in

Contoh Motto Hidup: Pengertian, Contoh & Rekomendasi Buku

unsplash.com

Contoh Motto Hidup – Setiap manusia menginginkan hidup yang bahagia. Semua orang memiliki standar bahagianya masing-masing. Namun, bahagia sering kali dikaitkan dengan pencapaian dalam hidup. Saat seseorang sudah mencapai fase tertentu, maka seseorang tersebut akan menganggap telah berhasil menggapai kebahagiaan.

Setiap manusia tentunya memiliki tujuan hidup, mimpi atau cita-cita masing-masing. Seseorang biasanya memerlukan motto hidup untuk meraih mimpi dan cita-citanya. Motto hidup berdampak baik pada diri mereka, karena dapat membentuk cara seseorang dalam berpikir dan bertindak. Bahkan, setidaknya seseorang memerlukan motto hidup dalam menjalani kehidupan ini.

Dalam proses meraih kehidupan yang bahagia dan berhasil itu, seseorang tentunya memiliki kata-kata atau nasihat yang dipegang serta motto hidup dalam dirinya masih-masing. Biasanya, setiap orang memiliki motto hidup yang berbeda-beda.

Nah, bagi Grameds yang belum memiliki motto hidup dalam menjalani kehidupan ini. Artikel ini akan memuat tentang: apa sih motto hidup? apa saja contoh motto hidup dari tokoh-tokoh besar dan berpengaruh di dunia? Apa saja rekomendasi buku-buku yang memuat contoh motto hidup. Semuanya lengkap akan dijelaskan pada artikel ini ya, Grameds!

Apa itu Motto Hidup?

Moto (bahasa Inggris: motto) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai kalimat, frasa, atau kata yang digunakan sebagai semboyan, pedoman, pedoman, atau prinsip seperti “berani karena benar”. Definisi lain yang agak mirip memberikan arti bahwa motto merupakan kalimat, frasa, atau kata sebagai semboyan atau pedoman yang menggambarkan motivasi, semangat, dan tujuan dari sebuah organisasi.

Secara sederhana, motto hidup merupakan ungkapan yang bisa memberikan semangat kepada diri kita sendiri dalam menjalani kehidupan, agar tetap bertahan dan semangat pantang menyerah melewati rintangan-rintangan yang ada dalam hidup. Jika seseorang memiliki motto hidup, kehidupan dapat menjadi lebih terarah.

Pengertian lain tentang motto hidup dijelaskan oleh Nora Afizaa, bahwa motto hidup merupakan suatu ungkapan atau pernyataan yang bersifat positif dan mampu membangun semangat dan biasanya dijadikan sebagai sebuah prinsip atau pegangan hidup bagi diri mereka masing-masing.

Kita bisa menemukan motto hidup dalam buku-buku tentang biografi tokoh, koran, tugas akhir: skripsi, tesis, dan disertasi, dan tentunya di artikel ini. Kutipan dari motto hidup biasanya berasal dari tokoh-tokoh yang besar dan berpengaruh.

Apa Saja Contoh Motto Hidup?

Sebenarnya, ada banyak motto hidup yang bisa kita temukan. Entah itu motto hidup sukses, unik, lucu, motto hidup singkat namun bermakna, motto hidup muslim, dan lain-lain. Berikut ini 28 contoh motto hidup, diantaranya contoh motto hidup dari tokoh yang sukses dan berpengaruh di dunia!

  1. Helen Keller seorang penulis, aktivis, dan dosen di Amerika berkata: “Hidup merupakan petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali”.
  2. Seorang politikus dan motivator Amerika yang terkenal di dunia bernama Les Brown berucap: “Hidup menjadi berarti ketika Anda menjadi termotivasi, memiliki tujuan, dan mengejarnya dengan cara yang tak bisa terbendung”.
  3. Dale Carnegie seorang penulis buku berjudul Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain sekaligus pengajar dan motivator memberikan motto hidup bahwa: “Hari ini adalah hidup, satu-satunya hidup yang kita yakini. Saatnya memanfaatkan hidup dengan sebaik-baiknya. Jika kita tertarik dan minat terhadap sesuatu hal, bangunkan diri kita. Kembangkan hobi yang dipilih. Hiduplah hari ini dengan penuh semangat”.
  4. “Dalam kehidupan ini terdiri dari kesalahan dan belajar, menunggu dan terus tumbuh, berlatih sabar, serta gigih”, merupakan contoh hidup yang diungkapkan oleh Billy Graham, seorang tokoh kebangunan rohani yang berasal dari Amerika Serikat abad ke-20.
  5. Rosa Parks yang dikenal sebagai aktivis hak-hak sipil, reformis sosial, dan advokat keadilan rasial mempunyai motto hidup: “Setiap orang harus menjalani hidup sebagai model atau contoh bagi orang lain”.
  6. Tony Robbins seorang motivator yang terkenal di dunia memiliki motto hidup: “Belajar bagaimana menggunakan rasa sakit dan kesenangan merupakan rahasia kesuksesan. Bukan rasa sakit dan kesenangan yang menggunakan atau mengendalikanmu. Jika kamu melakukan itu, kamu mengendalikan hidupmu. Jika tidak, hidup yang akan mengendalikanmu”.
  7. Presiden Amerika Serikat ke-40 Ronald Reagan memiliki motto hidup: “Filosofi hidup Ronald Reagan adalah bahwa jika kita tidak memutuskan apa yang akan kita buat dalam hidup kita (rencana), kemudian bekerja keras untuk mencapai suatu yang menjadi tujuan, kita tidak akan pernah kalah. Entah bagaimanapun caranya, kita akan menang”.
  8. Matt Cameron memiliki motto hidup yang singkat, namun bermakna: “Jalani kehidupan yang ada dengan sepenuhnya, dan fokus pada segala hal yang positif”. Motto hidup Mat Cameron ini berarti setiap orang harusnya berfokus kepada hal-hal yang positif atau baik saja dan mulai melupakan segala hal negatif yang tidak akan membantu mereka untuk berkembang menjadi yang lebih baik.
  9. Paulo Coelho seorang novelis berkebangsaan Brasil menulis motto hidup: “Ingatlah mimpi Anda dan perjuangkan mimpi itu. Kita harus mengetahui apa yang kita inginkan dalam hidup ini. Ketakutan dan kegagalan hanya akan membuat mimpimu itu menjadi mustahil untuk digapai”.
  10. Thomas Alva Edison penemu dan pengusaha yang mengembangkan peralatan penting mengungkapkan: “Banyak kegagalan dalam hidup terjadi pada orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan saat mereka memilih menyerah”.
  11. Seorang pendiri Ford Motor Company bernama Henry Ford mempunyai motto hidup: “Siapapun yang berhenti belajar, akan menjadi tua, baik pada usia dua puluh atau delapan puluh. Sedangkan, siapapun yang memilih terus belajar, dirinya akan tetap muda. Hal terbaik yang ada dalam hidup ini adalah menjaga pikiran kita agar tetap muda”.
  12. “Petualangan terbesar yang bisa kita lakukan yaitu menjalani kehidupan yang kita impian”, merupakan contoh motto hidup dari Oprah Winfrey seorang selebriti dan pengusaha asal Amerika Serikat.
  13. Michael Jordan legenda basket yang berasal dari Amerika ini mempunyai motto dalam hidupnya: “Saya telah berulang kali merasakan kegagalan dalam hidup saya, itu sebabnya saya bisa berhasil”.
  14. “Jika kita tidak merencanakan rencana dalam hidup kita sendiri, kemungkinan yang akan terjadi ke depan adalah kita akan jatuh ke dalam rencana orang lain”, adalah contoh motto hidup yang diutarakan oleh Jim Rohn, seorang pengusaha dan motivator yang terkenal di dunia.
  15. Ralph Waldo Emerson seorang penulis esais, dosen, dan penyair berkebangsaan Amerika Serikat beranggapan bahwa: “Semua kehidupan di dunia ini adalah eksperimen. Jika kita sering bereksperimen, kita telah melakukan sesuatu yang tepat”.
  16. Dalai Lama, seorang kepala pemerintahan Tibet antara abad XVII mengungkapkan: “Tujuan utama dalam hidup ini yaitu membantu orang lain. Jangan menyakiti mereka, jika kita tidak bisa membahagiakan mereka”.
  17. Konfusius berpendapat bahwa: “Hidup ini sungguh sangat sederhana, tapi kita yang membuatnya rumit”.
  18. Norman Vincent Peale mengungkapkan bahwa: “Ubah pikiranmu dan kau akan dapat mengubah duniamu”.
    Motto hidup dari Norman Vincent Peale ini bermakna mengajarkan pada kita untuk mulai mengubah cara kita dalam berpikir. Semua yang ada dalam diri manusia ada pada pikirannya. Dengan pikiran, kita dapat mempengaruhi segala sikap. Pikiran yang baik juga bisa mengantarkan kita menuju jalan kesuksesan. Norman Vincent Peale menyebutkan, dengan pikiran yang baru, kita akan menemukan yang baru juga.
  19. Fisikawan terbesar sepanjang masa Albert Einstein berkata: “Bila kamu ingin hidup yang bahagia, terikatlah kepada tujuan, dan bukan orang atau benda”.
    Ungkapan Albert Einstein ini bermakna bahwa jika kamu masih berharap hanya pada manusia atau benda saja, harus mulai sekarang ubahlah itu semua. Kita harus fokus dengan tujuan yang ada. Tujuan dalam hidup sifatnya konsisten dan tidak akan pernah berubah. Beda halnya dengan manusia, ia akan mudah berubah dan bahkan meninggalkan kita. Kita harus berfokus hanya pada tujuan kita!
  20. Ada kata-kata menarik dari Lao Tzu seorang ahli filsafat yang berkata bahwa: “Terlalu memedulikan apa yang orang pikirkan dan kau akan selalu menjadi tahanan mereka.
    Ungkapan Lao Tzu ini mengimplikasikan bahwa tidak selalu peduli dengan perkataan orang lain itu merupakan hal yang baik. Jika kepedulian itu berlebihan, itu hanya akan merugikan diri kita sendiri.
    Bagi kita yang masih terlalu sering memikirkan omongan dari orang lain. Saatnya berubah dan jangan terlalu pusing dengan omongan orang lain. Itu hanya akan berdampak kerugian dan membuat diri kita sendiri tidak maju.
    Namun, segala kritik dan saran dari orang lain perlu diterima dengan baik. Kritik dan saran akan membangun dirimu dan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan. Menampung kritik yang baik dan membuang yang tidak bermanfaat buat diri kita.
  21. Maya Angelou seorang penulis puisi dan skenario, orator, dan aktris Afrika-Amerika memiliki motto hidup: “Jika kita tak suka terhadap sesuatu, maka ubahlah. Jika kita tidak bisa, maka ubahlah cara pandang kita terhadap sesuatu tersebut”.
  22. Steve Jobs seorang yang sukses menjadikan Apple sebagai pemimpin dalam pasar dunia teknologi berpendapat bahwa: “Waktu kita terbatas, jangan menghabiskan waktu yang kita punya dengan mengurusi kehidupan orang lain”.
    Kita sadar ataupun tidak, biasanya kita terlalu sibuk dengan urusan orang lain yang tak penting. Bahkan, kita rela kehilangan banyak waktu karena urusan yang tidak terlalu penting itu. Kita boleh mengurusi orang lain namun dengan tetap mengetahui batasannya.
    Jika hanya mengurusi hal-hal negatif dari orang lain, maka ini adalah kegiatan yang tidak bermanfaat untuk diri kita sendiri. Sebelum mengurusi orang lain, alangkah baiknya kita mengurusi diri sendiri dulu.
  23. Bobby Unser memiliki motto hidup bahwa: “Sukses ialah saat persiapan dan kesempatan bertemu”.
    Ungkapan ini bermakna bahwa, saat kita melihat hasil dari kesuksesan orang lain,kita tidak melihat bagaimana perjuangan seorang tersebut dalam menggapai kesuksesan itu. Kesuksesan tidak hadir dengan instan. Kesuksesan diraih melalui proses yang tidak instan.
    Kesuksesan perlu dimulai dengan tindakan yang konsisten. Kesuksesan dipersiapkan dengan matang dengan fokus pada tujuannya. Pantang menyerah dan tetap semangat akan melengkapi perjalanan kita dalam menuju kesuksesan.
  24. Aristotle Onassis menyebutkan bahwa: “Rahasia kesuksesan yaitu dengan mengetahui yang orang lain tidak tahu”.
  25. “Jangan menunggu. Takkan pernah ada waktu yang tepat”, merupakan motto hidup yang ditulis oleh Napoleon Hill.
  26. “Hidup bisa dipahami dengan berpikir ke belakang. Namun, ia juga harus dijalani dengan berpikir ke depan”. Contoh motto hidup tersebut ditulis oleh Soren Kierkegaard seorang penulis buku.
  27. Conan O’Brien berpendapat bahwa, “Bekerja keras dan bersiap baiklah. Hal luar biasa akan terjad”. Motto hidup ini berarti hidup yang luar biasa akan terjadi saat kita bekerja dengan baik. Kita hanya perlu berbuat baik dan tanpa perlu untuk melakukan hal-hal neko.
  28. “Tidak ada eskalator dalam meraih kesuksesan. Kita harus menaiki tangga”.

Tentu saja, kesuksesan harus kita perjuangkan. Kita tidak bisa hanya dengan menunggu kesuksesan. Kesuksesan perlu diperjuangkan.

Kita bisa memulai meraih kesuksesan dengan berusaha disiplin dalam hidup. Mari menikmati proses yang ada sekarang. Tak boleh menyerah. Terus menerus menanam semangat dan hal-hal baik.

Rekomendasi Buku-Buku Tentang Motto Hidup

Berikut ini beberapa rekomendasi buku-buku yang memuat tentang motto hidup, di antaranya:

1. Inspirasi & Motivasi Bob Sadino karya Irma El-Mira

Contoh Motto Hidup

Bob Sadino cukup terkenal dalam dunia pengusaha. Bob Sadino merupakan pengusaha sukses dan penginisiasi sistem tanam hidroponik di Indonesia.

Jika berbicara soal Bob Sadino, biasanya orang-orang hanya akan membicarakan kesuksesan yang telah ia dapat. Padahal, Bob Sadino harus memulai segalanya dari nol dengan usaha, kerja keras, dan waktu yang tidak singkat. Banyak sisi kehidupan dan cerita tersembunyi di balik kesuksesan Bob Sadino yang masih jarang diungkap dan tidak diketahui oleh orang-orang.

Di buku Inspirasi & Motivasi Bob Sadino karya Irma El-Mira ini, pembaca bisa menemukan proses di balik kesuksesan yang berhasil diusahakan oleh Bob Sadino. Sebelum belajar berbisnis, Bob Sadino berpesan agar belajar untuk menjadi manusia yang bisa menghargai kehidupan. Lebih lanjut, Bob Sadino memberikan semangat untuk jangan menyerah, tetap berusaha, dan jangan takut terhadap risiko yang akan ditemui. Tidak ada hasil yang menghianati proses.

2. Inspirasi & Motivasi Steve Jobs karya Irma El-Mira

Contoh Motto Hidup

Hampir semua orang mengenal tokoh bernama Steve Jobs. Seorang yang sukses menjadikan Apple sebagai pemimpin dalam pasar dunia teknologi. Meskipun hampir semua orang mengenal tokoh yang satu ini, tidak semua orang mengetahui kehidupan Steve Jobs. Keberhasilan Steve Jobs selalu menjadi pembicaraan khalayak. Padahal, di balik keberhasilan yang telah diraih, ada kisah yang jauh lebih besar.

Lika-liku kehidupan Steve Jobs diabadikan dalam buku ini, fase-fase jatuh hingga konflik keluarga yang telah dialami oleh Steve Jobs ditulis dengan apik oleh dalam buku ini. Steve Jobs menekankan bahwa kepercayaan pada diri sendiri merupakan hal utama, karena bagaimana kita menilai diri sendiri akan terpancar pada usaha dan hasil yang nantinya kita dapatkan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

3. Seni Hidup Tanpa Beban karya Ardhina Nugrahaeni

Contoh Motto Hidup

Buku ini akan membantu pembacanya dalam melihat hidup dengan pandangan yang berbeda-beda. Penulis menyuguhkan secara praktik menjalani hidup tanpa beban yang bisa aplikasikan dalam hidup yang serba kekinian seperti sekarang. Nah, buku Seni Hidup Tanpa Beban karya Ardhina Nugrahaeni ini, akan membuat pembaca melihat hidup yang berbeda dan bermakna! Menuju hidup tanpa beban.

Nah, itulah artikel ulasan tentang contoh motto hidup. Semoga bermanfaat ya, Grameds!

BACA JUGA:

  1. List Buku Kumpulan Quotes, Kata Bijak, Kata Mutiara Best Seller 
  2. Quotes Bijak Haemin Sunim tentang Cinta & Kehidupan 
  3. Kumpulan Kata-Kata Bijak dari Orang-Orang Terkenal di Dunia 
  4. 34 Kata-Kata Bijak Tentang Perjuangan dan Semangat Muda 
  5. 28 Quotes Persahabatan Penuh Makna Paling Menyentuh 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda