in

Kenali Cara Agar Tidak Stres Menurut Islam dan Psikologi

Cara Agar Tidak Stress – Stres merupakan suatu reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) jika terdapat perubahan dari lingkungan yang kemudian mengharuskan seseorang untuk menyesuaikan diri. Selain itu, stres juga menjadi bagian alami serta penting dari kehidupan, namun jika berlangsung secara terus menerus dalam waktu yang lama hal ini kemudian dapat merusak kesehatan seseorang.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kalau setiap orang mencari tahu cara agar tidak stres. Dengan begitu, kehidupan yang dijalani bisa menjadi lebih nyaman. Namun, terkadang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara agar tidak stres. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara agar tidak stres. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Dampak Stres pada Kesehatan

Kenali Cara Agar Tidak Stres Menurut Islam dan Psikologipixabay

Stres yang berkepanjangan dapat memicu berbagai penyakit. Ketika stres, tubuh kita akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih cepat. Selain itu hormon-hormon ini kemudian juga akan membuat seseorang menjadi lebih mudah merasa lelah.

Selain itu, daya tahan tubuh seseorang yang sedang stres juga akan terus mengalami penurunan. Pikiran yang stres yang akan membuat tubuh menjadi lebih sulit dalam melawan virus atau bakteri serta kamu pun menjadi lebih mudah terkena penyakit. Terdapat beberapa penyakit yang bisa kamu alami saat stres, diantaranya:

  1. Gangguan pencernaan, seperti diantaranya iritasi usus besar, kolitis ulseratif, gastritis, serta  GERD
  2. Masalah pada kulit serta rambut, seperti diantaranya rambut rontok permanen, eksim, psoriasis, serta jerawat
  3. Disfungsi seksual, seperti diantaranya ejakulasi dini, impotensi, serta hilangnya hasrat seksual
  4. Gangguan menstruasi, atau memperparah gejala PMS
  5. Obesitas serta gangguan makan lainnya
  6. Penyakit kardiovaskular, seperti diantaranya stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, serta penyakit jantung
  7. Gangguan mental, seperti diantaranya kecemasan, depresi, juga gangguan kepribadian
  8. Sakit kepala serta gangguan tidur

Agar stres tak semakin berat ataupun menimbulkan masalah kesehatan, penting bagi setiap orang untuk dapat mengurangi serta mengendalikan stres dengan baik.

Cara Mengatasi Stres Menurut Islami

Kenali Cara Agar Tidak Stres Menurut Islam dan Psikologipixabay

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi stres dari pandangan Islam.

1. Mengenal dan Mendekat kepada Allah

“Apakah mereka tak melihat Allah-Dia yang kemudian menciptakan langit serta bumi dan tak lelah dengan menciptakan mereka-memiliki kekuatan untuk menghidupkan orang mati? Dia juga memiliki kuasa atas berbagi hal.” (QS 46: 33).

Saat stres melanda, ingatlah bahwa kita tak hidup sendirian di dunia ini. Allah juga demikian dekat dengan hamba-Nya serta akan mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan. Namun seringkali kita lupa dan membuat diri menjadi lebih sibuk pada perasaan stres yang ada. Oleh sebab itu, kita dapat melepaskan kecemasan dan membiarkan Allah SWT bekerja. Bahkan, sekalipun belum dapat melihat hikmah di balik segala sesuatu.

2. Menjalankan Shalat

“Dan kalian semua mintalah pertolongan dengan cara dilingkupi juga dengan kesabaran serta (mengerjakan) sholat, karena sesungguhnya shalat berat dilakukan terkecuali oleh orang-orang yang khusuk.” (QS 2:45).

Shalat dapat menjadi solusi bagi kita untuk menghilangkan stres dan berbagai kecemasan yang kita miliki. Kita dapat menyerahkan diri kepada Allah SWT, karena Ia lah yang kemudian mengendalikan semua hal.

3. Gunakan Akal Pikiran untuk Mencerna Masalah

“Apakah orang yang beribadah pada waktu-waktu malam dalam keadaan sujud serta berdiri, sementara ia takut kepada akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah bahwa ‘Adakah sama mereka yang mengetahui dengan orang-orang yang tak mengetahui?’ Sesungguhnya orang yang dapat menarik pelajaran adalah ia Ulu al-Albab.” (QS Az-Zumar: 9).

Di dalam ayat ini disebutkan bahwa Allah berfirman bahwa kita umatnya diperintahkan untuk menggunakan akal dibandingkan dengan hawa nafsu. Sebab, sering kali saat menghadapi tekanan, perasaan kita cenderung mendominasi dibandingkan dengan akal pikiran yang bersifat rasional.

Padahal pemecahan masalah hanya akan didapat saat kita mampu berpikir dengan menggunakan akal yang jernih, bukan dibalut dengan perasaan-perasaan berkecamuk apalagi hawa nafsu. Untuk itu, gunakanlah akal pikiran agar kemudian masalah-masalah yang tengah kita hadapi dapat diselesaikan dengan baik karena Islam sudah memerintahkannya sebagaimana yang ada di dalam Al-Quran.

4. Bergaulah dengan Orang-Orang yang Baik

“Demi masa, sesungguhnya seluruh manusia berada di dalam kerugian. Kecuali bagi mereka yang beriman, serta beramal shalih, serta saling menasehati di dalam kebenaran, serta (saling menasihati) di dalam kesabaran.” (Al Ashr: 1-3).

Dengan kita bergaul bersama orang-orang yang baik dan shalih, maka kita kemudian akan terkondisikan dan diingatkan mengenai hal-hal yang baik. Meskipun kita berada dalam keadaan stres, teman-teman yang shalih kemudian akan mengajak kita untuk kembali mengingat Allah dan bersabar dengan apapun yang tengah kita cemaskan, khawatirkan, serta berbagai hal berat yang tengah kita alami.

Orang-orang yang seperti ini memang sulit untuk dicari, namun demikian begitu mahal karena sangat berharga baik di dunia atau di akhirat.

5. Berbagi dengan Orang Lain yang Membutuhkan

Memahami serta turut membantu meringankan penderitaan orang-orang kemudian dapat mengurangi kecemasan serta stres, dengan mengetahui kita telah melakukan sesuatu yang berarti. Dengan begitu, kita menjadi lebih memahami bahwa sebenarnya ada banyak orang yang memiliki kesulitan lebih dari kita.

Mungkin dengan melihat hal ini serta berbagi dengannya, kita akan menjadi orang yang lebih bersyukur, lebih bahagia dan berbagai depresi yang ada di pikiran dapat terkikis pelan-pelan.

Cara Menghilangkan Stres Menurut Psikologi

Kenali Cara Agar Tidak Stres Menurut Islam dan Psikologipixabay

Agar stres tak menjadi berkepanjangan serta merasa lebih bahagia, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres. Hal ini penting diketahui sebab jika dibiarkan terus menerus, stres tak hanya akan mengganggu kualitas hidup, tapi juga memicu berbagai masalah kesehatan.

Pada dasarnya, stres tidak selalu diartikan sebagai sesuatu yang negatif. Dalam berbagai kondisi tertentu, stres juga dapat memberikan manfaat, termasuk diantaranya mendorong seseorang dalam menyelesaikan tugas lebih cepat sebelum tenggat waktunya.

Namun, jika dibiarkan berlarut-larut, tingkat stres yang tinggi dan berkelanjutan justru dapat mengganggu kehidupan sehari-hari juga memicu berbagai masalah kesehatan. Jika kamu sering merasa stres, terutama menghadapi stres yang berkepanjangan, sebaiknya cobalah untuk melakukan manajemen stres dengan baik agar kamu dapat merasa lebih tenang, nyaman, dan berbahagia.

Berikut di bawah adalah beragam cara menghilangkan stres yang dapat dilakukan agar kamu dapat lebih bahagia dan tetap sehat, Grameds:

1. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang kamu sukai

Salah satu cara menghilangkan stres yang cukup efektif diantaranya ialah dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang akan membuatmu lupa waktu dan merasa bahagia saat melakukannya, misalnya saja dengan menulis, memancing, membaca buku, mewarnai, serta menonton film maupun drama Korea.

Jika masih merasa sulit memilih aktivitas yang menyenangkan, Kamu juga dapat mencoba berbagai hal baru yang sebelumnya belum pernah dicoba, misalnya saja melukis, berkebun dan mengikuti kelas dansa atau kelas merangkai bunga.

2. Bergerak aktif dan berolahraga secara rutin

Saat sedang merasa stres, kamu sebaiknya tidak terlalu lama menyendiri atau mengurung diri di rumah. Alangkah baiknya, kamu mencoba untuk berolahraga, misalnya saja dengan melakukan olahraga bersepeda, jogging atau pun berlari, atau berenang.

Bahkan, ketika stres, kamu juga dapat berolahraga sambil mendengarkan musik yang disukai agar kemudian menjadi lebih bersemangat. Saat kamu banyak bergerak ataupun rajin berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon pereda stres alami serta endorfin.

Dengan demikian, kamu juga akan menjadi lebih rileks, tenang, dan tidur dengan lebih nyenyak. Dengan begitu, suasana hati menjadi lebih baik dan stres menjadi lebih mudah teratasi.

3. Mendengarkan musik yang menenangkan

Mendengarkan musik yang menenangkan juga akan menjadi cara menghilangkan stres yang efektif. Hal ini karena musik dengan nada yang lembut dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks juga menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres di dalam tubuh. Tak hanya musik bernada lembut, kamu juga dapat mendengarkan genre-genre musik favorit untuk mengatasi stres.

4. Melakukan teknik relaksasi saat dilanda stress

Kamu juga dapat mencoba melakukan teknik relaksasi, misalnya saja dengan melakukan yoga atau meditasi. Banyak riset yang kemudian membuktikan bahwa yoga serta meditasi dapat meringankan kecemasan serta gejala depresi, meningkatkan suasana hati, juga melawan pikiran negatif. Selain itu, melakukan meditasi serta yoga juga bisa membantu kamu lebih mudah untuk menenangkan pikiran dan fokus.

5. Beristirahat yang cukup

Bagi sebagian orang, stres bisa dibilang sebagai penyebab kurang tidur ataupun tidur menjadi kurang nyenyak. Jika hal ini terus menerus berlanjut, kamu justru akan menjadi semakin stres, kurang bertenaga, dan sulit berkonsentrasi atau fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Stres dan kurang tidur juga akan meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan serius, seperti diantaranya penyakit kardiovaskular, depresi, serta obesitas.

Jika kamu tengah dilanda stres dan sulit tidur, tidak ada salahnya mencoba untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman dan tenang. Contohnya, dengan meredupkan lampu kamar ataupun dengan menyalakan aromaterapi. Jangan lupa mencukupi waktu tidur setiap malamnya setidaknya selama 7–8 jam dalam satu hari.

6. Menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga

Terkadang stres juga akan sulit untuk diatasi sendiri. Saat kamu sudah merasa kesulitan menghadapi stres sendirian, kamu juga dapat mencari dukungan dan bantuan dari teman-teman ataupun keluarga. Berbagai riset mengungkapkan bahwa seseorang akan merasa lebih tenang, nyaman, dan lebih mampu menghadapi stres saat lebih banyak menghabiskan waktu Bersama dengan teman ataupun keluarganya.

Demikian pembahasan tentang dampak dari stres yang berkepanjangan dan juga cara agar tidak stres. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu dan memudahkan kamu dalam mengatasi stres.

Jika ingin mencari buku tentang mengatasi stres, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Langkah Tidak Stress yang Wajib Kamu Baca

365 Jurus Anti-Stress

ADAM GORDON 365 Jurus Anti-Stress

Hidup di zaman yang penuh tekanan dan ketegangan membuat banyak orang tak lagi bisa menjalani hidup dengan tenang dan damai. Hidup seolah jadi beban yang terlampau mustahil untuk dinikmati. Namun, ingat, kita masih punya pilihan untuk tidak menjadi bagian dari “banyak orang” tersebut. Kita bisa menjadi “sedikit orang” yang dibutuhkan dunia ini: yang bisa tetap tenang di tengah segala ketergesa-gesaan, yang tetap bisa berpikir jernih meski dikepung banyak tekanan. Ya, buku ini akan membantu kita dengan 365 pilihan aktivitas yang akan membawakan kedamaian dalam hidup kita. Mulai dari aktivitas pagi hari hingga aktivitas malam hari, yang bisa dilakukan di rumah, di kantor, di mana pun! Pilih saja yang paling sesuai dengan kebutuhan.

 

Anti Stress: Hutan Ajaib (Enchanted Forest)

Johanna Basford Anti Stress: Hutan Ajaib (Enchanted Forest)

Dalam buku mewarnai Hutan Ajaib (Enchanted Forest), Kamu akan diajak untuk berpetualang menuju sebuah kastil nan megah. Banyak harta-harta tersembunyi di dalam kastil tersebut. Dalam perjalanan ke kastil, Kamu akan banyak menemukan hewan-hewan dan benda-benda ajaib. Gambar-gambar tersebut dapat Kamu warnai sesuai dengan imajinasi masing-masing. Untuk masuk ke dalam kastil tersebut, Kamu juga ditantang untuk menemukan dan mewarnai kesembilan lambang unik dan istimewa. Ilustrasi dari Johanna Basford dalam coloring book ini berbeda dengan buku mewarnai untuk anak-anak. Coloring book Hutan Ajaib (Enchanted Forest) menyajikan gambar yang lebih detail dan pola yang lebih kompleks. Dear stress, let’s break up! Mari hilangkan stres kamu sekaligus mengasah kreativitas dengan mewarnai!

 

Raising Good Humans – Menjadi Orangtua Mindful Bebas Stres

Hunter Clarke-Fields Raising Good Humans - Menjadi Orangtua Mindful Bebas Stres

Salah satu tugas tersulit sebagai ibu adalah membesarkan anak. Tak heran jika dalam keseharian kita sebagai ibu kadang merasa kesal, stres, marah, dan berteriak pada anak karena dia tidak bertingkah sesuai harapan kita, atau tidak mau menuruti kata-kata kita. Berteriak dan marah pada anak bukan berarti kita ibu yang tidak baik, karena apa yang kita lakukan sebenarnya adalah apa yang kita alami juga di masa kecil dari orangtua kita. Nah, tidak mau kan kita mewariskan pola hubungan yang seperti ini pada anak kita? Hunter Clarke-Fields, seorang mentor mindfulness dan mindful parenting akan membagikan pengalaman, strategi, dan latihan dalam mengasuh anak-anaknya sendiri. Jika kita konsisten melakukan latihan-latihan kecil dari buku ini, hari demi hari kita pun bisa menjadi ibu yang lebih mindful, hadir seutuhnya, tidak mudah reaktif atau spontan berteriak saat menghadapi masalah dengan anak.

 

3 Hours To Master: Cara Mengurangi Stres

Emosi adalah perasaan yang timbul akibat kejadian dari dalam atau luar tubuh dan merupakan sesuatu yang alamiah. Manusia menjelaskan dan mengekspresikan emosinya dengan tertawa, menangis, berteriak, dan lain sebagainya. “3 Hours to Master” memberikan cara yang mudah dicerna bagi anak-anak sehingga mereka dapat menyelesaikan masalah mereka secepat mungkin sehingga membantu mereka untuk mandiri, bahagia dan tetap sehat. Seri ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi untuk para orang tua juga. Para orang tua dianjurkan untuk membaca seri ini bersama dengan anak-anak sehingga para orang tua dapat membantu mengatasi masalah mereka dan bersama-sama menjalani manis-pahitnya kehidupan ini.

Kadokawa Gempak Starz 3 Hours To Master: Cara Mengurangi Stres

The Book of Meredam Stress

Era Findiani The Book of Meredam Stres

Stres dapat datang kapan saja, bukan? Tidak peduli anak muda atau orangtua. Buku ini dibuat agar orang-orang mengetahui beberapa cara menangani masalah-masalah hidup yang menimbulkan stres sebagai bagian hidup mereka, sehingga stres yang mereka rasakan tidak berkepanjangan dan mereka mampu hidup lebih santai dan bahagia tanpa tekanan hidup yang terlalu menghimpit. Berdamai dengan stres seharusnya diajarkan pada anak-anak, remaja, maupun orangtua dalam kaitannya memahami hakikat stres di dalam hidup mereka, gejala-gejala dari stres yang diderita, hingga bagaimana cara mereka menghalau stres tersebut sehingga tidak berujung pada depresi yang justru lebih berbahaya. Buku ini diharapkan mampu memberikan dampak positif kepada siapa saja agar mereka mampu memanajemen tekanan hidup yang ada sehingga mereka bisa menyelesaikan semua hal yang terjadi di dalam hidup mereka tanpa menderita karena stres. Hingga akhirnya, hidup santai dan bahagia dengan bersyukur dan berpikir positif pun dapat mereka rasakan.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy