in

Apa Itu Academic Skill dan Manfaatnya

Academic Skill – Dalam dunia pendidikan, pasti ada yang namanya kemampuan akademik dan nin akademik. Secara sederhana, kemampuan akademik merupakan suatu kemampuan yang berkaitan langsung dengan mata pelajaran yang ada di sekolah atau mata kuliah yang ada di universitas. Sementara itu, kemampuan non akademik merupakan hal-hal yang di luar dari akademik, seperti melakukan les tambahan.

Akan tetapi, di Indonesia sendiri kedua kemampuan itu termasuk ke dalam life skill atau kecakapan hidup. Dengan kata lain, kedua kemampuan tersebut perlu dimiliki oleh setiap orang agar kecakapan hidup yang kita miliki menjadi lebih baik lagi. Bahkan, kemampuan akademik dan kemampuan non akademik dapat dijadikan tolok ukur untuk menilai kecakapan hidup yang dimiliki oleh seseorang.

Kemampuan akademik sering dikenal dengan istilah academic skill yang di mana seseorang akan dianggap memiliki kemampuan ini dengan baik dan bagus ketika mendapatkan ranking atau peringkat di sekolahnya. Semakin tinggi peringkat di sekolah, maka kemampuan akademik peserta didik akan semakin bagus. Namun, semakin rendah peringkat peserta didik, maka kemampuan akademik peserta didik bisa dibilang belum begitu baik. Meskipun, kemampuan akademik peserta didik belum begitu baik, tetapi masih bisa diasah atau dikembangkan, sehingga di kemudian hari kemungkinan besar peserta didik bisa mencapai peringkat yang lebih tinggi di sekolahnya.

Hampir setiap orang tua akan merasa senang dan bangga ketika anaknya memperoleh peringkat di sekolahnya atau memiliki kemampuan akademik yang baik. Meskipun kemampuan akademik seorang peserta didik cukup baik, tetapi harus tetap dipertahankan karena apabila tidak dipertahankan tak menutup kemungkinan bahwa kemampuan akademik akan berkurang, sehingga peringkat di sekolah akan menurun. Pada dasarnya, untuk meningkatkan kemampuan akademik ada berbagai macam, seperti membaca buku, mengerjakan soal-soal, dan lain-lain. Alangkah baiknya, kegiatan mempertahankan atau mengembangkan kemampuan akademik dilakukan secara rutin.

Selain itu, perkembangan kemampuan akademik bukan hanya dipengaruhi oleh diri sendiri, tetapi bisa juga dipengaruhi oleh orang tua dan guru dalam memberikan materi pembelajaran. Dalam hal ini, jika seorang guru memberikan materi pembelajaran dengan baik, maka kemampuan peserta didik dapat berkembang, begitu juga sebaliknya. Sementara itu, peran orang tua juga sangat penting karena dengan dukungan orang tua, seorang anak akan berusaha untuk meningkatkan kemampuan akademiknya. Jadi, untuk para orang tua dan guru jangan pernah bosan untuk mengembangkan kemampuan akademik peserta didik.

Akan tetapi, bagi sebagian orang belum mengetahui betapa pentingnya kemampuan akademik dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang pengertian academic skill atau kemampuan akademik hingga pentingnya kemampuan akademik dalam bidang pendidikan. Jadi, selamat membaca Grameds.

Pengertian Academic Skill

Academic skill atau kemampuan akademik merupakan bagian dari pengembangan kecakapan hidup. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kemampuan akademik adalah kecakapan yang berhubungan dengan materi ilmiah. Oleh sebab itu, kemampuan akademik bisa disebut juga dengan kemampuan berpikir secara ilmiah.

Pada umumnya kemampuan akademik mencakup beberapa hal, yaitu, kecakapan melakukan identifikasi variabel serta menggambarkan hubungan variabel dengan suatu fenomena; melakukan perumusan hipotesis terhadap sebuah rangkaian peristiwa; melakukan rancangan dan melakukan penelitian untuk membuktikan gagasannya. Cakupan-cakupan yang ada pada kemampuan akademik biasanya akan ditemukan pada saat seseorang melakukan penelitian.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa kemampuan akademik merupakan suatu kemampuan yang arahnya lebih tertuju kepada kegiatan-kegiatan yang bersifat akademik keilmuan. Dengan demikian, seseorang yang memiliki kemampuan akademik biasanya akan mampu untuk berpikir secara ilmiah.

Manfaat Academic Skill

Academic skill atau kemampuan akademik sangat penting dalam kehidupan kita, sehingga terdapat beberapa manfaat. Beberapa manfaat academic skill atau kemampuan akademik di antaranya:

1. Mengasah Otak

Seperti yang kita tahu bahwa kemampuan akademik selalu berkaitan dengan materi pembelajaran dan soal-soal. Adanya soal-soal tersebut membuat seseorang harus mengasah otaknya agar bisa menjawab setiap soal-soal yang ada. Selain itu, mengasah otak juga diperlukan untuk mengingat setiap materi pembelajaran. Dengan otak yang semakin terasah, maka seseorang akan cepat untuk berpikir terutama dalam menilai suatu permasalahan yang ada, sehingga solusi akan mudah ditemukan.

2. Dapat Mengetahui Kemampuan Akademik

Manfaat berikutnya yang bisa dirasakan dari kemampuan akademik adalah seseorang bisa mengetahui kemampuan akademik. Dengan diketahui kemampuan akademik yang ada di dalam dirinya, maka seseorang itu akan mudah mengevaluasi kemampuan akademik, sehingga bisa menentukan akademik yang harus dipertahankan nilainya dan akademik yang nilainya harus ditingkatkan, sehingga bisa mendapatkan kemampuan akademik yang terbaik.

3. Mengetahui Minat dan Bakat

Minat dan bakat sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bidang pendidikan dan bidang pekerjaan. Dengan mengetahui minat dan bakat, maka seseorang bisa memaksimalkan minat dan bakat tersebut. Minat dan bakat yang telah dilakukan dengan maksimal akan memudahkan seseorang mencari suatu kegiatan untuk menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Selain mengasah otak, kemampuan akademik juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Konsentrasi sangat penting terutama ketika mengerjakan sebuah tugas. Apabila tingkat konsentrasi menurun, maka tugas-tugas yang dikerjakan akan kurang maksimal.. Lain halnya, dengan tingkat konsentrasi yang semakin meningkat, maka seseorang dapat berpikir secara efektif dan efisien dan dapat meminimalisir kesalahan yang fatal pada pembuatan tugas.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri ini sangat penting untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada saat berhadapan dengan orang banyak. Dengan kemampuan akademik, rasa percaya diri seseorang bisa meningkat. Rasa percaya diri yang semakin meningkat akan memudah seseorang berinteraksi dengan orang lain terutama pada saat melakukan presentasi di depan orang banyak. Selain itu, rasa percaya diri membuat kita percaya akan kemampuan yang kita miliki.

6. Melatih Kejujuran

Terbiasa untuk melakukan hal-hal dengan jujur merupakan salah satu perilaku baik yang bermanfaat dalam kehidupan. Seseorang yang jujur akan mudah dipercaya oleh orang lain, sehingga akan mudah untuk menjalin kerja sama. Untuk membiasakan diri agar bisa melatih kejujuran adalah percaya terhadap kemampuan akademik yang dimiliki dan berusaha untuk tidak mencontek jawaban kepada teman.

Pentingnya Academic Skill dalam Bidang Pendidikan

Academic skill atau kemampuan akademik tak bisa dilepaskan dari dunia pendidikan sekolah karena tanpa adanya kemampuan akademik, maka pendidikan sekolah akan terasa biasa saja. Dengan kata lain, sekolah merupakan tempat untuk mengembangkan kemampuan akademik bagi peserta didik. Dikarenakan sekolah merupakan tempat untuk mengembangkan kemampuan akademik, maka peran guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran akan memengaruhi kemampuan peserta didik seseorang.

Sudah menjadi hal umum bagi banyak orang bahwa ketika masuk ke dunia pendidikan sekolah prestasi akademik akan dilihat. Prestasi akademik ini menandakan kemampuan akademik dari seseorang, sehingga tak sedikit orang yang beranggapan bahwa prestasi akademik yang kurang baik, maka kemampuan akademiknya juga kurang baik. Anggapan ini memang terkesan menyakitkan, tetapi bagi kalian yang memiliki prestasi akademik yang belum baik, jangan khawatir. Hal ini dikarenakan kemampuan akademik bisa dikembangkan mengikuti perkembangan zaman.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Terlebih lagi, kemampuan akademik ini bisa memengaruhi jenjang pendidikan berikutnya. Ketika ingin masuk ke jenjang pendidikan berikutnya, sekolah akan melihat prestasi akademik dari calon peserta didik. Misalnya, seseorang yang baru lulus Sekolah Dasar (SD), ketika masuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) pasti akan dilihat prestasi akademik di SD. Pada umumnya, apabila prestasi akademik di jenjang pendidikan sebelumnya bagus, maka akan mudah menentukan jenjang pendidikan selanjutnya.

Selain itu, selama kita mempertahankan kemampuan akademik agar terus baik, maka ketika masuk ke dunia kerja akan lebih muda karena ilmu pengetahuan umum dan wawasan yang kita miliki sudah tersimpan selama menempuh pendidikan sekolah atau pendidikan perguruan tinggi. Untuk mempertahankan kemampuan akademik memang tidak mudah, sehingga dibutuhkan kesabaran dan tekad yang sungguh-sungguh.

Bagi, seseorang yang belum terbiasa untuk meningkatkan kemampuan akademik, sebaiknya segera mengubah kebiasaan itu. Hal ini perlu dilakukan karena manfaat yang dirasakan akan sangat banyak, mulai dari masuk ke jenjang pendidikan berikutnya, hingga ketika ingin masuk ke dunia kerja. Sebenarnya, ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan akademik, sehingga kita bisa memilihnya yang sesuai dengan karakter dan tingkat kenyamanan. Apabila meningkatkan kemampuan akademik dilakukan dengan nyaman, maka kita akan bahagia dan materi akademik akan mudah masuk ke otak.

Tes Potensi Akademik (TPA)

Pada awal kemunculannya, Tes Potensi Akademik (TPA) umumnya hanya digunakan pada saat menerima mahasiswa baru di perguruan tinggi. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, Tes Potensi Akademik (TPA) berubah fungsi menjadi digunakan untuk menerima karyawan-karyawan baru, baik itu di instansi pemerintahan, di perusahaan swasta, hingga di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bahkan, kegiatan tes ini juga digunakan untuk pengajuan beasiswa atau promosi kenaikan jabatan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kemampuan akademik sangat memengaruhi kehidupan kita apalagi ketika sudah mulai memasuki dunia kerja. Sebelum masuk ke dalam suatu perusahaan dan menjadi perusahaan pasti akan melewati beberapa tahapan yang di mana pada tahapan itu terdapat Tes Potensi Akademik (TPA). Tes Potensi Akademik (TPA) adalah suatu kegiatan untuk mengetes kemampuan akademis atau keilmuan yang dimiliki oleh seseorang.

Dengan adanya kegiatan Tes Potensi Akademik (TPA), maka penyelenggara tes akan mengetahui sekaligus bisa mengukur kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam bidang akademik. Bahkan, penyelenggara kegiatan tes ini, bisa mengetahui pengetahuan umum atau wawasan yang dimiliki oleh seseorang.

Setelah mengukur kemampuan akademik dan mengetahui seberapa luas pengetahuan umum dan wawasan, maka hasil dari kegiatan tes ini akan dijadikan sebagai acuan apakah seseorang yang melamar kerja bisa diterima sebagai karyawan perusahaan atau tidak. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan salah satu standar yang digunakan oleh rekrutmen perusahaan dalam merekrut karyawan baru.

Maka dari itu, ketika menempuh pendidikan, sebaiknya dilakukan dengan maksimal agar kemampuan akademik yang kita miliki semakin meningkat. Kemampuan akademik yang terus meningkat akan bermanfaat untuk diri kita terutama ketika sudah menjadi karyawan di perusahaan karena dengan kemampuan ini, kita bisa mengerjakan dan menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien.

Menjadi karyawan pastinya merupakan hal yang sangat diimpikan oleh setiap orang setelah lulus dari pendidikan yang ditempuhnya, baik itu pendidikan sekolah atau pendidikan perguruan tinggi. Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi seseorang untuk meningkatkan kemampuan akademiknya agar ketika ingin masuk dunia kerja bisa melewati Tes Potensi Akademik (TPA) dan bisa menjadi karyawan di perusahaan. Jadi, sudahkah Anda mengembangkan kemampuan akademik?

Cara Meningkatkan Kemampuan Akademik

Beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan akademik, di antaranya:

1. Niat dan Tekad

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan akademik adalah niat dan tekad. Tanpa adanya niat dan tekad, maka seseorang akan sulit untuk meningkatkan kemampuan akademik. Hal ini dikarenakan dengan adanya niat dan tekad, seseorang akan bersemangat untuk melakukan suatu hal.

2. Banyak Membaca Buku 

Pastinya sudah banyak yang tahu kalau membaca buku itu akan menambah pengetahuan dan wawasan kita, sehingga kita akan mengetahui banyak hal. Oleh karena itu, dengan memperbanyak membaca buku, seseorang bisa meningkatkan kemampuan akademiknya. Jadi, jangan pernah malas untuk membaca buku, Grameds.

3. Evaluasi

Pada umumnya, evaluasi ini dilakukan dengan cara mengulangi suatu materi pelajaran yang telah disimak sebelumnya. Pengulangan materi pelajaran ini akan memudahkan kita untuk mengingatnya kembali, sehingga kita tidak mudah lupa pada materi pelajaran yang telah diberikan. Untuk mengulangi materi pelajaran, sebaiknya dilakukan sesuai kenyamanannya masing-masing, bisa melalui handphone, bisa melalui buku, dan sebagainya.

4. Menghilangkan Sifat dan Kebiasaan Buruk

Kemampuan akademik merupakan suatu sifat dan perilaku yang mencerminkan kebaikan, sehingga untuk meningkatkannya harus menghilangkan sifat dan kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Meskipun mengubah sifat dan kebiasaan buruk cukup sulit, tetapi apabila kita terbiasa menghilangkan sifat dan kebiasaan buruk, maka kita akan mudah untuk melakukan kebiasaan baik.

5. Mengubah Jam Belajar

Kemampuan akademik sangat identik dengan kegiatan belajar, sehingga supaya kita dapat meningkatkan kemampuan akademik sebaiknya mengubah jam belajar. Hal yang perlu digarisbawahi adalah jika sudah menemukan jam belajar yang nyaman jangan mengubah jam belajar.

6. Mengubah Gaya Belajar

Pastinya kita terkadang merasa bosan karena selalu menggunakan gaya belajar yang itu-itu saja, sehingga kemampuan akademik akan sulit untuk meningkatkan. Oleh sebab itu, agar kemampuan akademik dapat terus meningkat tidak ada salahnya untuk mengubah gaya belajar. Gaya belajar yang diubah, sebaiknya disesuaikan dengan kenyamanan setiap individu agar kegiatan belajar tidak membosankan.

7. Menetapkan Target

Seseorang harus menentukan target dalam kehidupannya termasuk dalam menentukan target kemampuan akademik. Adanya target kemampuan akademik yang sudah ditentukan, maka kita akan mudah merencanakan hal-hal yang dapat mengembangkan kemampuan akademik.

8. Mengembangkan Kemampuan Berpikir

Kemampuan akademik akan selalu berkaitan dengan kemampuan berpikir, sehingga ketika kemampuan berpikir ditingkatkan, maka kemampuan akademik bisa meningkat. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir biasanya dilakukan dengan membaca buku, mengerjakan soal-soal, dan lain-lain.

Kesimpulan

Academic skill atau kemampuan akademik merupakan bagian dari life skill atau kecakapan hidup, sehingga kemampuan ini sudah ada sejak seseorang menempuh pendidikan di sekolah. Dengan adanya kemampuan ini, kita akan tahu sampai di mana kemampuan akademik yang kita miliki. Bahkan, dewasa ini, kemampuan akademik sangatlah penting karena bisa memengaruhi Tes Potensi Akademik ketika ingin melamar pekerjaan. Jika hasil tes tersebut memiliki nilai baik, maka peluang untuk menjadi karyawan di perusahaan semakin besar.

Oleh sebab itu, jangan pernah malas dan menunda-nunda diri untuk mengembangkan kemampuan akademik. Kamu bisa melakukan berbagai macam cara yang nyaman dan menyenangkan untuk menghilangkan rasa malas ketika ingin mengembangkan kemampuan akademik. Jadi, mulailah dari sekarang kemampuan akademik kamu kembangkan.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu