasilkan oleh sinar matahari memiliki manfaat untuk melebarkan pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah sendiri dapat dipahami untuk memberikan ruang bagi darah sehingga bisa mengalir dengan normal.

6. Mencegah Kanker

Sebagai sumber alami vitamin D, energi panas matahari diketahui sangat baik untuk kesehatan manusia, seperti halnya mencegah kanker tertentu. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa paparan energi panas alami atau sinar matahari dapat mengurangi risiko kanker kolorektal, prostat, kanker payudara serta limfoma non-Hodgkin a.

7. Menurunkan Berat badan

Energi panas matahari yang memaparkan sinar UV terbukti dapat mengubah kolesterol yang ada di dalam tubuh menjadi vitamin D. Kolesterol yang terlalu tinggi pada tubuh bisa membuat tubuh memiliki berat badan yang berlebihan. Maka dari itu, berjemur sinar matahari akan sangat cocok bagi kamu sedang atau ingin menurunkan berat badan.

8. Meningkatkan Imun Tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Georgetown University Medical Center terkait energi panas matahari diketahui berdasarkan mekanisme khusus, sinar matahari dapat memberikan energi pada sel T. Sel T sendiri merupakan salah satu sel yang memiliki peran sentral dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Penemuan itu sendiri telah membuktikan bahwa energi panas matahari secara langsung bisa digunakan untuk mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh melalui gerakan sel yang dipercepat. Sel-sel pada dasarnya perlu bergerak untuk melakukan pekerjaannya, misalnya saja untuk mencapai tempat infeksi atau mengatur respons kekebalan tubuh.

B. Manfaat Energi Panas Matahari Bagi Hewan

Secara umum, energi panas matahari memiliki manfaat untuk memberikan kehangatan terhadap seluruh makhluk yang hidup ada di bumi. Maka dari itu, semua makhluk yang hidup di dunia ini sangat bergantung terhadap energi dari matahari. Matahari bisa dikatakan merupakan energi yang penting bagi keberlangsungan semua makhluk hidup di muka bumi.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat energi panas matahari bagi hewan, antara lain sebagai berikut:

1. Menghangatkan tubuh hewan agar bisa bertahan hidup. Ini terutama untuk hewan jenis reptil seperti buaya, ular dan kadal.

2. Sebagai sumber vitamin D. Sama dengan manusia, hewan juga membutuhkan vitamin D dan matahari merupakan sumber alami untuk mendapatkan asupan vitamin ini.

3. Beberapa hewan memanfaatkan panas dari sinar matahari untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan.

4. Menjaga suhu tubuh hewan agar tetap hangat dan stabil.

5. Matahari membantu proses fotosintesis tumbuhan yang menjadi sumber makanan hewan. Membantu pertumbuhan tubuh hewan agar menjadi lebih cepat.

6. Beberapa hewan membutuhkan sinar matahari untuk mempercepat proses adaptasi hewan terhadap lingkungannya.

7. Sebagai sumber penerangan untuk mencari mangsa dan makanan. Sebagai penunjuk arah bagi hewan yang terbang. Mengatur siklus tidur.

C. Manfaat Energi Panas Matahari Bagi Tumbuhan

Suatu tumbuhan atau tanaman diketahui membutuhkan energi panas matahari agar dapat terus berkembang biak. Matahari memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga temperatur atau suhu udara agar tetap stabil. Apabila suhu udara tidak stabil, maka dapat menjadikan tumbuhan akan cepat layu dan tidak dapat tumbuh secara maksimal.

Tumbuhan yang berada di suhu udara yang terlalu rendah akan mengakibatkan proses penguapan menjadi lebih lama. Hal ini pada akhirnya akan berdampak langsung pada keberlanjutan hidup makhluk yang lain, seperti manusia dan hewan.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa manfaat energi panas matahari bagi tumbuhan, antara lain yaitu:

1. Membantu proses fotosintesis yang berguna untuk menghasilkan makanan bagi tumbuhan.

2. Membantu proses pertumbuhan tumbuhan secara keseluruhan.

3. Sebagai sumber nutrisi terbaik bagi tumbuhan.

4. Menjaga temperatur tumbuhan agar lebih stabil dan seimbang.

5. Menghangatkan biji pada tumbuhan.

6. Mengaktifkan klorofil yang terkandung dalam tanaman.

7. Memberi warna hijau pada tumbuhan.

8. Membantu pertumbuhan bunga dan daun, tanaman yang terkena sinar matahari akan cepat berbunga dan tumbuh tinggi.

9. Membantu proses pertumbuhan kecambah agar menjadi lebih kaya nutrisi.

Demikian manfaat energi panas matahari bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa keberadaan matahari memiliki peran yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup di Bumi. Hal ini dikarena matahari bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan bagi planet Bumi dan planet lainnya.

Tanpa matahari, planet Bumi akan memiliki suhu yang tidak dapat digunakan untuk hidup, bahkan oleh bakteri atau mikroorganisme sekalipun. Apabila matahari secara tiba-tiba tidak memancarkan sinarnya, hal ini dapat menjadikan perubahan suhu udara planet Bumi akan turun secara drastis.

Suhu bumi memang tidak akan turun menjadi 0 derajat celcius (0C) seketika, karena Bumi masih menyimpan panas dari radiasi matahari dari masa/waktu ketika matahari masih memancarkan sinarnya. Dibutuhkan waktu yang sangat lama hingga suhu Bumi turun ke titik 0 0C. Namun, selama itu terjadi siklus kehidupan di Bumi akan terganggu hingga akhirnya musnah sebelum suhu Bumi mencapai titik nol.

Pasalnya, ketiadaan sinar matahari akan menyebabkan tumbuhan tidak mampu menjalankan proses fotosintesis, yang mengubah karbondioksida dan air menjadi oksigen dan glukosa. Jika matahari berhenti bersinar, maka proses fotosintesis akan terhenti. Akibatnya, tumbuhan tidak dapat menghasilkan glukosa maupun oksigen yang diperlukan hewan dan manusia.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien