in

15 Cara Agar Fokus dan Konsentrasi

15 Cara Agar Fokus dan Konsentrasi – Fokus dan konsentrasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk melakukan sebuah pekerjaan. Tanpa keduanya, pekerjaan seringkali terhambat bahkan tidak selesai sesuai rencana. Akan tetapi, supaya bisa fokus dan konsentrasi adalah hal yang tidak mudah.

Banyak gangguan-gangguan yang dialami sehingga fokus dan konsentrasi dapat terpecah. Namun di samping hal itu, banyak cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat atau meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Artikel ini akan membahas mengenai pengertian fokus dan konsentrasi, serta menjelaskan cara-cara supaya bisa fokus dan konsentrasi dalam melakukan suatu hal.

Pengertian Fokus dan Konsentrasi

Menurut KBBI, konsentrasi adalah sebuah pemusatan perhatian atau pikiran pada suatu hal. Scholz menjelaskan, konsentrasi dengan kalimat “Konzentration ist eine Fähigkeit, die sich in vielen Leistungen des täglichen Lebens widerspiegelt, so z .B. bei der Arbeit, in der Schule, beim Führen eines Fahrzeugs oder beim Lesen Eines Buches”.

Kalimat tersebut memiliki makna bahwa konsentrasi adalah suatu kemampuan yang tercermin di berbagai kegiatan di kehidupan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti dalam sebuah pekerjaan, sekolah, dalam kendaraan, atau bahkan dalam membaca sebuah buku.

Fokus memiliki arti sebagai sebuah kemampuan konsentrasi pada tingkat kepekaan suatu objek. Hal tersebut dilakukan tanpa menambahkan hal lainnya, karena dapat mengurangi bahkan dapat menghilangkan kualitas konsentrasi yang kamu miliki.

Cara-cara Agar Fokus dan Konsentrasi

Ada beberapa cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu ketika sedang melakukan sebuah pekerjaan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Fokus pada Pekerjaan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan konsentrasi adalah fokus pada hal tersebut. Fokuslah pada sesuatu yang sedang kamu kerjakan. Jika memang tidak memungkinkan, jangan melakukan banyak hal sekaligus. Hal itu akan membuat pikiran terpecah-belah, sehingga sulit untuk konsentrasi.

Mengerjakan sesuatu secara bersamaan memang akan menghemat waktu. Akan tetapi, hal itu tidak menjamin dalam segi kualitas. Bisa jadi apa yang sedang kamu kerjakan dalam waktu bersamaan hasilnya tidak maksimal.

Maka dari itu, cobalah untuk mengerjakan satu pekerjaan dengan serius. Jika kamu dihadapkan pada satu pekerjaan saja, maka kemungkinan fokus dan konsentrasi kamu akan meningkat.

2. Mengerjakan satu demi satu

Ketika memiliki banyak pekerjaan yang harus dikerjakan, terkadang kita lebih suka mengerjakannya secara bersamaan. Akan tetapi, hal itu dapat memecah fokus dan konsentrasi. Jangan menyelesaikan pekerjaan dengan cara itu.

Selesaikanlah pekerjaanmu satu demi satu. Lihatlah pekerjaan mana yang harus didahulukan atau harus segera diselesaikan. Kerjakanlah pekerjaan itu dahulu sampai selesai, dan begitu seterusnya.

Untuk lebih mudah dalam melakukan car aini, cobalah untuk mengerjakan pekerjaan setelah kamu menerimanya. Dalam artian, jangan menunda pekerjaan. Ketika kamu mendapat pekerjaan lalu langsung mengerjakannya, maka kamu akan lebih fokus dan konsentrasi.

3. Istirahat

Cara selanjutnya adalah dengan istirahat. Jangan memaksakan diri. Ketika kamu merasa lelah, hilang fokus dan hilang konsentrasi cobalah untuk beristirahat. Jika memaksakan untuk lanjut mengerjakan, lama-kelamaan kamu akan kehilangan fokus dan konsentrasi.

Cara yang bisa kamu pakai untuk waktu beristirahat adalah dengan metode 50-10. Metode 50-10 adalah sebuah metode pembagian waktu antara bekerja dan istirahat. Jadi jika kamu sudah bekerja selama 50 menit, kemudian istirahatlah selama 10 menit. Lakukan secara berulang sampai pekerjaan selesai. Ketika mengambil waktu untuk istirahat setelah bekerja, maka kamu bisa fokus dan konsentrasi kembali.

4. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara yang tepat untuk melatih fokus dan konsentrasi. Meditasi akan membantu kamu dalam memfokuskan pikiran dan berkonsentrasi. Tidak perlu melakukan meditasi yang sulit, cukup lakukan dengan cara sederhana dan ringan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk melakukan meditasi adalah dengan meluangkan waktu. Luangkanlah waktu sekitar 5 menit sampai 15 menit. Bagi seseorang yang baru memulai, cobalah meditasi dalam waktu 5 menit setiap harinya.

Cara kedua, duduklah senyaman mungkin. Meditasi dapat dilakukan dimana saja. Bisa di lantai, kursi, sofa, bahkan tempat tidur. Cobalah duduk dengan posisi yang nyaman untuk kamu melakukan meditasi. Selain itu, kamu juga bisa menaruh lilin aromaterapi atau hal-hal lainnya yang dapat membuat rileks.

Cara ketiga, tentukan tujuan. Tentukanlah apa tujuan kamu melakukan meditasi. Contohnya dalam hal ini adalah untuk melatih fokus dan konsentrasi. Jika tujuan meditasi sudah jelas, kamu bisa terbantu fokus pada hal yang menjadi tujuanmu.

Cara keempat, yaitu memulainya. Ketika hal-hal untuk persiapan meditasi sudah selesai, kamu sudah bisa memulainya. Mulailah melakukan meditasi dan fokus pada tujuanmu. Untuk orang yang baru memulai, cobalah untuk fokus pada satu titik. Contohnya seperti fokus pada nafas, suara air mancur, suara jam dinding, atau hal-hal disekitar.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan jika ingin melatih fokus dan konsentrasi melalui meditasi. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, berlatihlah secara rutin. Lakukan meditasi setiap hari pada pagi hari.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

5. Jangan lupa makan

Salah satu penyebab sulit berkonsentrasi dan fokus adalah karena perut kosong. Ketika perut kosong, maka tidak ada zat yang dibutuhkan otak. Itu akan menyebabkan sulit fokus dan konsentrasi. Maka dari itu, jangan lupa makan sebelum mengerjakan suatu pekerjaan. Kamu bisa melanjutkan pekerjaan setelah mengisi perut. Selain itu, kamu juga bisa bekerja dengan ditemani makanan ringan.

Ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan mengembalikan fokus. Diantaranya seperti coklat hitam, buah beri, gandum, kafein, brokoli, kacangan-kacangan dan biji-bijian.

6. Minum air mineral

Hal kecil yang sering terlupakan, padahal sangat penting. Minum air mineral. Menjaga fokus dan konsentrasi juga bisa dilakukan melalui air mineral. Kurangnya minum air mineral akan menyebabkan kamu dehidrasi. Akibatnya kamu bisa kehilangan fokus dan konsentrasi.

Menurut seorang ahli, sekecil apapun terjadinya dehidrasi, tetap saja hal itu akan memengaruhi kinerja dari otak. Salah satunya adalah membuat sulit berpikir. Ketika kehilangan dua persen massa tubuh akibat dari dehidrasi, pikiran juga mental akan mulai menunjukan gejala tidak seimbang. Dehidrasi atau kehilangan cairan bisa terjadi melalui keluarnya keringat atau buang ari kecil.

7. Membuat sebuah rencana

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat sebuah rencana. Buatlah atau tulislah rencana-rencana pekerjaan yang akan kamu lakukan. Seperti membuat daftar tugas apa saja yang harus dikerjakan. Jangan lupa juga untuk mengajarkan detail pekerjaannya. Serta mengatur waktu yang harus disiapkan untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Melalui cara seperti ini, kamu akan merasa memiliki dorongan yang lebih tinggi untuk menyelesaikan pekerjaanmu segera. Hal itu karena kamu memiliki sebuah tujuan khusus yang ada di dalam pikiran kamu. Ketika otak kamu mengetahui apa dan seberapa banyak yang harus dikerjakan, maka fokus dan konsentrasi secara otomatis akan meningkat. Kondisi ini akan berbeda daripada hanya mengetahui bahwa kamu harus melakukan sebuah pekerjaan, karena hal itu secara abstrak.

Fokus Pada Tujuan
Fokus Pada Tujuan

Beli Buku di Gramedia

Ebook ini berisi mengenai hal-hal yang harus dilakukan supaya dapat fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Ebook ini cocok untuk kamu yang ingin menambah motivasi dalam berfokus dan memiliki tujuan yang jelas untuk suatu hal.

8. Tidur yang cukup

Tubuh manusia membutuhkan waktu untuk tidur sekitar 7 jam sampai 9 jam per hari. Ketika tidur, tubuh akan mengembalikan kembali energi yang sudah terbuang. Seperti telepon seluler, tubuh akan melakukan recharge. Sel-sel tubuh yang rusak akan diperbaiki. Setelah itu rasa lelah yang dirasakan akan menghilang.

Ketika tubuh membutuhkan istirahat tetapi kamu tetap memaksakan bekerja, maka tubuh akan kekurangan waktu untuk me recharge kembali energi. Hal inilah yang akan membuat fokus dan konsentrasi berkurang. Cobalah mengatur waktu supaya kamu tetap bisa memiliki waktu tidur yang cukup. Jika terus memaksakan bekerja, itu akan berdampak pada hasil pekerjaanmu.

9. Pola hidup sehat

Pola hidup sehat juga bisa membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu. Mulai sekarang, gantilah pola hidup kamu menjadi pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat dapat diawali dari beberapa kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Seperti tidur dengan waktu yang cukup, rutin olahraga, minum vitamin dan lain-lain. Pola hidup sehat akan membuat tubuhmu juga menjadi lebih sehat.

Jika aliran darah dari tubuh ke otak lancar, maka hal itu akan membuat daya konsentrasi semakin baik juga. Sebaliknya, jika aliran darah dari tubuh ke otak tidak lancar, maka tingkat konsentrasi dan fokus menjadi kurang maksimal.

10. Olahraga

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melatih konsentrasi adalah dengan olahraga. Olahraga tidak berpengaruh pada kesehatan fisik saja. Namun, olahraga yang dilakukan secara rutin akan membuat kamu terbantu dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Gerakan-gerakan fisik yang dilakukan ketika berolahraga akan membantu memperlancar peredaran darah. Hal itu akan membuat asupan kalori terutama oksigen yang mengarah ke otak menjadi lancar. Selain itu, olahraga juga merupakan hal yang penting untuk kesehatan otak dalam jangka waktu yang panjang.

Lakukanlah olahraga secara rutin setiap hari. Mulanya, mulailah dalam waktu 15 menit sampai 30 menit setiap harinya. Melalui olahraga secara rutin, kamu dapat meningkatkan dan mengaktifkan fungsi otak. Hal itu akan berpengaruh pada konsentrasi dan fokus. Sehingga kamu akan lebih bisa mengatur fokus dan konsentrasi dalam melakukan sesuatu.

11. Mendengarkan musik

Beberapa orang bisa fokus dan berkonsentrasi ketika suasana tenang, tetapi beberapa orang justru sebaliknya. Cara yang satu ini bisa kamu gunakan untuk fokus dan konsentrasi pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Cobalah untuk mendengarkan musik ketika melakukan sebuah pekerjaan.

Putarlah music yang memiliki irama lembut dengan volume yang sedang. Jika menyukainya, kamu juga bisa mendengarkan music yang tidak memiliki lirik di dalamnya. Mendengarkan music akan membantu kamu rileks dan tenang dalam melakukan sebuah pekerjaan. Sehingga kamu bisa lebih fokus dan berkonsentrasi. Selain itu, mendengarkan music juga merupakan salah satu cara untuk melakukan meditasi. Jernihkanlah pikiran dan biarkan pikiranmu terisi music tadi, fokuslah pada satu hal. Ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

12. Peregangan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan peregangan. Peregangan otot dapat dilakukan secara berkala ketika sedang melakukan sebuah pekerjaan. Hal ini adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Terlebih jika kamu harus bekerja dalam posisi duduk dalam waktu yang lama.

Lakukanlah peregangan kecil seperti meregangkan otot-otot di tubuh. Mulailah dengan meregangkan tangan dan kaki. Kemudian lanjut meregangkan otot-otot yang ada di punggung dan pinggul. Lakukan segera ketika merasa pegal atau penat. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi.

13. Istirahat dari sosial media

Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi sosial media juga bisa mengacaukan pikiranmu. Hal ini akan membuat fokus dan konsentrasi terpecah. Ketika membuka sosial media, seringkali fokusmu akan terpecah pada hal yang sedang kamu lihat dan tidak berhubungan dengan apa yang sedang kamu kerjakan. Sehingga kamu akan memikirkan hal lain dan mengabaikan pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

Maka dari itu, cobalah untuk istirahat dari sosial media ketika sedang melakukan sebuah pekerjaan. Simpan dahulu telepon seluler atau hal-hal yang bisa menghubungkan kamu pada media sosial. Maka kamu bisa lebih berfokus pada pekerjaan yang sedang kamu kerjakan, sehingga konsentrasi kamu akan lebih terjaga.

14. Berlibur

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan berlibur. Apalagi jika kamu bekerja di kantor. Tidak ada salahnya untuk sesekali meluangkan waktu dan pergi berlibur. Selama berlibur, kamu bisa beristirahat dan bepergian ke tempat-tempat yang kamu sukai atau ingin dikunjungi.

Berlibur adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk merefresh kembali pikiran kamu. Ketika selesai berlibur, fokus dan konsentrasi akan kembali lagi seperti semula.

15. Berpikir positif

Berpikir positif adalah sebuah kemampuan berpikir seseorang untuk memusatkan suatu sisi positif dari keadaan diri sendiri, orang lain dan situasi yang sedang atau akan dihadapi. Pikiran adalah sesuatu yang dapat membawa pengaruh besar pada aktivitas sehari-hari.

Ketika kamu berpikir positif, semua kegiatan yang kamu lakukan juga menjadi terarah. Kamu akan fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Akan tetapi, ketika kamu lebih sering berpikir sesuatu yang negatif, itu juga akan merusak aktivitas sehari-hari. Mengerjakan suatu pekerjaan dalam pikiran yang negatif akan membuat kualitas pekerjaanmu menjadi tidak maksimal.

Maka dari itu, cobalah untuk berpikir positif. Tidak hanya akan memengaruhi pekerjaan yang sedang kamu lakukan, tetapi akan membuat kamu ringan dalam mengerjakannya. Hal ini akan membantu kamu untuk memfokuskan kembali pikiran kamu sehingga kamu akan lebih berkonsentrasi mengerjakan sesuatu yang sedang dikerjakan.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian konsentrasi, pengertian fokus, serta cara-cara yang bisa dilakukan supaya tetap bisa fokus ketika sedang mengerjakan suatu pekerjaan. Temukan hal-hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Kunci Kesuksesan: Fokus
Kunci Kesuksesan: Fokus

Beli Buku di Gramedia

Dalam melakukan suatu hal, pasti ada tujuan untuk sukses di dalamnya. Sukses dapat diartikan berbeda-beda. Selain itu, kunci kesuksesan juga memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ebook ini akan membahas mengenai kunci-kunci kesuksesan itu.

Menurut buku ini, kunci kesuksesan bisa beragam, bentuk. Dianalogikan sebagai sebuah kunci pintu. Setiap rumah pasti memiliki bentuk kunci pintu yang berbeda-beda untuk membukanya. Seperti itulah sebuah kesuksesan.

Memiliki beragam kunci yang berbeda untuk membukanya. Buku ini cocok untuk kamu yang ingin mengetahui makna dari sebuah kesuksesan.

Baca juga :

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih