in

10 Universitas Terbaik di Dunia

10 Universitas Terbaik di Dunia – Tertarik melanjutkan studi di luar negeri? Atau kamu sudah punya Universitas luar negeri favorit?

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, maka kamu harus memikirkannya dengan matang dulu. Sembari mempersiapkan diri, kamu juga perlu tahu Universitas mana saja yang memiliki reputasi baik dan masuk ke dalam peringkat terbaik di dunia.

Di Indonesia saja ada begitu banyak Universitas yang memiliki penilaian terbaik, apalagi di tingkat dunia. Kamu mungkin akan bingung ingin masuk Universitas mana, sebab ada banyak Universitas di dunia yang memiliki rating yang baik.

Beberapa Universitas bahkan telah menduduki peringkat 10 besar sejak bertahun-tahun silam dan masih bertahan. Artinya ada banyak Universitas yang mampu mempertahankan kualitas dan pamor mereka di kancah internasional sehingga banyak mahasiswa yang tertarik untuk menjadi mahasiswa di sana.

10 Universitas Terbaik Di Dunia

Universitas yang memiliki reputasi dan peringkat yang baik menandakan bahwa Universitas tersebut namanya sudah dikenal di kancah internasional. Namun, dalam ulasan kali ini, akan dipaparkan jajaran 10 Universitas terbaik di dunia yang dapat menjadi rekomendasi untuk kamu yang tertarik belajar di luar negeri.

1. Massachusetts Institute of Technology

Mit.edu

Menduduki peringkat nomor satu terbaik dunia versi QS World, Universitas ini berada di kota Cambridge, Massachusetts yang telah berdiri sejak 1861. Massachusetts Institute of Technology atau kerap disebut MIT ini pada awalnya merupakan sebuah institute yang lebih memfokuskan pendidikan di bidang sains dan teknologi saja.

Seiring berjalannya waktu, MIT mulai mendirikan fakultas-fakultas lain yang tidak kalah tinggi peminatnya, seperti manajemen, ekonomi, biologi serta ilmu politik.

Terdapat beberapa departemen yang paling banyak diminati dan terkenal di kampus di Boston ini, yakni departemen Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Lincoln Laboratory, Sloan School of Management, Whitehead Institute serta Media Lab. Sebagai Universitas terbaik di internasional tidak heran jika MIT telah mendapatkan banyak penghargaan Nobel dari kurang lebih 59 anggota komunitas di seluruh departemennya.

Secara garis besar, MIT memiliki 5 gedung sekolah yang didalamnya terdapat berbagai macam departemen. Beberapa jurusan yang terkenal di Massachusetts Institute of Technology adalah Teknik Mesin, Arsitektur, Elektro, Tata Perencanaan Kota, Metalurgi, Teknik Sipil, Rekayasa Biologi, Ilmu Komputer, Fiska, Aeronautik, Ilmu Otak dan Kognitif, Perhitungan Desain, Matematika dan masih banyak lagi.

Untuk mereka yang berkeinginan mendapatkan gelar pascasarjana, MIT menyediakan beberapa gelar tersebut, seperti Doctor of Philosophy (PhD), Master of Science (MS), Doctor of Science (ScD), Master Administrasi Bisnis (MBA), Master Architect (March), Master of Finance (Mfin), Master Engineering (M.Eng), Master Perencanaan Kota (MCP).

Tertarik masuk ke MIT? Sebagai salah satu institut teknologi terbaik di dunia, untuk masuk menjadi bagian dari MIT memang tidak mudah, atau bisa dikatakan sangat sulit.

Jika kamu berminat untuk menjadi mahasiswa MIT, maka kamu dapat mendaftar melalui situs website resmi MIT yang dibuka pada musim gugur. Mit juga menyediakan beasiswa swasta untuk mahasiswa nasional dan internasional dengan pengajuan pendaftaran beasiswa yang terpisah.

banner-promo-gramedia

2. Stanford University

Stanford.edu

Stanford University atau kerap juga disebut Stanford, merupakan Universitas swasta yang berdiri di California, Amerika Serikat sejak 1891 silam. Peringkat Stanford yang kian menjulang sebagai peringkat terbaik kedua di dunia.

Bahkan, Universitas ini mengalahkan Harvard sehingga membuat begitu banyak mahasiswa dari seluruh penjuru Amerika dan dunia berebut masuk kesana.

Meskipun, kemunculannya yang 30 tahun lebih lama dari MIT, tidak menutup kemungkinan Stanford bisa menjadi Universitas bersejarah sekaligus memberikan banyak andil di bidang keilmuan untuk Amerika Serikat.

Berawal dari pendiri awalnya yakni Leyland dan Jane Stanford, yang mendirikan Universitas untuk penghormatan sang anak yang kala itu seorang mahasiswa Harvard, keduanya membentuk Universitas Swasta di daerah Palo Alto.

Bersaing dengan jajaran kampus legendaris, Stanford bisa dibilang sebagai cukup muda untuk menjadi kampus terbaik dunia utamanya dalam bidang sains dan teknologi. Dengan hal ini, tidak jarang jika ada begitu banyak riset kemajuan teknologi dan industri yang menggunakan Stanford sebagai sumber informasinya.

Layaknya MIT, Stanford juga merupakan Universitas swasta terbesar yang menawarkan berbagai bidang studi. Beberapa bidang departemen yang ada di Stanford yaitu Teknik, Pendidikan, Hukum, Kedokteran, Bisnis, Humaniora, Ilmu Bisnis, dan juga Sains.

Ingin menjadi bagian dari Stanford? Maka kamu perlu mempersiapkan diri secara akademis, mental serta budgeting yang cukup tinggi. Namun, selama kamu cukup berprestasi, Stanford menyediakan beragam jenis beasiswa utamanya untuk program pasca sarjana S2 dan S3 melalui Knight Hennessy Scholars.

3. Harvard University

Harvard.edu

Siapa yang tidak tahu Universitas legendaris yang terkenal ini? Harvard University merupakan satu dari beberapa Universitas terbaik di dunia dengan popularitas yang besar lebih dari belasan dekade. Bagi anak 90an mungkin juga sering mendengar Universitas ini digunakan dalam banyak latar drama dan film karena ‘saking’ terkenalnya.

Amerika Serikat dapat dibilang menjadi gudangnya Universitas besar dan legendaris dengan kualitas yang memang baik. Harvard University sebagai kampus tertua di Amerika Serikat ini melahirkan begitu banyak ilmuwan besar, tokoh berpengaruh, dan juga terobosan besar yang mempengaruhi kemajuan sains, hukum dan bisnis di Amerika.

Harvard juga meluluskan tokoh terkenal yang berpengaruh khususnya di Amerika Serikat, beberapa di antaranya adalah mantan Presiden Amerika John F.Kennedy, Josh W. Bush, Barack Obama. Selain ketiga mantan Presiden itu, ada pula Bill Gates yang merupakan alumni berpengaruh keluaran Harvard! Tertarik menjadi seperti Bill Gates?

Universitas yang berdiri pada 1636 ini memiliki 9 departemen utama yaitu Fakultas Seni dan Sains, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Bisnis, Graduate School of Design, Harvard Divinity School, Fakultas Pendidikan, Kennedy School of Government, dan School of Public Health.

4. California Institute of Technology

Youtube: University Campus Tour

California Institute of Technology atau lebih sering disebut Caltech ini merupakan salah satu kampus bergengsi asal Amerika Serikat yang letaknya di daerah Pasadena, California. Sebagai kampus yang berdiri dari 1891, Caltech sudah memiliki andil besar dalam menyumbangkan beragam riset kemajuan teknologi di Amerika Serikat.

Sesuai namanya, Caltech ini memang berfokus dalam pengajaran di bidang ilmu alam serta teknik. Oleh karena itu, tidak heran jika Caltech menghasilkan sejumlah ilmuwan berbakat di bidangnya sehingga mampu mengoperasikan sistem penerbangan luar angkasa.

Bagi yang bermimpi untuk menjadi mahasiswa teknik yang mampu bersaing di kancah internasional, maka kamu dapat memilih Caltech atau MIT sebagai kampus masa depanmu.

banner-promo-gramedia

Di Caltech, ada berbagai bidang jurusan di setiap departemennya seperti Biology and Biological Engineering, Engineering and Applied Science, Chemistry and Chemical Engineering, Geological and Planetary Sciences, Mathematics and Astronomy dan juga Physics.

5. University of Oxford

Ox.au.uk

Apa yang terbesit dalam pikiran kamu ketika pertama kali mendengar Oxford? Apakah sebuah kamus tebal, atau justru Harry Potter? Kamu mungkin sudah sangat akrab dengan kampus bergengsi dari Inggris ini. University of Oxford ini merupakan Universitas legendaris yang memiliki sejarah amat panjang pada awal berdirinya.

Tidak ada yang tahu pasti sejak kapan Oxford ini mulai membuka bangku perkuliahan, tetapi sepanjang yang tercatat pada sejarah Inggris. Kampus yang letaknya di kota Oxford ini sudah ada jauh sejak tahun 1096 atau bahkan lebih lama lagi.

Tidak heran jika melihat kampus yang sudah seperti kastil pada film Harry Potter ini memiliki gedung bangunan unik dan kuno layaknya gedung-gedung pada awal kerajaan Inggris.

Terlepas dari sejarahnya yang panjang, Oxford ‘kerap’ menorehkan prestasi dan sumbangsih yang besar pada sistem dan dunia pendidikan serta keilmuan di dunia. Jika kamu berminat kuliah di Oxford, ada sebidang jurusan yang bisa kamu jadikan pilihan.

Beberapa jurusan yang ramai peminat di Oxford, yaitu Fakultas Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Fakultas Pertanian dan Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Fakultas Hukum, MBA, Ilmu Sosial dan Media, dan masih banyak lagi.

6. ETH Zurich

Youtube: ETH Zurich

Institut Teknologi Konfederasi Zurich merupakan kampus bergengsi dari Swiss dan masuk ke dalam jajaran institut terbaik di dunia. Institut Teknologi  Konfederasi Swiss sudah berdiri sejak tahun 1854 lalu.

Institut Teknologi  Konfederasi Swiss, berdiri sebagai institut teknik layaknya MIT dan juga Caltech. Dengan kata lain, kampus ini merupakan kampus yang memfokuskan bidang pendidikan di ranah sains dan teknologi.

Maka dari itu, tidak heran jika kamu akan mendengar banyak nama-nama tokoh terkemuka revolusioner keluaran dari institut ini. Sebut saja beberapa alumni terkenalnya, yaitu Albert Einstein yang mengenalkan teori relativitasnya dan juga Conrad Rontgen sebagai penemu sinar x yang membawa banyak kemajuan di dunia medis.

Terdapat begitu banyak alumni dan mahasiswa berprestasi yang juga mendapatkan penghargaan Nobel atas kontribusi mereka dalam memajukan ilmu dan teknologi di dunia sehingga tidak heran jika kampus ini sudah ‘langganan’ ikut serta berpartisipasi dalam bidang fisika, kimia, fisika terapan, biologi molekuler dan juga bioteknologi.

banner-promo-gramedia

Tertarik di bidang teknik? Maka Institut Teknologi Konfederasi Zurich bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak ingin belajar di Amerika maupun Inggris. Kampus ini menawarkan beasiswa S2 bagi mahasiswa berprestasi yakni ESOP dan ETH-D.

7. University of Cambridge

Cam.ac.uk

Satu lagi rival besar Oxford adalah Universitas Cambridge yang juga berasal dari Inggris. Layaknya Oxford, Cambridge juga memiliki sejarah panjang dan dapat dikatakan sebagai salah satu Universitas kuno dengan prestasi menjulang di Inggris dan dunia.

Cambridge pertama didirikan pada 1209 di daerah Cambridgeshire, Britania Raya. Hampir sama dengan Oxford, saking lamanya Universitas ini berdiri belum ada informasi pasti seperti apa sejarah aslinya. Namun, beberapa sumber menyatakan bahwa Universitas Cambridge merupakan perpecahan dari mahasiswa Oxford di masa lampau dan mendirikan Universitas mereka sendiri di daerah Cambridge.

Meskipun begitu, Cambridge sebagai Universitas terbaik di dunia masih terus menduduki peringkat 10 besar dengan segudang prestasi yang membanggakan. Tertarik menjadi bagian Cambridge?

Berikut ini beberapa jurusan yang paling banyak diminati calon mahasiswa Universitas Cambridge, seperti Anglo-Saxon, Norse dan Celtics, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Human Social dan Political Sciences, Hukum, Linguistik, Manajemen Pendidikan, Musik, Filsafat, Teologi dan masih banyak lagi.

8. Imperial College London

Imperial.ac.uk

Imperial College London merupakan sebuah Universitas yang berlokasi di Kensington, London, Inggris. Kampus ini berhasil menjadi kampus ketiga asal Inggris yang berhasil menduduki jajaran 10 besar terbaik di dunia versi QS World. Berbeda dengan University College London, kampus ini adalah kampus yang didirikan oleh anggota kerajaan Inggris yakni Pangeran Albert.

Universitas ini juga salah satu kampus yang memfokuskan pendidikannya pada bidang sains, seni, dan juga ekonomi bisnis. Dalam kampus ini, terdapat empat departemen khusus yaitu di bidang kedokteran, sains, bisnis dan teknik.

Tertarik di bidang kedokteran? Maka Universitas ini dapat menjadi pilihan kamu. Hal ini dikarenakan, Imperial College London menjadi pusat penelitian medis di Inggris hingga kini. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa di kampus ini melalui website resminya terutama bagi kamu yang tertarik di bidang kedokteran atau bisnis.

9. University of Chicago

uchicago.edu

Terletak di tepi danau Michigan kota Illinois, Chicago, Universitas Chicago dibangun pada tahun 1890. Kampus ini merupakan kampus yang menekankan pendidikannya pada bidang hukum, sastra, ekonomi, agama, matematika dan sosial politik.

Meskipun bukan Universitas khusus sains dan teknologi layaknya MIT, Universitas Chicago ini tetap memiliki peranan penting terhadap pengembangan nuklir buatan pertama yang disebut Pile-1 oleh Amerika Serikat.

Bagi kamu yang tertarik masuk ke Universitas ini, tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa jurusan yang mungkin akan kamu sukai, seperti Antropologi, Biological Chemistry, Sejarah, Literature, Ekonomi Bisnis, dan masih banyak lagi.

Layaknya kampus besar di dunia, Universitas ini juga menyediakan banyak fasilitas yang bertujuan untuk mendukung mahasiswanya. Selain itu, Universitas Chicago menyediakan residence mahasiswa juga

Jika kamu sangat tertarik untuk masuk kampus ini, maka kamu bisa mendapatkan beberapa beasiswa. Akan tetapi, untuk mendapatkan beasiswa kamu harus menjadi mahasiswa yang berprestasi.

10. UCL

UCL.ac.uk

Setelah Imperial College London, terdapat satu lagi kampus bergengsi yang berasal dari Inggris, yaitu University College London atau biasa disingkat menjadi UCL. Meskipun sekilas mirip, tetapi kedua kampus ini memiliki hal yang berbeda. University College London atau UCL merupakan perguruan tinggi federasi di London yang berdiri pada 1826.

Kampus ini merupakan kampus pertama di London yang mulai menerima mahasiswa perempuan demi mengusung kesamaan derajat wanita dan laki-laki pada masa itu.

Beberapa fakultas besar milik UCL ini adalah Fakultas Ekonomi, Farmasi, Teknik dan Sains, Hukum, Matematika dan Fisika, Pendidikan dan lain-lainnya.

Tertarik melanjutkan studi di Inggris? Mungkin UCL dapat menjadi pilihan kamu. Hal ini dikarenakan kampus ini telah menorehkan banyak prestasi hebat dari mahasiswa dan para alumni. Bahkan, mereka juga mendapatkan penghargaan Nobel atas kontribusi mereka.

Universitas ini dikenal dengan sistem pengajaran yang baik serta fasilitas lengkap karena bekerja sama dengan rumah sakit, galeri, museum dan juga perpustakaan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Ada Universitas Favoritmu?

Masuk di daftar 10 Universitas terbaik di dunia tentu akan membuat begitu banyak calon mahasiswa, baik yang S1, S2 hingga S3 berbondong-bondong mendaftar kampus tersebut.

Apabila kamu adalah salah satu orang yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, maka tidak ada salahnya untuk mendaftar 10 Universitas bergengsi yang sudah dibahas sebelumnya.

Namun, berharap saja tentu tidak cukup. Kamu perlu mempersiapkan diri dari segala aspek supaya dapat diterima disana. Baik dari aspek akademis dan tentu saja akomodasi keuangan juga.

Oleh karena itu, sembari mempersiapkan diri, kamu bisa rajin-rajin mencari informasi dari internet dan juga buku yang berhubungan dengan rencana belajar kamu nanti.

Ketika mempersiapkan diri untuk masuk ke kampus di luar negeri yang jelas kamu perlu melatih komunikasi dengan bahasa Inggris dan wajib mengikuti ujian IELTS juga. Supaya dapat mengikuti ujian dengan baik maka rekomendasi buku dibawah ini semoga dapat menjadi panduan belajar kamu.

The Complete Book of The IELTS Preparation

Easy English Conversation : Semua Bisa Berbicara Dalam Bahasa

Tips Dan Strategi Ielts Reach The Peak+Cd

English Daily Conversation

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay