Bahasa Indonesia

5 Contoh Kliping dengan Tema Berbeda beserta Tata Cara-Nya!

Contoh Kliping
Written by Alisa

Contoh Kliping – Sejak bangku sekolah, kita biasanya diberikan tugas kliping. Kliping yang paling populer dilakukan adalh kliping koran. Dalam pengerjaannya pun dibutuhkan pengetahuan dan tata cara pembuatan yang tepat sehingga tidak akan kesulitan dalam mengkurasi dan membuatnya menjadi kliping.

Biasanya, kliping dibuat dengan memotong bagian tertentu dari media cetak, misalnya tabloid, buku, majalah, koran, dan lainnya. Kemudian, potongan-potongan tersebut ditempelkan pada kertas untuk dokumentasi.

Kliping biasanya dibuat dengan tema tertentu. Sehingga, informasi-informasi yang dimuat akan satu tema atau dalam ruang lingkup yang sama. Secara sederhana, kliping dibuat untuk menggabungkan berbagai informasi, menyebarkan ide, pemikiran, ataupun pengalaman seseorang ke orang lain. Simak selengkapnya terkait contoh kliping dibawah ini!

Pengertian Kliping

Kliping menjadi salah satu bentuk pengarsipan paling tradisional. Seseorang yang melakukan proses pengklipingan akan melacak berbagai artikel atau berita media cetak. Kemudian, dikumpulkan dalam satu kesatuan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kliping diartikan sebagai guntingan atau potongan bagian tertentu dari surat kabar, majalah, dan sebagainya, yang kemudian disusun dengan sistem tertentu.

Selaras dengan KBBI, Sri Murtono dalam buku “Seni Budaya Keterampilan” berpendapat bahwa kliping merupakan kegiatan mengumpulkan benda atau gambar, mengatur, serta menempelkannya di atas kertas, buku, atau media lain.

Secara sederhana, kliping dapat dimaknai sebagai produk atau karya berisi potongan artikel beserta gambar. Dalam sebuah kliping biasanya disusun dengan tema yang sama. Sebagai contoh, kliping tentang isu tambang di Wadas maka artikel dan gambar yang ada di dalamnya memuat pemberitaan mengenai isu tersebut.

Isi dalam sebuah kliping biasanya saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Kliping biasanya disusun pada sebuah bidang. Seperti karton, hvs, kartu, dan lainnya yang layak dijadikan bahan dokumentasi. Meskipun pembuatan kliping sangat sederhana dan praktis, tetapi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Bagaimana Membuat Kliping dan Majalah Dinding - Contoh Kliping

Tata Cara Membuat Kliping

Kliping dapat dibuat dengan mudah dan praktis. Secara sederhana, kliping dibuat dengan memotong berita atau informasi di surat kabar. Kemudian menempelkannya pada bidang datar. Untuk lebih lengkapnya, berikut tat acara membuat kliping yang telah dirangkum dari laman merdeka.com.

1. Menentukan Tema

Tema menjadi penting ketika akan membuat kliping. Karena akan menentukan potongan-potongan informasi yang akan ditempelkan pada bidang datar. Tidak hanya itu, tema harus ditentukan di awal pembuatan kliping.

Tujuannya agar pembuatan kliping dapat fokus pada sumber utama yang sesuai dengan tema. Tema ini pun menjadikan kliping yang dibuat lebih bagus, sistematis, dan runtut. Tidak ada aturan pasti mengenai tema.

Tema dalam kliping dibebaskan, sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Bidang apapun dapat dijadikan sebagai kliping. Misalnya bidang pertanian, kesehatan, teknologi, industri, jurnalistik, dan lain sebagainya.

2. Mengumpulkan Data

Kliping merupakan kegiatan memotong bagian tertentu dari media cetak. Oleh sebab itu, dalam pembuatannya dibutuhkan data-data yang relevan. Keberagaman jenis data dan bahan juga menjadi penting dan menjadi sorotan dalam pembuatan kliping.

Bahan atau data yang dimaksud dapat dicari dari berbagai sumber. Seperti surat kabar, buku, majalah, tabloid, dan media cetak lainnya. Data juga dapat dicari melalui internet. Tentu dengan menggunakan internet, proses mengumpulkan data akan jauh lebih mudah dan praktis.

3. Menyiapkan Alat Kliping

Jika bahan-bahan telah dikumpulkan maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat kliping. Alat kliping terdiri dari gunting, penggaris, dan lem. Grameds, juga dapat menambahkan hiasan-hiasan untuk ditempel pada kliping. Hal ini akan membuat kliping terlihat jauh lebih menarik.

Hiasan-hiasan tersebut dapat berupa spidol warna-warni ataupun stiker yang sesuai dengan tema. Grameds, juga sebaiknya menyiapkan kertas HVS atau folio terlebih dahulu untuk media pembuatan kliping. Setelahnya, dapat menggunting atau memotong bahan-bahan yang akan dijadikan sebagai kliping.

4. Gunting dan Tempel Bahan Kliping

Jika bahan-bahan baik berupa data informasi maupun alat kliping telah siap. Maka langkah selanjutnya adalah menggunting bahan kliping. Bahan-bahan dari berbagai artikel dapat digunting baik tulisan artikel ataupun gambar pendukung.

Adapun, teknik menggunting biasanya menggunakan garis manual. Grameds juga dapat memotong dengan pola khusus atau sesuai dengan kreativitas. Setelah digunting, data atau gambar dapat ditempelkan di kertas.

Tujuannya untuk membantu meningkatkan kreasi pembuatan kliping. Hasilnya pun akan terlihat lebih bagus dan berwarna. Tidak monoton, hanya kertas surat kabar yang ditempelkan pada kertas HVS.

Setelah potongan informasi ditempelkan di HVS dengan sistematis dan rapi. Sebaiknya, informasi atau gambar disusun sesuai dengan waktu terbit agar lebih mudah merunutkan kronologi atau keperluan lainnya. Ketika potongan surat kabar telah ditempelkan pada HVS maka hiaslah dengan bunga, coretan spidol, dan jenis hiasan lainnya. Sehingga, terlihat lebih menarik.

5. Cover Kliping

Langkah selanjutnya dalam pembuatan kliping adalah memberikan cover. Sebelum membuat cover kliping, pastikan terlebih dahulu, penempelan kliping telah rapid an benar-benar sesuai dengan struktur yang dikehendaki.

Tujuan dari pembuatan cover adalah menarik minat dan perhatian pembaca. Selain itu, juga mampu meningkatkan rasa perhatian pembaca. Grameds harus membuat cover dengan rapi dan menarik untuk dibaca. Salah satu tips yang dapat digunakan adalah membuat cover dengan desain yang kekinian sehingga akan lebih segar dan cantik.

6. Daftar Pustaka

Daftar pustaka menjadi langkah terakhir dalam pembuatan kliping. Kliping merupakan kegiatan memotong atau menggunting bagian-bagian tertentu dari media cetak. Oleh sebab itu, pembuatan kliping menggunakan berbagai macam sumber.

Sumber-sumber tersebut harus dimasukkan ke dalam daftar pustaka. Hal ini akan membantu pembuatan kliping menjadi lebih baik dan memiliki nilai yang tinggi. Hal tersebut disebabkan adanya informasi yang diberikan dalam kliping dapat tersampaikan dan dipahami dengan baik.

Agar tidak monoton, pada bagian daftar pustka, Grameds dapat menempelkan stiker, gambar, atau menghias dengan pensil atau spidol warna. Tujuannya agar daftar pustaka terlihat lebih menarik dan tidak membosankan untuk dibaca.

National Geographic Indonesia Juli 2022 - Contoh Kliping

Susunan Kliping

Untuk memudahkan Grameds dan pembaca dalam membaca kliping maka pembuatan kliping harus disusun dengan sistematis. Berikut susunan kliping yang disarankan oleh laman masfikr.com.

1. Sampul Kliping

Sampul atau cover harus ada dalam sebuah kliping. Tujuannya, agar menarik minat orang ketika membaca. Sekaligus sebagai pengenal mengenai tema dalam kliping tersebut. Oleh sebab itu, buatlah kliping semenarik dan sebagus mungkin. Cover dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menggambarkan isi dari kliping.

2. Kata Pengantar Kliping

Kliping juga membutuhkan kata pengantar layaknya karya ilmiah atau skripsi. Namun, kata pengantar ini bisa Grameds berikan atau tidak. Pasalnya, jarang sekali ada kliping yang menggunakan kata pengantar.

3. Daftar Isi Kliping

Daftar isi pada kliping dibutuhkan sebagai navigasi dan mempermudah untuk mencari informasi dalam kliping. Daftar isi disusun dengan informasi mengenai halaman dan tema yang dibahas. Sehingga, memudahkan dalam proses pencarian informasi.

4. Isi Kliping

Isi atau pembahasan dari kliping harus sesuai dengan judul, tema, dan sampul yang telah ditentukan. Tujuannya agar selaras dan tidak membingunkan orang yang akan membacanya. Tidak hanya itu, dalam pembuatan kliping hendaknya dicantumkan sumber dari mana gambar dan artikel. caranya dapat dengan menggunting na,a majalah, koran, dan media lain serta tanggal terbitnya.

5. Kesimpulan dan Saran

Informasi-informasi dari berbagai sumber tersebut dapat ditarik kesimpulan. Sehingga, pembaca akan mudah memahami isi kliping melalui kesimpulan.

6. Daftar Pustaka

Meskipun telah menyertakan sumber pada isi, tetapi daftar pustaka tetap menjadi perhatian. Pembuatan daftar pustaka tidak boleh dilakukan secara serampangan. Ia harus sesuai dengan aturan baku yang berlaku.

Jenis-Jenis Kliping

Kliping memiliki beragam bentuk. Berikut ragam jenis klipin yang dilansir dari laman katadata.co.id.

1. Kliping Sekolah

Sekolah sering kali menugaskan siswanya untuk membuat kliping. Temanya pun beragam seperti olahraga, kesenian, budaya, dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti dalam membuat kliping sekolah.

  • Pertama siapkan beberapa lembar kertas notebook s
  • Kemudian siapkan bahan-bahannya. Ambil contoh, jika Grameds dapat menggunting beberapa bagian pada dokumen album foto semasa sekolah.
  • Setelah itu, Grameds bisa membuat bingkai dari kertas warna-warni sebagai penghias.
  • Berikutnya, tempelkan potongan-potongan tersebut pada lembaran kertas notebook tadi. Susun sesuai kreativitas Grameds.

2. Kliping Mini dalam Buku

Salah satu cara mudah dalam melakukan kliping, yakni dengan memadukan buku berukuran mini pada sebuah kliping. Caranya, dengan menyediakan area pada kertas kosong (sebelum ditempel potongan lainnya) untuk menambah beberapa album foto yang telah dibuat menjadi album mini.

Selanjutnya, gunakan sampul kertas kaku bersama dengan benda lainnya sesuai dengann selera. Hal ini akan memberi kesan mewah pada album mini. Kemudian, masukkan potongan bagian lain sebagai pelengkap.

Grameds dapat menambahkan potongan-potongan berita yang diinginkan dari surat kabar , majalah, koran, tabloid, atau media cetak lainnya.

3. Kliping Monogram

Kliping monogram memiliki ciri khas dengan penggunaan kertas berwarna abu-abu. Berikut langkah-langkah dalam pembuatan kliping monogram.

  • Siapkan bahan dan potong dengan gunting. Atur bentuknya sesuai keinginan Grameds.
  • Sebelum ditempel, mulailah membuat sampul kliping Grameds dengan berlapis kain.
  • Sesuaikan dengan sentuhan dekoratif. Misalnya, menutupi halaman kosong menggunakan kertas berpola dan menambahkan monogram logam ke sampulnya.
  • Setelah itu, tampilan kliping Grameds akan menjadi lebih menarik.

Intisari 5 - Edisi Mei 2022 - Contoh Kliping

Contoh Kliping

Setelah mengetahui konsep, jenis, dan tata cara pembuatan kliping. Berikut contoh kliping yang dapat menjadi referensi Grameds ketika akan membuat kliping. Contoh kliping berikut telah dirangkum dari berbagai laman di internet.

1. Kliping Tentang Lingkungan Hidup

Contoh Kliping

Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo

2. Kliping Berita Masyarakat

Contoh Kliping

kotaku.pu.go.id

3. Kliping Digital

Pemerintah Kabupaten Batu Bara

4. Kliping Tentang Berita Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Kliping Jogjakota

5. Kliping Sosial

 

infoklipingsyam.wordpress.com



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien