in

Cara Agar Fokus Saat Membaca Buku

Membaca adalah aktivitas positif yang layak dijadikan sebagai hobi. Namun, bagi mereka yang baru memulai kebiasaan ini, seringkali mengalami kendala, yakni kesulitan mempertahankan fokus dan konsentrasi selama membaca.

Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan. Mengingat konsentrasi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan ketika membaca, agar poin-poin penting yang terdapat dalam bacaan dapat lebih mudah dipahami. Dengan demikian, tanpa adanya fokus, kalian tidak akan mampu mendapatkan hasil yang maksimal dari proses membaca.

Lantas bagaimana cara untuk bisa meningkatkan fokus dalam membaca? Konsentrasi antara lain dapat diperoleh dengan memilih tempat membaca yang mendukung. Untuk membaca, sebaiknya dipilih tempat yang tenang dan minim gangguan. Selain itu, dibutuhkan juga cahaya yang cukup dan posisi duduk yang baik agar kalian tidak mudah lelah saat membaca.

Namun, bagaimana jika konsentrasi masih juga sulit diperoleh, walaupun kita sudah membaca di tempat yang tenang dan cahayanya cukup? Kalian merasa jika pikiran masih melayang-layang ketika sedang membaca, padahal kalian sudah berniat sejak awal untuk menyelesaikan bahan bacaan tersebut.

Mungkin saja, bahan bacaan yang kalian baca itu bukan termasuk favorit kalian, jadi kalian agak ogah-ogahan waktu membacanya. Minat membaca memang dapat menurunkan daya konsentrasi.

Namun, bagaimana jika bahan bacaan tersebut memang harus kalian baca? Mungkin penting untuk pekerjaan atau karier kalian. Tentu saja kalian harus berusaha sekuat tenaga agar bisa berkonsentrasi dengan baik saat membacanya.

Konsentrasi bukan hanya soal tempat membaca dan kondisinya. Bukan juga hanya soal bahan bacaan favorit atau bukan. Konsentrasi juga membutuhkan kondisi tubuh yang prima.

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan daya konsentrasi, termasuk saat membaca. Simak ulasan berikut!

1. Memahami Arti Konsentrasi

Salah satu tantangan terbesar dalam proses membaca atau belajar secara umum adalah mempertahankan tingkat konsentrasi selama kegiatan tersebut kita lakukan. Banyak orang merasa sulit untuk berkonsentrasi saat membaca.

Beberapa di antara kalian mungkin juga sering mengalami saat pikiran malah ke mana-mana dan tidak fokus ketika membaca. Tanpa tingkat konsentrasi yang baik dan mampu bertahan lama, kalian akan kesulitan untuk mendapatkan hasil optimal dari proses membaca yang kalian lakukan.

Konsentrasi didefinisikan sebagai pemusatan perhatian atau pikiran kepada suatu hal. Menurut KBBI, konsentrasi adalah sebuah pemusatan perhatian atau pikiran kepada suatu hal. Scholz menjelaskan konsentrasi dengan kalimat “Konzentration ist eine Fähigkeit, die sich in vielen Leistungen des täglichen Lebens widerspiegelt, so z .B. bei der Arbeit, in der Schule, beim Führen eines Fahrzeugs oder beim Lesen Eines Buches”.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kalimat tersebut memiliki makna bahwa konsentrasi adalah suatu kemampuan yang tercermin di berbagai kegiatan di kehidupan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti dalam sebuah pekerjaan, sekolah, dalam kendaraan, atau bahkan dalam membaca sebuah buku.

Dalam kegiatan membaca, konsentrasi berarti kemampuan untuk memusatkan pikiran terhadap aktivitas membaca. Dengan begitu, konsentrasi adalah sebuah upaya yang harus diusahakan dan tidak datang dengan sendirinya.

Semua orang mempunyai kemampuan ini, hanya saja kemampuannya berbeda-beda dalam diri setiap orang. Kalian harus melatih kemampuan konsentrasi ini agar nantinya mampu bertahan cukup lama untuk menyelesaikan suatu bahan bacaan atau tugas tertentu.

2. Terus Berusaha Melatih Konsentrasi

Seperti keterampilan lain, kemampuan kalian berkonsentrasi dalam membaca harus dilatih dan dikembangkan. Kenali rentang konsentrasi kalian saat ini dan cobalah untuk terus memperlama kemampuan konsentrasi ini dari waktu ke waktu.

Mulailah dengan mengenali waktu terbaik ketika kalian dapat berkonsentrasi dengan mudah dalam keseharian kalian. Selanjutnya, manfaatkanlah salah satu slot waktu tersebut untuk membaca sekaligus melatih daya konsentrasi kalian.

Dengan rentang kemampuan konsentrasi yang panjang, tidak saja kalian akan sanggup membaca dengan lebih baik, lebih dari itu, kalian akan sanggup belajar dan bekerja dengan hasil yang lebih baik dari kebanyakan orang.

3. Melakukan Survei

Sebelum kalian mulai membaca, lakukan sedikit review mengenai apa yang sudah kalian ketahui tentang subjek yang akan dibaca itu. Dengan demikian, kalian akan mempersiapkan terlebih dahulu pengetahuan yang relevan dengan apa yang akan dibaca.

Lakukan proses persiapan membaca dengan cara melihat secara sekilas isi buku mulai dari judul utama, sub judul, cover buku bagian belakang yang menjelaskan secara ringkas topik yang dibahas, kata pengantar dari penulis, maupun daftar isi.

Proses selanjutnya dari tahapan survei adalah dengan membuka secara cepat halaman demi halaman dan memperhatikan bagian judul bab, sub judul bab, kata-kata khusus yang bercetak tebal atau miring, tabel, dan gambar yang ada sambil mencoba mendapatkan ide besar dari buku tersebut.

Survei yang sukses akan menghasilkan gambaran umum tentang isi buku, sekaligus menciptakan minat yang kuat untuk memahaminya. Proses survei menjadi modal penting untuk membantu proses membaca sekilas isi buku secara keseluruhan, yang nantinya akan meningkatkan level konsentrasi dan pemahaman yang tinggi akan isi buku.

4. Menata Ulang Kembali Bukumu

Cara selnjutnya dapat kalian lakukan untuk mengatasi reading slump adalah dengan menata kembali buku-bukumu. Bisa jadi, virus reading slump ini terjadi karena melihat buku-bukumu yang berantakkan dan tidak tertata dengan rapi.

Coba bersihkan dan tata kembali bukumu, membersihkan dan merapikan rak buku itu penting sekali. Barangkali, dengan menata ulang buku-buku itu kalian dapat menemukan buku yang  belum sempat dibaca atau menemukan buku favorit, sehingga dapat membuat kalian menjadi tertarik untuk membacanya.

5. Menjauhkan Hal-Hal yang Mengganggu di Sekitar

Perangkat elektronik seperti ponsel atau televisi, biasanya menjadi hal yang paling sering membuat terdistraksi, bahkan mampu mengalihkan fokus perhatian sepenuhnya, sehingga meninggalkan aktivitas membaca.

Sebelum hendak membaca, jauhkan terlebih dahulu benda-benda yang berpotensi mengganggu kekhusyukanmu dalam membaca. Bukan hanya itu saja, bagi beberapa orang, keramaian juga bisa sangat menganggu konsentrasi. Oleh karenanya, carilah tempat membaca yang hening, bebas dari kebisingan apa saja.

6. Mengganti Tempat Membaca

Membaca di tempat yang sama dengan durasi yang lama dan dikerjakan secara berulang-ulang, sudah barang tentu hanya akan mendatangkan rasa jenuh. Hal ini juga ikut memengaruhi tingkat konsentrasi membaca.

Solusinya, sesekali lakukanlah aktivitas membaca ini di tempat yang berbeda, sehingga pikiranmu bisa jauh lebih segar. Ada banyak tempat yang mungkin belum pernah kalian singgahi untuk membaca, seperti taman, teras rumah, loteng, bahkan kafe.

Sejatinya membaca dapat dilakukan di mana saja, asalkan kalian merasa nyaman dan betah berada di situ.

7. Memberikan Jeda Waktu Untuk Membaca

Saat sedang mengalami reading slump, kalian tidak perlu memaksakan diri untuk terus membaca buku. Beri jeda waktu sekitar 1 minggu untuk mengistirahatkan sejenak pikiran kalian. Setelah cuti membaca buku kalian bisa memulai kembali dengan memberikan batas waktu misalnya kalian stop membaca setiap 2-3 jam sekali.

Jika dalam 1 minggu cuti kalian masih belum mood untuk membaca buku, tambahkan kembali jangka waktu cuti tersebut sampai kalian menemukan mood untuk membaca buku kembali. Penyebab lain dari reading slump bisa juga karena kalian telah membaca buku yang menarik sebelumnya, jadi saat membaca buku yang lain kalian belum dapat move on dari buku yang lama.

8. Luangkan Waktu Khusus Membaca

Beberapa orang sering tidak fokus apabila membaca di sela-sela rutinitas hariannya. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk membuat jadwal khusus membaca pada waktu-waktu tertentu, misalnya sebelum tidur, sesudah bangun tidur, atau saat istirahat makan siang.

Dengan menepati jadwal yang telah kalian buat, nantinya lama-kelamaan kalian akan terbiasa fokus membaca pada jam-jam yang telah ditentukan tersebut.

9. Istirahat Jika Mulai Lelah

Daya konsentrasi membaca bisa menurun akibat kelelahan. Meskipun hobi satu ini menyimpan segudang manfaat, tetap saja akan berdampak buruk jika dilakukan secara berlebihan, tanpa tahu batasan.

Sekiranya fokus mulai buyar, mata sudah penat, jangan memaksakan diri untuk terus membaca. Selain membuat kalian jadi kesulitan menyerap isi bacaan, tentu hal ini juga dapat merusak kesehatan. Oleh sebab itu, segera ambil jeda waktu istirahat sebelum melanjutkan kembali aktivitas satu ini.

10. Membaca Buku dengan Ragam yang Berbeda

Tidak fokus membaca buku dapat disebabkan juga oleh rasa jenuh ketika membaca novel dengan genre yang sama. Tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk membaca buku dengan genre lain yang bukan selera kita, karena biasanya mencoba hal baru dapat mengurangi rasa jenuh.

Jika Kalian biasa membaca buku dengan jenis romance, cobalah baca buku dengan genre thriller. Semakin banyak genre buku yang kalian baca, akan semakin mengurangi rasa bosan kalian terhadapat buku tertentu.

11. Membaca Ulang Buku Favorit

Virus reading slump dapat mempengaruhi ketertarikan kalian dalam membaca buku. Biasanya orang yang sedang mengalami reading slump cenderung tidak berselera untuk membaca buku. Dengan membaca kembali buku favoritmu maka dapat mengembalikan semangat baca dan membangkitkan kembali minat baca. Membaca ulang buku favoritmu merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengembalikan minat baca kalian loh lits!

12. Blog Walking

Bekunjung ke situs blog atau website yang menyediakan review mengenai buku-buku terbaru merupakan salah satu cara untuk mengatasi virus reading slump. Dengan melihat foto-foto buku yang cantik, takarir menarik, dan ulasan mengenai kelebihan dari buku tersebut dapat membuat kalian kembali tertarik untuk membaca buku. Selain itu, melihat antusiasme orang lain terhadap buku tersebut juga akan membangkitkan antusiasme kalian untuk membaca (minimal) satu buku yang diulas di blog tersebut.

13. Miliki Kualitas Tidur yang Baik

Kondisi tubuh yang bugar memberi pengaruh positif terhadap kemampuan berkonsentrasi. Jika pola tidurmu berantakan, otomatis kalian akan terlalu lelah, bahkan untuk sekadar melakukan aktivitas sederhana seperti membaca.

Untuk mengatasinya, kalian hanya perlu tidur yang cukup. Kurangi juga begadang untuk mengerjakan sesuatu yang tak penting. Dengan memiliki pola tidur yang teratur, niscaya daya konsentrasimu akan terjaga.

14. Merencanakan Kegiatan Sehari-Hari

Dengan membuat rencana kegiatan sehari-hari, kalian sebisa mungkin sudah menghindari untuk melupakan sesuatu yang penting. Dengan begitu, kalian lebih tenang dalam menjalankan aktivitas.

Sebagai contoh, jika kalian sudah merencanakan setelah tiba di kantor akan mengecek dan membalas surel yang masuk selama sekian menit, lalu memeriksa laporan pekerjaan sekian menit, atau memberikan evaluasi terhadap kinerja anak buah selama sekian menit.

Dengan rencana yang cukup detail seperti itu, kalian setidaknya bisa menghindarikan diri dari kegiatan-kegiatan yang kurang penting. Misalnya, ketika kalian sedang memeriksa laporan pekerjaan dan tergoda untuk membuka akun media sosial, kalian akan teringat kepada rencana kerja yang lebih penting.

Rencana pekerjaan akan membantu kalian untuk terhindar dari buang-buang waktu. Jadi, kalian akan lebih fokus ketika sedang mengerjakan sesuatu, termasuk membaca buku. Dengan terbiasa untuk selalu fokus, daya konsentrasi kalian juga akan meningkat.

15. Meditasi

Meditasi tidak ada hubungannya dengan kepercayaan. Meditasi adalah cara membuat tubuh terbiasa untuk berkonsentrasi dan fokus kepada sesuatu.

Sediakan waktu dalam sehari untuk bermeditasi. Duduklah dengan diam dan amati apa yang kalian dengar atau rasakan. Fokuslah kepada satu hal.

Ketika kalian merasa pikiran mulai melayang-layang, usahakan untuk kembali kepada satu hal tersebut. Dengan terbiasa bermeditasi, daya konsentrasi kalian dalam membaca akan semakin baik.

16. Menjalankan Pola Hidup Sehat

Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan konsentrasi dalam membaca adalah makan buah dan sayur. Selain istirahat yang cukup, pola hidup sehat juga sangat penting bagi daya konsentrasi kalian. Inilah yang membuat kalian harus mengusahakan untuk makan teratur dan seimbang.

Terlalu banyak makan bisa membuat saluran pencernaan kalian akan bekerja terlalu keras. Akibatnya, kalian akan lebih mudah mengantuk. Orang yang gampang mengantuk tentu saja akan sulit untuk berkonsentrasi.

Demikian juga halnya kalau kalian makan terlalu sedikit. Tubuh kalian akan kekurangan zat-zat yang dibutuhkannya. Hal itu bisa memengaruhi kondisi kesehatan. Kalau kalian sehat, tentu saja konsentrasi kalian juga akan lebih baik.

Selain soal makan, jangan lupa juga untuk menyediakan waktu berolahraga. Olahraga bisa membuat tubuh kalian menjadi lebih bugar. Tubuh yang bugar dapat membuat kalian lebih berkonsentrasi. Tidak perlu berolah raga yang berat. Kalian bisa mencari kegiatan olahraga di saluran Youtube yang bisa dilakukan di kantor.

17. Sesekali Mengubah Rutinitas

Jika kalian selalu melewati jalan yang sama ketika hendak berangkat atau pulang kantor, cobalah sesekali kalian lewat jalan lain. Dengan sesekali mengubah rutinitas, otak akan dirangsang untuk berpikir.

Selain itu, jangan terus-menerus berkutat dengan pekerjaan. Luangkan waktu untuk berlibur. Berlibur dapat menenangkan pikiran kalian. Sekali lagi, pikiran yang tenang dapat membantu daya konsentrasi agar menjadi lebih baik.

18. Terus Berusaha

Selain melakukan cara-cara di atas, kalian juga sebaiknya terus melatih meningkatkan daya konsentrasi saat membaca. Setiap hari usahakan untuk membaca minimal selama 30 menit. Bacalah buku atau bahan bacaan lain dan berusahalah untuk berkonsentrasi.

Saat kalian merasa pikiran sudah sulit untuk fokus kepada bahan bacaan, segera kembalikan konsentrasi kalian kepada bahan bacaan. Mungkin akan sulit di awal, tetapi jika kalian terus berusaha dan berlatih, lama-lama akan semakin berkonsentrasi saat membaca.

Membaca memang membutuhkan niat yang kuat. Jika kalian sudah sungguh-sungguh berniat untuk mau membaca, seluruh tubuh, termasuk pikiran kalian, akan membantu. Konsentrasi yang baik akan membantu kalian untuk membaca dengan lebih baik dan cepat.

Nah, sekarang pastinya sudah lebih tahu hal apa saja yang diperlukan agar fokus membaca meningkat. Apabila sederet cara di atas dilakukan dengan serius, dijamin kalian bakal sanggup menghabiskan berlembar-lembar halaman hanya dalam sekejap.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

BACA JUGA:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Sevilla

Saya hampir selalu menulis, setiap hari. Saya mulai merasa bahwa “saya” adalah menulis. Ketertarikan saya dalam dunia kata beriringan dengan tentang kesehatan, khususnya kesehatan mental. Membaca dan menulis berbagai hal tentang kesehatan mental telah membantu saya menjadi pribadi yang lebih perhatian dan saya akan terus melakukannya.

Kontak media sosial Linkedin saya Sevilla