in

Rekomendasi Aplikasi Bisnis yang Wajib Kamu Miliki

pixabay.com

Aplikasi Bisnis – Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang bagaimana suatu perusahaan dapat mengelola segala aspek bisnisnya di dalamnya secara lebih praktis? Jawabannya adalah aplikasi bisnis yang mereka gunakan. Namun, terkadang bagi para pebisnis pemula belum mengetahui aplikasi bisnis yang mudah digunakan.

Jika belum mengetahuinya, jangan khawatir karena pada artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang rekomendasi aplikasi bisnis. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Rekomendasi Aplikasi Bisnis

Berikut dibawah ini adalah beberapa aplikasi bisnis online terbaik yang dapat kamu gunakan juga di dalam membangun bisnismu. Apa sajakah itu? Check these out!

1. Keep Notes

Aplikasi Bisnis
play.google.com

Keep Notes merupakan salah satu contoh aplikasi bisnis online terbaik. Aplikasi ini sering kali digunakan untuk para pengusaha atau pebisnis yang malas untuk mencatat dan ingin lebih mudah dalam melakukan pencatatan. Atau mungkin, kamu sudah berusaha mencatatnya tapi tragedi kecil membuat catatan yang hilang.

Pastinya, kamu akan sangat kecewa apabila tiba-tiba ide tersebut terlupakan atau hilang begitu saja. Nah, supaya hal itu tidak terjadi, maka sebaiknya kamu mulai menggunakan Keep Notes di handphone.

Aplikasi bisnis online terbaik ini adalah aplikasi buatan Google. Oleh sebab itu, tidak heran, jika Keep Notes kemudian terintegrasi dengan akun Google. Terlebih lagi, semua pencatatan disimpan di dalam cloud, sehingga kamu tidak perlu takut jika devicenya rusak. Keunggulan dari Keep Notes, antara lain:

  1. Keep Notes menyediakan fitur voice memo, image memo, serta drawing memo.
  2. Dengan Keep Notes, kamu akan lebih mudah memonitor task dengan menggunakan fitur checklist.
  3. Keep Notes juga terintegrasi dengan seluruh akun Google.
  4. Aplikasi keep notes ini juga akan memudah dalam mengelompokkan notes dengan menggunakan label.
  5. Keep Notes menyediakan tampilan dark mode supaya mata tak cepat lelah.
  6. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan tema template.

2. Microsoft To Do

Aplikasi Bisnis
microsoft.com

Dahulunya, Microsoft To Do dikenal juga dengan nama Wunderlist. Hanya saja, perbedaannya ada pada Microsoft To Do yang menggunakan fitur terbaik dari Wunderlist serta menampilkan desain interface yang lebih sederhana.

Secara keseluruhan, Microsoft To Do masih memiliki fungsi yang sama dengan Wunderlist. Adapun dari tugas aplikasi bisnis yang satu ini, seperti Tugasnya diantaranya adalah merencanakan tugas harian, menyusun daftar belanja, mengatur tenggat waktu, dan sebagainya. Adapun beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari aplikasi bisnis yang satu ini.

  1. Tampilan aplikasi yang sederhana sehingga lebih mudah dipahami.
  2. Terintegrasi dengan Office 365.
  3. Membuat To-Do List dengan schedule yang lebih spesifik.
  4. Memudahkan dalam menyusun project plan pribadi.

3. OneNote

Aplikasi Bisnis
play.google.com

Microsoft OneNote merupakan salah satu contoh aplikasi bisnis online terbaik. Aplikasi ini sendiri dibuat oleh Microsoft. Selain itu, aplikasi bisnis yang satu ini menggunakan sistem cloud, sehingga OneNote tampaknya cukup bersaing dengan Keep Notes.

Bahkan, dalam aplikasi bisnis OneNote terdapat beragam fitur yang akan memudahkan kamu dalam mengorganisasi skala prioritas. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kamu bisa mendapatkan beberapa kemudahan, antara lain.

  1. Onenote akan memudahkan dalam menentukan berbagai daftar prioritas.
  2. Memudahkan dalam menemukan berbagai topik catatan dalam sekejap mata.
  3. Aplikasi ini akan mendengarkan catatan yang kamu buat dengan Immersive Reader.
  4. Aplikasi ini juga menyediakan fitur matematika bagi para pelanggan Microsoft 365.
  5. Menemukan notes tertentu dengan mengetikkan frasa.
  6. Aman karena tersimpan dalam cloud.
  7. Merancang desain notes sesuka hati.
  8. Menawarkan fitur voice note.

4. Google Spreadsheet

Aplikasi Bisnis
google.com

Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa Google mengembangkan berbagai aplikasi online yang sangat multi-fungsi, salah satunya adalah Google Spreadsheet. Aplikasi yang satu ini bisa dibilang menyerupai Microsoft Excel.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa Google Spreadsheet merupakan aplikasi bisnis online spreadsheet yang memungkinkan kamu bekerja secara kolaboratif. Jika kamu belum mengetahui, ternyata Google Spreadsheet menawarkan dua jenis fungsi diantaranya fungsi pribadi dan bisnis.

Dengan menggunakan versi bisnisnya, maka kamu bisa membuat suatu ruang kerja online khusus untuk perusahaanmu sendiri. Akses informasi pun menjadi lebih aman serta terjamin. Tapi, itu hanya permulaan saja.

Tidak hanya itu, aplikasi bisnis online ini masih memiliki banyak manfaat yang sayang jika kamu lewatkan, seperti membuat jadwal proyek, menghitung anggaran, melakukan analisis data, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi yang satu ini. Benefit dari aplikasi ini berikut diantaranya:

  1. Dokumen tak memakan storage hard disk sehingga kemudian perangkat jadi tidak lemot.
  2. Terintegrasi dengan berbagai produk serta layanan Google.
  3. Menawarkan versi bisnis juga menunjang produktivitas pekerjaan seseorang
  4. Melakukan berbagai fungsi manajemen proyek.
  5. Memungkinkanmu melakukan pekerjaan secara kolaboratif.

5. Trello

Aplikasi Bisnis
trello.com

Trello merupakan salah satu contoh aplikasi bisnis online terbaik. Selain itu, Trello bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi bisnis online terbaik serta gratis yang cukup mudah untuk digunakan. Dengan menggunakan Trello, kamu sudah dapat melacak kemajuan tugas dari setiap divisi melalui deretan ‘papan’. Adapun beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika menggunakan aplikasi bisnis ini, antara lain:

  1. Aplikasi ini bersifat Gratis.
  2. Mudah dalam mengunggah file baik dari komputer dan cloud.
  3. Menyederhanakan kolaborasi dengan tim.
  4. Notifikasi yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

6. Microsoft Planner

Aplikasi Bisnis
micorosoft.com

Papan tulis tentunya bukan menjadi benda yang asing lagi bagi kamu. Lalu, bagaimana jika papan tulis ini dihadirkan dalam bentuk online? Jika kamu belum mengetahuinya, maka bisa menggunakan Microsoft Planner. Bahkan, aplikasi yang satu ini bisa digunakan di smartphone kamu.

Selain itu, aplikasi bisnis ini bisa dibilang akan memudahkan kamu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis. Misalnya, memudahkan kamu dalam memantau kemajuan tugas serta mengatur penanggung jawabnya.

Selain itu, penjadwalan pun menjadi lebih mudah serta lebih efektif. Oleh sebab itu, dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu tak perlu takut terhadap berbagai informasi yang terlewat. Hal ini karena kamu dapat mengatur notifikasi untuk mendapat info perubahan. Adapun beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dari aplikasi yang satu ini, antara lain:

  1. Terintegrasi dengan produk serta layanan Microsoft.
  2. Merencanakan berbagai tugas secara visual.
  3. Memonitor kemajuan setiap pekerjaan.
  4. Memberitahukan setiap perubahan melalui email.
  5. Menyediakan forum chat untuk melakukan diskusi.

7. Workplace

Aplikasi Bisnis
tekno.kompas.com

Apakah kamu pernah atau bahkan sering menggunakan Facebook? Ternyata, Facebook juga memiliki aplikasi bisnis yang mudah digunakan. Yap, aplikasi itu adalah Workplace. Seperti namanya, Workplace adalah saluran komunikasi yang didesain secara khusus untuk ruang kerja tim.

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang telah mengadaptasi fitur-fitur terbaik dari Facebook, sehingga tidak diragukan lagi kalau Workplace kemudian menjadi aplikasi bisnis online yang layak kamu pertimbangkan. Adapun beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika menggunakan aplikasi yang satu ini, antara lain.

  1. Memudahkanmu dalam membuat grup yang dapat menggantikan fungsi email.
  2. Menghubungkan satu divisi dengan divisi lainnya.
  3. Menyediakan struktur organisasi untuk memudahkanmu melihat posisi seseorang.
  4. Berbagi file serta update berita ke berbagai lini dengan mudah.

8. Slack

Aplikasi Bisnis
slack.com

Slack adakah aplikasi online yang didesain khusus untuk memudahkan komunikasi profesional. Membawa berbagai fitur unggulan, komunikasi menjadi lebih tertata, serta pastinya kamu tidak perlu khawatir akan ketinggalan info penting. Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa diperoleh ketika menggunakan aplikasi yang satu ini.

  1. Melakukan voice dan video call secara personal seta grup.
  2. Memudahkanmu dalam team survei.
  3. Dapat mengatur tema tampilan sesuka hati.
  4. Berbagi file menjadi lebih mudah.
  5. Tampilan percakapan menjadi lebih yang terorganisir.
  6. Melihat status online rekan kerja.

9. Canva

Aplikasi Bisnis
canva.com

Seperti namanya yang mirip dengan kanvas, maka Canva memiliki fungsi hampir sama. Apabila dengan kanvas seseorang kemudian melukis menggunakan kuas, di Canva kamu melukis dengan pointer.

Dengan aplikasi yang satu ini, maka pengguna akan lebih mudah dalam membuat desain, sehingga bisa meningkat bisnis penjualan. Bahkan, jika kamu tidak memiliki skill desain grafis sama sekali, Canva tetap sanggup menjadi kuas ajaib mu. Adapun beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari aplikasi yang satu ini, antara lain:

  1. Menyediakan berbagai template yang bisa diedit serta unduh secara gratis.
  2. Dapat diakses melalui mobile serta desktop.
  3. Ukuran template sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna (flyer, resume, brosur, serta lain-lain).
  4. Terdapat puluhan elemen yang dapat kamu gunakan secara gratis untuk menghias template.

10. VSCO

Aplikasi Bisnis
play.google.com

Jika belum memiliki aplikasi VSCO, segera buka Google Play dan install aplikasi ini sekarang juga! Aplikasi yang satu ini lebih fokus kepada editing foto. Aplikasi bisnis online ini sangat cocok untukmu yang menginginkan foto ‘handphone kentang’ rasa kamera film.

Tak hanya sekadar filter, kamu juga dapat membangun galeri foto dengan fitur VSCO Grid. Adapun beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika menggunakan aplikasi yang satu ini, antara lain.

  1. Menyediakan berbagai filter unik seperti layaknya pada kamera profesional.
  2. Memperkenankan pengguna mengedit foto dengan menggunakan image editor.
  3. Tersedia banyak sekali opsi editing seperti exposure, contrast, straighten, dan banyak lagi.
  4. Hasil editan dari VSCO dapat langsung disimpan di galeri atau dipamerkan di VSCO Grid.

11. Google Bisnisku

Aplikasi Bisnis
tekno.kompas.com

Dari namanya saja, kamu pasti sudah mengetahui bahwa aplikasi online buatan Google ini memang dikhususkan untuk bisnis. Bisa dibilang kalau aplikasi Google Bisnisku menjadi seperti ensiklopedia tempat bisnis yang membuat bisnis lebih mudah ditemukan di Google Maps dan halaman penelusuran.

Jadi, kamu dapat memasang juga melakukan update info bisnis, bahkan tanpa harus mengeluarkan kocek sedikit pun. Oleh sebab itu, aplikasi bisnis yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana promosi. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika menggunakan aplikasi yang satu ini.

  1. Google Bisnisku dapat digunakan secara gratis.
  2. Memudahkan para calon pelanggan untuk menemukan bisnis.
  3. Menemukan berbagai bisnis kompetitor dan calon partner.
  4. Memudahkan untuk berinteraksi dengan calon pelanggan.
  5. Menarik para calon pelanggan baru.

Penutup

Pada dasarnya, semua aplikasi yang telah disebutkan di atas akan menjadi maksimal apabila digunakan dengan tepat guna. Oleh sebab itu, jika kamu baru pertama kali menggunakan salah satu aplikasi bisnis di atas, sebaiknya pelajari lebih dulu seluk beluknya. Hal ini perlu dilakukan agar kamu terbiasa menggunakan aplikasi bisnis.

Selain itu, perhatikan juga fungsi dari aplikasi tersebut. Dengan begitu, bisnis yang kamu jalani akan lebih mudah dilakukan. Demikian pembahasan tentang rekomendasi aplikasi bisnis. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Aplikasi Bisnis yang Wajib Kamu Baca

1. Business Model and Business Plan Di Era 4.0

Di tengah perkembangan zaman 4.0 yang semakin maju ini, teknologi informasi memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis dan usaha. Hal ini pun membuka peluang lebar bagi para calon pebisnis dan pengusaha muda untuk pertama kalinya mengepakkan sayap mereka di dunia bisnis… Selain itu, buku yang bertajuk Business Model and Business Plan di Era 4.0 ini juga dapat menambah pengetahuan serta wawasan kepada (para calon pebisnis sukses) dalam bidang usaha ekonomi dan metode-metode tepat untuk mengelola suatu usaha di Indonesia. Sebab, menjadi seorang pebisnis dapat membantu perkembangan ekonomi negara tercinta ini, sehingga bisa menghadapi persaingan industri 4.0. Semoga, buku ini bisa hadir di tanganmu dan memberikan ilmu yang bermanfaat, khususnya di ranah bisnis dan entrepreneurship.

2. This Is Marketing: Kamu Tidak Akan Terlihat Sebelum Kamu Belajar Melihat

Pendekatan yang mengubah dalam melihat pemasaran, penjualan, dan periklanan Seth Godin telah mengajar dan menginspirasi jutaan pengusaha, pemasar, pemimpin, dan penggemar dari segala bidang kehidupan lewat blog, kursus online, kuliah, dan buku terlaris yang ditulisnya. Dia adalah penemu dari tak terhitung banyaknya gagasan yang telah menjadi bagian dari kosakata bisnis, mulai dari Permission Marketing, Purple Cow, Tribes, sampai The Dip. Untuk pertama kalinya, Godin menawarkan inti dari kebijaksanaan pemasarannya dalam satu kemasan yang menyeluruh, mudah dipahami, dan akan menjadi karya klasik.

This ls Marketing menunjukkan cara melakukan pekerjaan yang kamu banggakan, entah kamu pendiri usaha rintisan di bidang teknologi, pemilik usaha kecil, atau bagian dari suatu korporasi raksasa. Pemasar yang hebat tidak menggunakan konsumen untuk memecahkan masalah perusahaan mereka. Mereka menggunakan pemasaran untuk memecahkan masalah orang lain. Strategi mereka didasarkan pada empati, koneksi, dan kerja emosional, bukannya iklan yang mencuri perhatian dan e-mail yang mengganggu.

Tak peduli apa produk atau jasa kamu, buku ini akan membantu kamu menyusun ulang kerangka tentang bagaimana hal itu ditunjukkan pada dunia, agar bisa terhubung secara penuh makna dengan orang yang menginginkannya.

3. Manajemen Risiko Bisnis

Enterprise Risk Management adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan. Proses ini dirancang dan dijalankan oleh manajemen guna memberikan keyakinan yang memadai bahwa semua risiko yang berpotensi menghambat tujuan dan sasaran perusahaan telah diidentifikasi dan dikelola sedemikian rupa sesuai dengan tingkat risiko yang bersedia diambil perusahaan (risk appetite).

Tujuan manajemen risiko adalah bukan untuk menghilangkan risiko. Jika kamu berusaha menghilangkan risiko hingga nol, maka itu berarti bahwa kamu sedang berada dalam proses untuk membangkrutkan Perusahaan kamu sendiri. “Don’t dare to take risk. If You don’t make mistakes, You don’t make anything” “There is only one big risk You should avoid, and that is the risk of doing nothing” “Life is like riding a bicycle. To keep Your balance, You must keep moving”.

Jika ingin mencari buku tentang bisnis, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Cara Memulai Bisnis Online: Jenis, Keuntungan, Tantangan
  2. 12 Tips Memulai Sebuah Usaha 
  3. Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan Tips-Tipsnya 
  4. 6 Tips Jualan Online yang Bisa Kamu Terapkan dalam Bisnismu 
  5. 10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Para Pemula 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda