in

Contoh Teks Moderator Presentasi sebagai Gambaran Jalannya Diskusi

istockphoto

Teks moderator presentasi – Dalam setiap diskusi pasti membutuhkan kehadiran moderator. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), moderator dimaknai sebagai orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit, dan sebagainya); pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi pengarah pada acara pembicaraan atau pendiskusian masalah; alat pada mesin yang mengatur atau mengontrol aliran bahan bakar atau sumber tenaga.

Menjadi moderator tidak hanya mengarahkan dan menjembatani antara pembicara dengan audiens. Melansir dari laman Mediaindonesia.com, tugas moderator dalam sebuah diskusi atau presentasi sebagai berikut.

  • Memperkenalkan para panelis dan topik beserta pertanyaan pemantik dalam mulainya diskusi.
  • Mengiringi diskusi sesuai dengan topik yang dibahas. Moderator dapat menyela, apabila topik yang disampaikan panelis diskusi melenceng dari topik utama.
  • Moderator dapat menciptakan topik yang baru namun relevan dengan tema utama yang dapat dibicarakan, sesuai dengan kebutuhan diskusi.
  • Moderator memiliki aturan sendiri dalam diskusi, maka pelanggaran yang dilakukan oleh panelis diskusi, adalah sebuah wewenang moderator untuk memberi hukuman.

Struktur Teks Moderator Presentasi

Ketika kamu ditugaskan menjadi moderator maka lebih baik membuat narasi terlebih dahulu. Sehingga, ketika presentasi berlangsung akan berjalan dengan lancar karena telah ada pegangan. Berikut struktur teks moderator presentasi.

1. Salam dan Pembukaan

Pada bagian ini, moderator menyampaikan salam sekaligus membuka rangkaian presentasi.

2. Penyampaian Materi

Setelah membuka presentasi, moderator menyampaikan garis besar materi presentasi yang akan disampaikan. Selanjutnya, moderator menyerahkan acara kepada narasumber atau pengisi materi presentasi.

3. Sesi Tanya Jawab

Sesi tanya jawab dibuka ketika panelis selesai menyampaikan materi presentasi. Moderator mengambil alih jalannya presentasi dan membuka sesi tanya jawab antara audiens dengan para panelis.

4. Penutup

Penutup dalam presentasi terdiri dari simpulan acara, penutup, permohonan maaf, dan ucapan terima kasih. Penutup ini disampaikan ketika seluruh rangkaian acara terlah selesai, moderator berhak menutup presetasi.

Desain Presentasi Pembelajaran Inovatif - teks moderator presentasi

Kriteria Presentasi Menarik

Presentasi harus dikemas secara menarik untuk menarik minat pembaca. Berikut beberapa tips membuat presentasi menjadi menarik yang dibagikan oleh laman Mamikos.com.

1. Slide Preentasi Menarik

Slide presentasi harus dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat audiens. Ketika slide presentasi menarik maka akan mempermudah audiens memperhatikan layar presentasi. Ketika meracik slide presentasi sebaiknya mengombinasikan antara teks dan gambar. Juga hanya menampilkan poin-poin penting, bukan keseluruhan isi materi.

2. Pembawaan Materi Presentasi

Pembawaan isi presentasi bergantung dari cara moderator dan panelis yang menyampaikan presentasi. Mereka harus lancar dalam pengucapan baik artikulasi maupun tempo berbicara.

3. Penguasaan Materi Presentasi

Setiap anggota kelompok harus menguasai materi yang akan disampaikan di forum presentasi. Hal ini akan mempermudah ketika sesi tanya jawab nantinya.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

4. Presentasi Berlangsung Tertib

Ketika presentasi berlangsung dengan tertib dan meriah (seluruh peserta aktif) akan menghidupkan suasana presentasi. Seluruh rangkaian mulai dari pembukaan sampai penutuan dapat menjadi baik. Caranya, adanya dukungan dari keaktifan kelompok yang melakukan presentasi dan kelompok lainnya sebagai audiens.

Teks Moderator Presentasi

Ketika menjadi moderator, sebaiknya Grameds membuat catatan terlebih dahulu dan mempelajari materi yang akan disampaikan dalam presentasi. Untuk memudahkan Grameds membuat catatan sebagai moderator, berikut beberapa contoh teks moderator yang telah dirangkum dari berbagai laman di internet.

Contoh 1

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Selamat pagi, Pak Azril dan teman-teman semuanya. Mari kita panjatkan syukur kehadirat Illahi Robbi yang atas kehendaknya kita bisa berada di kelas pagi ini.

Perkenalkan saya Anita, moderator dari kelompok 7 yang beranggotakan Ezekiel, Queensya, dan Nadifa. Kami akan mempresentasikan materi mengenai Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara.

Presentasi ini dibagi dalam 4 sesi yaitu pembukaan, penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan penutup.

Pembukaan

Untuk sesi pertama yaitu pembukaan marilah bersama-sama mengucap basmallah. Bismillahirahmaanirrahiim.

Penyampaian Materi

Selanjutnya penyampaian materi akan dibawakan oleh Queensya sebagai penyampai materi pertama.

Sesi tanya jawab

Setelah penyampaian materi, mari kita lanjutkan presentasi Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara ke sesi tanya jawab.

Bagi teman-teman yang ingin bertanya, silakan acungkan tangan, sebutkan nama, nama kelompok, dan apa pertanyaannya.

Pertanyaan akan ditampung terlebih dahulu, setelah itu didiskusikan oleh kelompok kami, dan terakhir disampaikan kepada teman-teman.

Penutup

Demikianlah, presentasi Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara.

Pancasila sungguh penting bagi warga negara Indonesia karena merupakan cita-cita bangsa dan juga pedoman hidup bagaimana negara ini dijalankan.

Ilmu Presentasi untuk Pemula - teks moderator presentasi

Contoh 2

Selamat pagi, Bu Veronica dan teman-teman. Mari kita ucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat-Nya, kita semua bisa berkumpul di sini dalam kegiatan presentasi mata pelajaran Sejarah.

Perkenalkan saya Elijah selaku moderator dari kelompok 3 yang akan memimpin jalannya presentasi kali ini. Kelompok kami terdiri dari saya, Ferdinand, Taylana, dan Edmund.

Kami akan mempresentasikan materi mengenai Sejarah Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Presentasi ini dibagi dalam 3 sesi yaitu penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan penarikan kesimpulan.

Sebelum lanjut ke penyampaian materi, mari mulai dengan berdoa terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Berdo’a mulai. Berdo’a selesai.

Penyampaian materi

Materi pertama akan disampaikan oleh Edmund. Kepada Edmund, waktu dan tempatnya dipersilakan.

Tema-teman, harap perhatikan dan tolong dicatat bila ada yang kurang dipahami agar bisa jadi bahan pertanyaan di sesi tanya jawab.

Sesi tanya jawab

Itulah materi mengenai Sejarah Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari penyampaian materi tadi, bila ada hal yang kurang teman-teman pahami, silakan ditanyakan pada sesi ini.

Acungkan tangan, sebutkan nama, dan nama kelompok sebelum mengajukan pertanyaan.

Penarikan kesimpulan

Teman-teman, demikianlah presentasi mengenai Sejarah Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara ini telah berdiri selama 77 tahun sejak kemerdekaannya.

Mengetahui sejarahnya amatlah penting bagi kita sebagai pelajar agar bisa menghormati perjuangan para pejuang yang telah memerdekakan negara ini sehingga kita bisa terbebas dari penjajahan.

Akhir kata, Terima Kasih atas perhatian teman-teman. Mohon maaf atas kekurangan dalam materi maupun penyampaian materi kelompok kami.

Selamat pagi!

Contoh 3

Bismillah. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Selamat siang, Pak Ridho dan teman-teman.

Mari kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, berkat rahmat dan kehendak-Nya kita bisa berada di sini untuk melakukan presentasi mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Perkenalkan saya Vira, moderator dari kelompok 5 yang beranggotakan saya, Andre, Anisa, dan Naura.

Kami akan membahas mengenai Unsur Intrinsik Karya Sastra. Presentasi ini dibagi dalam 4 sesi yaitu pembukaan, penyampaian materi, diskusi dan tanya jawab, dan terakhir, penutup.

Pembukaan

Mari kita buka dan mulai presentasi dengan bersama-sama mengucapkan basmallah. Bismillahirrahmaanirrahiim.

Penyampaian materi

Materi pertama akan dibawakan oleh Naura. Kepada teman-teman, mohon diperhatikan. Silakan mencatat materi yang dianggap penting.

Silakan dicatat juga materi yang sulit dipahami agar bisa menjadi bahan di sesi selanjutnya yaitu sesi diskusi dan tanya jawab.

Diskusi dan tanya jawab

Itulah penyampaian materi dari kelompok kami mengenai Unsur Intrinsik Karya Sastra. Sekarang mari berdiskusi mengenai materi tersebut dengan melakukan sesi tanya jawab.

Seperti biasa, acungkan tangan, sebutkan nama dan nama kelompok sebelum mengajukan pertanyaan. Setiap kelompok diberikan hanya mengajukan 1 pertanyaan untuk mempersingkat waktu.

Penutup

Pak Ridho dan teman-teman, terima kasih atas perhatian yang telah diberikan kepada kelompok kami. Mohon maaf atas kekurangan dan kesalahan dalam materi dan penyampaian.

Semoga teman-teman mendapatkan ilmu baru dari presentasi kelompok kami.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Contoh 4

Assalamu’alaikum Wr. Wb. selamat pagi, Bapak Guru dan teman-teman lainnya yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat sehingga kita dapat berkumpul di ruang kelas ini.

Perkenalkan nama saya Wani yang akan bertugas sebagai moderator dalam diskusi materi Hak Asasi Manusia. Adapun anggota kelompok saya adalah Jenny, Luna, dan Sofi.

Baik teman-teman, langsung saja kita mulai ke sesi yang pertama adalah pembukaan, sebelum itu marilah kita mengucapkan basmalah bersama-sama. Selanjutnya, penyampaian materi, saya persilakan untuk Luna membacakan materi yang pertama.

Demikian presentasi kelompok kami, sebagai moderator saya meminta maaf atas kekurangan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh 5

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yth. Ibu Sarifah selaku guru Sosiologi dan teman-teman yang saya banggakan. Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT dan selawat serta salam semoga tetap tercurahkan pada Rasulullah Muhammad SAW.

Hari ini kami akan berdiskusi tentang Culture Shock. Saya Nurul selaku moderator akan membimbing jalannya diskusi ini.

Sebelumnya saya akan memperkenalkan anggota kelompok empat, ada Reza, Nia, Amir, dan Jihan. Rangkaian acara yang akan kita lewati, pada diskusi ini antara lain:

Pembukaan

Penyajian materi

Sesi tanya jawab

Penutup

Masukan dari guru

Pembukaan dan penyajian materi:

Acara yang pertama, yaitu pembukaan, marilah kita bersama-sama mengucapan basmalah. Kita masuki acara selanjutnya, yaitu penyajian materi, saya berikan kesempatan ke penyaji untuk menyampaikan hasil diskusi.

Sesi tanya jawab:

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Sebelum itu saya akan saya bacakan peraturannya:

Kesempatan tanya jawab dilaksanakan dengan dua termin, setiap termin diisi tiga orang penanya dan tiap pertanyaan diberikan dua sanggahan.

Waktu tanya jawab kami batasi hanya 15 menit.

Selama proses diskusi berlangsung, audiens diharapkan untuk bersikap tenang.

Dipersilakan bagi audiens yang ingin bertanya agar mengangkat tangannya.

Penutup:

Demikian diskusi kelompok empat, mari kita mengucapkan hamdalah. Saya sebagai moderator memohon maaf atas kesalahan saya, marilah kita beri tepuk tangan kepada kelompok penyaji. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Trik Kilat Presentasi Memikat - teks moderator presentasi

Baca juga terkait teks moderator presentasi:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.