Technology

Software: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Software – Pernahkah Grameds mendengar istilah software atau yang juga disebut sebagai perangkat lunak komputer? Grameds pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Terlebih, apabila pekerjaan yang Grameds lakukan memiliki hubungan yang erat dengan komputer. Grameds tentu sudah lebih memahami perihal software tersebut. Pada era masa kini, sudah ada banyak sekali jenis perangkat lunak yang dapat Grameds pilih untuk memenuhi berbagai macam keperluan.

Baik itu melakukan edit video, mendengarkan musik, membuat desain, bermain game, menonton video dan masih banyak lagi yang lainnya. Para developer atau sang perancang dari software juga selalu melakukan pengembangan secara berkala supaya semakin banyak fitur yang bisa mempermudah bagi para penggunanya untuk menggunakan software itu sendiri.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian software, sejarah, fungsi, dan contoh software, mari simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Pengertian Software

https://blog.karir.com/

Software merupakan sebuah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital dengan tujuan serta fungsi tertentu. Perangkat ini sendiri tak mempunyai bentuk fisik, Grameds dapat mengoperasikannya melalui perangkat komputer. Untuk pembuatannya sendiri, perangkat lunak ini membutuhkan bahasa pemrograman yang ditulis oleh seorang developer/orang yang ahli dalam bidang tersebut. Selanjutnya, perangkat lunak dikompilasikan dengan menggunakan aplikasi kompiler supaya bisa dijadikan sebagai kode yang bisa dikenali oleh hardware/perangkat keras.

Kemudian perangkat lunak yang berada pada perangkat keras tersebut menjadi sebuah “nyawa” dari perangkat keras itu sendiri. Dengan begitu, apabila Graneds tidak menginstall software, maka komputer Grameds pun tidak bisa dijalankan. Pasalnya, dengan software itulah yang menjadi suatu perintah program untuk menjalankan kebutuhan atau sebagai otak dari sebuah komputer.

Sejarah Software Komputer

Alan Turing – https://en.wikipedia.org/

Software dapat didefinisikan sebagai instruksi terprogram yang disimpan di dalam memori komputer digital dan berbentuk sebagai program yang cara penggunaanya yaitu dengan dieksekusi oleh prosesor. Software merupaka perkembangan terbaru dalam sejarah manusia dan menjadi kebutuhan yang mendasar pada era Informasi.

Sejarah pengembangan software dimulai bahkan sebelum adanya komputer. Menurut sejarah, software telah dibuat jauh sebelum munculnya komputer elektronik pertama. Charles Babbage adalah orang yang menggagas konsep software pada pertengahan tahun 1800-an

Meski demikian, sebenarnya teori software pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam esainya yang berjudul “Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung.” Meski demikian, kata software sendiri dicetuskan pada tahun 1958 oleh John Tukey, yakni seorang matematikawan dan ahli statistik dari Amerika pada tahun 1958. John Tukey juga merupakan ilmuwan yang membahas mengenai program kalkulator elektronik.

Alan Turing menjadi orang pertama yang datang dengan membawa teori untuk software pada tahun 1935 serta dikatakan sebagai bapak penemu software. Alan Turinglah yang menyebabkan dua bidang akademik yakni ilmu komputer dan rekayasa software menjadi ada dan berkembang pesat pada saat ini.

Generasi pertama software untuk komputer digital program, mulai muncul pada tahun 1940-an. Pada masa itu software mempunyai instruksi yang ditulis langsung dengan menggunakan kode biner, yang pada umumnya ditulis untuk komputer mainframe.

Kemudian, bahasa pemrograman menjadi semakin berkembang menyesuaikan dengan dengan kemajuan zaman. Semakin berkembangnya suatu teknologi maka juga semakin membuat software turut berkembang.

Fungsi Software

Sebenarnya dari pengertian software yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, Grameds sudah dapat mengetahui apa saja fungsi software yang ada pada sistem operasi komputer. Walau begitu, untuk lebih jelasnya Grameds dapat menyimak beberapa fungsi utama dari software selengkapnya pada poin berikut ini:

  1. Software memiliki fungsi sebagai dasar kebutuhan komputer dapat bisa dioperasikan dengan baik.
  2. Software memiliki fungsi untuk mengatur hardware/perangkat keras yang ada pada komputer. Dengan begitu, komputer yang digunakan dapat bekerja dengan baik menyesuaikan pada pekerjaan apa yang dibutuhkan.
  3. Software juga dapat dipakai sebagai penghubung antara beberapa software yang lainnya dengan medianya yakni hardware
  4. Software juga bisa difungsikan sebagai penerjemah perintah pada software yang lain yang masih ada di dalam bahasa mesin. Dengan begitu, hardware pada komputer pun dapat mengerti serta menerimanya dengan baik.
  5. Selain itu, perangkat lunak komputer ini juga bisa Grameds pakai untuk mengindentifikasi sebuah program yang ada di dalam komputer.

Pembagian Software Berdasarkan Jenisnya

https://news.microsoft.com/

Apabila dilihat secara umum, perangkat lunak dapat terbagi menjadi tiga jenis. Berikut ini pembagian software berdasarkan pada jenisnya :

1. Sistem Operasi (Operating System)

Perangkat lunak jenis ini digunakan untuk mengatur tiap-tiap perangkat keras yang telah terhubung dengan CPU komputer. Selain itu, sistem operasi juga memiliki fungsi dalam menerjemahkan kegiatan serta mengatur seluruh proses yang terjadi dan diperintahkan oleh user pada CPU sehingga perintah dari user tersebut dapat dikerjakan oleh komputer dengan baik. Mayoritas program software dirancang untuk bekerja hanya untuk kompatibel dengan satu sistem operasi perusahaan, seperti hanya Windows (Microsoft) atau hanya macOS (Apple).

Software yang jelas akan mengatakan sistem operasi mana yang didukung dan akan menjadi sangat spesifik, miisalnya, program softwareproduksi video mungkin mengatakan bahwa perangkat tersebut mendukung Windows 10, Windows 8, dan Windows 7, tetapi tidak mendukung versi Windows yang lebih lama seperti Windows Vista dan XP.

Contoh dari program produksi video, perusahaan  mungkin juga merilis versi lain dari program dengan fitur yang persis sama tetapi hanya memiliki fungsi dengan macOS. Pengembang software juga sering merilis versi tambahan yang dapat bekerja dengan sistem operasi lain.

Oleh sebab itu, penting bagi Grameds untuk mengetahui apakah sistem operasi pada komputer Grameds 32-bit atau 64-bit?  Tentu saja pertanyaan umum itu adalah hal yang penting untuk Grameds pikirkan ketika Grameds hendak mengunduh software.

Contoh Sistem Operasi Software (Operation System Software)

Laptop, tablet, dan komputer desktop semuanya menjalankan sistem operasi yang mungkin pernah Grameds dengar. Beberapa contoh dari software adalah versi Microsoft Windows adalah :

  • Windows 10
  • Windows 8
  • Windows 7
  • Windows Vista
  • Windows XP
  • macOS Apple
  • iOS
  • Chrome OS
  • BlackBerry
  • Tablet OS
  • Linux

Sama halnya dengan komputer, smart phone juga menjalankan sistem operasi atau software Seperti iOS Apple atau Android Google. Baik iOS atau android, keduanya adalah suatu yang sama dan saling memiliki keterkaitan.

Walau kadang ada beberapa sistem aplikasi dari iOS yang tidak bisa digunakan di android atau sebaliknya, tetapi yang perlu Grameds sadari, keduanya adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat bernama smart phone.

Server dalam sebuah situs web yang Grameds kunjungi atau melayani video yang Grameds tonton, biasanya juga menjalankan sistem operasi khusus. Sistem operasi ini dirancang dan dioptimalkan untuk kinerja softwarekhusus yang diperlukan untuk membuat smratphone bisa melakukan apa yang pengguna ingin lakukan.

2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Jenis perangkat lunak yang satu ini adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan sebuah program. Jika ditelusuri berdasarkan contohnya, terdapat beberapa macam bahasa yang bisa Grameds ketahui. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++, dan masih banyak lainnya. Dalam membuat bahasa pemrograman ini nantinya masih memerlukan perangkat lunak khusus untuk merancang program sesuai metode dan struktur yang ada pada bahasa pemrograman itu sendiri.

3. Program Aplikasi

Program aplikasi disini merupakan sebuah perangkat lunak yang umumnya sudah banyak digunakan dalam menyelesaikan tugas-tuigas tertentu. Dalam hal ini software dapat memiliki fungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya. Salah satu contohnya adalah Excel, Microsoft Word, Calculator, dan yang lainnya.

Jenis Software/Perangkat Lunak Berdasarkan Distribusinya

Selain beberapa jenis perangkat lunak yang dijelaskan di atas, Grameds juga perlu mengetahui beberapa jenis software yang dibedakan berdasarkan distribusinya. Di bawah ini beberapa pengelompokannya yang bisa Grameds simak :

1. Firmware

Merupakan jenis penyimpanan perangkat lunak yang hanya bisa dibaca. Grameds tidak dapat mengubah sifat tersebut sehingga tidak perlu lagi melakukan modifikasi maupun pengembangan lebih lanjut meskipun terjadi masalah pada fungsinya.

2. Freeware

Merupakan salah satu jenis software yang tidak memiliki batas waktu tertentu. Akan tetapi, kebanyakan software jenis ini memiliki fitur yang tidak begitu lengkap sehingga penggunaannya pun kurang maksimal.

3. Adware

Jenis perangkat lunak ini dapat diperoleh serta digunakan tanpa biaya. Akan tetapi, perangkat lunak ini masih menyediakan kompensasi dengan adanya iklan yang muncul pada perangkat komputer yang digunakan.

4. Opensource

Yakni sejenis perangkat lunak yang dapat dibuka kode sumbernya. Grameds juga bisa mengubah, meningkatkan, hingga menyebarluaskannya. Umumnya, software jenis ini diperoleh tanpa biaya dan dikembangkan oleh orang lain menggunakan lisensi yang bernama GPL (General Public License).

5. Malware

Merupakan salah satu jenis dari software yang dianggap berbahaya dan bisa merusak apabila disalahgunakan penggunaannya.perangkat lunak apa pun yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer Berbagai jenis malware ada, termasuk virus komputer

6. Shareware

Shareware merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu. Grameds bisa menggunakannya secara gratis. Pada umumnya, jenis perangkat lunak yang satu ini digunakan sebagai demonstrasi dengan fitur dan waktu pengguaan yang terbatas.

7. Spyware

Adalah software yang khusus digunakan dalam memata-matai setiap aktivitas pengguna komputer.teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu bentuk program berbahaya yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut.

Dari beberapa jenis software di atas, apa saja spesifikasi yang ada pada perangkat tersebut? Di bawah ini beberapa spesifikaisnya yang bisa Grameds ketahui.

Spesifikasi Software untuk Komputer

Terdapat beberapa spesifikasi software yang bisa mendukung operasi pada komputer. Seperti:

1. Sistem operasi untuk mesin server

Beberapa diantaranya seperti Sun Solaris, Microsoft Windows Server, Free BSD, Varian Sistem Operasi Linux untuk server (misalnya caldera, debian, mandrake, redhat, dan masih banyak lagi), serta sistem operasi khusus server yang lain.

2. Aplikasi yang menunjang layanan aplikasi jaringan komputer

Hal ini seperti web server, DNS server, database server, remote desktop, dan aplikasi penunjang jaringan komputer lainnya.

3. Aplikasi untuk mengelola lalu lintas jaringan

Diantaranya seperti routing (proses pengiriman data/informasi yang dilakukan dengan meneruskan paket data yang dikirim pada sebuah jaringan satu ke jaringan yang lain). Atau yang lainnya seperti NMS (Network Mananjemen System). NMS disini berarti pemantau jaringan network yang berguna dalam mengawasi jaringan komputer.

Beberapa Contoh Software

Dari beberapa penjelasan lengkap mengenai software di atas, kurang lengkap rasanya apabila Grameds belum mengetahui contoh software itu sendiri. Di bawah ini merupakan contohnya berdasarkan fungsinya:

1. Microsoft Office Word

Software yang satu ini bisa Grameds gunakan untuk mengetik dan mengedit sebuah dokumen dalam tampilan kertas. Perangkat lunak yang satu ini merupakan perangkat office yang paling populer karena biasanya digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat baik anak-anak hingga orang dewasa untuk memenuhi pekerjaannya.

2. Microsoft Office Powerpoint

Software yang digunakan untuk membuat sebuah presentasi. Grameds juga bisa menggunakannya untuk mengedit foto, membuat video, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Microsoft Excel

Tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word, Microsoft Excel juga merupakan salah satu perangkat office yang cukup populer. perangkat ini digunakan untuk mengedit serta membuat sebuah dokumen dengan tampilan kolom, berhitung, dan mengolah data.

4. Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge

Sebuah software yang berguna yang dapat Grameds gunakan sebagai peramban web lintas platform bebas dengan sumber terbuka. Itulah beberapa contoh software/perangkat lunak yang bisa Grameds ketahui

Dalam sebuah komputer memang tidak akan terlepas dari yang namanya perangkat lunak itu sendiri. Nantinya, setiap komputer yang sudah memiliki software didalamnya, maka akan memudahkan seseorang dalam melakukan tugasnya.

Untuk melakukan tugas tersebut, tidak bisa jika tidak ada software yang disediakan. Dengan adanya software yang tersedia berdasarkan fungsinya masing-masing, maka komputer dapat digunakan dengan bermanfaat dan sesuai dengan apa yang diperlukan. Terlebih saat ini sudah tersedia berbagai jenis software/perangkat lunak yang bisa Grameds pilih. Semua software tersebut dibuat tak lain untuk membantu dan meringankan aktivitas ataupun pekerjaan manusia.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien