Kuliah

Pengertian Ospek: Sejarah, dan Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan

ospek adalah
Written by M. Hardi

Ospek adalah suatu pengalaman masa orientasi siswa dari bangku SMP hingga SMA. Istilah ospek ini sebenarnya bisa dibilang hampir sama dengan MOS (Masa Orientasi Siswa). Untuk mengetahui lebih jelas tentang ospek, maka kamu bisa simak penjelasan lengkapnya mengenai pengertian, sejarah ospek.

Pengertian Ospek

ospek adalah

Sumber: kompasiana.com

Ospek adalah suatu singkatan dari orientasi studi ataupun pengenalan kampus. Ospek kerap digunakan di tingkat sekolah hingga ke universitas. Pada dasarnya, ospek berguna mengenalkan lingkungan baru kepada peserta didik baru.

Orientasi studi ini kemudian dilakukan ketika ajaran baru. Mahasiswa atau siswa baru ini akan berkumpul untuk pengenalan. Biasanya terdapat guru, dosen, serta kakak tingkat yang membantu peserta didik. Tujuan dari ospek adalah mengenalkan siswa baru di lingkungan sekolah. Contohnya, pada kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan sekolah, pembelajaran, dan lain sebagainya. Biasanya akhir kegiatan ospek ini akan diadakan berbagai kegiatan yang menarik bagi siswa.

Sementara itu, pada ospek kuliah disebut juga sebagai pengenalan kampus untuk mahasiswa baru. Tujuannya, peserta kemudian mengetahui kehidupan kampus. Ospek yang dilakukan di tingkat universitas sifatnya lebih beragam dibandingkan ospek sekolah. Mahasiswa baru akan dikenalkan dengan berbagai kegiatan unit kegiatan mahasiswa (UKM), ekstrakulikuler, permainan, hingga ice breaking.

Panitia ospek juga akan memberikan tugas serta misi yang harus diselesaikan oleh para siswa. Akhir kegiatan ospek pada setiap fakultas juga kerap akan berbeda. Contohnya saja terdapat malam keakraban atau makrab untuk suatu kegiatan ospek. Ada juga inagurasi yang digunakan sebagai waktu pengesahan pada akhir ospek.

Ospek ini juga akan bermanfaat untuk mengenal kegiatan kampus, mendapatkan teman-teman baru, juga melatih mental seseorang. Dalam hal ini, melatih mental bisa sangat berguna untuk dapat melatih komunikasi, adaptasi, serta bertanggung jawab di suatu lingkungan baru.

Tujuan Ospek

Ospek itu sendiri memiliki beberapa tujuan. Adapun tujuan OSPEK diantaranya ialah:

  1. Mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambahkan wawasan bagi seorang mahasiswa baru dalam hal penggunaan sarana akademik yang kemudian tersedia di kampus secara lebih maksimal.
  3. Memberikan pemahaman awal tentang suatu wacana kebangsaan dan pendidikan yang mencerdaskan dengan berdasarkan kepada suatu nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar kemudian dapat belajar di Perguruan Tinggi dan mematuhi juga melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang kemudian terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan pada kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang kemudian nyaman, tertib, serta dinamis
  6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru pada tanggung jawab akademik serta sosialnya sebagaimana tertuang di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi Untuk dapat saling beradaptasi di antara sesama mahasiswa.

Sejarah Ospek

Sebetulnya kegiatan orientasi studi serta pengenalan kampus ini telah ada sejak lama. Pada tahun 1898 hingga 1927, ospek ini telah diterapkan di salah satu institusi pendidikan yang ada yaitu diantaranya pada STOVIA, yang mana kampus ini kemudian berubah menjadi Universitas Indonesia setelah masa kemerdekaan Indonesia.

Pada masa itu, orientasi studi ini dijadikan sebagai suatu ajang perpeloncoan senior kepada juniornya. Lalu, pada tahun 1927 sampai 1945 terdapat perubahan dalam pelaksanaan orientasi studi serta pengenalan kampus itu. Institutie Geneeskundige Hogeschool te Batavia (Sekolah Tinggi Kedokteran) juga melakukan ospek dengan lebih formal serta sifatnya tidak memaksa pada mahasiswa baru, jadi hanya akan dihadiri oleh mahasiswa baru yang mau mengikuti kegiatan itu saja.

Kemudian, masa orientasi studi serta pengenalan kampus lambat laun bisa dibilang sebagai salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa baru. Setiap institusi pendidikan juga memiliki kebijakannya sendiri-sendiri dalam melakukan masa ospek ini.

Namun, kenyataannya cukup banyak yang kemudian menerapkan perpeloncoan selama orientasi ini. Bahkan, ada juga yang sampai melewati batas serta mengakibatkan tragedi. Oleh karenanya, pemerintah pun membuat aturan tersendiri dalam pelaksanaan ospek. Hingga saat ini, perpeloncoan pada ospek mulai berkurang.

Kegiatan Ospek Kuliah

Kampus sebagai suatu lingkungan baru bagi kamu. Dengan mengikuti kegiatan ospek, kamu kemudian akan dibantu untuk lebih mengenal lingkungan kampus dengan segala sistemnya. Selain itu, ospek juga akan membantumu untuk beradaptasi dengan mengenal kampus lebih dalam tentu bermanfaat untuk perkuliahan kedepannya. Lalu apa saja kegiatan ospek di kuliah? Berikut beberapa diantaranya:

1. Kegiatan Ospek: Pengenalan Kehidupan Kampus

Selain mengenal proses belajar dan mengajar selama di bangku kuliah, mahasiswa baru kemudian akan diajak juga untuk mengenali kehidupan kampus selama masa ospek. Disinilah mahasiswa memiliki kesempatan dalam mengenal seperti apa institusi tempatnya menimba ilmu dalam beberapa tahun ke depan. Selain itu mahasiswa juga akan dikenalkan dengan mars kampus, yel-yel, gedung-gedung, serta berbagai fasilitas yang ada.

2. Kegiatan Ospek: Pameran UKM

Salah satu kegiatan ospek kuliah ialah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Biasanya dalam suatu ospek terdapat pamerah Unit Kegiatan Mahasiswa. Mahasiswa baru juga dapat mengunjungi booth UKM sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

3. Kegiatan Ospek: Orientasi Belajar

Salah satu aktivitas selama ospek adalah orientasi belajar mengajar pada bangku perkuliahan. Jadi, mahasiswa kemudian akan melalui proses belajar mengajar seperti sedang berada di dalam kelas perkuliahan.

Hal ini juga serupa dengan pembekalan bagi mahasiswa baru dalam mempersiapkan diri saat nanti akan mengikuti kelas perkuliahan yang sesungguhnya. Ada juga dosen yang nanti mengajar materi seperti di kelas. Materi yang disampaikan berisi informasi yang tak jauh dari sistem akademis serta pengembangan diri mahasiswa.

4. Kegiatan Ospek: Pengenalan Fakultas dan Jurusan

Biasanya di akhir ospek terdapat juga pengenalan fakultas dan jurusan. Akhir ospek ini dilakukan sebelum atau pada awal kuliah. Pengenalan fakultas ini kerap dilakukan oleh senior di jurusan. Itulah penjelasan mengenai ospek atau masa orientasi siswa.

Biasanya, ospek kuliah ini akan lebih beragam mulai dari kegiatan universitas hingga ke fakultas. Masa ospek ini juga menjadi langkah penting bagi mahasiswa baru dalam mengenal universitas dan jurusan yang ia pilih.

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Saat Ospek

ospek adalah

Sumber: edukasi.kompas.com

Persiapkan Mental

Perpeloncoan kini telah tak ada lagi dalam masa orientasi zaman sekarang, namun ada kelompok mahasiswa senior yang memastikan mahasiswa baru untuk disiplin dalam mengikuti rangkaian suatu kegiatan orientasi. Mereka juga akan bersuara sedikit lantang saat ada mahasiswa baru yang melanggar peraturan.

Oleh karena itu, kamu harus selalu mempersiapkan diri agar mental tidak jatuh. Namun, kedepannya kamu tidak perlu khawatir dengan kakak senior karena umumnya setelah kegiatan Ospek selesai, mereka akan tetap suportif serta membantu adik tingkatnya.

Jangan Terlambat Bangun Pagi

Masa orientasi sebagai suatu periode pengenalan kehidupan akademik bagi para mahasiswa baru. Lingkupnya ini termasuk belajar disiplin saat masuk kelas. Jadi, kamu kemudian harus membiasakan untuk disiplin bangun pagi. Biasanya, pada masa ospek, jika kamu bangun terlambat dan akhirnya terlambat hingga sampai di kampus, maka kamu akan mendapat hukuman. Jadi, hindari begadang di malam sebelum ospek ya.

Siapkan Dresscode atau Seragam Ospek

Saat ospek, mahasiswa baru umumnya juga akan diminta mengenakan dresscode tertentu. Baju yang kerap dijadikan dresscode ialah atasan kemeja putih serta bawahan berupa celana panjang hitam atau rok hitam. Pastikan seragam yang kamu kenakan kemudian sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh panitia ospek, jangan sampai salah dresscode ya.

Bawa Alat-Alat Tulis

Jangan lupa membawa alat tulis, seperti diantaranya buku dan pena yang bisa kamu letakan di dalam tas. Alat tulis perlu dibawa agar kamu dapat mencatat tugas-tugas dari kakak senior saat ospek calon mahasiswa baru (maba).

Persiapkan serta Perhatikan Jadwal Ospek

Umumnya, mahasiswa baru kemudian diwajibkan hadir pagi-pagi sekali serta baru pulang di atas jam enam sore. Di sela-sela waktu ini tentunya terdapat jadwal ospek yang tak dapat kamu abaikan begitu saja. Jadi, agar kamu tak lupa, maka kamu dapat membuat reminder di handphone.

Selain itu, manfaatkan juga berbagai aplikasi kalender untuk kemudian menandai semua jadwal penting selama rangkaian kegiatan ospek berlangsung. Kamu juga dapat meminta bantuan orang terdekat, seperti diantaranya kepada orang tua atau teman untuk akan mengingatkan jadwal penting selama ospek calon maba berlangsung.

Jangan Lupa Sarapan

Ospek calon mahasiswa baru ini akan menjadi kegiatan paling sibuk dan padat yang dijalani oleh para mahasiswa baru. Mulai dari berangkat pagi, pulang sore, hingga pada tugas ospek yang cukup banyak. Jadi, agar kamu tak mudah lelah saat menjalani ospek, usahakanlah untuk selalu sarapan sebelum berangkat.

Bawalah Botol Air Minum

Kegiatan ospek pada calon mahasiswa baru biasanya akan berlangsung padat. Kemudian kamu akan mengikuti serangkaian kegiatan dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh sebab itu, agar kamu tidak mudah merasa lelah dan kelelahan, bawalah botol air minum saat kamu kemudian mengikuti kegiatan ospek.

Carilah Teman yang Juga Mengikuti Ospek Bersamamu

Sebelum mengikuti kegiatan ospek calon maba, usahakan untuk mencari teman sebanyak mungkin. Kamu dapat berkenalan di media sosial dengan teman-teman dari satu jurusan, hingga kemudian satu kosan yang sama.

Selain itu, kamu juga dapat bertukar kontak supaya menjadi semakin akrab. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kemudian saat ospek nanti kamu dapat mengerjakan tugas bersama teman-teman baru. Jika terdapat juga hal-hal yang tidak kamu mengerti selama mengikuti Ospek calon maba, janganlah ragu untuk bertanya kepada teman ataupun pada senior pembimbing.

Jaga sikap saat Ospek

Saat mengikuti ospek calon mahasiswa baru, pastikan juga kamu mengerti serta mematuhi segala peraturan yang ada. Kamu juga harus tetap menjaga sikap serta perkataan saat ospek berlangsung. Lebih baik lagi, gunakan tata bahasa yang santun saat bertanya pada senior ataupun pada dosen yang memberikan materi. Tak hanya itu, berpakaian yang rapi serta sopan juga perlu kamu perhatikan. Jangan sampai dipandang negatif oleh para senior atau para dosen.

Penutup

Saat ini, kegiatan ospek bisa dibilang sebagai suatu kegiatan untuk perkenalan kampus atau sekolah baru. Oleh sebab itu, biasanya siswa atau mahasiswa baru akan diperkenalkan tentang lingkungan dari lembaga pendidikan tersebut. Dengan begitu, siswa dan mahasiswa baru akan menjadi lebih nyaman ketika memulai kegiatan belajar.

Demikian pembahasan tentang ospek, semoga semua pembahasan pada artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Grameds. Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang kuliah, maka bisa menemukannya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan
Sumber: Dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Ospek

Kuliah Cemerlang, Karier Gemilang!

https://www.gramedia.com/products/kuliah-cemerlang-karier-gemilang?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kuliah-cemerlang-karier-gemilang?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Banyak orang bingung mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Sebab, pencari kerja jauh lebih banyak daripada lowongan pekerjaan yang ada. Ironisnya yang terjadi selama ini, para sarjana justru susah mendapat pekerjaan, sedangkan lulusan SMA sederajat justru mudah mendapatkan pekerjaan.Kenapa hal ini bisa terjadi?

Jawaban dari pertanyaan itu ada di dalam buku ini. Berbagai solusi agar kita tidak menjadi pengangguran berpendidikan, juga dikupas secara tuntas. Di antaranya tentang cara menjadi mahasiswa lulus tepat waktu, tidak hanya pintar akademik, cara bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan, hingga cara-cara untuk berbisnis sendiri.

Dengan tulisan dan gaya bahasa yang sederhana, buku ini sangat mudah dipahami. Kehadiran buku ini sekaligus mengubah paradigma atau cara berpikir kita dalam menyikapi dunia pendidikan di Indonesia.

Kuliah, Kerja, Kaya!

https://www.gramedia.com/products/kuliah-kerja-kaya?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kuliah-kerja-kaya?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Barangkali, karena belum mengetahui potensi diri sendiri, banyak orang mengambil jurusan yang menjadi favorit sejuta umat. Tetapi kemudian, mereka menyesal di pertengahan kuliah karena tak tahu akan berkarir sebagai apa setelah lulus.

Apakah kamu termasuk salah satu dari mereka? Tenang! Kamu tak perlu menyesali keputusan mengambil jurusan apa pun yang sudah kamu pilih. Sebab, setiap jurusan selalu memiliki banyak peluang karier. Buku ini hadir untuk memberi inspirasi bagi kamu yang sedang kebingungan memilih karir yang akan digeluti setelah lulus kuliah.

Ragam peluang karier dan bisnis dalam buku ini sudah disesuaikan dengan berbagai jurusan, mulai dari pendidikan, bahasa, teknik, ekonomi, psikologi, ilmu komunikasi, farmasi, hingga jurusan hukum. Banyaknya peluang ini membuatmu tak perlu putus asa meski kamu merasa salah jurusan.

Kitab Suci Kuliah

https://www.gramedia.com/products/kitab-suci-kuliah-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kitab-suci-kuliah-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Buku ini mungkin akan mengubah hidupmu! Seperti halnya Andhika mengubah jalan hidupnya dari murid biasa asal Kepulauan Riau yang gemar bermain game dan nonton anime hingga menjadi Mahasiswa Berprestasi Nasional dengan tetap menjadi dirinya sendiri. Kita selalu diminta untuk sukses kuliah, tapi tidak pernah ada yang memberi tahu apa yang dimaksud dengan “sukses” kuliah sebenarnya, apalagi cara mencapainya.

Bahkan tidak ada yang memberi tahu kesempatan apa saja yang ada agar bisa mencapai “sukses” di kuliah maupun saat terjun ke masyarakat nantinya. Pemerintah mungkin luput peduli, orangtua tidak begitu mengerti, alhasil kita hanya mengacu pada standar anak SMA biasa: rendah, usaha dangkal. Kita tidak bisa memanfaatkan kesempatan yang ada di dunia perkuliahan sebaik-baiknya. Ah, tapi sekarang tidak penting salah siapa, syukurlah kamu sudah memegang buku ini.

Buku ini akan mendorongmu menjadi versi terbaik dirimu meskipun pada awalnya kamu adalah siswa pemalas, merasa tidak terlalu pintar, atau sering dianggap bermasalah. Ini adalah kitabmu untuk memahami peluang apa saja yang ada di kampus dan mengembangkannya untuk meraih prestasi.

Baca Ini Kamu Pasti Kuliah Keluar Negeri Dijamin 100%

https://www.gramedia.com/products/baca-ini-kamu-pasti-kuliah-keluar-negeri-dijamin-100?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/baca-ini-kamu-pasti-kuliah-keluar-negeri-dijamin-100?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Buku Jurus Kuliah ke Luar Negeri (JKLN) adalah buku yang berisi jurus-jurus pasti kuliah ke luar negeri. Setelah melakukan riset selama 9 tahun di 40 negara dan wawancara lebih dari 300 mahasiswa Indonesia di luar negeri lalu disusun oleh 5 penulis sarat pengalaman di luar negeri bersama Inspira Research Center akhirnya terciptalah Jurus Kuliah ke Luar Negeri.

Pada awalnya JKLN berbentuk DVD berisi 9 ebook total 4367 halaman ditambah 219 video interview dan tips dari mahasiswa Indonesia di luar negeri. Dan pada bulan Juni kami memutuskan untuk mengeluarkan versi buku cetak total 302 halaman tanpa menghilangkan paket DVD, buku tersebut berjudul “Baca Ini. Kamu Pasti Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%”. Dan membuat semakin banyak respon positif dari pembaca maupun mahasiswa aktif di luar negeri.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien