Sains dan Teknologi

10 Manfaat Komputer dan Cara Memaksimalkan Penggunaan Komputer

computer
Written by Umam

Manfaat Komputer – Komputer telah terbukti sangat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia era kini. Komputer pada dasarnya memang perangkat yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Penemuan komputer telah berhasil memudahkan banyak orang dalam menyelesaikan berbagai aktivitas, baik dari aktivitas belajar hingga bekerja.

Nah, manfaat apa saja yang telah diberikan komputer untuk manusia? Berikut ini Kita akan membahas berbagai manfaat dari komputer. Namun, sebelum itu mari Kita ulas balik pemahaman dasar tentang komputer.

A. Pengertian Komputer

Istilah “komputer” pertama kali muncul dari bahasa latin yaitu “computare” yang berarti menghitung. Pengertian dari komputer itu sendiri adalah perangkat elektronik yang dapat diprogram untuk menerima data mentah sebagai input lalu melakukan pemrosesan dengan menggunakan sebuah instruksi atau program sehingga dapat menghasilkan sebuah output atau biasa disebut langkah komputer.

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang dapat melakukan manipulasi informasi atau data. Komputer juga dibekali kemampuan untuk melakukan penyimpanan, pengambilan, hingga pemrosesan data. Komputer sebetulnya dirancang agar dapat menjalankan aplikasi sekaligus menyediakan beragam solusi melalui komponen perangkat lunak dan perangkat keras yang tersinkronisasi atau terintegrasi. Komputer bekerja berdasarkan sebuah bantuan program dan mewakili bilangan desimal dengan serangkaian digit biner. Komputer juga dibekali dengan memori yang mampu melakukan tugas seperti menyimpan data dan program serta hasil pemrosesan.

B. Manfaat Komputer

Seiring berkembangnya zaman, segala aktivitas yang dilakukan manusia dapat dipermudah dengan munculnya berbagai penemuan baru yang diciptakan para ahli komputer dan ahli teknologi. Di era yang semuanya lebih dimudahkan dengan teknologi seperti sekarang ini, posisi komputer dalam hidup manusia semakin penting dan sangat dibutuhkan. Komputer telah membuktikan berhasil mempermudah hidup manusia sekaligus mampu melakukan multifungsi. Hal tersebutlah yang membuat komputer digunakan oleh semua kategori usia, dari anak kecil, remaja, hingga dewasa serta orang lanjut usia.

Manfaat komputer yang sangat banyak menjadikan keberadaan komputer hampir selalu berada di sekitar manusia, seperti kanto, supermarket, bank, sekolah, dan lain sebagainya. Bahkan, komputer di era sekarang makin ringkas dan makin dengan mudah digunakan oleh semua orang.

Walau begitu, masih banyak orang yang belum memahami betul manfaat komputer. Hal itu membuat pengguna komputer tidak dapat menggunakan komputer dengan optimal. Kebanyakan orang hanya menggunakan komputer dengan beberapa langkah dasarnya saja, padahal manfaat komputer sangat melimpah dan sangat berpotensi untuk memudahkan segala pekerjaan umat manusia.

Nah, berikut ini adalah manfaat yang bisa diberikan komputer untuk umat manusia, di antaranya yaitu:

1. Menjadi Sarana Komunikasi

Pertama, salah satu manfaat komputer yang hampir dirasakan oleh seluruh umat manusia adalah menjadi alat sarana untuk komunikasi. Manfaat komputer sebagai sebuah alat untuk komunikasi telah sangat jauh berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini disebabkan komputer telah menggantikan fungsi dari telepon rumah yang merupakan alat komunikasi kebanyakan orang.

Komputer telah menjadi alat yang membuat manusia tidak lagi memiliki batas, komputer berhasil menjadi yang jauh semakin dekat serasa tidak ada batas. Sebagai alat komunikasi, komputer semakin optimal setelah berkembangnya internet yang sudah sangat meluas. Pengguna dapat dengan mudah menghubungi keluarga, saudara, teman, hingga rekan kerja asalkan ada komputer sudah terkoneksi internet.

Sebagai contoh, Kamu bisa mengirimkan pesan dengan temanmu melalui email. Tidak hanya itu, sekarang Kamu juga bisa melakukan panggilan video dengan mudah. Selanjutnya, komputer dapat membuat Kamu bisa bertemu teman atau saudaramu secara nyata atau virtual.

Perkembangan komputer yang semakin cepat mengharuskan setiap pengguna untuk selalu melakukan update atau adaptasi setiap waktu. Oleh karena, memahami manfaat komputer dapat membuat Kamu lebih siap untuk menghadapi gelombang kemajuan teknologi komputer berikutnya.

2. Membuat Pekerjaan Lebih Mudah

Pada dasarnya, komputer memang diciptakan agar bisa mempermudah segala macam pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Hal itu dapat dibuktikan di era sekarang, komputer telah hampir membantu seluruh pekerjaan umat manusia di berbagai bidang seperti perkantoran, bank, akuntan, hingga jasa servis yang semakin banyak di setiap perusahaan.

Komputer dirasa telah mampu membantu menyelesaikan dan mempercepat segala urusan pekerjaan dari banyak orang. Di dalam dunia kerja, komputer telah sangat bermanfaat dalam mempercepat pekerjaan yang apabila dilakukan dengan tenaga manusia akan membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Manfaat komputer yang sangat memudahkan manusia yaitu seperti mengolah data, mempercepat pekerjaan, mengirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga melakukan komunikasi dengan pihak tertentu yang memiliki hubungan dengan perusahaan.

Bahkan di beberapa perusahaan sekarang menyediakan pekerjaan khusus bagian komputer yang bertugas untuk melakukan optimalisasi pada sistem kerja komputer, baik secara perangkat maupun secara jaringan.

3. Sebagai Penunjang Pendidikan

Hampir sekolah di era kemajuan teknologi sekarang telah menjadikan komputer sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Sebagai pencetak generasi di masa depan, sekolah mulai mempersiapkan para peserta didiknya untuk terbiasa memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh komputer.

Keberadaan komputer di sekolah juga telah dapat dirasakan manfaatnya, baik dari guru hingga peserta didik. Guru dapat memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran, hal itu pun signifikan karena penggunaan komputer sebagai media lebih membuat pembelajaran menjadi interaktif sehingga membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.

Profesi guru secara perlahan mulai diharuskan untuk memahami fungsi dari komputer. Selain yang sudah disampaikan di atas, komputer juga dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menyajikan berbagai video interaktif, materi simulatif, hingga presentasi yang menarik melalui komputer. Manfaat yang diberikan telah membuat para peserta didik menjadi lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Manfaat komputer bagi para peserta didik sendiri yaitu dapat lebih mudah dalam memperoleh informasi atau data untuk melengkapi materi yang telah disediakan. Di era teknologi ini juga, keberadaan buku cetak atau manual yang biasa digunakan oleh peserta didik akan dapat digantikan oleh inovasi pada e-book atau buku elektronik.

Kemajuan teknologi komputer ini pula yang memutuskan pihak sekolah untuk membuat kebijakan tentang program perpustakaan digital atau perpustakaan yang berbasis kepada komputer. Perubahan paradigma ini telah banyak memberikan manfaat dan kemudahan untuk melakukan inovasi kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun kegiatan di luar kelas.

4. Sebagai Penunjang Bisnis

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang telah mengharuskan banyak pelaku bisnis untuk ikut melakukan inovasi dalam setiap aktivitas bisnis mereka. Komputer telah memberikan manfaat pada dunia bisnis dengan melakukan pemangkasan jarak antara penjual dengan konsumen, membuka pasar yang sangat luas, hingga menyediakan banyaknya inovasi untuk melakukan penjualan.

Komputer dapat melakukan pencatatan, pengisian, hingga penghapus data dengan cepat. Selain itu, digitalisasi membuat setiap pelaku bisnis yang ingin meningkatkan penjualan harus melakukan optimalisasi dari dunia nyata ke dunia internet. Penggunaan tools yang diberikan komputer sangat penting untuk pelaku bisnis agar dapat melakukan pengelolaan usaha secara maksimal.

5. Sebagai Media Hiburan

Terakhir, manfaat utama yang telah diberikan komputer pada umat manusia adalah kemudahan dalam mencari hingga menemukan hiburan secara cepat dan dekat. Dengan komputer, banyak orang tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan hiburan. Cukup dengan menyalakan komputer, menghubungkan komputer dengan internet, dan membuka segala program hiburan yang disediakan.

Komputer di era kemajuan teknologi ini tidak hanya memberikan manfaat pada aktivitas yang serius seperti kerja dan sekolah. Namun, komputer juga merupakan salah alternatif untuk menemukan kebahagiaan karena banyak program yang menyediakan hiburan.

Hiburan yang disediakan komputer sangat banyak dan variatif. Sebagai contoh, orang sekarang tidak perlu menonton film di bioskop, cukup memiliki dokumen dari film tersebut, orang bisa menonton film melalui komputer yang dimilikinya. Tidak hanya itu, untuk bermain game, orang tidak perlu datang ke rental game, komputer telah menyediakan banyak game yang bisa digunakan pengguna. Selain itu, ada juga program aplikasi untuk mendengarkan musik dan ada banyak lagi hiburan lainnya.

Komputer menjadikan pengguna untuk menghemat energi dalam menemukan hiburan karena bisa melakukan berbagai macam hiburan dengan satu perangkat saja. Di tambah lagi, perkembangan internet yang semakin mudah dan cepat serta munculnya berbagai macam situs yang menawarkan hiburan membuat komputer semakin diminati banyak orang.

6. Sebagai Gudang Informasi

Manfaat yang diberikan komputer selanjutnya adalah sebagai penyedia informasi penting. Komputer membawa banyak orang untuk semakin mudah mendapatkan informasi, baik itu dari surat kabar online atau e-paper, majalah online, website berita, hingga blog. Komputer dapat menjadi media untuk menghubungkan banyak orang, ditambah lagi konektivitasnya dengan internet semakin memudahkan dan mempercepat orang-orang untuk mencari informasi.

Ada banyak sekali informasi yang dapat ditemukan dengan komputer seperti informasi kesehatan, lokasi tempat rumah sakit, puskesmas, apotek, hingga tempat kesehatan lainnya. Selain informasi kesehatan, dengan komputer dan internet, pengguna dapat menemukan informasi tentang travelling, produk, politik, perkembangan ekonomi pasar atau perdagangan, dan informasi lowongan kerja, dan lain sebagainya.

7. Dapat Mempercepat Pekerjaan

Sudah menjadi fakta semua orang bahwa komputer dapat membuat pekerjaan banyak orang menjadi lebih mudah. Hal itu bisa menjadikan pekerjaan dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh, apabila ada orang yang ingin pergi dengan transportasi udara seperti pesawat. Orang tersebut tidak perlu datang sendiri ke bkamura untuk melakukan pembelian tiket pesawat. Komputer dapat memudahkan pengguna untuk melakukan pemesan secara jarak jauh melalui internet.

Tidak hanya untuk para pekerja, komputer juga dapat memudahkan peserta didik dalam mengerjakan tugas. Peserta didik tidak perlu mengeluarkan usaha lebih untuk mencari buku di perpustakaan sekolah. Peserta didik hanya perlu memasukkan kata di mesin pencari informasi melalui komputer, kemudian peserta didik dapat mempelajari secara langsung materi pelajaran yang ada di komputer. Selain itu juga, banyak buku elektronik yang sudah disediakan sehingga bisa diunduh di komputer.

7. Mampu Menghasilkan Uang

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang melalui komputer dan internet. Komputer dapat memudahkan banyak orang untuk membuat konten untuk dipasangkan iklan. Konten yang bisa dibuat adalah konten seperti video, artikel, audio, desain grafis, dan lain sebagainya. Konten tersebut juga dapat disesuaikan dengan hal apa yang banyak orang minati sehingga banyak orang melihat konten kamu.

Dalam memasang iklan, Google telah memberikan kemudahan kepada pengguna komputer untuk bekerja sama dalam meningkatkan aktivitas orang untuk berkunjung ke internet. Pengguna komputer hanya perlu melakukan registrasi melalui Google Adsense. Google Adsense adalah pihak yang akan menampilkan iklan di konten yang kamu bagikan di internet. Google Adsense juga memiliki kelebihan yaitu tidak memberikan pungutan kepada penyewa iklan.

8. Sebagai Alat Kontrol

Selanjutnya, manfaat yang dapat diberikan internet di era seperti sekarang yaitu sebagai media untuk melakukan pengawasan atau pengontrolan terhadap perangkat lain, Komputer dapat digunakan untuk mengawasi dan mengontrol untuk mengaktifkan sensor dan mendeteksi sesuatu.

Hal itu sudah banyak diaplikasikan di beberapa perangkat lain seperti kamera cctv, mengontrol dan menjalankan escalator, kontrol untuk mengoperasikan sebuah robot, menyalakan tata lampu jalan, hingga masih banyak lagi.

9. Media Pembuat Konten

Salah satu manfaat komputer yang bisa kamu gunakan adalah sebagai alat untuk membuat konten. Komputer dapat membantu kamu dalam membuat artikel seperti tulisan ini, video editing, editing musik, hingga desain grafis. Konten yang akan kamu buat dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan konten dengan kebutuhan pasar sekarang ini.

Tidak hanya itu, apabila kamu adalah seorang Youtuber atau influencer, kamu bisa membuat video yang berkualitas dengan memanfaatkan perangkat komputer untuk mengedit. Perangkat komputer dapat menjalankan aplikasi editing tingkat ekspert seperti adobe premiere, sony vegas, after effect, dan lain sebagainya. Selain itu, bagi kamu pembuat konten grafis, kamu bisa menggunakan adobe photoshop atau corel draw atau adobe lightroom untuk memperindah tampilan desain.

10. Media Utama Bagi Programmer

Semakin berkembang dunia teknologi informasi dan komunikasi, komputer pun akan semakin dan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Perkembangan dunia sekarang telah memperbesar kesempatan bagi para programmer pemula untuk menciptakan inovasi di bidang teknologi dan informasi.

Kemudahan akses internet untuk dikonsumsi semakin memudahkan untuk programmer dalam memaksimalkan ide di komputer mereka. Tidak hanya itu, sekarang telah tersedia banyak forum untuk mempermudah para programmer pemula untuk belajar lebih jauh lagi tentang dunia pemrograman.

Untuk membuat sebuah program, komputer menjadi media utama untuk programmer dalam menciptakan inovasi untuk membuat sistem yang baik dan berkualitas. Di tambah lagi, banyaknya pengguna internet yang juga dari smartphone, menjadikan programmer dapat membuat aplikasi baik untuk komputer maupun untuk smartphone.

BACA JUGA:

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien