Bahasa Indonesia

Contoh Ide Pokok dalam Paragraf dan Cara Menentukannya

Written by Umam

Contoh ide pokok yang paling mudah Kita temukan adalah dari buku, novel, artikel, hingga berita. Keempat hal tersebut pada dasarnya dibangun dengan berbagai ide pokok di setiap paragrafnya. Misalnya, ketika Kamu membaca sebuah berita, Kamu akan mendapatkan bagian terpenting dari setiap paragraf. Bagian terpenting tersebut biasa disebut dengan istilah ide pokok atau sering kali juga dikatakan sebagai gagasan utama.

Mempelajari dan memahami ide pokok pada dasarnya adalah hal yang susah susah gampang. Dalam menentukan ide pokok dari paragraf, Kamu perlu membaca sekaligus mencermati setiap kalimat dari paragraf. Selain itu, soal tentang contoh ide pokok juga sering keluar pada saat UTBK, terlebih lagi soal TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU). Oleh karena itu, pemahaman tentang ide pokok sangatlah penting bagi Kamu.

Artikel ini akan menjelaskan kepada Kamu tentang contoh ide pokok beserta cara menentukan ide pokok dari suatu paragraf. Namun, sebelum membahas tentang contoh ide pokok, ada baiknya untuk mengulas kembali mengenai apa pengertian dari ide pokok atau gagasan utama. Berikut ini adalah pembahasan tentang contoh ide pokok yang sudah berhasil Gramedia ringkas. Yuk, simak pembahasan tentang ide pokok berikut ini, ya

A. Pengertian Ide Pokok

Secara garis besar, ide pokok pada dasarnya dapat dipahami sebagai ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan suatu paragraf. Hal ini yang membuat banyak orang juga menyebut ide pokok dengan gagasan utama. Ide pokok biasanya berada di kalimat utama dari suatu paragraf. Selain itu, dalam setiap paragraf akan memiliki satu ide pokok saja.

Keberadaan ide pokok dalam sebuah paragraf akan sangat membantu pembaca dalam memahami dan juga menentukan pokok pikiran yang ingin disampaikan oleh penulis. Tidak hanya itu, ide pokok akan sangat membantu penulis untuk melakukan pengembangan tulisannya. Keberadaan kalimat penjelas dalam sebuah paragraf menjadi cara penulis dalam mengembangkan gagasannya.

Hal lain yang perlu diperhatikan dari ide pokok atau gagasan utama yaitu, kalimat utama tidak selalu terletak pada kalimat pertama. Bentuk paragraf yang beragam mengakibatkan kalimat utama bisa berada di kalimat pertama, kalimat terakhir, bahkan juga dapat berada di kalimat pertama dan terakhir.

B. Ciri-Ciri Ide Pokok

Setelah mengetahui tentang pengertian ide pokok beserta fungsinya, pada bagian ini akan dijelaskan tentang ciri-ciri ide pokok yang perlu diperhatikan. Ciri-ciri ide pokok berikut ini akan sangat membantu Kamu dalam menentukan ide pokok pada saat membaca contoh soal ide pokok. Beberapa ciri-ciri ide pokok, diantaranya yaitu:

1. Memuat persoalan pokok atau permasalahan inti.

2. Permasalahan inti disampaikan secara eksplisit pada kalimat utama.

3. Ide pokok mempunyai kalimat penjelas atau kalimat pendukung dari kalimat utamanya.

4. Kalimat penjelas atau kalimat pendukung disampaikan secara lebih khusus atau penjelas.

C. Cara Menentukan Ide Pokok

Setelah mengetahui tentang pengertian serta ciri dari ide pokok, berikut ini adalah cara menentukan ide pokok dalam paragraf. Cara menentukan ide pokok sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja Kamu perlu fokus dan teliti pada saat membaca setiap paragrafnya. Nah, berikut adalah cara lengkap yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dalam paragraf.

Beli Buku di Gramedia

1. Baca Seluruh Paragraf Dengan Cermat

Cara pertama yang dapat Kamu lakukan untuk menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan membaca paragraf secara cermat dan teliti. Namun, apabila Kamu sedang mengerjakan sebuah soal, alangkah baiknya Kamu membaca terlebih dahulu pertanyaan atau perintah dari soal tersebut. Hal itu dapat membuat Kamu lebih efektif pada saat membaca dan menentukan ide pokok dari sebuah paragraf.

Apabila pertanyaan atau perintah dari soal mengharuskan Kamu untuk menentukan ide pokok dari keseluruhan teks. Setelah itu, Kamu baru bisa membaca teks secara teliti sesuai dengan kebutuhan dalam menjawab soal tersebut. Ketika membaca setiap paragraf dalam sebuah teks secara teliti pada dasarnya agar memudahkan Kamu dalam menentukan kalimat utama sekaligus kalimat penjelas dengan efektif dan efisien.

2. Cermati Kalimat Pertama Hingga Akhir

Cara kedua yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan mencermati kalimat pertama sampai kalimat terakhir. Paragraf sendiri biasanya memiliki susunan kalimat yang terdiri dari beberapa kalimat yang perlu Kamu cermati pada saat membacanya. Hal ini dilakukan agar Kamu dapat meminimalisir kalimat dalam paragraf yang terlewat atau bisa juga lupa untuk dibaca.

3. Bacalah Setiap Kalimat

Cara ketiga yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan membaca setiap kalimatnya. Dalam beberapa contoh paragraf yang ada, ide pokok biasanya terletak di awal, di akhir, atau bisa juga berada di awal dan akhir dari suatu paragraf. Dengan membaca secara cermat dan teliti keseluruhan teks, maka akan dapat mencegah adanya kalimat yang terlewat.

4. Menandai Ide Pokok dalam Kalimat Utama

Cara ketiga yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan menandai ide pokok. Ide pokok kerap kali berada dalam kalimat utama. Kalimat utama sendiri dapat dipahami sebagai kalimat yang memuat deskripsi atau mewakili isi dari keseluruhan paragraf. Selain itu, kalimat utama terdiri dari pernyataan umum yang rinci dan ditelai serta diikuti dengan kalimat yang lain. Salah satu tanda kalimat yang memiliki ide pokok yaitu kalimat yang tidak memuat kata acuan seperti itu, tersebut, dan akhiran -nya. Kalimat utama lebih sering menggunakan kata kunci, mulai dari seperti adalah, intinya, jadi, yang terpenting, pada prinsipnya, sebagai kesimpulannya, dengan demikian, dan lain sebagainya.

5. Tandai Informasi Penting dalam Paragraf

Cara terakhir yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dalam suatu paragraf adalah dengan menandai informasi penting dalam paragraf. Informasi penting dari suatu paragraf pada dasarnya mengandung tentang kata kunci. Misalnya saja, pada kalimat utama “Sampah bisa saja mengakibatkan banyak masalah dan penyakit untuk masyarakat yang berada di sekitarnya”.

Berdasarkan analisis informasi penting dari kalimat utama tersebut, yaitu sampah yang bisa mengakibatkan munculnya banyak masalah. Informasi ini bisa jadi hal penting bagi Kamu pada saat akan menentukan ide pokok dalam suatu paragraf. Oleh karena itu, Kamu diharuskan untuk mencocokkan pilihan jawaban yang paling sesuai dengan informasi tersebut.

D. Contoh Cara Menentukan Ide Pokok Dalam Paragraf

Setelah memahami tentang pengertian, ciri dan kelima cara untuk menentukan ide pokok dalam suatu paragraf. Berikut ini akan disajikan contoh untuk menentukan ide pokok dalam paragraf, diantaranya yaitu:

Silakan perhatikan terlebih dahulu paragraf berikut:

Beli Buku di Gramedia

Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Pada paragraf tersebut, ide pokoknya terletak di dalam kalimat pertama. Ide pokok dari paragraf di atas yaitu “Tidak perlu stres saat menghadapi pensiun”.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap kalimat lainnya. Selain kalimat pertama atau kalimat kedua dan seterusnya pada dasarnya memiliki fungsi sebagai kalimat penjelas kalimat utama (kalimat pertama). Hal itu dapat dilihat pada contoh berikut, yakni pada kalimat, ”Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai”. Kalimat ini memiliki peran untuk merujuk pada kalimat utama atau dapat dikatakan untuk memberikan “alasan” mengenai pertanyaan “Mengapa orang yang pensiun tidak perlu stres.”

Nah, setelah Kamu dapat memahami contoh analisis di atas, berikut ini adalah contoh yang lain.

Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarakat di sekitar lokasi lokasi bencana harus segera diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih yang tercemar lumpur.

Paragraf ini pada dasarnya memiliki ide pokok pada kalimat pertamanya, yaitu “Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit”.

Jika Kamu sudah membaca dengan cermat dan teliti paragraf tersebut, Kamu pasti dapat melihat bahwa kalimat kedua dan seterusnya hanya memiliki fungsi untuk menjelaskan dan mendeskripsikan tentang penyakit dari bencana banjir lumpur. Kalimat selanjutnya lebih menyajikan informasi secara khusus, sehingga tidak menunjukkan tanda sebagai ide pokok. Misalnya saja, pada kalimat kedua dari paragraf tersebut berisi contoh dari penyakit yang ditimbulkan. Selain itu, kalimat terakhir pada paragraf juga menjelaskan penyebab dari munculnya penyakit tersebut, tidak menjelaskan secara umum penyebabnya.

E. Contoh Soal Ide Pokok Paragraf

Setelah Kamu dapat memahami contoh analisis ide pokok dalam suatu paragraf, berikut ini adalah contoh soal ide pokok yang bisa Kamu gunakan untuk berlatih.

Beli Buku di Gramedia

1. Contoh Soal 1

Teks paragraf contoh mencari ide pokok dikutip dari ‘Pasti TOP Sukses Ujian SD/MI 2016’ terbitan Penerbit Duta

Menyulap Barang Bekas Jadi Hasil Karya

Daur ulang adalah kegiatan mengolah kembali barang-barang yang tidak terpakai menjadi karya yang baru. Barang bekas yang dapat didaur ulang, di antaranya botol minuman, koran, dan kain perca. Daur ulang dilakukan untuk mencegah banyaknya barang yang dibuang percuma.

Banyak manfaat dari kegiatan mendaur ulang barang bekas, salah satunya bisa meningkatkan pendapatan. Barang-barang kerajinan tangan hasil daur ulang bisa kita jual. Selain itu, kegiatan daur ulang barang bekas bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak. Barang bekas yang bisa didaur ulang oleh anak-anak, misalnya koran bekas. Cara mendaur ulang koran bekas cukup mudah, yaitu dengan merendam kertas koran bekas yang sudah disobek ke dalam ember berisi air selama sehari semalam. Kemudian, koran tersebut diblender dan diaduk dengan lem. Hasil daur ulang koran tersebut dapat dibentuk menjadi berbagai kreasi.

Kain-kain sisa atau kain perca bisa dibuat menjadi boneka atau tempat penyimpanan serbaguna. Berbagai cara pembuatan boneka dari kain perca dapat dicari melalui internet. Kamu tidak akan kesulitan untuk membuat barang-barang dari kain perca tersebut.

Dikutip dari Koran Berani, 6 November 2015, dengan pengubahan

1. Ide pokok paragraf ketiga dalam teks ‘Menyulap Barang Bekas Jadi Hasil Karya’ adalah…

A. manfaat daur ulang koran bekas
B. manfaat daur ulang kain perca
C. cara daur ulang barang bekas
D. mengumpulkan kain perca

Jawaban B

Pembahasan:

Ide pokok paragraf ketiga dalam teks tersebut terdapat pada kalimat pertama. Kalimat pertama menjelaskan manfaat kain perca bisa digunakan untuk membuat boneka atau tempat penyimpanan serbaguna.

2. Contoh Soal 2

Teks paragraf dikutip dari buku ‘Kumpulan Soal dan Pembahasan Ujian Saringan Masuk STAN 2009’ terbitan Kawan Pustaka

Fokus sopir dalam kendaraan yang sedang melaju adalah melihat ke depan melalui kaca depan, bukan pada kaca spion. Fokus pada kaca spion akan memengaruhi laju kendaraan dan bukan tidak mungkin berakibat kecelakaan. Penggunaan kaca spion pun hanya sewaktu-waktu dan setiap kali penggunaannya hanya untuk sekejap, tidak untuk berlama-lama (Kompas, 9 Juli 2007)

2. Ide pokok paragraf di atas adalah

A. tugas utama sopir adalah melihat kaca depan
B. penggunaan kaca spion cukup sewaktu-waktu
C. pengaruh kaca spion terhadap laju kendaraan dan kecelakaan
D. sopir harus melihat ke depan

Jawaban A

Pembahasan:

Ide pokok paragraf adalah pokok pembicaraan atau pokok permasalahan. Ide pokok bersifat umum dan dijelaskan oleh ide-ide penjelas yang bersifat khusus.

3. Contoh Soal 3

Teks paragraf dikutip dari buku ‘Pasti TOP Sukses Ujian SD/MI 2014’ terbitan Penerbit Duta

Ruas Jalan Tol Jakarta – Merak Tidak Nyaman

Sebagai pengguna Jalan Tol Jakarta – Merak, Banten khususnya ruas Cikupa-Cilegon, saya benar-benar merasakan ketidaknyamanan. Setia hari ada saja bagian jalan yang diperbaiki, lalu separuh jalan ditutup. Akibatnya, jalan macet dan antrean panjang. Bagi yang pergi dengan ketepatan waktu tinggi, jangan harap bisa tepat waktu.

Untuk arah Cilegon-Cikupa, saat ini ada tujuh titik lokasi yang ruas jalannya diperbaiki. Panjang perbaikan bervariasi, antara 1 sampai 2 kilometer, yaitu di Kilometer 74, Kilometer 65, Kilometer 56, Kilometer 51, Kilometer 49, Kilometer 44, dan Kilometer 31.

Jalan tol memang perlu diperbaiki agar pengguna tol menjadi nyaman, aman, tanpa hambatan. Tetapi, masalahnya perbaikan itu seperti tak kunjung selesai. Dalam dua tahun terakhir ada saja ruas tol yang diperbaiki. Kadang-kadang yang diperbaiki sekitar 100 meter, tetapi jalan yang ditutup lebih dari 0,5 kilometer. Lucunya lai, jalan yang sudah diperbaiki beberapa bulan kemudian retak-retak lagi.

Mungkinkan perbaikan jalan tol diatur sedemikian rupa agar kemacetan tidak sekaligus terjadi di banyak titik? Sebagai pengguna jalan tol yang telah membayar mahal, tentu berharap dengan menggunakan jalan tol, perjalanan menjadi lancar.

3. Ide pokok paragraf kedua dalam bacaan tersebut adalah…

A. jumlah jalan yang rusak
B. arah jalan yang diperbaiki
C. lokasi ruas jalan yang rusak
D. panjang jalan yang diperbaiki

Jawaban C

4. Contoh Soal 4

Bahan bakar minyak memiliki berbagai kegunaan. Sepeda motor menggunakan bahan bakar pertalite. Kendaraan bermesin diesel menggunakan bahan bakar solar. Pesawat terbang menggunakan avtur sebagai bahan bakar. Ibu rumah tangga menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar kompor minyak.

4. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. kegunaan bahan bakar minyak
B. berbagai jenis kendaraan
C. bahan bakar rumah tangga
D. manfaat pertalite dan minyak tanah

Kunci jawaban: A

5. Contoh Soal 5

Kecelakaan lalu lintas di jalan raya disebabkan oleh berbagai hal. Banyak pemakai jalan raya tidak menaati peraturan lalu lintas. Misalnya kebut-kebutan, melanggar lampu rambu-rambu lalu lintas, dan mau menang sendiri. Selain itu, banyak kendaraan yang tidak dilengkapi spion. Jika semua pemakai jalan raya taat peraturan, maka kecelakaan lalu lintas dapat berkurang.

5. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. ketaatan berlalu lintas di jalan raya
B. kesadaran berlalu lintas di jalan raya
C. penyebab kecelakaan di jalan raya
D. mengurangi kecelakaan di jalan raya

Kunci jawaban: C

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait