Sains dan Teknologi Sejarah Technology

Sejarah Komputer dari Generasi Pertama sampai Saat Ini

Sejarah komputer
Written by M. Hardi

Sejarah Komputer – Komputer telah mengalami pembaharuan dari tahun ke tahun. Saat pertama kali muncul, komputer belum seperti yang saat ini kamu gunakan, melainkan, benar-benar seperti mesin penghitung. Fungsinya juga sangat sederhana, hanya sebagai alat pembantu perhitungan matematika.

Kemudian, dari beberapa pakar menemukan berbagai rumus, kode perintah, pemrograman, serta memori perintah, sebagaimana saat ini yang kamu gunakan. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa komputer memiliki perkembangan dari waktu ke waktu. Jadi, kamu juga harus memahami tentang bagaimana suatu perkembangan dari komputer berdasarkan generasinya.

Generasi pertama komputer dikenal juga dengan Electronic Numerical Integrator and Calculator atau biasa disebut juga sebagai alat digital elektronik yang dirancang pada tahun 1942. Komputer sendiri pertama kali dikerjakan oleh John Presper Eckert serta Dr. John. W Mauchly dari University of Pennsylvania). Lalu, bagaimana sejarah komputer dan perkembangannya hingga sampai saat ini? Tenang saja, kamu bisa mengetahui hal itu dalam artikel ini. Jadi, simak ulasannya sampai habis, Grameds.

Pengertian Komputer

Pada mulanya, istilah komputer menjadi julukan seseorang yang ahli di bidang aritmatika (baik dengan menggunakan alat hitung maupun tidak). Barulah pada tahun 1897, komputer diperkenalkan sebagai perangkat mesin yang digunakan sebagai alat hitung.

Hal ini sendiri terus mengalami pergeseran hingga kini komputer dimaknai sebagai seperangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. Kemudian, komponen yang satu dan yang lainnya saling bekerjasama untuk menghasilkan sebuah informasi yang berdasarkan kepada data, prosedur serta program yang telah dirumuskan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut instruksi, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia, biasanya terdiri dari unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, dan unit pengontrolan.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Donald H. Sanders

Donald H. Sanders sendiri mendefinisikan komputer sebagai sebuah sistem elektronik yang dapat memanipulasi data secara tepat dan cepat, kemudian diorganisasikan dan dirancang secara otomatis. Selain itu, komputer berfungsi menerima serta menyimpan data dan diproses serta menghasilkan sebuah output berdasarkan pada instruksi-instruksi yang ada pada suatu memori.

Larry dan Nancy Long

Sementara itu, menurut Larry dan Nancy Long, komputer sebagai alat elektronik yang digunakan dalam menghitung dan mampu melaksanakan serta menginterpretasikan perintah. Diantaranya seperti input, output, operasi logik, serta perhitungan lain-lain.

VC Hamacher ZG

Menurut VC Hamacher ZG, komputer sendiri sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang mana keberadaannya, mampu dengan cepat dalam menerima informasi input digital. Selain itu, komputer juga dapat memproses sesuai dengan program yang diminta serta tersimpan dalam memori. Hingga pada akhirnya, menampilkan sebuah informasi.

William Sawyer

William Sawyer juga turut mendefinisikan komputer sebagai sebuah mesin multiguna, dapat diprogram dan dapat menerima data (baik dalam bentuk gambar atau fakta). Kemudian diproses serta dimanipulasi hingga keluar sebuah informasi yang dapat digunakan oleh manusia.

Dari beberapa pengertian komputer yang sudah dijelaskan oleh beberapa ahli, maka dapat disimpulkan bahwa komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang dapat melakukan berbagai macam tugas, seperti menerima input, memproses, dan menghasilkan informasi.

Fungsi Komputer

Sejarah komputer

Sumber: futurism.com

Komputer sendiri memiliki banyak sekali fungsi yang dapat menunjang kerja kita semua. Berikut ini beberapa fungsi dari komputer.

1. Sebagai alat yang akan mempermudah kerja perkembangan komputer

Kemampuan komputer yang mampu menyimpan, mengolah, mengedit data, juga memproses data yang lain, sehingga dapat komputer berfungsi untuk mempermudah suatu pekerjaan. Oleh sebab itu, dengan menggunakan komputer dapat membantu kalian dalam mengerjakan berbagai tugas dengan lebih mudah.

Kalian juga tidak perlu mengulang dari awal seperti halnya pada mesin “tik”. Dengan menggunakan komputer kalian dapat mengedit tulisan berulang-ulang selama data masih tersimpan dengan benar di dalam komputer.

2. Sebagai sarana informasi

Komputer berfungsi untuk menjadi sarana dalam mencari berbagai informasi. Oleh sebab itu, komputer dapat dikatakan seperti halnya informasi pendidikan, hiburan, serta pekerjaan, berita, dan lain-lain. Namun, jika kamu mengulas informasi tersebut lebih jauh, kamu harus menyambungkan komputer melalui internet.

3. Sebagai sarana kontrol

Fungsi komputer selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai sarana kontrol ataupun mengoperasikan sistem. Cara kerja komputer itu sendiri dapat diibaratkan seperti halnya di supermarket dalam mengontrol keuangan, kamera security, sistem mesin di pabrik, sistem jaringan networking, serta berbagai informasi lainnya.

4. Sebagai sarana komunikasi

Komputer juga dapat menjadi sarana komunikasi. Jika menggunakan telepon, kalian hanya dapat mendengarkan suara, maka lain halnya dengan komputer. Kalian bukan hanya dapat melakukan panggilan suara, tetapi juga dapat menggunakan web camera untuk telepon video, chattingan, berkirim email, dan masih banyak lagi, sehingga komunikasi menjadi lebih terjaga.

5. Sebagai sarana hiburan

Komputer juga berfungsi untuk menghibur diri. Komputer menyediakan beraneka macam hiburan. Selain hiburan permainan, kamu juga dapat memutar lagu, video serta menonton film untuk mencari hiburan murah.

Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah komputer itu sendiri menurut beberapa sumber dibagi menjadi lima generasi, di antaranya:

Generasi Pertama (Tabung Vakum)

Sejarah komputer

Sumber: robicomp.com

Pada tahun 1946, komputer diciptakan melalui tabung vakum sebagai komponen utamanya dan beratnya sendiri hampir 30 ton. Namun, hal ini sangat tak efisien karena membutuhkan daya listrik yang besar serta panas yang berlebihan.

Generasi pertama ini juga masih dapat menggunakan bahasa mesin yang hanya dapat dimengerti oleh komputer itu sendiri. Inputnya juga menggunakan sebuah pita kertas dan punched card dengan output berupa printer. Pada waktu tertentu juga membutuhkan sekitar 1 juta dollar hanya untuk mendapatkan suatu program.

Contohnya adalah komputer IBM 701 buatan tahun 1953 sebagai komputer komersial dengan ukuran besar dan IBM 705 serta dirancang pada tahun 1959 untuk kebutuhan industri.

Ciri-Ciri

Ciri-cirinya diantaranya adalah yaitu:

  • Program tersebut dibuat dalam bahasa mesin.
  • Program Menggunakan konsep storage program.
  • Komponen yang digunakan dalam komputer generasi pertama adalah tabung hampa udara
  • Ukuran fisiknya sungguh besar, sehingga membutuhkan daya listrik yang cukup besar.
  • Dapat disimpan pada magnetic tape juga pada magnetic disk.

Generasi Transistor

Sejarah komputer

Sumber: kecarat.com

Generasi tabung vakum ini mengalami perkembangan, sehingga tergantikan juga oleh teknologi transistor sebagai komponen utama yang sangat canggih. Generasi ini sendiri mulai digunakan pada tahun 1959 sampai tahun 1965.

Beberapa kelebihan yang dimiliki diantaranya adalah ukuran yang lebih kecil, tak terlalu panas, serta risiko mengalami kegagalan cukup kecil. Generasi ini juga sudah tidak lagi menggunakan berbagai bahasa mesin seperti sebelumnya. Digantikan juga dengan menggunakan bahasa FORTRAN serta bahasa COBOL. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa komputer transistor tentu masih jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tabung vakum.

Contohnya adalah pada komputer PDP-5 dan PDP-8 buatan tahun 1963 sebagai komputer mini komersial pertama. Selain itu terdapat juga komputer IBM 7070, IBM 1400, NCR 300, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri

Ciri-ciri dari komputer generasi transistor adalah sebagai berikut:

  • Kapasitas memori utamanya cukup besar.
  • Komponen yang digunakan dalam generasi transistor yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan tabung hampa udara.
  • Menggunakan magnetic tape serta magnetic disk yang berbentuk removable disk.
  • Memiliki kemampuan proses real-time serta time sharing.
  • Proses operasinya juga tergolong lebih cepat.
  • Orientasinya pada komputer generasi ini ada pada aplikasi bisnis dan teknik.

Generasi IC

Sejarah komputer

Sumber: kecarat.com

Generasi ini disebut juga dengan generasi ketiga. Bentuk transistor pada komputer ini diperkecil dan diletakkan pada IC bersamaan dengan beberapa resistor serta kapasitor. Komputer generasi ini pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik.

Kelebihannya komputer generasi ini kecepatannya yang cukup efisien. Selain itu, komputer generasi ini merupakan komputer yang pertama kali menggunakan monitor serta keyboard. Setelah mengalami kemajuan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang menggunakan kertas. Komputer ini pun laris di pasaran.

Terlebih lagi, karena dibandrol dengan harga yang cukup murah, sehingga pada masa tersebut orang-orang mampu membelinya. Contohnya adalah pada komputer IBM S/30. NOVA, CDC 3000, PDP-11, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri

Ciri-ciri generasi komputer IC adalah sebagai berikut:

  • Komponen yang digunakan diantaranya adalah IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan atau ribuan transistor dalam bentuk hybrid integrated circuits serta monolithic integrated circuits.
  • Proses operasinya juga jauh lebih cepat serta lebih tepat, kapasitas memori komputer yang digunakan juga jauh lebih besar.
  • Ukuran fisiknya jauh lebih kecil, sehingga penggunaan listrik yang digunakan juga lebih hemat.
  • Menggunakan magnetic disk yang sifatnya ialah random access.
  • Dapat melakukan berbagai multiprocessing serta multiprogramming.
  • Alat input-output mengalami pengembangan dengan menggunakan visual display terminal.
  • Generasi ini juga dapat melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.

Generasi Mikroprosesor

Sejarah komputer

Sumber: kecarat.com

Generasi mikroprosesor pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian, pada tahun 1984, perusahaan Apple merilis Macintosh. Sejarah komputer serta perkembangannya selanjutnya memasuki masa mikroprosesor yang mana masih digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Bersamaan dengan generasi mikroprosesor ini, lahirlah juga internet. Tampilan monitornya juga masih menggunakan satu warna atau green color. Selain itu, dikembangkan juga sebuah chip sebagai memori komputer.

Seiring dengan berkembangnya waktu, para pakar mencoba untuk melengkapi apa-apa yang belum ada yaitu PC-Compatible. Dengan adanya generasi ini membuat istilah PC mulai bermunculan. Selain itu, ada perangkat yang mulai dikembangkan untuk perorangan, sehingga mudah dibawa kemana-mana yaitu pada laptop.

Beberapa contoh komputer generasi keempat ini diantaranya adalah IBM Pentium II, Apple II, IBM 370, IBM PC/386 dan lain-lain.

Ciri-Ciri

Ciri-Ciri dari komputer generasi mikroprosesor atau generasi keempat, di antaranya:

  • Memakai Large Scale Integration (LSI) yang berasal dari pemadatan ribuan IC yang kemudian diubah menjadi chip.
  • Memakai mikroprosesor yang bentuknya berupa chip yang berfungsi untuk memori komputer.
  • Dikembangkan dengan Very Large Scale Integration (VLSI).

Generasi AI

Sejarah komputer

Sumber: pustarik.com

Generasi yang terbaru dari perkembangan komputer adalah munculnya teknologi bernama AI yang memiliki kecerdasan buatan, sehingga dapat melakukan input dengan lebih baik. Bahkan, dengan teknologi ini, kamu juga dapat menginput bahasa yang digunakan dalam sehari-hari, dengan menyesuaikan keadaan serta mempelajari lingkungan sekitar.

Ada banyak developer yang hingga saat ini yang telah mulai menggunakan generasi komputer AI. Bahkan, generasi ini juga disebut juga sebagai komputer masa depan. Kemudian, dikembangkanlah oleh intel serta microsoft yang diprakarsai oleh Bill Gates dan merupakan pionir dari standar hardware dan software di seluruh dunia.

Generasi AI yang terbaru adalah komputer Pentium Empat yang dikeluarkan oleh Intel Corporation. Meskipun komputer generasi ini memiliki bentuk yang kecil serta sederhana, tetapi tetap memiliki kecepatan serta kecanggihan yang tidak perlu diragukan lagi. Seiring dengan berjalannya waktu, komputer generasi AI juga digunakan pada tablet, notebook, dan sebagainya.

Contohnya adalah pada komputer IBM 370 yang menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1971 oleh suatu perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip mikroprosesor.

Ciri-Ciri

Ciri-ciri komputer generasi AI di antaranya:

  • Penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang kemudian disebut juga sebagai Bipolar Large Scale Integration.
  • Menggunakan mikroprosesor serta semikonduktor yang berbentuk chip untuk penggunaan memori komputer.
  • Personal computer atau PC k mulai berkembang sejak tahun 1977. Contohnya komputer Apple II serta komputer desktop yang dikembangkan oleh Xerox Corporation.
  • Pada tahun 1981, komputer kemudian mulai banyak menggunakan sistem Window dan mouse.

Buku-Buku Terkait

Komputer Forensik

https://www.gramedia.com/products/conf-komputer-forensik?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-komputer-forensik?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Meskipun Komputer sudah menjadi kebutuhan fundamental manusia dalam berkegiatan, ternyata masih banyak bidang-bidang lain yang miskin pengalaman dalam menangani komputer, salah satunya dalam bidang investigasi – Komputer Forensik. Diharapkan buku ini mampu menjembatani kebutuhan yang ada berkenaan investigasi yang melibatkan teknologi informasi dengan metode serta komputer sains.

Di samping membuka wawasan masyarakat secara umum dan penegak hukum serta profesional IT secara khusus, buku ini akan menarik karena berisi ilmu kombinasi baru, metoda, penggagas, penalaran, dan penyampaian deskriptif yang akan berguna pula bagi masyarakat umumnya dalam memanfaatkan dan menangani IT/komputer dengan pemahaman yang lebih baik. Materi utama yang disajikan dalam buku ini:

  • Apa sebenarnya komputer forensik, korelasinya dengan teknologi komputer dan keilmuan forensik yang lain
  • Berbagai proses, metode, pola pikir, dan pemahaman yang mendasari komputer forensik
  • Cara Anda memandang sumber daya komputer, mencakup data yang tersebar dalam sistem komputer, serta penanganan evidence yang melibatkan peralatan fisik pada umumnya dan berbagai software forensik toolkit !

30 Menit Tuntas Merakit Komputer

https://www.gramedia.com/products/30-menit-tuntas-merakit-komputer-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/30-menit-tuntas-merakit-komputer-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Hari gini nggak punya komputer pribadi (personal computer)? Eits, jangan sampai. Hampir semua pekerjaan dewasa ini digarap dengan komputer: lebih cepat, mudah pula. Belum mampu beli komputer branded? Eits, jangan khawatir. Rakit sendiri saja. Gampang kok. Cepat, murah pula.

Tidak kalah dengan komputer-komputer bermerek yang sudah kita kenal seperti Lenovo, HP, dan Acer. Buku ini memandu Anda untuk merakit komputer secara murah, mudah, dan cepat. Mulai dari memilih hardware, menyiapkan alat, hingga merakit sampai komplet.

Dengan bahasa yang lugas dan ringkas, buku ini akan menjadikan Anda teknisi komputer yang piawai. Gambar dan foto yang jelas dan runtut juga akan semakin memudahkan Anda mewujudkan komputer canggih yang Anda impikan.

Dasar Sistem Komputer

https://www.gramedia.com/products/dasar-sistem-komputer?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasihttps://www.gramedia.com/products/dasar-sistem-komputer?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Buku Dasar Sistem Komputer ini disusun dengan maksud agar pembaca dapat memperoleh gambaran umum mengenai perkembangan komputer. Buku Dasar Sistem komputer ini terdiri dari tujuh bab, yaitu bab pertama membahas sejarah dan pengertian komputer, kemudian bab kedua membahas perangkat keras komputer.

Bab ketiga membahas tentang BIOS. Bab keempat membahas tentang sistem operasi. Bab kelima membahas tentang perangkat lunak. Bab keenam membahas tentang open source. Bab ketujuh membahas tentang perawatan hardware software dan K3LH.

Kelebihan buku ini adalah

  1. Materi yang dibahas sudah sesuai dengan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Contoh aplikasi sudah sesuai dengan perkembangan aplikasi saat ini.
  3. Sudah disertai dengan contoh praktik langsung dalam penggunaan PC maupun Laptop.
  4. Dapat digunakan untuk modul praktikum di laboratorium. Buku ini sangat cocok untuk kalangan siswa SMK dan mahasiswa teknik informatika, ilmu komputer pendidikan teknik informatika, dan teknik elektro serta kalangan umum.

36 Jam Belajar Komputer Microsoft Office Home & Business 2016

https://www.gramedia.com/products/36-jam-belajar-microsoft-office-home-business-2016?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasihttps://www.gramedia.com/products/36-jam-belajar-microsoft-office-home-business-2016?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Microsoft Office Home & Business 2016 yang akan dibahas dalam buku ini merupakan perpaduan dari beberapa program aplikasi andal, di antaranya Word 2016 sebagai program aplikasi pengolah kata (word processor), Excel 2016 sebagai program aplikasi lembar kerja (spreadsheet), PowerPoint 2016 sebagai program aplikasi presentasi (presentations), Outlook 2016 sebagai program aplikasi untuk mengelola pesan e-mail, informasi pribadi (personal information manager), dan OneNote 2016 sebagai program aplikasi untuk menyimpan dan mencatat berbagai ide, sketsa rencana, brainstorming strategi bisnis, catatan rapat atau kuliah, dan mengompilasi berbagai potongan informasi dalam bentuk digital notebook.

Buku 36 Jam Belajar Komputer Microsoft Office Home & Business 2016 ini dibuat agar Anda dapat mempelajari, memahami, dan mencoba penggunaan program-program aplikasi yang tergabung dalam Office Home & Business 2016 secara cepat dan mudah sesuai dengan kebutuhan.

Demikian pembahasan tentang sejarah komputer dengan ciri-ciri dari setiap generasi komputernya. Hingga saat ini, komputer generasi pertama bisa dibilang sudah hampir tidak digunakan lagi. Jika kamu ingin mencari lebih banyak ilmu yang berhubungan komputer, maka bisa mendapatkan buku-bukunya di Gramedia.com.

Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat ya!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien