Agama Islam

Doa dan Niat Berbuka Puasa – Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Written by Rifda Arum

Doa dan Niat Berbuka Puasa – Tidak lama lagi, para umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan puasa Ramadhan. Sudah siapkah Grameds untuk menyambut bulan suci tersebut?

Dalam agama Islam, apapun yang akan kita lakukan haruslah didahului dengan doa niat terlebih dahulu. Hal tersebut supaya kita diberikan kelancaran dan kemudahan ketika menjalankan kegiatannya oleh Allah SWT. Maka dari itu, dalam melaksanakan puasa, baik ketika memulai puasa dan saat berbuka puasa pun juga tentu saja ada doa niat tersendiri.

Bacaan doa niat tersebut wajib dilafalkan, baik secara lisan atau di dalam hati. Nah, bagaimana ya doa niat untuk melaksanakan puasa dan ketika berbuka puasa?

Yuk simak ulasan berikut ini!

Doa Niat Berpuasa

Berikut adalah bacaan doa niat puasa Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin an’adai fardi syahri Ramadhani hadzihissanati lillahita’ala

Yang artinya:

Saya berniat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala

Perlu Grameds ketahui bahwa niat dalam melaksanakan ibadah adalah wajib hukumnya, sekalipun itu dilafalkan di dalam hati. Dari adanya niat, akan menunjukkan kejelasan dari ibadah yang hendak kita laksanakan.

Nah, niat puasa ini biasanya dilafalkan ketika waktu sahur. Nabi Muhammad SAW telah menganjurkan kepada umatnya bahwa sahur adalah suatu keutamaan ketika berpuasa. Hal tersebut didukung dengan adanya hadist yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudri RA, yang berbunyi:

Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka dari itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur.” (H.R. Ahmad.)

Beli Buku di Gramedia

Doa Niat Buka Puasa

Setelah melaksanakan ibadah puasa seharian, tentu saja akan ada tiba waktunya bagi kita untuk berbuka puasa, yakni ketika matahari terbenam dan terdengar suara adzan Magrib. Waktu berbuka puasa ini tentu saja berbeda-beda di seluruh penjuru dunia. Namun, tetap saja, ketika matahari sudah terbenam dan suara adzan Magrib telah berkumandang, maka wajib bagi kita yang tengah berpuasa untuk segera berbuka puasa.

Nah, berikut adalah doa niat untuk berbuka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahuma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin

Yang artinya:

Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu Wahai Yang Maha Pengasih dan Penyayang”.

Beli Buku di Gramedia

Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib yang dilakukan selama satu bulan penuh dalam satu kali setahun. Puasa Ramadhan menjadi rukun iman yang ketiga. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dipenuhi oleh keberkahan dan ampunan Allah SWT.

Selain itu, dalam bulan Ramadhan juga terdapat malam yang mempunyai kemuliaan lebih dari seribu bulan sekalipun yakni Lailatul Qadar. Pada malam Lailatul Qadar kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk beribadah dan memohon ampunan kepada-Nya supaya mendapatkan rahmat-Nya.

Allah SWT mewajibkan puasa Ramadhan untuk pertama kalinya saat tahun kedua Hijriyah. Pada saat itu, Rasulullah SAW baru menerima perintah dari-Nya untuk memindahkan arah kiblat dari Baitul Maqdis (Palestina) ke arah Masjidil Haram di Makkah. Kemudian Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ 

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar bertaqwa”. (QS. Al-Baqarah: 183)

Lalu, Rasulullah SAW bersabda mengenai kewajiban puasa Ramadhan tersebut.

“Dari Abu Abdurrahman bin Umar bin Khattab Radiyallahu’anhuna berkata: aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Islam itu ditegakkan atas lima dasar, yaitu: (1) bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang (patut disembah) kecuali Allah, dan bahwasanya Nabi Muhammad SAW itu utusan Allah, (2) mendirikan salat lima waktu, (3) membayar zakat, (4) mengerjakan haji ke Baitullah, dan (5) berpuasa pada bulan Ramadhan.” (HR At-Tirmidzi dan Muslim)

Beli Buku di Gramedia
Fakta Unik Tentang Puasa Ramadhan

Puasa Menjadi Salah Satu Pengobatan Alternatif di Perancis

Di negara yang identik dengan keberadaan Menara Eiffel ini terdapat pusat studi yang mempelajari mengenai penyakit yang berhubungan dengan nutrisi. Pusat studi ini menjadikan puasa (shaum) sebagai salah satu pengobatan alternatif kepada para pasiennya. Alternatif itu disebut dengan “Terapi Ramadhan” dan diyakini telah memperoleh beragam manfaat untuk para pasiennya.

Salah satu manfaat yang diterima dari pengobatan alternatif ini adalah detak jantung pasien menjadi lebih teratur. Selain itu, darah menjadi lebih bersih dari adanya kelebihan zat jahat, misalnya lemak dan asam.

Berbuka Puasa dengan Kurma

Berbuka puasa dianjurkan memakan buah kurma terlebih dahulu. Hal tersebut didasarkan pada keterangan Anas bin Malik yang mengatakan bahwa “Rasulullah SAW biasa berbuka dengan menyantap beberapa butir ruthab (kurma yang masih basah) sebelum salat. Jika tidak ada maka dengan beberapa butir tamar (kurma kering). Dan jika memang tidak ada, maka dengan meminum beberapa hirup air.” (HR. Abu Daud, al-Hakim, dan ad-Daruquthni)

Nah, menurut keterangan sahabat Nabi tersebut menganjurkan kepada para umat muslim untuk berbuka puasa diawali dengan memakan buah kurma. Sebaiknya ketika menyantap ruthar atau tamar tersebut dalam jumlah ganjil, misalnya satu, tiga, atau lima butir.

Namun, apabila Grameds tidak mempunyai buah kurma, tidak perlu dipaksakan. Sesuai dengan anjuran Beliau yakni jika tidak ada, maka boleh berbuka puasa diawali dengan minum air putih.

Beli Buku di Gramedia

Lailatul Qadar

Seluruh umat muslim di dunia yang tengah menjalankan puasa Ramadhan pastilah ingin mendapatkan keberkahan dari malam Lailatul Qadar. Terdapat tanda-tanda yang tidak diketahui jelas dasarnya akan tibanya malam penuh keberkahan tersebut, misalnya,

  • tidak ada suara anjing yang menggonggong,
  • tidak ada suara keledai yang meringkik,
  • air laut menjadi tawar,
  • pohon-pohon merundukkan dahan-dahannya sebagai bukti tunduk kepada Allah SWT,
  • diperlihatkannya cahaya di tempat-tempat yang gelap.

Sementara itu, ternyata ada lho tanda-tanda akan datangnya malam Lailatul Qadar yang benar, yakni:

  • lebih tepatnya terjadi pada sepuluh hari di bulan Ramadhan
  • malam menjadi lebih terang (tidak panas dan tidak dingin)
  • malaikat yang turun ke bumi jumlahnya lebih banyak dari jumlah kerikil
  • munculnya matahari di pagi hari sebagaimana baskom yang tidak memantulkan sinar

Nah, ketika malam penuh keberkahan tersebut datang, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk beribadah dan meminta ampunan kepada Allah. Kamu dapat membaca Al-Quran, mendirikan salat malam, memperbanyak sedekah, berdzikir, dan berdoa kepada Allah.

Pintu Surga Ar-Rayyan

Apakah Grameds tahu jika terdapat salah satu pintu surga yang bernama Ar-Rayyan?

Pintu surga tersebut diperuntukkan khusus hanya untuk orang-orang yang rajin dalam menjalankan ibadah puasa di masa hidupnya.

Nabi Muhammad SAW pernah berkata (diriwayatkan oleh Sahal bin Sa’ad ra.) bahwa “Di dalam surga itu terdapat delapan pintu yang diantaranya terdapat pintu yang bernama Ar-Rayyan yang tidak dilewati kecuali oleh orang-orang yang berpuasa.

Beli Buku di Gramedia

Binatang Juga Berpuasa

Tahukah Grameds  jika para binatang di dunia ini juga melaksanakan puasa sama seperti manusia?

Sekelompok sarjana kedokteran hewan di London telah menemukan fakta bahwa sejumlah binatang ternyata menjalani praktik puasa secara berkala. Sejumlah binatang tersebut adalah ular, biawak, ayam betina, hingga unta.

Binatang ular akan berpuasa selama sebulan dalam setiap tahun, terutama setelah mereka mendapatkan makanan cadangan di perutnya. Puasa yang dilakukan oleh ular adalah untuk meningkatkan suhu badan hingga beberapa derajat di atas normal sebelum pergantian kulit.

Untuk binatang biawak, mereka akan menjalankan praktik puasa selama empat bulan.

Lalu, ada juga ayam betina yang melakukan puasa setiap kali hendak mengerami telurnya. Apabila induk ayam ‘malas’ untuk berpuasa, maka akan mengakibatkan pembusukan pada telur yang dieraminya.

Selain itu, ada binatang unta yang turut berpuasa secara rutin karena perutnya berisi kantong air cadangan yang cukup untuk menyuplai kebutuhan energinya selama tiga minggu dan punggung yang menonjol adalah lemak.

Dalam keadaan darurat, cadangan lemak pada tubuh unta akan secara otomatis menjadi cairan guna memenuhi kebutuhan makannya. Maka dari itu, unta dikenal sebagai binatang yang mampu berjalan menempuh ratusan kilometer selama berhari-berhari tanpa harus makan dan minum.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Berdasarkan hasil penelitian dari lembaga kesehatan di seluruh dunia mengungkapkan mengenai manfaat puasa terhadap kesehatan jasmani. Apa saja ya manfaat tersebut?

  • Memberikan kesempatan ‘istirahat’ kepada alat pencernaan
  • Membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas
  • Membuat kulit menjadi lebih berseri
  • Menambah jumlah sel darah putih
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Beli Buku di Gramedia

Puasa Dapat Mengendalikan Stress

Terdapat sebuah riset yang mengatakan tentang puasa dapat mengendalikan stress lho…

Hasil riset tersebut mengungkapkan bahwa mereka yang rajin berpuasa mengalami stress senilai 1,5 lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak berpuasa.

Stress tersebut dapat disebabkan oleh tekanan pekerjaan dan sakit akibat kecelakaan. Nah, kabar baiknya adalah stress dapat diatasi setelah memasuki minggu kedua berpuasa.

Puasa Dapat Menyingkirkan Kuman di Tubuh

Seorang dokter asal Jerman, Dr. Robert Bertolio, menyebutkan bahwa puasa selama satu bulan penuh dapat dijadikan sebagai media untuk menyingkirkan kuman-kuman yang berada di dalam tubuh.

Kuman-kuman “zuhri” tersebut memiliki kandungan unsur yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh. Nah, dengan menjalani puasa secara rutin, diyakini dapat menumbuhkan kembali struktur sel-sel yang telah rusak tersebut.

Bahkan Beliau juga mengungkapkan bahwa dengan berpuasa selama satu bulan penuh dapat menjadi pondasi kesehatan manusia.

Beli Buku di Gramedia

Nah, itulah doa niat dan buka puasa, serta fakta unik mengenai puasa. Sebentar lagi kita akan menjalani puasa Ramadhan, jangan lupa untuk membaca niat terlebih dahulu ya sebelum berbuka

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Sumber:

Tim Majalah Hidayah. (2009). Tahukah Anta?: Informasi Unik dan Menarik Seputar Dunia Islam. Jakarta: PT Variapop Group.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien