in

10 Orang Terkaya di Dunia Yang Memotivasi

10 Orang Terkaya di Dunia Yang Memotivasi – Grameds tentu pernah mendengar nama Elon Musk atau Marz Zuckerberg? Seperti yang diketahui bahwa kedua tokoh tersebut merupakan pengusaha asal Amerika yang memberikan inovasi pada setiap layanannya dan masuk dalam 10 orang terkaya di dunia

Contohnya seperti Elon Musk yang merancang mobil listrik bernama Tesla dengan fitur-fitur mobil yang tidak biasa. Mobil listrik yang dirancang oleh Elon Musk mampu mengemudi dengan mesin serta tersedia fitur anti kecelakaan.

Inovasi-inovasi yang diciptakan oleh para pengusaha tersebutlah, yang kemudian membuat perusahaannya menjadi terkenal. Karena barang yang ditawarkan tidak biasa dan menawarkan kemudahan bagi para penggunannya. Lalu selain Elon Musk dan Mark Zuckerberg siapa 10 orang terkaya di dunia lainnya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Bernard Arnault dan Keluarganya

Bernard Arnault adalah seorang pengusaha serta kolektor seni asal Prancis. Ia lahir pada 5 Maret 1949 di Roubaix, Prancis dan merupakan seorang CEO dari LVMH Moet Hennessy – Louis Vuitton SE, LVMH yaitu sebuah perusahaan produsen barang mewah terbesar di dunia.

Sebelum diakuisisi oleh Arnault, keluarganya memang telah memiliki perusahaan bernama Ferret Sevinel yang kemudian pada tahun 1950 dikelola oleh ibu Arnault. Kemudian pada tahun 1971, usai lulus Arnault kemudian memulai karirnya di perusahaan milik ayahnya tersebut.

Lalu pada tahun 1984, dengan bantuan dari Antoine Bernheim ia berhasil secara resmi mengakuisisi Financiere Agache sebuah perusahaan barang mewah. Usai berhasil mengakuisisi, ia pun menjadi CEO lalu mengambil ali produsen tekstil bernama Boussac Saint Freres yang memiliki Christian Dior, toserba Le Bon Marche dan lainnya.

Setelah mengambil alih Boussac, Arnault kemudian memilih untuk menjual seluruh aset Boussac kecuali Christian Dior dan Le Bon Marché. Setelah lulus dan mengawali karir sebagai CEO di Finance Agache, Arnault kemudian terus membeli dan beberapa perusahaan lain di Prancis termasuk koran serta produsen barang mewah lainnya.

Selain memiliki beragam perusahaan, Arnault juga memiliki investasi lain, berupa saham, serta bisnis kapal pesiar. Menurut data dari Forbes pada 31 Juli 2021, kekayaan Arnault mencapai 192,9 USD atau apabila dirupiahkan menjadi sekitar Rp 2,78 kuadriliun.

2. Jeff Bezos

Jeffrey Preston Bezos atau Jeff Bezos lahir di New Mexico, Amerika pada 12 Januari 1964. Jeff Bezos merupakan pendiri, direktur utama serta CEO dari e-commerce bernama Amazon.com yang bergerak pada bidang penjualan secara online.

Sebelum berhasil mendirikan Amazon, ia sebelumnya pernah bekerja di D.E Shaw and Co, lalu pada tahun 1994 ia mulai mendirikan Amazon di garasi rumahnya. Kemudian pada tahun 2004, Jeff Bezos mulai mendirikan perusahaan Blue Origin yang memiliki fokus pada bidang penerbangan luar angkasa.

Bezos merupakan mantan anggota dari Phi Beta Kappa dan menjadi analis keuangan di D.E Show and Co. Karena prestasinya tersebut, Bezos berhasil meraih gelar sebagai Person of The Year versi majalah TIME.

Ketika hampir seluruh bisnis lumpuh pada masa pandemi, Amazon justru berhasil meraup keuntungan yang tinggi dan berkembang pesat. Pada tahun 2020, Amazon berhasil berkembang menjadi 38 persen menjadi senilai 386 miliar USD.

Menurut Forbes, Jeff Bezos berhasil meraih peringkat kedua sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan pada 31 Juli 2021 mencapai 192,4 miliar USD atau setara dengan Rp 2,77 kuadriliun.

3. Elon Musk

Elon Musk menempati peringkat ketiga sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes. Ia adalah penemu, pendiri, CTO serta CEO dari SpaceX, arsitek dan CEO dari Tesla, pendiri The Boring Company serta pendiri Neuralink.

Elon Musk lahir di Pretoria, Afrika Selatan pada 28 Juni 1971. Ia adalah warga negara Afrika Selatan, Canada sekaligus Amerika Serikat. Ayahnya adalah seorang ahli elektromekanik, pilot serta pelaut asal Afrika Selatan bernama Errol Musk. Sedangkan ibunya adalah seorang model asal Kanada bernama Maye Musk.

Sejak kecil, Elon Musk merupakan anak yang menggemari bidang komputer. Pada usia 12 tahun, Elon Musk telah mulai belajar pemrograman lalu berhasil membuat dan menjual kode komputer rancangannya kepada sebuah majalah komputer untuk game yang ia beri nama Blastar dan laku dengan harga 500 USD.

Kemudian, pada tahun 1989 di usianya yang ke 17 tahun ia pindah ke Kanada. Lalu belajar di Queen’s University pada tahun 1992 dan mulai belajar di berbagai bidang seperti ekonomi dan fisika.

Ia berhasil meraih kesuksesan sejak awal berkarir dengan perusahaan perangkat lunak bernama Zip2 yang kemudian diakuisisi oleh Compaq, lalu terus berhasil mendirikan beberapa layanan lain seperti X.com, PayPal, hingga Tesla dan SpaceX.

Menurut Forbes, kekayaan Elon Musk pada 31 Juli 2021 mencapai 17,9 miliar USD atau setara dengan Rp 2,59 kuadriliun.

4. Bill Gates

Bill Gates merupakan salah satu pendiri dari Microsoft. Ia bersama Paul Allen mendirikan Microsoft pada tahun 1975 lalu pada Maret 2020, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Dewan Microsoft dengan membawa saham Microsoft sebesar satu persennnya.

Walaupun tak lagi menjadi Dewan Microsoft, Bill Gates masih menduduki peringkat keempat sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes tahun 2021.

Bill Gates memiliki nama lengkap William Henry Gates III lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington – Amerika Serikat. Ayah Bill Gates adalah seorang pengacara dari sebuah perusahaan, sedangkan ibunya merupakan pegawai dari First Interstate Bank, serta anggota di tingkat nasional dari United Way.

Gates kuliah di Harvard University pada tahun 1975 dan bertemu dengan rekannya Paul Allen dalam pemrograman Microsoft. Sejak saat itulah, Bill Gates kemudian mendedikasikan dirinya untuk dapat mengembangkan Microsoft. Lalu ia pun berhasil sukses dan menjadi jutawan karena perusahaan Microsoft tersebut dan  memiliki jumlah kekayaan mencapai 131,6 miliar USD atau setara dengan Rp 1,9 kuadriliun pada 31 Juli 2021.

5. Mark Zuckerberg

Orang terkaya di dunia versi Forbes di peringkat kelima berhasil diraih oleh Mark Zuckerberg. Ia adalah pendiri dan CEO Facebook. Mark Elliot Zuckerberg lahir di New York, Amerika pada 14 Mei 1984.

Mark Zuckerberg merilis Facebook di kamar asrama Harvard University pada 4 Februari 2004. Sebelum resmi diberi nama Facebook, Mark Zuckerberg mulanya memberikan nama aplikasi buatannya tersebut sebagai The Facebook yang terinspirasi dari direktori informasi serta foto mahasiswa dari Harvard dengan nama yang samak, yaitu Facebook.

Pada awal perilisan, The Facebook hanya dibuat untuk mahasiswa Harvard saja. Melalui aplikasi garapannya tersebut, Mark Zuckerberg mengklaim bahwa aplikasinya dapat menemukan orang-orang, mencari teman dengan visualisasi jaringan sosial media.

Kemudian pada tahun 2005, nama aplikasi tersebut berubah menjadi Facebook dan berhasil mendapatkan sekitar 500 juta pengguna dari seluruh dunia pada tahun 2010.

Selama pandemi Covid-19, Facebook menjadi salah satu media komunikasi utama yang digunakan oleh ribuan orang di dunia dan berhasil meraup keuntungan. Karena hal tersebut, Zuckerberg pun tercatat memiliki kekayaan mencapai 128,2 miliar USD atau setara dengan Rp 1,8 kuadriliun pada tahun 31 Juli 2021.

6. Larry Page

Larry Page adalah salah satu pendiri mesin pencarian internet search engine bernama Google bersama rekannya, Sergey Brin. Page lahir di Michigan, Amerika pada 26 Maret 1973. Search Engine yang ia temukan mulai beroperasi pada tahun 1998 dan didasarkan pada teknologi bernama PageRank yang telah ia patenkan. Teknologi PageRank didasarkan pada struktur link antar situs web untuk dapat menentukan peringkat pada setiap situs.

Sejak mendirikan Google, menurut Forbes Larry Page memiliki kekayaan bersih mencapai kira-kira 12,8 miliar USD atau setara dengan Rp 1,66 kuadriliun  dan menjadi orang terkaya di dunia pada peringkat keenam.

Selain karena asetnya di Google, Page juga membeli pesawat penumpang bernama Boeing 767 yang ia beli pada September 2005 untuk digunakan secara pribadi. Ketika pandemi Covid-19, Google merupakan salah satu perusahaan yang ‘diuntungkan’ karena berhasil meningkatkan performa. Hal ini dikarenakan, banyak orang mengakses Youtube maupun Google Search ketika pandemi terutama masa lockdown.

Karena peningkatan performa tersebut, Page kemudian berhasil menambah jumlah kekayaannya sebesar 21 miliar USD dalam waktu empat bulan pada awal tahun tahun 2021.

7. Larry Ellison

Larry Ellison adalah salah satu pendiri serta CEO dari Oracle Corporation yaitu perusahaan perangkat lunak yang bergerak dalam sistem manajemen basis data terbesar di dunia. Sebelum perusahaan ini besar, pada tahun 1979 ia memberi nama perusahaannya Relation Software Inc. lalu ia merubah nama perusahaannya menjadi Oracle hingga sekarang.

Ketika awal perilisan, Oracle hanya memiliki 8 tim yang memiliki pendapatan sekitar 1 juta USD per bulannya. Kemudian pada tahun 1982, pendapatan dari perusahaannya meningkat menjadi 2,5 juta USD dengan jumlah klien mikro sekitar 75.

Setelah berhasil meningkatkan pendapatan perusahaannya, Ellison kemudian memilih untuk menginvestasikan pendapatannya sebesar 25 persen, lalu pada tahun 1986 Oracle mampu menghasilkan 55 juta USD yang membuatnya mampu mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar serta menambah jumlah karyawan.

Walaupun berada di posisi ketujuh sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes, Oracle sempat akan gulung tikar di tahun 1990 karena mengalami penurunan nilai jual yang mencapai 80 persen. Untuk mencegah kebangkrutan, Ellison kemudian memilih untuk memecat 400 karyawannya dan membayar 24 juta USD sebagai class action.

Namun, Ellison berhasil membangkitkan kembali perusahaannya dan kini ia memiliki jumlah kekayaan mencapai 12,6 miliar USD atau setara dengan Rp 1,62 kuadriliun. Ia juga termasuk dalam 400 orang kaya terdermawan di dunia.

8. Sergey Brin

Nama Sergey Brin telah disebutkan sebelumnya pada profil singkat Larry Page, seperti yang dijelaskan bahwa Brin adalah rekan Page ketika membangun search engine Google. Ia lahir di Rusia pada 21 Agustus 1973, dari sebuah keluarga Yahudi. Ayahnya adalah Mikhail Brin dan ibunya Evgeni Brin adalah seorang matematikawan lulusan Moscow State University.

Lahir di Rusia, Brin bersama keluarganya kemudian pindah ke Amerika Serikat pada 1979. Baik ayah dan ibu Brin adalah seorang matematikawan yang memiliki peran terbesar dalam ketertarikan Brin kepada matematika.

Seperti ayah dan ibunya, Brin kemudian terjun mengambil keilmuan terkait di University of Maryland dengan mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika, lalu ia berhasil mendapatkan beasiswa di Stanford University dan meraih gelar masternya.

Bersama dengan Larry Page, Sergey Brin membuat search engine bernama Google dan berhasil memeroleh kekayaan bersih sekitar 100 USD atau setara dengan Rp 1,61 kuadriliun per 31 Juli 2021.

9. Warren Buffet

Warren Buffet adalah seorang pengusaha, filantropis sekaligus investor yang berasal dari Amerika. Buffet merupakan direktur utama, komisaris, sekaligus pemegang saham terbesar dari Berkshire Hathaway.

Pada tahun 2015, Buffet berhasil menjadi orang terkaya di dunia ketiga versi Forbes dan pada tahun 2012 Buffet mendapatkan penghargaan sebagai orang yang paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME.

Buffet memiliki julukan sebagai Wizard of Omaha atau penyihir dari Omaha dan Oracle of Omaha yang berarti peramal dari Omaha. Julukan tersebut ia dapat karena ia dikenal setia menggunakan metode investasi berupa value investing.

Selain itu, Buffet juga dikenal karena memiliki gaya hidup frugal atau frugal living walaupun memiliki jumlah kekayaan yang cukup besar. Dengan menerapkan gaya hidup frugal, Buffet juga menjadi seorang filantropis yang berdedikasi serta bersumpah untuk menyumbangkan 99 persen dari kekayaannya untuk keperluan filantropi.

Dengan kekayaan dari Berkshire Hathaway yang memiliki 60 perusahaan atau lebih, Buffet per 31 Juli 2021 memiliki kekayaan sebesar 101 miliar USD atau setara dengan Rp 1,4 kuadriliun.

10. Francoise Bettencourt Meyers dan Keluarganya

Di peringkat kesepuluh, Francoise Bettencourt Meyers dan keluarganya merupakan orang terkaya di dunia versi Forbes tahun 2021. Meyers merupakan seorang pewaris dari miliarder asal Prancis serta penulis komentar pada Alkitab. Ia mewarisi perusahaan ibunya pada tahun 2017, ketika ibunya meninggal pada usia 94 tahun.

Meyers adalah satu-satunya anak perempuan serta satu-satunya pewaris dari Liliane Bettencourt dan keluarganya yang memiliki perusahaan L’Oreal. Selain termasuk dalam 10 orang terkaya di dunia, Meyers adalah wanita terkaya di dunia berkat warisan dari orang tuanya.

Dengan warisan dari orang tuanya tersebut, Meyers memiliki jumlah kekayaan yang mencapai sekitar 90,4 miliar USD atau setara dengan Rp 1,3 kuadriliun per 31 Juli 2021 versi Forbes.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah 10 orang terkaya di dunia, beserta profil singkatnya. Dari kesepuluh orang terkaya di dunia, tokoh-tokoh tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang mulai dari nol untuk membangun perusahaannya seperti Mark Zuckerberg, Elon Musk, Larry Page dan Sergey Brin.

Namun, ada pula yang meraih gelar orang terkaya di dunia karena hasil warisan keluarganya seperti Francoise Bettencourt Meyers yang cukup beruntung menjadi pewaris satu-satunya. Atau berhasil sukses karena bantuan berbagai pihak seperti Bernard Arnault.

Apabila Grameds masih ingin mengulik lebih dalam mengenai profil dari 10 orang terkaya di dunia atau bahkan mengetahui perjalanan kesuksesannya, Grameds dapat membaca buku dengan topik terkait di Gramedia. Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan senantiasa memberikan buku referensi yang berkualitas dan menarik untuk Grameds. Beli dan baca bukunya sekarang juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay