Kuliah

Contoh Kata Pengantar Skripsi dan Cara Membuatnya

Written by Laeli Nur Azizah

Biasanya, kendala apa saja yang paling membuat Anda pusing dan bingung ketika menyelesaikan skripsi? Mungkinkah kata pengantar skripsi? Jika iya, maka Anda tidak perlu khawatir lagi, walaupun terkesan sulit, kata pengantar skripsi ini harus kita selesaikan supaya skripsi juga dapat selesai dengan baik dan benar. Apabila kita artikan, maka kata pengantar adalah halam ucapan terima kasih yang ditulis oleh penulis mengenai rasa syukur karena penulisan skripsi telah selesai. Secara garis besar, kata pengantar skripsi juga bisa berisi mengenai ucapan rasa syukur dan dituangkan juga tujuan dari penulisan skripsi yang Anda kerjakan. Selain itu, penulis juga diperbolehkan untuk menuliskan manfaat dari penulisan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca kepada penulisnya. Hal tersebut bertujuan supaya kedepannya penulis dapat menulis karya ilmiah dengan lebih baik lagi.

Seperti namanya, keberadaan kata pengantar sendiri secara teknis ditulis dengan bahasa yang tegas dan juga jelas. Penulisan kata pengantar ini tidak ditulis terlalu panjang dan lebar. Sehingga, kita harus memastikan dulu bahwa kita menulis kata pengantar dengan singkat, padat, dan sederhana. Supaya lebih jelas dan juga tepat sasaran sesuai dengan tema yang sedang Anda kerjakan. Walaupun penulisan kata pengantar skripsi terlihat sederhana dan mudah, tapi ternyata cukup ribet dan membingungkan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang kata pengantar skripsi dan beberapa contoh yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Unsur-unsur Kata Pengantar

Penulisan kata pengantar skripsi yang harus kita ketahui yaitu salah satunya memahami unsur kata pengantar itu sendiri Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya. Di bagian awal, penulisan kata pengantar ini juga bisa ditujukan pertama kali untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME dan sejenisnya. Selain itu, penulisan kata pengantar juga berisi mengenai penjelasan tentang dibuatnya skripsi tersebut, menjelaskan tentang pelaksanaan penulisan skripsi, menjelaskan adanya bantuan, arahan dari pihak yang terlibat di dalamnya serta bimbingan dari dosen.

Apabila Anda ingin menuliskan terima kasih pada seseorang ataupun lembaga yang sudah membantu Anda, hal itu juga diperkenankan. Memang tidak selalu harus mengucapkan terima kasih dan sejenisnya, di dalam kata pengantar, Anda juga dapat menyampaikan harapan terhadap skripsi yang Anda tulis. Tak lupa juga untuk menuliskan manfaat bagi para pembaca yang membaca skripsi Anda.

Menulis Skripsi, Jurnal, dan Tulisan Ilmiah dengan MS Word

Struktur dan Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi

Penulisan kata pengantar skripsi yang kerap kali diabaikan adalah penulisan struktur kata pengantar. Setidaknya ada tiga struktur yang perlu kita perhatikan sebelum menulis kata pengantar skripsi, antara lain:

1. Membuat Kata Pembuka

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kata pembuka. Pastinya, setiap kali menuliskan kata pengantar skripsi, kita memerlukan kata pembuka. Pembukaan tersebut umumnya berisi ucapan syukur terhadap karunia Tuhan atas selesainya pengerjaan skripsi tersebut. Di dalam paragraf pertama ini dapat juga disertakan maksud dan juga tujuan utama mengapa Anda harus menyelesaikan skripsi tersebut. Perhatikan contoh dibawah ini:

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat yang melimpah dan kesehatan, sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Analisis Buku Bulan”, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1) Jurusan Bahasa Indonesia.

2. Jelaskan Isi Skripsi dan Ucapkan Terima Kasih

Kemudian pada paragraf kedua pembuka berisi mengenai ucapan rasa syukur atas selesainya skripsi yang Anda kerjakan. Disinilah unsur-unsur dituangkan di dalam paragraf pembuka. Setelah paragraf pembuka selesai, setelah itu barulah masuk ke dalam struktur kata pengantar skripsi yang kedua, yakni bagian isi skripsi. Penulisan bagian isi tersebut berisikan mengenai deskripsi singkat dari tema yang Anda usung dan Anda jelaskan di bagian dalamnya. Namun perlu diingat bahwa di bab isi tersebut Anda hanya cukup menyampaikan kata-kata dengan menggunakan bahasa yang singkat dan padat. Sebab, penulisan daftar pustaka tidak ditulis secara jelas. Hanya cukup disinggung yang penting saja.

Anda boleh menuliskan sedikit saja pembahasan dari isi yang Anda tulis pada bagian inti penelitian Anda. Namun perlu diingat, bahwa hanya ada sedikit pembahasan saja. Apabila Anda merasa bingung dalam menyampaikannya, Anda juga dapat melakukannya dengan membuat poin-poin yang penting saja dari inti tulisan Anda. Lalu tuliskan di bagian kata pengantar. Contohnya:

Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak mungkin terselesaikan tanpa adanya dukungan, bantuan, bimbingan, dan nasehat dari berbagai pihak selama penyusunan skripsi ini. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih setulus-tulusnya kepada:

1. Bapak ibu di rumah yang selalu memberikan kasih sayang, doa, dukungan, nasihat dan semuanya.
2. Bapak NAMA selaku Rektor
3. Bapak NAMA selaku Dekan Fakultas.
3. Ibu “NAMA” selaku dosen pembimbing yang baik dan tulus dalam membimbing.
3. Kakak dan adik.
4. Teman-teman seperjuangan.
5. Semua pihak

Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman

3. Membuat Kalimat Penutup

Adapun struktur yang terakhir yaitu penutup. Penulisan kata pengantar skripsi di bagian penutup ini biasanya berisi mengenai permohonan maaf. Dikesempatan inilah Anda dapat menuliskan permohonan maaf atas kurang ataupun lebihnya dalam pembuatan skripsi. Biasanya, permohonan maaf tersebut ditujukan untuk para pembaca. Pastinya, dalam penulisan skripsi, penulis akan sering mengalami kesalahan seperti misalnya kesalahan typo, atau mungkin argumen yang kurang sempurna, dan lain sebagainya.

Selain itu, tidak lupa juga, bila di bagian penutup ini juga perlu dituliskan harapan yang Anda inginkan. Contohnya, semoga kedepannya penelitian yang Anda tuliskan dapat melahirkan koreksi dan juga solusi dari gagasan pembaca yang lainnya, untuk menyempurnakan hasil penelitian yang mungkin saja masih ada yang kurang dari yang sudah Anda temukan.

Contohnya:

Penulis menyadari bahwa di dalam skripsi ini masih ada banyak kekurangannya, oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan juga saran yang sifatnya membangun untuk karya yang lebih baik lagi kedepannya. Harapannya, skripsi ini akan memberikan manfaat bagi para pembaca.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Berikut ini adalah beberapa contoh kata pengantar skripsi yang harus Anda pahami, antara lain:

1. Contoh Kata Pengantar Skripsi Lengkap

Alhamdulillah, Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Dzat yang hanya kepada-Nya memohon pertolongan. Alhamdulillah atas segala pertolongan, rahmat, dan kasih sayang-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pengaruh Pengasuhan Kenabian terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja”. Shalawat dan salam kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang senantiasa menjadi sumber inspirasi dan teladan terbaik untuk umat manusia.

Kenakalan remaja yang terus meningkat merupakan masalah yang harus mendapatkan perhatian khusus. Peran keluarga menjadi penting untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja. Jenis Pengasuhan orangtua dapat menyebabkan terjadinya kenakalan remaja. Pengasuhan kenabian merupakan model pengasuhan orang tua untuk membentuk prilaku yang baik pada anak dan terhindar dari kenakalan remaja. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh pengasuhan kenabian terhadap kecenderungan kenakalan remaja.

Penulis menyadari banyak pihak yang memberikan dukungan dan bantuan selama menyelesaikan studi dan tugas akhir ini. Oleh karena itu, sudah sepantasnya penulis dengan penuh hormat mengucapkan terimakasih dan mendoakan semoga Allah memberikan balasan terbaik kepada:

  • Bapak Prof. Dr. Muh. Jufri, S. Psi., M. Si., selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.
  • Bapak Ahmad Yasser Mansyur, S. Ag., S. Psi., M. Si., Ph. D., dan Ibu Kurniati Zainuddin, S. Psi., M. A., selaku pembimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi.
  • Dosen-dosen Fakultas Psikologi UNM
  • Bapak Dr. H. Ahmad, S. Ag., S. Psi., M. Si., selaku validator ahli alat ukur yang penulis gunakan dalam penelitian ini.
  • Ibu Nur Afni Indahari, S. Psi., M. Si., Psi., yang telah menjadi penguji dalam seminar proposal penelitian dan sidang skripsi penulis.

Terimakasih penulis juga haturkan untuk semua pihak yang telah membantu peneliti dalam menyelesaikan skripsi ini yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu.
Akhir kata penulis menyadari bahwa tidak ada yang sempurna, penulis masih melakukan kesalahan dalam penyusunan skripsi. Oleh karena itu, penulis meminta maaf yang sedalam-dalamnya atas kesalahan yang dilakukan penulis.

Peneliti berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan referensi demi pengembangan ke arah yang lebih baik. Kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari diri penulis. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rahmat dan Ridho-Nya kepada kita semua.

Bekasi, 29 Januari 2021
Penulis

Pedoman Penulis Karya Ilmiah(Proposal,Skripsi Dan Tesis)

2. Contoh Kata Pengantar Skripsi Singkat

Dengan mengucapkan Alhamdulillah segala puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusunan skripsi yang berjudul “Hubungan Antara Perilaku Merokok Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung” ini dapat diselesaikan guna memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan pada Jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Perjalanan panjang telah penulis lalui dalam rangka menyelesaikan penulisan skripsi ini. Banyak hambatan yang dihadapi dalam penyusunannya, namun berkat kehendak-Nyalah sehingga penulis berhasil menyelesaikan penulisan skripsi ini. Oleh karena itu, dengan penuh kerendahan hati, pada kesempatan ini patutlah kiranya penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  • Prof. Dr. H. Moh Mukri, M.Ag. Selaku Rektor UIN Raden Intan Lampung.
  • Drs. M. Nursalim Malay, M.Si Selaku Ketua ProdiPsikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung.
  • Kepada Bapak Drs. Syaiful Hamali, M.Kom. selaku pembimbing I dan Ibu Iin Yulianti, MA selaku pembimbing II yang telah membimbing penulis dalam penyusunan skripsi ini hingga selesai.
  • Semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan skripsi ini yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.

Akhir kata, penulis mengharapkan skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Cikarang, 28 Januari 2021
Penulis

3. Contoh Kata Pengantar Skripsi yang Baik dan Benar

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Puji dan syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya-lah saya dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemetaan Prioritas Perbaikan Jalan dan Jembatan Nasional di Provinsi Bengkulu menggunakan Metode TOPSIS dan Fuzzy C-Means”.

Skripsi ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan dan sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Strata 1 di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Selain itu, skripsi ini juga dibuat sebagai salah satu wujud implementasi dari ilmu yang didapatkan selama masa perkuliahan di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

Penulis menyadari bahwa skripsi masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis berharap dapat belajar lebih banyak lagi dalam mengimplementasikan ilmu yang didapatkan. Skripsi ini tentunya tidak lepas dari bimbingan, masukan, dan arahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  • Bapak Drs. Boko Susilo, M.Kom. sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.
  • Ibu Desi Andreswari, S.T., M.Cs. sebagai dosen pembimbing utama dan Bapak Yudi Setiawan, S.T., M.Eng. sebagai dosen pembimbing pendamping yang telah meluangkan waktu memberikan dukungan, bimbingan dan motivasi dalam menyelesaikan skripsi ini.
  • Ibu Ernawati, S.T., M.Cs sebagai Ketua Program Studi Teknik Informatika yang telah memberikan dukungan selama masa perkuliahan di Teknik Informatika Universitas Bengkulu.
  • Orangtua tercinta, Hermansyah dan Sefti Karlisa serta adek saya Aqilah Dwi Putri Ananda yang telah mendoakan, memberikan dukungan dan memotivasi dalam menyelesaikan skripsi ini.

Semua pihak yang telah membantu dan tidak dapat disebutkan satu persatu.

Saya berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa mengaruniakan rahmat dan hidayah-Nya kepada mereka semua. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Cirebon, 20 Januari 2021
Penulis

Demikian penjelasan mengenai kata pengantar skripsi dan beberapa contohnya yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam menulis kata pengantar skripsi. Semoga bermnfaat.

Apa itu kata pengantar dan contohnya?

Menurut KBBI, kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis. Biasanya, kata pengantar berisi rasa syukur atau terima kasih dari penulis kepada pihak yang telah membantunya menyelesaikan suatu karya.

Apa isi kata pengantar proposal?

Kata pengantar berisi apresiasi terhadap tulisan dan penulis. Kata pengantar juga berisi ucapan terima kasih kepada penulis. Sementara, prakata atau preface ditulis oleh penulis itu sendiri sebagai halaman pembuka dalam sebuah tulisan.

Di mana letak kata pengantar?

Kata Pengantar diletakkan pada bagian awal makalah. Peletakkan ini bertujuan agar pembaca mengetahui bahwa dalam menyelesaikan makalah tesebut, penulis atau tim penyusunnya telah melalui banyak hal dan ada pula beberapa pihak yang membantu penyusunan makalah tersebut.

Apa fungsi kata pengantar dalam penelitian?

Kata pengantar ditulis di bagian halaman awal suatu karya tulis. Tujuan dari pembuatan kata pengantar merupakan agar pembaca mengenali bahwa dalam menyelesaikan karya tersebut, penulis telah lewat banyak hal dan dibantu oleh beberapa pihak dalam penyusunan karya tulis tersebut.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien