in

6 Tips Jualan Online yang Bisa Kamu Terapkan dalam Bisnismu

pixabay.com

Tips Jualan Online – Saat ini, berjualan tidak harus memiliki toko (bangunan) dulu. Hal ini karena kamu bisa berjualan dengan cara online. Dengan adanya penjualan online ini, maka kita menjadi lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mudah untuk membeli makan karena hanya memesan saja tanpa perlu ke restoran, membeli barang-barang, dan sebagainya.

Oleh karena itu, saat ini, peluang berjualan online terus mengalami peningkatan. Bahkan, bisa jadi kamu adalah salah satu orang yang tertarik untuk berjualan online.

Namun, untuk berjualan online bisa dibilang tidak mudah karena kamu perlu melakukan beberapa hal, seperti menentukan produk hingga mencari target pasar. Bagi kamu yang belum mengetahui tips jualan online jangan cemas.

Pada artikel ini, kita akan memberikan tips jualan online yang bisa kamu terapkan. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds. Check these out!

Tips Jualan Online

Tips Jualan Online
pixabay.com

1. Kenali Nilai Jual Produk atau Unique Selling Points

Apa kelebihan produk bisnismu? Jawaban yang terlintas biasanya adalah harga terjangkau, kualitas terbaik atau pertama di kelasnya. Pada dasarnya, pertanyaan semacam ini memang cenderung mudah dijawab.

Namun, bagaimana jika pertanyaanya diganti menjadi “Apa kelebihan produk yang kemudian tidak dimiliki kompetitor?” Pastinya pertanyaan ini akan membuatmu diam dan berpikir. Sebab, sebuah produk memang haruslah memiliki unique selling points (USP) atau nilai jual produk yang menarik sebagai cara terbaik agar jualan online dilirik.

Berbeda dengan kelebihan produk yang jumlahnya banyak, biasanya, USP ini hanya ada satu saja. Satu poin inilah yang akan menjadi kunci untuk membedakan bisnismu dari kompetitor. Mengapa hanya satu saja?

Dengan USP yang hanya satu ini, maka konsumen menjadi lebih mudah mengetahui produk yang sedang kamu jual. Bahkan, dengan USP inilah bisa meningkatkan penjualan. Dengan begitu, keuntungan bisa terus didapatkan.

Contohnya pada usaha kecil menengah fashion. Setiap produk seharusnya memiliki nilai kelebihan serta keunikan tersendiri agar dapat dilirik pasar.

Adapun untuk menemukan USP ini, kamu bisa memposisikan diri sebagai calon pelanggan. Misalnya, kamu bisa memikirkan, apa saja yang diinginkan oleh konsumen. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam memahami apa yang benar-benar dibutuhkan oleh target pasar kamu.

Supaya kamu lebih mudah membayangkan USP yang menarik, berikut di bawah ini contoh USP yang dimiliki produk bisnis kelas dunia:

  1. TOMS Shoes: Memberikan sepasang sepatu bagi anak kurang mampu setiap pembelian sepasang sepatu;
  2. Starbucks: Menyediakan berbagai pilihan minuman kopi dengan kualitas yang premium;
  3. Zappos: Menyediakan kebijakan penukaran barang yang sangat ramah kepada para pelanggan;
  4. FedEx: Menyediakan jaminan paket tiba tujuan hanya dalam semalam;
  5. Domino’s Pizza: Pizza gratis jika tidak tiba dalam waktu 30 menit.

2. Buat Website Toko Online Sendiri

Marketplace memang jauh lebih mudah digunakan, karena tak butuh waktu lama untuk dapat membuat akun serta mulai menjalankan usaha. Ditambah lagi, marketplace yang ada saat ini sudah memiliki trafik tinggi dan user yang banyak.

Dengan adanya website toko ini akan lebih memudahkan kamu dalam menemukan pelanggan baru. Namun, saat ini sudah ada banyak sekali website toko online, sehingga persaingannya pun menjadi lebih sulit atau lebih tepatnya semakin sering untuk memperebutkan pelanggan baru.

Biasanya, perbedaan yang dilakukan antara website yang satu dengan yang lainnya ini adalah harga, kualitas produk, review, dan sebagainya.

Berbeda halnya dengan website toko online. Memang pada mulanya website toko online terbilang rumit. Ada banyak sekali hal teknis yang perlu dilakukan sebelum toko go online. Meskipun sulit, tetapi ketika kamu memiliki toko online, maka kamu bisa membangun brand menjadi lebih mudah.

Bahkan, kamu bisa mendesain website agar sesuai dengan branding yang diinginkan. Dengan kata lain, membangun website toko online bisa dibilang sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan citra jualan online.

3. Pelajari dan Pahami Data Jualan online

Tips Jualan Online
pixabay.com

Data merupakan salah satu hal yang paling penting dalam membangun bisnis online. Bahkan, saking pentingnya, data ini bisa mempengaruhi pertumbuhan dari penjualan online itu sendiri. Oleh sebab itu, sudah seharusnya pemilik toko online harus memahami data-data lapangan yang sudah ada dulu, terutama untuk data target pasar dan juga data kompetitor.

Selain itu, ada beberapa data yang dibutuhkan dalam membangun jualan online, antara lain:

a. Data soal penjualan

Biasanya, data ini akan secara otomatis mudah diperoleh dari fitur report di CMS yang digunakan. Dari data ini, kemudian kamu bisa mengetahui produk jualan online yang paling laris dan produk online yang kurang laku. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui produk-produk yang akan laris di kemudian hari.
Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam membuat produk baru yang bisa meningkatkan daya beli konsumen. Selain itu, kamu juga dapat mengantisipasi high season dan low season dengan mengeksekusi strategi marketing yang pas.

b. Data yang berhubungan dengan promosi serta marketing

Untuk data yang satu ini, sebaiknya kamu pastikan dulu kalau sudah meng-instal Google Analytics serta Google Tag Manager di website. Jika belum melakukannya, sebaiknya kamu pelajari juga cara memasang Google Analytics serta ikuti panduan Google Tag Manager terlebih dahulu.

Lewat Analytics dari Google, kamu dapat memantau performa website secara keseluruhan. Siapa calon pelanggan serta di mana mereka tinggal. Kemudian, kamu juga bisa mengetahui halaman atau landing page mana saja yang paling banyak dikunjungi. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih mudah dalam mengetahui hal-hal yang harus ditingkatkan dan hal-hal yang yang perlu diperbaiki.

Tak hanya itu saja saja, Google Analytics juga akan melakukan tracking data khusus untuk bisnis. Bahkan, kamu bisa mengetahui performa website kompetitor dalam satu industri yang sama, mengetahui kata kunci populer, kemudian mengetahui faktor yang menyebabkan user meninggalkan web, serta mengetahui waktu tepat untuk mengirimkan email.

4. Buat Strategi Berjualan Online Lewat Content Marketing

Sudah pernah mendengar istilah content marketing? Content marketing adalah sebuah cara promosi produk yang di mana berfokus pada pembuatan konten jualan online. Dalam berjualan online, sangat penting untuk membuat konten yang relevan bagi para pembeli, penting, bermanfaat, dan dapat menarik audiens dalam jangka panjang.

Dengan content marketing inilah, penjualan online bisa terus ditingkatkan. Alangkah baiknya, kamu juga mencari tahu content marketing seperti apa yang dilakukan oleh kompetitor, sehingga bisa membuat konten marketing yang lebih menarik daripada kompetitor.

Jadi, bisa dibilang bahwa semakin bagus content marketing yang kamu buat dan kamu bagikan, maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan keuntungan. Terlebih lagi, jika tampilan dari content marketing dibuat menjadi lebih estetis, sehingga konsumen pun menjadi lebih tertarik untuk membeli produk kamu.

Selain itu, untuk membuat content marketing, sebaiknya dilakukan riset terlebih dahulu agar konten yang dihasilkan lebih menarik dan berkualitas. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui karakter netizen antara media sosial yang satu dengan media sosial lainnya.

Selain dari media sosial, kamu bisa juga melakukan konten marketing melalui blog atau website. Dengan blog bisnis, maka bisa mendekatkan produk kamu dengan para calon pelanggan. Bahkan, bisa meningkatkan reputasi dari bisnis itu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berbagai macam materi promosi yang menari.

Akan lebih baik lagi, apabila kamu menerapkan prinsip dalam membuat blog. Dengan prinsip ini, maka blog kamu bisa dengan mudah berada di halaman pertama Google. Dengan begitu, toko kamu pun menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.

5. Aktif Berjualan Online di Media Sosial

Meskipun sudah ada website serta blog jangan pernah lupakan juga pentingnya media sosial. Sebab, media sosial merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari penjualan online. Hal ini bukan tanpa alasan, mayoritas orang Indonesia memiliki satu atau dua akun media sosial, sehingga sangat disayangkan apabila hal itu tidak dimanfaatkan dengan baik untuk mencari target pasar.

Dari sosial media, pintu pertama perkenalan kemudian dibuka oleh para calon pelanggan. Setelah mengetahui bisnis lebih dekat, maka mereka akan mem-follow, berkomentar, atau mengunjungi URL toko kamu. Dalam hal ini, URL yang diberikan bisa berupa youtube, website, dan sebagainya. Jadi, jangan pernah meragukan media sosial ketika kamu memilih untuk jualan online.

Bahkan, ketika kamu berhasil mewujudkan interaksi sosmed yang menyenangkan, maka besar kemungkinan kalau pengguna akan merekomendasikan bisnismu kepada orang-orang terdekat. Dalam bersosial media sebagai strategi berjualan, jangan lupakan beberapa hal di bawah ini:

  1. Meriset audiens atau calon pembeli;
  2. Membuat tujuan serta goals yang jelas;
  3. Menentukan berbagai trik yang sesuai;
  4. Meriset tentang saingan bisnis;
  5. Membuat konten yang menarik;
  6. Menentukan waktu post yang tepat dan terbaik;
  7. Memanfaatkan berbagai fitur iklan;
  8. Mengevaluasi strategi marketing social media.

6. Tentukan Ide Usaha dan Buat Nama Toko yang Menarik

Tips terakhir dari jualan online adalah tentukan ide usaha, dan buat nama toko yang menarik. Untuk ide usaha itu sendiri bisa kamu pikirkan sendiri atau bersama dengan orang-orang terdekat. Alangkah baiknya, dalam menentukan ide usaha, kamu sudah melakukan riset terhadap ide usaha apa yang ingin dikembangkan.

Setelah mengetahui ide usaha yang ingin dijual, maka sebaiknya kamu memikirkan cara pengemasan yang terbaik. Hal ini perlu diperhatikan karena pengemasan bisa menjadi daya tarik bagi calon pelanggan. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui fungsi dari produk yang akan dijual nantinya.

Setelah mengetahui produk yang akan dijual, maka kamu baru menentukan nama toko. Nama toko ini sebaiknya disesuaikan dengan produk yang akan dijual. Selain itu, sebaiknya nama tokonya menggunakan bahasa yang kekinian.

Pada dasarnya, dalam membangun bisnis online memang tidak mudah, sehingga sangat dibutuhkan kemampuan untuk mengelolanya. Selain itu, kamu juga tidak boleh menyerah begitu saja. Demikian pembahasan tentang tips jualan online, semoga semua pembahasan di atas bisa memberikan manfaat untuk Grameds.

Buku-Buku Terkait

1. Cerdik & Sukses Jualan Online : Bonus Ebook the Affiliate Marketing Success Road Map

Tips Jualan Online

Buku ini dibuat sebagai panduan bagi pemasar internet (internet marketer) untuk memasarkan produk menggunakan media internet, baik memasarkan produk sendiri maupun memasarkan produk orang lain. Dalam buku ini anda akan belajar: – Bagaimana memasarkan produk melalui internet baik produk Anda sendiri maupun memasukkan produk orang lain – Cara paling cepat, sederhana, dan mudah untuk menghasilkan uang melalui internet – Membuat bisnis Affiliate Marketing dari awal sampai akhir – Cara mendatangkan traffic untuk mempromosikan bisnis anda yang sudah ada sekarang, untuk meningkatkan penjualan dan popularitas produk Anda – Cara mempromosikan bisnis internet anda secara online dan offline Anda akan mempelajari langkah demi langkah disertai contoh dan penerapannya

2. Terbongkar Cara Gila Meledakkan Bisnis Online Lewat 9 Jalan

Tips Jualan Online

Pada era digitalisasi, bisnis online menjadi salah satu pilihan untuk meraih kesuksesan. Jika dahulu bisnis harus memiliki modal besar untuk memulainya, seperti stok produk dan sewa kios. Saat ini, hal tersebut bukan lagi suatu halangan. Bagaimana tidak? berbekal smartphone, Anda sudah dapat memulai bisnis online. Melalui bahasa yang ringan dan mudah dipahami, buku ini mengupas secara lengkap dan tuntas metode pintas bisnis online, mulai dari bagaimana membangun etalase digital yang bagus hingga bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Buku ini tidak hanya membahas teknik-teknik dalam memulai dan menjalankan bisnis online, namun juga menyajikan tips dan inspirasi yang mengobarkan semangat para pebisnis pemula. Dengan begitu, mereka bisa langsung menerapkan khazanah ilmu bisnis saat menjalankan kegiatan bisnisnya.

3. 10 Tips & Trik Jitu Jualan Online Ala Bukalapak

Tips Jualan Online

“Industri e-commerce adalah suatu dorongan yang tak bisa dianggap remeh oleh para investor.” – Chusla Sherlock,Corporate Communication Credit Suisse Berbelanja merupakan suatu kebutuhan, hobi, atau kebiasaan yang sulit dihapus dari keseharian manusia. Saat ini, berbelanja semudah mengetukkan jari ke keyboard komputer atau menekan tombol ponsel. Kemudahan berbelanja di dunia maya membuat siapa saja yang ‘gila belanja’ atau memiliki naluri bisnis bisa ikut berperan dalam perputaran uang yang terjadi di sana. Mengapa kita tidak mengambil peluang tersebut? Saat para ‘gila belanja’ mulai merambah dunia maya, kenapa kita tidak ikut mengambil ceruk bisnis dan membuka lapak di sana? Kenapa harus jadi pelapak online? Apa untungnya? Bagaimana cara jadi pelapak online? Apa yang bisa dilakukan para pelapak online? Semudah apakah menjadi pelapak online? Buku ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan cara yang paling sederhana dan mudah dipahami.

4. Langkah Jitu Jualan Online

Tips Jualan Online

Pilihan Anda sangat tepat untuk berbisnis Online. Pangsa pasar online terbuka lebar, siapa pun bisa berjualan bahkan dalam ruang lingkup internasional dengan calon konsumen seluas dunia! Anda wajib tahu aturan main dan mekanisme serta strategi dalam berbisnis online yang menjanjikan ini. Semuanya ditulis secara lengkap dalam buku yang menghadirkan cara terbaik dalam berbisnis online. Begitu buku ini selesai Anda baca dapat dipastikan Anda sudah bisa berjualan online! [Buku Baru] Buku ini menjelaskan dengan lengkap dan mudah perihal: Perangkat untuk jual beli online Memilih media dan layanan untuk transaksi online Langkah-langkah berjualan online Portal jual beli online populer Ragam cara ‘smart’ mendapatkan barang-barang yang dijual online Strategi bisnis ampuh dalam memasarkan produk ‘Step by step impor produk’ Kiat aman berjualan online Testimoni dari para pebisnis online yang sukses.

Jika kamu ingin mencari tentang tips jualan online, maka bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Para Pemula
  2. 10 Cara Jualan Online Laris? Yuk Baca Tips Berikut 
  3. Cara Memulai Bisnis Online: Jenis, Keuntungan, Tantangan
  4. Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan Tips-Tipsnya 
  5. Cara Promosi Produk Online yang Efisien


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda