in

Rekomendasi 8 Mobil Termurah di Indonesia yang Terjangkau!

Sumber: otomotif.kompas.com

Mobil Termurah di Indonesia – Kendaraan pribadi saat ini menjadi kebutuhan setiap orang. Segala aktivitas di luar ruangan baik itu bekerja, belanja, jalan-jalan, atau sekadar mengantar anak ke sekolah membutuhkan kendaraan sendiri. Meski kendaraan umum juga sudah lebih nyaman dan banyak, tetapi tentu akan lebih aman dan nyaman lagi jika menggunakan kendaraan pribadi.

Saat ini pun, tak hanya kendaraan roda dua yang banyak dicari, kendaraan roda 4 juga banyak peminatnya. Nah, bagi Anda yang ingin segera memiliki kendaraan pribadi roda empat, simak beberapa ulasan tentang mobil termurah di Indonesia sebelum menentukan pilihan ya.

Dari sekian banyak jenis mobil murah yang ada di Indonesia, salah satu jenisnya adalah mobil LCGC. Sebelum membahas mobil murah di Indonesia, ada baiknya kalau kita memahami lebih dulu tentang mobil LCGC.

Jadi, simak ulasan ini sampai habis, Grameds.

Mobil LCGC

Memiliki mobil barangkali menjadi impian banyak orang. Selain bisa bepergian dengan anggota keluarga, perjalanan pun lebih nyaman dilakukan. Tak perlu takut jika sedang hujan, dan tentu saja akan lebih cepat sampai ke tujuan, terutama bagi Anda yang telah berkeluarga dan memiliki anak kecil lebih dari satu.

Mobil tentu menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki, salah satu jenis mobil yang memiliki harga murah dan juga irit yakni mobil LCGC atau Low-Cost Green Car. Mobil jenis ini diminati oleh banyak orang, karena selain terbilang murah, mobil ini juga dikenal ramah lingkungan serta cukup hemat.

Apabila Anda memang ingin mengenal lebih dalam tentang dunia otomotif, cobalah untuk membaca buku Gramedia berjudul Pengenalan Bodi Otomotif atau dapatkan melalui link

https://www.gramedia.com/products/pengenalan-bodi-otomotif?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/pengenalan-bodi-otomotif?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Namun perlu Anda ketahui juga bahwa mobil LCGC merupakan mobil program yang dicanangkan oleh pemerintah. Mobil ini juga diatur dalam UU. Ada beberapa keuntungan jika Anda menggunakan mobil jenis ini, yang utama tentu saja karena iritnya. Selain itu, berikut beberapa keuntungan lainnya:

  1. Harganya sudah pasti lebih murah, dan biasanya kurang dari 200 juta.
  2. Karena diatur pemerintah, bebas pajak PPnBM
  3. Memiliki durabilitas yang panjang
  4. Termasuk mobil yang ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar
  5. Kapasitas atau dimensi kendaraan compact dan kecil, sehingga cukup fleksibel untuk dikendarai di daerah perkotaan yang padat kendaraan dan sering macet
  6. Biaya perawatan yang dibutuhkan lebih murah dan tidak terlalu ribet
  7. Lebih mudah dimodifikasi
  8. Harga mobil-mobil LCGC cenderung stabil

Rekomendasi Mobil Termurah di Indonesia

Nah, berikut adalah beberapa daftar mobil termurah yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget keuangan yang dimiliki.

1. Daihatsu Ayla

mobil termurah di indonesia
Sumber: otomotif.kompas.com

Mobil termurah di Indonesia yang pertama adalah Daihatsu Ayla, yang juga termasuk mobil LCGC paling irit dan murah. Kenyamanan mobil Daihatsu ini tak kalah dari mobil-mobil LCGC lainnya. Jika dilihat dari harganya, kelebihan dari Daihatsu Ayla ini bisa dikatakan murah dan irit. Rata-rata kemampuannya yakni dapat menempuh 14-15 km/l perjalanan dalam kota, dan 18 km/l untuk perjalanan tol.

Daihatsu ini lebih murah jika dibandingkan dengan Toyota Agya. Namun, karena harganya lebih murah, berdampak pada beberapa fitur serta teknologi yang dipangkas. Termasuk juga menjadikan mobil ini absen AC dan power window. Meski begitu, untuk mesin, tidak jauh berbeda dengan lainnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Daihatsu Ayla menyediakan 99,8 cc dan 1.198 cc. Selain itu, teknologi yang diterapkan oleh Daihatsu Ayla yang juga turut mempengaruhi harga adalah sudah tersedianya transisi otomatis dan manual. Anda bisa mendapatkan Daihatsu Ayla baru dengan harga sekitar 100 jutaan, sementara mobil bekasnya bisa didapatkan dengan harga separuhnya. Harga normalnya mulai dari 102,15 juta sampai 159,9 juta rupiah.

2. Toyota Agya

mobil termurah di indonesia
Sumber: Kompas.com

Toyota Agya menjadi mobil termurah yang banyak peminatnya di Indonesia. Mobil paling laris ini memiliki kapasitas 5 orang dan masuk dalam kategori mobil LCGC. Ada banyak pilihan tipe mobil ini, baik yang berkapasitas 1000 cc atau 1200 cc. Mobil LCGC ini sangat irit bahan bakar, bisa mencapai 15,1 km/liter di dalam kota, dan jika melakukan perjalanan tol mencapai 20,7 km/ liter. Mobil ini banyak digandrungi oleh anak-anak muda, sebab sangat membantu dalam sisi produktivitas mereka. Selain itu, Agya juga sangat fleksibel dan mudah untuk bermanuver.

Toyota memang sering melakukan perbaikan dan mengeluarkan tipe-tipe mobil yang baru. Mobil LCGC ini salah satunya, yang dibuat dengan desain sporty yang lebih baik dari generasi Toyota sebelumnya. Varian Agya ini tersedia dalam kapasitas 998 cc dan 1.197 cc. Fitur keselamatannya juga sudah cukup lengkap dengan adanya dual SRS airbag.

Namun untuk fitur ABS tidak tersedia untuk semua tipe, hanya ada pada tipe Toyota New Agya 1.2 TRD. Jadi, jika ingin membeli tipe tersebut, Anda perlu merogoh kantong lebih dalam. Harga Toyota Agya pun bervariasi, mulai dari 140 juta rupiah sampai dengan 170 juta rupiah. Beda tipe tentu harganya juga berbeda, Toyota New Agya 1.0 G M/T misalnya,dibandrol dengan harga kurang lebih 144 juta.

3. Honda Brio Satya

mobil termurah di indonesia
Sumber: Kompas.com

Mobil murah ketiga yakni Honda Brio Satya. Mobil ini memiliki mesin 4 silinder dengan tenaga i-VTEC dengan 1.200 cc kubikasi. Brio Satya juga sangat irit bahan bakar. Di mana konsumsinya mencapai angka 16,6 km/liter untuk perjalanan dalam kota serta 22,6 km/liter untuk perjalanan di tol. Mobil Brio Satya ini sering disebut mobil hatchback dan sangat laku di pasaran anak-anak muda.

Mobil ini ternyata juga menjadi rekomendasi city car terbaik bagi beberapa orang. Karena laris di pasaran, Brio Satya menjadi mobil LCGC saingan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Adapun kelebihan lain dari Brio Satya yakni terletak pada desain interior yang mewah serta eksterior yang tangguh dengan mesin 1,2 liter berteknologi i-VTEC. Teknologi tersebut memberikan tenaga sebesar 90 PS pada 6000 rpm, dengan torsi maksimalnya yakni sebesar 110 Nm pada 4.800 rpm.

Fitur-fitur nya juga sudah lengkap jika dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya, mulai dari fitur dual front SRS airbag, sampai sistem pengereman ABS + EBD. Melihat kelebihan dan fleksibilitas Brio Satya ini, maka tak heran lagi apabila mobil ini laris manis di pasaran dinobatkan sebagai mobil LCGC terbaik di kancah nasional. Untuk harga yang ditawarkan, yakni mulai 146 juta rupiah sampai dengan 170 juta rupiah.

4. Daihatsu Sigra

mobil termurah di indonesia
Sumber: otomotif.kompas.com

Mobil selanjutnya yang bisa menjadi list rekomendasi bagi Anda yakni Daihatsu Sigra dari Daihatsu. Daihatsu sigra ini memiliki desain yang serupa dengan Toyota Calya sebab dibuat di perusahaan dan platform yang sejenis. Namun mobil satu ini memiliki kelebihan pada banyaknya opsi varian yang otomatis. Maka dari itu, harganya pun juga semakin bermacam-macam, bisa Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Daihatsu Sigra ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang lengkap, seperti Dual SRS airbag, sensor parkir, ABS, serta side impact beam. Sigra mempunyai kelebihan lain pada tempat yang luas dan irit dipakai. Jika hendak menempuh jarak 14 km, Anda hanya membutuhkan bahan bakar sebanyak 1 liter saja. Selain mobil baru, sigra second atau bekas juga masih banyak diminati.

Selain harganya murah, jika Anda memilih tempat membeli yang tepat, barang yang didapat pun tentu bagus. Harga mobil baru Daihatsu Sigra dimulai dari kisaran 119 juta sampai dengan 162 juta rupiah.

5. Toyota Calya

mobil termurah di indonesia
Sumber: Kompas.com

Mobil besutan dari Toyota ini juga rekomendasi yang tepat bagi Anda yang menginginkan mobil termurah di Indonesia. Toyota Calya juga masuk dalam tipe mobil LCGC. Mobil MPV terbaik versi toyota ini memiliki 7 buah kursi atau tempat duduk di dalamnya. Tentu dengan desain dan juga style modern yang stylish. Jika Anda menginginkan mobil Toyota Avanza dengan harga yang lebih murah, maka Toyota Calya adalah jawabannya.

Mobil Toyota Calya adalah mobil MPV LCGC yang worth it untuk menjadi mobil pilihan Anda. Calya mempunyai mesin 4 silinder DOHC 16 Valve yang berkapasitas 1.197 cc dengan tenaga 88 ps 6.000 rpm. Adapun tenaga yang dihasilkan sebesar 88 ps pada 6000 rpm.

Selain lebih murah, Toyota Toyota Calya juga lebih irit, karena mesin yang dipakai mampu menghemat bahan bakar yang dipakai, yakni Dual VVT-i. Mobil ini juga dilengkapi dengan keamanan ekstra, termasuk pula dual SRS airbag, rem ABS, serta sensor parkir dan EBD. Adapun kecepatan Calya ini bisa mencapai 13,9 km/jam. Harganya mulai dari 144 juta rupiah sampai dengan 165 juta rupiah.

6. Nissan Datsun Go Panca

mobil termurah di indonesia
Sumber: otomotif.kompas.com

Mobil murah berikutnya datang dari Nissan Datsun Go Panca. Mobil satu ini sangat terkenal karena iritnya, mencapai 20 km/liter. Untuk kegiatan sehari-hari, mobil ini tergolong sangat irit. Datsun go panca ini merupakan mobil buatan Nissan, sehingga untuk fitur dan teknologinya tak jauh berbeda dari mobil-mobil Nissan lainnya.

Untuk harga mobil Nissan ini berkisar pada harga 120 juta rupiah. Jika ingin mendapat mobil bekas, harganya bisa turun separuhnya. Datsun go termasuk salah satu pelopor mobil termurah di Indonesia.

Desain Datsun Go ini juga telah dirancang khusus untuk masyarakat perkotaan sehingga sangat cocok bagi Anda yang aktivitas hariannya dilaksanakan di daerah perkotaan yang cukup padat kendaraan. Adapun tenaga mobil yang dimiliki adalah 68 Ps dengan torsi maksimal sebesar 104 nm.

7. Suzuki Karimun Wagon R

mobil termurah di indonesia
Sumber: otomotif.kompas.com

Mobil termurah di Indonesia lainnya ada Suzuki Karimun Wagon R, yang tak kalah saing dari mobil-mobil sebelumnya. Mobil LCGC terbaik Suzuki ini juga direkomendasikan untuk Anda yang memiliki budget 100 jutaan. Body mobil Karimun ini memang compact kecil, namun sangat kokoh. Panjangnya yakni 3.600 mm, lebarnya 1.457 mm, lalu tingginya 1.700 mm.

Harga Suzuki Karimun Wagon R ini sangatlah terjangkau, mulai dari mulai ari 118 juta rupiah sampai dengan 149 juta. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan mobil dengan interior stylish LCGC. Mesinnya juga sudah menggunakan mesin K10B yang berteknologi DOHC berkapasitas 998 cc.

Dilihat dari tenaganya, Suzuki Karimun Wagon R ini juga tak perlu diragukan lagi. Kemampuan 68 PS pada 6200 rpm ditambah torsi maksimal sebesar 90 Nm di 3500 rpm. Kemampuan tersebut menjadikan Suzuki Karimun Wagon R sebagai mobil murah yang bertenaga dan juga cocok untuk keluarga Anda.

Terutama bagi Anda yang ingin membeli mobil pertama dengan budget minimalis. Harganya bermacam-macam sesuai dengan tipe mobil, yakni mulai dari 122 juta rupiah untuk Suzuki Karimun Wagon R GA, sampai 144 juta untuk Suzuki Karimun wagon R GL AGS.

https://www.gramedia.com/products/pengetahuan-baterai-mobil?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/pengetahuan-baterai-mobil?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

8. Datsun Go+

mobil termurah di indonesia
Sumber: otomotif.kompas.com

Mobil ke delapan yakni Datsun Go+, yang tak jauh berbeda dari Datsun Go Panca. Jika Anda merasa Datsun Go Panca masih kurang besar, maka Datsun Go+ memiliki kapasitas atau ruang yang lebih besar. Sehingga bisa memuat lebih banyak orang. Kelebihan Go+ ini adalah adanya 3 baris kursi di ruang dalam mobil. Meski begitu, mobil ini masih bisa mempertahankan fitur hatchback yang compact, dan dapat bersaing fleksibel di jalanan padat kendaraan.

Adapun spesifikasi fitur ataupun teknologi dadi Go+ tidak jauh berbeda dari Go Panca. Perbedaannya terletak pada kapasitas Go+ yang lebih luas. Harganya pun masih sama-sama bisa bersaing di pasaran. Kelebihan lain dari Go+ yakni adanya varian T-ultimate yang dilengkapi velg 15 inci, jok warna hitam, serta electric mirror. Desain eksterior Go+ juga jauh lebih mewah dan serta dilengkapi dengan kabin luas dan lega.

Membeli mobil memang butuh pertimbangan. Terutama ketika budget yang Anda miliki sedang pas-pasan. Namun tak perlu khawatir, Anda masih bisa membeli mobil second atau bekas. Jika memang ingin mencari mobil second, carilah penjual yang memang sudah terpercaya, sehingga meskipun bekas, namun kondisi mobil masih prima dan bisa dipertanggungjawabkan.

Apalagi, biaya perawatan mobil ditambah pajak yang harus Anda penuhi setiap tahun juga tidaklah sedikit. Jadi, membeli mobil bekas menjadi solusi untuk menekan pengeluaran.

Jika ingin belajar tentang mobil supaya bisa mengecek keadaannya sebelum membeli, cobalah membaca buku Gramedia berjudul Dasar-Dasar Teknik Mobil atau dapatkan melalui link:

https://www.gramedia.com/products/dasar2-teknik-mobil-ed-revisi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dasar2-teknik-mobil-ed-revisi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi mobil termurah di Indonesia. Kebanyakan mobil yang murah adalah mobil yang LCGC, sehingga lebih irit bahan bakar. Mobil-mobil tersebut juga memang laris di pasaran dan menjadi incaran banyak orang. Jika hendak membelinya, cobalah untuk merundingkannya dengan keluarga supaya mobil nyaman dan aman dibawa bepergian bersama mereka ya.

Selain harus berunding dengan keluarga, ketika ingin membeli mobil juga harus memerhatikan harganya yang sesuai dengan budget. Namun, jika ingin membeli mobil bekas, maka kamu juga perlu memerhatikan kondisi dari mobil yang akan dibeli, mulai dari bodi mobil, mesin mobil, hingga interior mobil. Dengan melakukan pengecekan ketika ingin membeli mobil bekas, maka kamu bisa mendapatkan mobil dengan harga yang murah dan pastinya masih berkualitas.

Demikian pembahasan tentang mobil termurah di Indonesia. Setelah membaca artikel ini sampai habis, kamu tertarik untuk membeli mobil yang mana?

Jika ingin mencari buku tentang otomotif, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Badriyah

Baca juga: