Bahasa Indonesia Pendidikan

9 Alasan Mengapa Seorang Menulis Surat Pribadi untuk Orang Lain

Written by Umam

9 Alasan Mengapa Seorang Menulis Surat Pribadi – Seseorang sering kali menulis surat pribadi untuk memberikan informasi atau menanyakan sebuah informasi. Namun, ada banyak sebenarnya alasan seseorang menulis surat pribadi untuk orang lain, baik untuk anggota keluarga, kerabat, sahabat, bahkan juga rekan kerja. Dalam artikel ini kita akan membahas secara mendalam tentang mengapa seorang menulis surat pribadi tersebut.

A. Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi pada umumnya bisa dipahami sebagai sebuah surat yang ditulis atas nama pribadi kepada orang lain. Surat pribadi juga merupakan sebuah cara berkomunikasi secara tertulis yang dilakukan dari satu orang ke orang lainnya. Dikarenakan berisi informasi yang hanya diperuntukkan untuk orang yang menulis dan orang yang menerima, maka surat pribadi bisa dikatakan memiliki sifat pribadi atau privasi.

Secara format penulisan, surat pribadi berbeda dengan surat resmi. Surat resmi diketahui sendiri memiliki pola yang lebih jelas dengan disertai penggunaan bahasa yang baku. Tentu saja hal tersebut berbeda dengan surat pribadi yang lebih bebas dan cenderung memakai bahasa informal atau santai.

Namun, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat pribadi. Beberapa hal tersebut yaitu, usia penerima (lebih muda, sebaya, atau lebih tua), jenis kelamin (laki-laki atau perempuan), dan hubungan penulis dengan penerima (akrab, tidak akrab, atau baru kenal)

Seseorang yang menulis surat pribadi biasanya memiliki tujuan atau maksud tertentu, ada yang untuk menyampaikan informasi, melakukan komunikasi, mengungkapkan perasaan, hingga berbagai tujuan pribadi lainnya. Terkait tujuan surat pribadi akan dibahas lebih lengkap lagi pada bagian di bawah ini.

B. Tujuan Seorang Menulis Surat Pribadi

Tujuan atau alasan mengapa seorang menulis surat pribadi tentu tidak bisa disamakan. Seorang yang menulis surat pribadi tentu memiliki alasan, tujuan, atau keinginan yang berbeda-beda. Ada banyak sekali hal yang bisa menjadi latar belakang seseorang menulis dan mengirimkan surat pribadi kepada orang tertentu.

Namun, ada beberapa tujuan mengapa seorang menulis surat pribadi yang paling sering ditemukan, diantaranya yaitu:

1. Memberikan undangan

2. Mengajukan sebuah permohonan atau meminta informasi

3. Menjawab atau membalas sebuah undangan

4. Merencanakan sesuatu dengan orang lain

5. Memohon permintaan maaf

6. Menyampaikan ucapan selamat atas hal baik yang terjadi pada seseorang

7. Menyampaikan rasa simpati atas musibah yang sedang dirasakan seseorang

8. Memberikan ucapan terima kasih

9. Memberikan kabar kepada orang lain

Dari sembilan tujuan tersebut, dapat disimpulkan dapat memberikan jawaban terkait mengapa seorang menulis surat pribadi. Jawaban tersebut diantaranya yaitu untuk mengundang, mengajukan permohonan atau meminta informasi, menjawab undangan, merencanakan sesuatu dengan orang lain, memohon maaf, mengucapkan selamat atas hal baik yang terjadi pada seseorang, menyampaikan rasa simpati atas musibah yang menimpa seseorang, mengucapkan terima kasih dan mengabarkan orang lain.

B. Ciri-Ciri Surat Pribadi

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan seorang menulis surat pribadi, berikut ini adalah beberapa ciri surat pribadi yang perlu kamu ketahui, antara lain yaitu:

1. Surat pribadi berisi kata-kata yang bermaksud memberikan ucapan secara umum atau universal. Misalnya seperti, “Hi, Hello, Bagaimana kabarmu?”

2. Surat pribadi menggunakan bahasa keseharian yang sering dipakai sehari-hari. Hal ini tentu saja merupakan perbedaan yang paling terlihat antara surat pribadi dengan surat resmi. Maksud dari bahasa sehari yaitu tidak mengacu pada aturan atau standar bahasa.

3. Surat pribadi menggunakan kata ganti orang pertama dan orang ketiga, yaitu “Aku” dan nama orang.

4. Surat pribadi tidak perlu menggunakan kop surat dan berbagai elemen surat resmi lainnya. Orang yang menulis surat pribadi diberikan keleluasan dalam menambahkan berbagai elemen dalam suratnya.

4. Surat pribadi dimulai dengan ucapan dan pembicaraan pembuka. Setelah itu, surat pribadi akan dilanjut bagian isi surat

D. Syarat Surat Pribadi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa ada beberapa syarat yang perlu dimiliki oleh sebuah surat pribadi. Syarat surat pribadi tidaklah sama dengan surat resmi atau lainnya. Selengkapnya, berikut ini adalah syarat yang dimiliki sebuah surat pribadi, yaitu:

1. Format dari surat pribadi bebas dan tidak terikat.

2. Salam dan bahasa yang digunakan surat pribadi adalah bahasa sehari-hari. Dengan pendahuluan berupa penjelasan ekspresi atau basa-basi, dan sedikit diulang-ulang atau berbelit-belit.

3. Bahasa yang digunakan surat pribadi tidak harus sesuai dengan aturan bahasa yang berlaku, sehingga lebih tidak baku dan tidak resmi.

D. Unsur-Unsur Surat Pribadi

Meskipun memiliki format yang sangat berbeda dengan surat resmi, ada beberapa elemen atau biasa disebut unsur yang harus ada dalam sebuah surat pribadi. Berikut ini adalah tujuh unsur yang sebaiknya ada dalam surat pribadi, antara lain yaitu:

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat

Pertama, surat pribadi biasanya terdiri dari nama tempat dan tanggal pembuatan surat yang diletakkan di bagian kiri paling atas.

2. Alamat penerima

Kedua, surat pribadi perlu mencantumkan alamat penerima dengan disertai nama seseorang yang menjadi tujuan dalam pengiriman surat. Hal ini tentu saja digunakan untuk mengirimkan surat pribadi secara tepat dan tidak salah orang.

3. Mencantumkan kata sapaan

Ketiga, surat pribadi biasanya mencantumkan kata sapaan yang berisi kalimat sapa kepada orang yang dikirimi surat. Beberapa kata sapaan yang sering digunakan dalam surat pribadi, yaitu hai, hallo, hai gess.

4. Paragraf pembuka

Keempat, surat pribadi memiliki paragraf pembuka yang biasanya berisi pengenalan terkait topik yang ada dalam surat. Paragraf pembuka sendiri bisanya ditulis berdasarkan pengalaman.

5. Isi surat

Kelima, inti dari surat pribadi diketahui adalah isi surat. Bagian ini akan digunakan untuk menyampaikan maksud dan tujuan orang yang menulis kepada orang yang menerima.

6. Penutup Surat

Keenam, setelah menulis isi surat, maka bagian berikutnya adalah penutup yang digunakan untuk menyampaikan sebuah harapan atau ucapan terima kasih kepada orang yang dikirimi surat. Tujuan penutup sendiri untuk memberikan kesan yang baik dan lebih akrab kepada si penerima surat.

7. Nama penulis dan tanda tangan

Terletak di sebelah kanan paling bawah dari surat. Sebagai bukti nama pengirim surat.

E. Contoh Surat Pribadi

1. Contoh Surat Pribadi untuk Memberi Kabar

Jakarta, 1 Januari 2021

Untuk Nurul

Di Manado

Hai teman seperjuanganku,

Gimana kabar? Aku baik, meskipun kamu belum nanya kabar aku haha, btw selamat tahun baruu Nurul!!!! Semoga tahun ini boleh menjadi tahun yang lebih baik ya dari sebelumnya. maaf yaa aku udah lama banget gak ngabarin ke kamu, karena kesibukkan aku di jakarta, tapi aku gak lupa kan buat tulis surat ke kamu, meskipun agak lama balesnya.

Rasanya waktu berjalan cepat banget gak sih? Perasaan baru kemaren kita berjuang lulus SMA bareng, belajar bareng, ngerjain PR bareng, bahkan pilih jurusan juga sama ya kan, meskipun kita beda PTN :’). Sekarang udah tahun ke-4 bagi kita sama-sama berjuang di PTN masing-masing, aku bulan depan akan sidang akhir lho, doain aku yaa, biar lancar sampe sidang, dan dapat nilai terbaik. Kalo kamu kapan Nurul? Aku yakin kamu juga bentar lagi kan?

Semoga suratnya bisa nyampe di kamu secepatnya, gak sabar banget nungguin kabar kamu juga, dan juga kangen liat tulisan tangan kamu sih haha. Semoga hari-harimu baik ya disana, kutunggu balesan suratmu, bye!

Salam manis dari yang termanis,

Sumiyati

2. Contoh Surat Pribadi untuk Mengungkapkan Perasaan

Jakarta, 1 Januari 2021

Untuk Ibu dan Bapak

Di Bandar Lampung

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat tahun baru ibu dan bapak yang sangat aku rindukan. Maaf kalo aku belum bisa pulang tahun ini ke rumah ibu dan bapak karena masa pandemi yang tak kunjung mereda. Sama halnya dengan kalian aku pun rindu untuk berkumpul bersama dengan bapak dan ibu.

Bapak dan Ibu tidak perlu khawatir tentang kesehatanku, karena aku saat ini bekerja dari rumah dan melakukan protokol kesehatan dengan baik, aku juga rajin minum vitamin dan olahraga di rumah, untuk memperkuat sistem imunku, namun meskipun demikian tidak menutup kemungkinan jika aku pulang ke rumah bapak dan ibu, aku malah membawa virus itu dari perjalanan, sehingga kita sama-sama harus menahan kerinduan ini demi kebaikan bersama. Tetap patuhi protokol kesehatan ya pak, bu, dan juga tetap di rumah, insya allah kita bisa segera berkumpul bersama lagi jika rantai virus sudah diputuskan.

Semoga bapak ibu sehat terus dan terhindar dari segala penyakit dan virus ya, dan semoga masa pandemi ini cepat berlalu agar kita bisa bertemu tatap muka langsung 🙂

Salam kangen :),

Nurul

3. Contoh Surat Pribadi untuk Teman

Manado, 5 Januari 2021

Teruntuk teman masa kecilku,

Sumiyati

Di tempat

Hidup Sipil!

begitulah slogan jurusan ku, terdengar tangguh bukan ? haha kamu harus mendengarnya secara langsung kapan-kapan, pasti kamu kaget 🙂 sejak kita terpisahkan oleh jarak (eaa) karena masuk PTN yang berbeda, seringkali kita jadi sibuk masing-masing, dan fokus pada mimpi kita masing-masing, tapi tentunya aku sering tiba-tiba kangen masa-masa belajar dan nongkrong kamu, nurul.

Udah gak berasa ya emang, kita udah gak ketemu 4 tahun 🙁 seandainya kita satu pulau pasti kita udah meet up dari kapan tau haha. Aku sangat senang waktu aku mendapat surat dari kamu, pasti kamu gak percaya, tapi begitu kenyataannya. Saat ini akupun juga lagi skripsi dan mempersiapkan diri untuk sidang akhir, mungkin beberapa minggu lagi. Namun saat ini belum ada tanggal pastinya, aku akan mengabarimu jika jadwal sidang ku sudah keluar, biar kamu juga doain aku, masa aku doang yang doain sidang kamu hahaha.

Semoga skripsimu lancar dan sidangmu juga ya, aku tahu banget si orang kayak kamu tuh gak mungkin gak lancar jawabnya pas sidang, karena kamu tipe pekerja keras, tapi aku tetap ingin mendoakan yang terbaik buat kamu.

Salam dari yang lebih manis dari yang termanis,

Nurul.

4. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Jakarta, 25 Januari 2021

Kepada Guru yang saya Hormati,

Ibu Andien

Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar ibu? Masihkah ibu ingat sama saya, saya Al yang menjadi murid ibu waktu SMA, gak apa juga sih bu kalo ibu gak inget, saya mengerti karena murid ibu banyak, dan saya bukan siswa yang berprestasi pada saat SMA. namun saya sangat ingat dengan ibu andine, karena cara ibu mengajarkan kami semua sangat membuat saya termotivasi untuk menjadi lebih baik.

Karena kata-kata ibu waktu itu pada salah satu mata pelajaran ibu, saya akhirnya menentukan dan menetapkan jurusan dan pekerjaan impian saya meskipun orang lain meremehkannya, namun sekarang saya berhasil bekerja di bidang yang sesuai keahlian saya dan yang saya sukai yaitu di bidang teknologi informasi. Oleh karena itu di kesempatan yang langka ini saya ingin mengucapkan terima kasih banyak ibu sudah mengajari saya dan juga memotivasi saya, jasa ibu sangat berarti bagi saya, dan saya yakin teman-teman yang lain juga akan berpikir hal yang sama.

Sekian surat dari saya bu, saya berharap agar Ibu Andien sehat selalu dan juga senantiasa bahagia, terima kasih 🙂

Murid Ibu Andien,

Al

5. Contoh Surat Pribadi untuk Orang tua

Jakarta, 25 Januari 2020

Kepada Bunda tersayang,

Di tempat

Hai bun,

Bunda lagi apa? Aku tahu kalo bunda mau aku tetap tinggal bersama bunda dan kerja di surabaya aja agar aku tidak perlu tinggal sendirian di ibukota, namun saat ini aku ingin membangun karir ku sebaik mungkin. Sudah 6 bulan sejak aku kerja di jakarta dan semuanya baik-baik saja kok bun, jadi bunda tak perlu khawatir.

Sebenernya aku tulis surat ini mau ngabarin kalo aku bakal ada pekerjaan di daerah surabaya selama seminggu, dan hal ini berarti aku bisa mengunjungi bunda untuk beberapa hari. Aku akan ke surabaya 2 minggu lagi ya bun, aku gak sabar makan masakan bunda lagi dan bantuin bunda beres-beres rumah hehe. Ngomong-ngomong bunda mau nitip apa gak dari jakarta, nanti aku bawain.

Kalo surat ini udah sampe, di bales ya bun, biar aku tau juga kabar ibu kayak apa dan ibu mau dibawain apa, sama titip salam ya bun buat nenek, sama abang, bilangin gitu aku kangen hehe 🙂

Salam hangat dari anakmu,

Ningsih.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien