in

Cara Mengejar Impian dan Berbagai Tipsnya

Cara mengejar impian adalah suatu hal yang secara alami diinginkan oleh sebagian besar umat manusia yang hidup di dunia. Hanya saja, dalam perjalan mengejar impian tersebut, banyak orang yang tidak sanggup untuk mewujudkannya. Setiap orang memiliki jalan yang berbeda-beda dalam mengejar impian mereka.

Ada orang yang dianugerahi perjalanan yang mudah dan ada juga orang yang menemui banyak hambatan dalam proses mencapai impiannya. Namun, hal itu bukanlah sebuah alasan. Terbukti banyak orang yang berhasil mencapai mimpi-mimpinya, walaupun dengan banyak kegagalan dan penuh pengorbanan.

Dalam menjalani hidup, seseorang perlu untuk selalu melakukan evaluasi terhadap diri mereka setiap saat. Sikap evaluatif menjadikan seseorang akan lebih peka dan lebih paham tentang jalan yang harus dilalui untuk mewujudkan impiannya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk lebih pasti dalam proses mengejar impian.

Tips & Cara Mengejar Impian

1. Mengejar Impian dengan Menentukan Goal Secara Spesifik.

atomic habits

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mengejar impianmu adalah dengan menetapkan goal atau tujuan secara spesifik terlebih dahulu. Salah satu masalah yang hampir selalu dihadapi oleh seorang pengejar mimpi adalah melakukan sesuatu tanpa tahu tujuan yang diinginkannya.

Nah, dengan mengetahui apa yang Kamu inginkan semasa hidup. Maka Kamu dapat mulai memantapkan diri untuk membuat tujuan dalam hidup. Tujuan sendiri harus memiliki sifat yang spesifik, nyata, dan jelas. Dengan memahami apa impian yang ingin Kamu capai, tentu Kamu akan lebih mudah dalam menentukan berbagai langkah berikutnya dan menghadapi berbagai tahapan selanjutnya.

Misalnya, apabila Kamu ingin menjadi orang terkenal. Cobalah untuk memperjelas bayanganmu tentang orang terkenal. Mungkin, orang terkenal yang kamu inginkan adalah seorang penyanyi, aktor, presenter, atau bahkan politisi. Hal ini akan dapat membuat Kamu memiliki gambaran yang lebih nyata dan lebih jelas dalam melakukan berbagai langkah kedepannya.

2. Mewujudkan dan Mengejar Impian dengan Konsisten

Cara kedua yang perlu dilakukan untuk mengejar impianmu adalah dengan mewujudkan impianmu dengan konsisten. Dengan mulai menyelaraskan pola pikir, energi, dan kemampuan, Kamu dapat lebih percaya diri dalam menguatkan tekad dalam menempuh berbagai tahap. Maka dari itu, Kamu perlu mengubah impian sebagai sebuah tekad yang sangat kuat di dalam hatimu.

Sebagai contoh, apabila Kamu memiliki impian untuk menjadi seorang Make up artist (MUA) yang terkenal. Maka tekad yang harus Kamu miliki adalah keinginan kuat untuk selalu berusaha untuk selalu belajar tentang dunia tata rias. Kamu dapat melakukan langkah awal dengan membuat portofolio setiap hasil make up yang buat. Selanjutnya, Kamu juga bisa mengikuti berbagai ajang perlombaan untuk semakin mengasah kemampuan dalam make up sekaligus memperkenalkan namamu kepada banyak orang.

Disinilah kekuatan tekad dan konsistensi sangat diperlukan. Setiap impian pada dasarnya membutuhkan semangat dan kerja keras untuk bisa mewujudkannya. Oleh karena itu, diperlakukan keselarasan antara energi, pikiran, dan kemampuan agar Kamu dapat memiliki tekad yang kuat untuk berusaha mewujudkan impianmu setiap saat.

3. Belajar dari Orang yang Sudah Berhasil

sang pemimpi

Cara ketiga yang perlu dilakukan untuk mengejar impianmu adalah belajar dari orang yang sudah berhasil terlebih dahulu sebelum Kamu. Pada saat Kamu memutuskan untuk memantapkan diri menjadi seseorang yang Kamu inginkan di masa depan. Kamu diharuskan untuk memiliki ilmu yang bisa membantu dalam proses mengejar impian.

Di era internet seperti sekarang, ada banyak ilmu yang bisa kamu akses, mulai dari pendidikan secara online maupun bertemu secara langsung dengan orang yang sudah berhasil. Dengan belajar, Kamu akan memiliki pemahaman yang cukup tentang kenyataan terkait impianmu. Tentu hal ini akan semakin membuat Kamu menguatkan tekad dalam berusaha.

dengan selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan masa lalu. Mindset selalu ingin menjadi lebih baik dibanding sebelumnya, merupakan suatu tanda bahwa Kamu selalu maju dan tidak berjalan di tempat.

Salah satu contoh bagi Kamu yang memiliki impian menjadi pengusaha roti. Hal pertama yang bisa Kamu lakukan tentunya adalah belajar dari seminar bisnis. Selain itu, Kamu juga dapat menemui seorang Kamu anggap telah berhasil dan sukses dalam berbisnis roti. Salah satu usaha yang tidak mudah adalah belajar dengan orang lain. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Kamu ambil ketika menemukan lingkungan yang mendukung, bahkan bisa jadi Kamu dapat mendapatkan bantuan atau bentuk kerja sama.

4. Membicarakan Impianmu Kepada Seseorang yang Kamu Percayai

Cara keempat yang perlu dilakukan untuk mengejar impianmu adalah membicarakan impianmu kepada orang lain yang kamu percayai. Selain dapat Kamu percayai alangkah lebih baiknya orang lain tersebut bisa memberikan pengaruh terhadap hidupmu, baik itu semangat, motivasi, teladan, dan lain sebagainya.

Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa impian tidak boleh diceritakan kepada orang lain. Namun, hal itu bisa menjadi baik apabila diolah dengan benar. Adanya dukungan dan dorongan dari orang lain memiliki pengaruh kuat agar Kamu dapat selalu berusaha untuk mengejar tujuan dari hidupmu.

Beberapa bantuan yang bisa Kamu dapat apabila membicarakan impian kepada orang lain, misalnya seperti membantu mencari informasi tentang kursus agar mendapatkan kelas yang murah dan berkualitas atau bisa jadi sebuah bantu dalam bentuk finansial. Oleh karena itu, pilihlah seseorang yang bisa memberikan pengaruh kepada dirimu pada saat Kamu bercerita. Meskipun cukup selektif, tapi ini akan semakin mendorong Kamu untuk mencapai impianmu.

5. Bangun Kebiasaan Kecil Setiap Hari

Cara kelima yang bisa Kamu lakukan untuk mengerjar impianmu adalah membangun kebiasaan kecil setiap hari. Dalam proses meraih cita-cita, seseorang perlu menyusun berbagai langkah untuk mencapainya, baik itu langkah kecil maupun langkah besar. Pada akhirnya, semua mimpi bisa terwujud apabila dilakukan usaha dengan penuh kesabaran. Oleh karena itu, Kamu dapat memulai meraih impian dengan langkah kecil terlebih dahulu.

Hampir semua orang yang memiliki keinginan terhadap sesuatu secara instan. Hanya saja, banyak hal yang tidak bisa dicapai secara instan. Dan, bisa dikatakan tidak hal yang bisa dicapai secara instan dan cepat. Perjalanan dalam meraih cita-cita merupakan perjalanan tentang menemukan tujuan hidup. Maka dari itu, proses yang baik akan melahirkan hasil yang baik pula.

6. Tidak Menunda-nunda Pekerjaan.

Cara keenam yang dapat Kamu lakukan untuk meraih impianmu adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Sifat menunda pekerjaan ini sendiri biasa disebut dengan prokrastinasi. Sifat ini dapat dipahami sebagai sebuah kebiasaan menunda sesuatu yang penting demi hal lain yang tidak lebih penting.

Apabila Kamu menginginkan sesuatu, pada dasarnya tidak perlu hingga menunggu besok atau bulan depan bahkan tahun depan. Dengan melakukan langkah pertama setiap menginginkan sesuatu. Maka langkah tersebut bisa disebut sebagai satu langkah pasti yang akan menentukan wujud impianmu di masa yang akan datang.

Namun, sebagai manusia yang bisa capek dan penat. Kamu bisa mencoba untuk mengendurkan ritme ketika pada saat bekerja. Hal itu bisa dilakukan ketika ada hal yang lebih penting dan darurat sehingga perlu diselesaikan dahulu. Kamu juga boleh menikmati waktu sejenak dan rehat dari pekerjaan ketika sudah sesuai target yang dibuat.

7. Menghindari Keinginan yang Bisa Merugikan

Cara ketujuh yang bisa Kamu lakukan untuk meraih impian adalah menghindari keinginan untuk menjadikan semua pilihanmu sempurna. Manusia pada dasarnya memiliki menginginkan sesuatu yang baik untuk dirinya, misalnya seperti keinginan untuk menempuh perjalanan dalam mewujudkan impian dengan lancar dan cepat. Namun, tidak ada yang bisa menjamin bahwa perjalanan seseorang dalam meraih impian bisa terjadi sesuai rencana.

Oleh karena itu, dalam memilih keinginan untuk mewujudkan sebuah impian. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah memperkirakan risiko yang akan terjadi apabila Kamu memilih dan menginginkan sesuatu. Ada baiknya memilih risiko yang mampu Kamu tanggung dan bisa diambil pengalaman dari pilihan itu.

Sebagian orang sering kali akan menemukan sebuah hambatan apabila memiliki sikap perfeksionis. Perfeksionis sendiri dapat dipahami sebagai sebuah sikap yang mengingkan sesuatu menjadi terlihat sempurna, sehingga tidak akan sangat terganggu dengan berbagai kekurangan kecil. Dengan menjadi perfeksionis, kamu merasa ada detail kecil yang mengganggu perjalanan, seperti sebuah kegagalan.

Dalam konteks meraih impian, dengan menyelesaikan sesuatu secara sempurna tanpa ada kesalahan kecil akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Cobalah untuk berfokus pada setiap perkembangan dan tujuan yang sudah Kamu tentukan. Hal ini akan memberikan rasa percaya diri dan energi positif yang baik bagi Kamu untuk meraih impian.

8. Move On

Cara terkahir yang perlu Kamu lakukan dalam meraih impian adalah selalu berpikir ke depan. Istilah move on sangat baik apabila Kamu terapkan pada setiap hal dalam hidup. Namun, move on bukan berarti melupakan masa lalu sepenuhnya ya. Move on lebih seperti memandang masa lalu sebagai sesutau yang sudah tidak bisa diubah, melainkan sebagai evaluasi untuk selalu maju.

Di masa lalu, mungkin Kamu pernah menemui sebuah kegagalan pada saat mencoba meraih impianmu. Baik itu kegagalan ketika mengikuti sebuah kompetisi, kerugian pada saat berbisnis, hingga ada banyak cemoohan dari orang di sekitarmu. Tentu saja hal itu sangat pahit apabila diingat. Oleh karena itu, cara berpikir yang perlu dibangun adalah menjadikan masa lalu sebagai bahan untuk selalu berubah di masa depan.

Dalam proses meraih impian, seseorang bisa dipastikan dipaksa untuk menghabiskan kegagalannya. Menjadi hal yang wajar apabila seseorang mengalami perasaan sedih dan menangis ketika menghadapi sesuatu yang berat. Hanya saja, menangis atau bersedih dalam waktu yang lama tidak akan bisa mengubah sesuatu. Akan selalu ada kesempatan berubah bagi seseorang yang ingin memperbaiki masa lalunya.

Cobalah untuk melihat kalender, maka Kamu akan dapat melihat ada banyak waktu dan kesempatan yang masih bisa Kamu lakukan. Jangan terlalu fokus terhadap masa lalu. Terlalu fokus pada masa lalu justru akan menghambatmu untuk terus maju ke depan. Terlalu memikirkan masa lalu akan menjadikanmu sosok yang ragu, tidak percaya diri, dan tidak berani mengambil kemungkinan dalam hidup. Masa lalu adalah sebuah pembelajaran yang baik untuk menyusun masa kini dan masa depan.

Demikian adalah delapan cara meraih impian. Memiliki impian adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh seorang manusia. Dengan memiliki impian, seseorang bisa memiliki kehidupan yang terarah sehingga menemukan alasan hidup di dunia. Selamat Mencoba.

Rekomendasi Buku & Atikel Terkait Cara Mengejar Impian



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam