in

Mengenali Sikap Menye-Menye & Cara Menjadi Pribadi Lebih Tegas

Freepik.com

Sikap Menye-Menye – Setiap orang tentunya memiliki beragam karakter juga sikap yang sering ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu sikap yang seringkali membuat orang lain adalah sikap menye-menye.

Apa sebenarnya sikap menye-menye itu? Lalu kenapa kita harus sebisa mungkin menghindari diri untuk bersikap menye menye?

Pengertian Sikap Menye-Menye

Istilah menye-menye seringkali kita temukan dalam bahasa gaul yang biasanya digambarkan untuk seseorang yang sedang dalam perasaan melankolis. Namun yang menjadi tidak baik adalah ketika perasaan melankolis ini terlalu berlebihan dan berada dalam level akut.

Lebih jelasnya sikap menye-menye dalam arti lain adalah sikap ketika seseorang sedang sedih kemudian di menjadi manja dan merajuk secara berlebihan.

Selain itu ketika kita sedang terharu akan sebuah film yang kita tonton atau buku yang kita baca atau juga kondisi apapun yan membuat kit menangis lemah dan tidak karuan bisa juga disebut dengan sikap menye-menye.

Selain sikap beberapa film yang terlampau melankolis atau drama juga bisa disebut dengan film menye-menye karena mengandung kisah percintaan yang terlalu menyedihkan dan menguras perasaan.

Berhenti Bersikap Menye-Menye

Setiap dari kita pasti pernah merasakan kesedihan, kegalauan ataupun juga kehilangan, keadaan ini tentu membuat kita menjadi lemah dan ingin rasanya mengeluh kepada seisi dunia. Namun jika sikap ini telah berlebihan dan akut sehingga menjadi sikap menye-menye, maka kamu harus segera menghindari itu dan berupaya untuk berubah menjadi diri yang lebih baik.

Kita harus memahami diri sendiri dan berhenti bergantung pada orang lain, yakinkan diri bahwa tanpa orang lain kita bisa melakukan banyak hal dengan diri kita sendiri. Lagipula yang harus kita sadari adalah, dunia terlalu indah jika hanya dijadikan tempat untuk berkeluh kesah dan menye-menye. Segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak akan berakhir menjadi sesuatu yang baik.

Sikap Menye-Menye
Pexels.com

Dengan bersikap menye-menye kita kan lupa untuk memperhatikan hal lain yang juga lebih penting. Kita terlalu berkutat dan terjebak dalam diri, enggan untuk move on. Kita juga akan dibutakan dengan hal indah yang ada di dunia, kita akan lupa bahwa ada banyak hal baik di sekitar kita.

Kita akan lupa untuk mengapresiasi diri dan menyadari diri sendiri akan selalu menjadi hal yang paling berharga. Karena itu berhentilah bersikap menye-menye Setiap dari kita harus kuat dan tegas dalam menjalani hidup. Banyak hal yang harus dihadapi ke depan dan akan menjadi tantangan baru dalam setiap lembaran kehidupan.

Menjadi sebuah kerugian, jika kita menghabiskan waktu kita untuk bersikap menye-menye. Kita diciptakan untuk membawa kebaikan, maka berupayalah untuk menghilangkan sikap menye-menye dan berupaya menjadi pribadi yang kuat serta membanggakan.

Sikap Menye-Menye

Contoh Sikap Menye-Menye

Bersikap menye-menye selalu berkonotasi dengan sikap yang dianggap negatif. Ternyata sikap menye-menye ini juga menjadi permasalahan jika tingkah laku itu kita munculkan dalam hubungan percintaan atau asmara kita dengan pasangan, atau dengan pertemanan sekalipun.

Namun terkadang, ketika kita bersikap menye-menye, diri kita sendiri tidak menyadari bahwa kita sedang bersikap menye-menye. Lalu sikap menye-menye apa sih yang harus dihilangkan?

Berikut beberapa pantangan atau hal-hal bersikap menye-menye yang sama sekali tidak boleh kamu lakukan saat sedang menjalin hubungan asmara maupun pertemanan.

1. Mengubah Diri Demi Orang Lain

Salah satu sikap menye-menye adalah terlalu berupaya selalu terlihat luar biasa di hadapan orang lain adalah gambaran dari salah satu sikap menye-menye. Apalagi setelah itu merajuk dan mengeluh bahwa diri kamu tidak baik atau kurang baik, dalam keseharian kamu selalu merasa bahwa ada kekurangan dalam dirimu.

Jadilah diri sendiri, tidak masalah jika kamu ingin merubah diri ataupun mengupgrade diri. Tetapi ingat jangan sampai kamu berubah karena pasanganmu atau circle pertemananmu, hanya untuk memantaskan dirimu bahwa kamu pantas disandingkan dengan teman atau pasangan. Jadilah dirimu sendiri apa adanya, karena jika kamu berbohong, suatu saat akan ketahuan juga.

2. Belum Move On dari Masa Lalu

Setiap orang mungkin pernah mengalami suatu kehilangan atau tragedi di masa lalu. Namun luka di masa lalu itu bukan berarti kamu harus terus berkutat dengan kenangan masa lalu. Yuk bangkit dan berupaya kuat untuk move on dari masa lalu, karena masa lalu itu hanya akan mempersulit dirimu di saat ini dan juga masa depan.

Seperti kata pepatah yang sudah berlalu biarlah berlalu yang harus kamu lakukan adalah berhenti terjebak di masa lalu dan fokus untuk terus memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi.

3. Tidak Mau keluar dari Zona Nyaman

Salah satu sika menye-menye yang mungkin tidak disadari, adalah ketika kamu tidak mau berusaha untuk keluar dari zona nyaman milikmu sendiri. Ketika kamu terus menolak diri dari hal yang baru, maka kamu sedang berupaya untuk menolak juga kesempatanmu bertemu dengan relasi dan hubungan yang baik yang baru.

Kamu tidak boleh terus mengeluh dan enggan untuk bergaul dengan orang-orang yang kamu anggap tidak sesuai dengan dirimu, pada kenyataannya setiap orang di dunia ini dilahirkan berbeda, Dengan kamu yang selalu mengeluh dan menutup diri kamu sudah bersikap menye-menye dan menutup akses relasi yang penting untuk dirimu sendiri.

4. Membenci Diri Sendiri

Mencintai diri adalah suatu sikap penting yang harus kamu miliki, kamu tidak boleh membenci diri dan keadaan dirimu. Bagaimana orang lain bisa mencintai dirimu jika dirimu sendiri tidak pernah memberikan cinta yang besar terhadap dirimu sendiri.

Sikap menye-menye lainnya yang tidak baik adalah dengan bersikap insecure dan meratapi kekurangan diri yang kamu miliki. Kamu harus selalu memastikan bahwa dirimu dan kehidupanmu adalah luar biasa dan syukuri itu.

Karena bahaya lainnya dari insecure adalah ketika kamu tidak mencintai diri kamu sendiri, orang lain juga akan lelah dalam menghadapi insecurity mu itu, dan hubungannya denganmu juga akan merenggang, lagian siapa sih yang mau terus mendengar keluhanmu jika itu sudah berlebihan.

5. Membiarkan Orang Lain Menyepelekanmu

Karena takut untuk tidak memiliki teman, kamu membiarkan dirimu disakiti meskipun temanmu bukanlah orang yang baik untuk dirimu sendiri. Karena sikap menye-menye dan ketakutanmu untuk ditinggalkan oleh orang lain itulah, yang membuat kamu selalu menerima segala hal dan perlakuan dari orang lain tersebut.

Akhirnya kamu terjebak dalam lingkungan dan hubungan yang toxic. Hanya kamu yang bisa menyelamatkan dirimu sendiri, jadi berhenti bersikap menye-menye dan carilah orang yang bisa mendukungmu dengan baik.

Jika tadi kita sudah tahu beberapa contoh dari sikap menye-menye yang mungkin tidak kita sadari, kita juga harus tahu beberapa tips menjalin hubungan yang sehat, dan menghindari sikap menye-menye.

Sikap Menye-Menye

Cara Menjalin Asmara Tanpa Bersikap Menye-Menye

Berbicara tentang cinta, tentunya tidak akan pernah ada kata habisnya. Jika kita mengalami masa jatuh cinta ini, rasanya begitu indah dan hangat. Banyak orang bilang jika kita tidak mencintai, maka hidup kita akan terasa hampa.

Menjadi seorang bucin alias budak cinta adalah suatu perkara yang bukan masalah, boleh kok kita menjadi bucin karena tidak dilanggar oleh Hak Asasi Manusia. Tetapi jadilah bucin yang bersikap kece bukannya menye-menye.

Jadilah seorang bucin yang berkualitas dan memberikan pengaruh positif bagi pasangan. Terkadang kita justru lupa dan tidak menyadari, bahwa menjalin hubungan itu berarti harus bermanfaat bagi diri kita sendiri juga. Karena itu, berikut tips menjalin asmara tanpa sikap menye-menye.

Sikap Menye-Menye
Scaled

1. Siap untuk Kehilangan

Ketika kalian berkomitmen untuk menjalin sebuah hubungan, tentunya prinsip utama yang harus dipegang teguh adalah bersikap ikhlas dan legowo. Sehingga ketika kalian sudah menjalin sebuah hubungan maka kalian harus siap untuk suatu saat akan kehilangannya, karena di dunia ini tidak ada hal apapun yang abadi semua adalah fana.

Bagaimana caranya kita kehilangan? Itu semua adalah rahasia Ilahi. Jadi kalian harus kuat dan bersiap untuk tidak bersikap menye-menye jika suatu saat nanti kalian harus kehilangan.

Meskipun kehilangan itu sangat menyakitkan bukan berarti kalian harus putus harapan dan menangisinya setiap detik, hari, bahkan tahunan. Di balik itu semua, kehilangan justru menjadi awal dari sebuah pengharapan.

2. Berani untuk Saling Memperbaiki

Setiap hubungan yang sehat adalah ketika hubungan itu mengedepankan kesetaraan. Setiap orang yang sedang menjalin hubungan pasti menginginkan hubungannya bisa berakhir menjadi indah. Nah, sebelum itu, hal yang paling utama untuk dilakukan adalah mengatur bagaimana pola komunikasi yang baik dengan pasangan.

Jangan sampai diantara kamu dan pasangan ada salah satu yang mendominasi atau ada salah satu yang terlalu manja. Kalau pasanganmu salah jangan takut untuk mengatakan salah, dan begitu juga sebaliknya. Ketika kalian dihadapkan dalam satu permasalahan jangan sampai emosi menguasai diri, apalagi sampai playing victim merasa paling tersakit. Jadi saling memperbaiki ya!

3. Tetap Harus Bersikap Mandiri

Ketika kalian sedang bucin, biasanya ada pihak yang menjadi manja dan gak bisa melakukan banyak hal dengan sendiri. Masa iya, kamu yang udah dewasa itu ingin semua hal dan kebutuhan yang kamu harus lakukan diurus oleh pasangan?

Hal penting dalam berhubungan adalah tidak terlalu manja dan bergantung terhadap pasangan. Jika kamu bersikap menye-menye dan manja, akibatnya kamu akan kehilangan inovasi dan kreatifitas dalam diri kamu sendiri.

Jika kamu sudah tidak dengan dia, mungkin saja kamu akan kesulitan ketika sedang menghadapi sebuah permasalahan. Nanti malah jadi melankolis, dan nangis terus, menye-menye banget.

Memiliki pasangan atau tidak kamu tetap harus berusaha untuk mandiri. Dan sebagai pasangan yang memanjakan, kita harus berhenti melakukan itu karena hanya akan menjadi penghalang bagi pasanganmu untuk berkembang.

4. Tidak Menutup Diri dan Tetap Bergaul dengan Orang Lain

Ketika seseorang memiliki pasangan, biasanya kebucinan itu menjadikan diri kalian lebih suka kemanapun dengan pasangan. Tak jarang seseorang yang sudah memiliki pasangan kemudian memutuskan tali silaturahmi dengan teman-temannya.

Ingat mencari musuh itu adalah hal yang mudah, tapi mencari teman adalah hal yang sangat sulit. Kan kita tidak tahu, kalau suatu saat nanti kita akan berpisah dengan pasangan, apa mungkin kita akan meratapi nasib dengan tidak memiliki teman?

5. Membangun Kompetisi Baik dengan Pasangan

Bucin yang berlebihan bisa diarahkan menjadi hal yang baik dan bersifat positif. Salah satunya dengan dengan membangun suatu hubungan kompetitif. Pasangan bisa saling berkompetisi satu sama lain, nggak boleh ada yang kebanyakan mengeluh dan semangat bersama.

Misalnya siapa yang lebih cepat lulus kuliah. Yang lebih dulu lulus diberi hadiah, dengan begitu hubungan kamu dan pasangan akan berkembang menjadi hubungan yang positif.

Nah itu adalah bagaimana cara kita bisa menjalin hubungan asmara yang kece dengan tidak bersikap menye-menye. Kita harus bisa bersikap hebat dalam menjalin sebuah hubungan.

Menjadi Perempuan Tegas Bukan Menye-Menye

Sikap menye-menye biasanya diidentikan dengan perempuan. Perempuan seringkali dianggap menye-menye ketika bertingkah lemah. Padahal nyatanya, sikap menye-menye bukan hanya dilakukan oleh perempuan saja.

Sikap menye-menye adalah sikap kurang tegas dalam menghadapi suatu permasalahan. Berikut beberapa cara agar kamu bisa menjadi perempuan yang tegas dan tidak menye-menye.

Sikap Menye-Menye

1. Bahasa Tubuh Kita Harus Tunjukan Rasa Percaya Diri

Bahasa tubuh merupakan bahasa yang berbentuk non verbal. Itu berarti bukan memperlihatkan dengan pembicaraan tapi dengan pembawaan dan gaya, sehingga bahasa tubuh bisa lebih berarti dibandingkan kata-kata.

Mungkin saja kamu bisa mengatakan pada siapapun bahwa kamu adalah perempuan tegas dan mandiri, namun bahasa tubuh tetap dapat memperlihatkan bagaimana dirimu sebenarnya. Dengan bahasa tubuh yang baik, kamu harus bisa menunjukkan kepercayaan diri kamu sendiri.

Bahasa tubuh yang seperti itu, bisa memperlihatkan dirimu yang lebih menawan tegas dan mandiri bukan menye-menye dan lemah.

2. Berbicara dengan Suara Lembut dan Jelas

Saat bicara seharusnya kita berusaha untuk mengatur ritme berbicara, jangan berbicara dengan terlalu cepat atau bahkan juga terlalu lemah dan lambat. Bicara dengan nada lembut tetapi tegas dan juga jelas.

Dengan gaya berbicara yang seperti itu, kamu telah mencerminkan diri kamu sendiri sebagai sosok yang tegas dan juga independen.

3. Usaha Berpenampilan yang Menyenangkan

Penampilan juga menunjukkan tentang citra diri dan bagaimana dirimu. Dengan berpakaian rapi dan menarik kamu dapat menampilkan citra diri yang tegas juga. Dengan berpenampilan yang seperti itu, kamu bisa terlihat menyenangkan dan diterima dimanapun kamu berada.

4. Rencanakan Segala Sesuatu dengan Matang

Seseorang yang tegas dan tidak menye-menye selalu berusaha untuk berpikir terlebih dahulu sebelum akhirnya berbicara. Perkataan yang kita lontarkan, tidak boleh menjadi luka bagi orang lain. Kamu harus beruaya memilih kata kata yang membangun setiap orang bukan menjatuhkannya.

Dengan bertindak secara terperinci sesuai rencana yang tersusun dengan rapi, kamu akan terlihat jauh lebih tegas berwibawa. Dan sikap menye-menye yang mengganggu itu tidak akan muncul.

5. Cepat Mengambil Keputusan

Untuk terlihat tegas dan tidak menye menye yang harus kamu lakukan lainnya adalah berupaya gerak cepat dalam mengambil keputusan. Kamu harus belajar untuk menjadi seseorang yang cekatan dan sigap dalam melakukan hal apapun terutama dalam pengambilan keputusan. Sikap cekatan ini sangat bertolak belakang dengan sikap menye-menye.

Jika kita menjadi seseorang yang selalu terlambat dalam melakukan banyak hal dan juga permintaan, maka itu akan mencerminkan bahwa dirimu tidak memiliki ketegasan. Kita semua harus berani mengambil keputusan dengan secepat mungkin dan juga bijaksana agar kita terlihat jauh lebih tegas.

Demikian ulasan mengenai sikap menye-menye. Kamu juga bisa membaca buku-buku terkait self improvement untuk menambah pengetahuanmu dan bersikap lebih baik dalam menjalani hidup, hanya di Gramedia! Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik untuk Grameds.

Penulis: Aisiti



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda