Sejarah

Sejarah: Pengertian, Ruang Lingkup, Sumber dan Manfaat Bagi Kehidupan

ruang lingkup sejarah
Written by M. Hardi

Ruang lingkup sejarah – Sejarah adalah suatu hal yang tak bisa dilepaskan dari peradaban manusia yang akan mengalami perkembangan dan evolusi. Manusia adalah makhluk yang dinamis, sehingga mampu menciptakan sejarah yang pada akhirnya akan dimanfaatkan bagi kehidupan berikutnya.

Oleh karena itu kita juga wajib banget mengetahui dan memahami pengertian dari sejarah. Sebab sejarah bisa memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan seseorang.
Dalam artikel ini akan menjelaskan lebih dalam tentang semua hal yang berhubungan dengan sejarah khususnya ruang lingkup sejarah. Dengan begitu, kita juga akan lebih mudah tahu dalam memahami sejarah.

Pengertian Sejarah Secara Umum

ruang lingkup sejarah

Sumber: Pixabay

Sebelum mempelajari sejarah lebih dalam lagi. Akan lebih baik jika kita juga tahu terlebih dahulu pengertian dari secara secara umum. Sebab, mengetahui pengertian sejarah secara umum akan menjadi sebuah pondasi untuk lebih mudah memahami semua hal yang berhubungan dengan sejarah.

Secara etimologi sejarah berasal dari Bahasa Arab yaitu Syajaratun. Dimana arti dari kata Syajaratun adalah pohon. Dalam Bahasa Arab sejarah juga bisa disebut dengan Tarikh.
Pohon bisa diartikan sebagai percabangan geneologis satu kelompok keluarga yang menyerupai sebuah pohon dengan cabang yang cukup banyak, mulai dari ranting hingga bagian akar. Kata syajaratun dalam Bahasa Arab kemudian mengalami perkembangan dalam Bahasa Melayu menjadi Syajarah.

Hingga akhirnya menjadi istilah sejarah dalam Bahasa Indonesia yang mampu memberikan gambaran silsilah atau keturunan. Dalam Bahasa Yunani, sejarah berasal dari kata istoria yang memiliki arti istoria atau belajar dengan cara bertanya.

Istoria inilah yang menjadi istilah sejarah hingga berkembang menjadi sebuah ilmu kajian serta pembelajaran dengan sifat kronologis atau dapat dikaji dengan dasar tempo maupun berdasarkan urutan waktu.

Lalu, sejarah dalam Bahasa Jerman berasal dari kata Geschichte dan Geschiedenis atau Historie jika dalam Bahasa Belanda yang memiliki arti kejadian yang dibuat oleh manusia.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Setelah sebelumnya kita belajar tentang pengertian sejarah secara etimologi. Berikutnya, kita masih akan belajar tentang arti sejarah namun menurut beberapa ahli. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa pendapat dari para ahli tentang pengertian sejarah.

1. H. Wals

H. Wals berpendapat jika sejarah adalah sebuah catatan yang begitu penting dan berarti bagi setiap manusia. Dimana catatan tersebut tentang tindakan dan pengalaman manusia di masa lampau. Di dalam catatan tersebut juga terdapat hal penting yang bisa menjadi sebuah cerita yang begitu berarti dalam kehidupan manusia.

2. J.V. Bryce

J.V. Bryce menjelaskan bahwa sejarah adalah suatu catatan yang di dalamnya berisikan pikiran, perkataan serta hal penting lain yang telah dilakukan oleh manusia di masa lalu.

3. W.J.S Poerwadarminta

W.J.S Poerwadarminta memiliki pendapat jika sejarah merupakan seluruh kesusastraan lama, silsilah serta asal usul. Dimana W.J.S Poerwadarminta juga menjelaskan jika sejarah sangat berkaitan dengan kejadian yang telah terjadi di masa lalu hingga kemudian menjadi sebuah kajian ilmu pengetahuan sebagai suatu cerita pembelajaran.

4. Norman E. Cantor

Menurut Norman E. Cantor, sejarah adalah suatu pembelajaran atau studi yang didalamnya membahas tentang apa yang telah dilakukan, dipikirkan serta dikatakan oleh manusia di masa lalu.

https://www.gramedia.com/products/pengantar-ilmu-sejarah-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/pengantar-ilmu-sejarah-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

5. Moh. Ali

Moh. Ali menjelaskan bahwa sejarah merupakan suatu cerita yang berisikan perubahan, peristiwa yang nyata di sekitar kita dan terjadi di masa lalu hingga kemudian menjadi kajian ilmu yang dapat digunakan untuk menyelidikinya.

6. Patrick Gardiner

Patrick Gardiner menjelaskan jika sejarah merupakan suatu kajian ilmu yang digunakan untuk mempelajari apa yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lalu.

7. Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun memiliki pendapat jika sejarah dapat dibagi menjadi menjadi dua pengertian yaitu dari sisi luar dan dari sisi dalam. Ia menjadikan jika sejarah dilihat dari sisi luar adalah suatu rekaman proses masa serta pergantian kekuasaan tertentu yang telah terjadi di masa lalu.

Sedangkan sejarah yang dilihat dari sisi dalam merupakan suatu kajian studi atau pembelajaran yang membutuhkan penalaran kritis serta usaha yang lebih cermat untuk bisa mendapatkan kebenaran yang ada di masa lalu.

8. Edward Hallet Carr

Edward Hallet Carr memiliki pendapat bahwa sejarah merupakan suatu proses interaksi yang terjadi secara terus menerus antara sejarawan dengan fakta dengan melakukan dialog di masa lalu dan masa sekarang.

Edward Hallet Carr juga memberikan penekanan jika terdapat kesinambungan dan kontinuitas antara masa satu dengan masa lainnya. Dimana kontinuitas tersebut juga harus terjadi pada masa sekarang yang merupakan kelanjutan terhadap yang telah terjadi di masa sebelumnya.

9. Roeslan Abdulgani

Roeslan Abdulgani menjelaskan jika pengertian sejarah adalah suatu bentuk dari cabang ilmu pengetahuan yang didalamnya terhadap penelitian dan penyelidikan secara sistematis terhadap semua perkembangan masyarakat dan kemanusiaan di masa lalu. Selain itu, sejarah juga bisa memberikan suatu gambaran kejadian yang selanjutnya dapat memberikan penilaian secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut.

Itulah beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian sejarah yang bisa Anda baca selengkapnya.

Ruang Lingkup Sejarah

ruang lingkup sejarah

Sumber: Pixabay

Secara ruang lingkup sejarah dikelompokkan menjadi 4. Mulai dari sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai kisah hingga sejarah sebagai seni. Setiap ruang lingkup sejarah tersebut memiliki pengertian masih-masing.

Nah, untuk lebih tahu lagi tentang ruang lingkup sejarah, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Sejarah Sebagai Ilmu

Ruang lingkup sejarah yang pertama adalah sejarah sebagai ilmu. Jika diartikan adalah sejarah akan dipandang sebagai ilmu pengetahuan yang ada kaitannya dengan kejadian atau peristiwa serta cerita yang pernah terjadi di masyarakat di masa lalu.

Pada ruang lingkup ini, sejarah akan dijadikan sebagai sebuah objek yang akan dibahas secara lebih objektif dan lebih jelas menggunakan data yang ada dan juga sumber yang telah tervalidasi dengan baik dan benar. Di sisi lain, sejarah juga bisa diartikan sebagai pengetahuan akan masa lalu yang telah disusun secara sistematis dengan menggunakan metode kajian ilmiah.
Dengan begitu, sejarah bisa menjadi begitu penting dan bisa memberikan tambahan wawasan bagi mereka yang menekuninya maupun hanya sekedar membaca.

Ruang lingkup sejarah yang dipandang sebagai ilmu juga memiliki beberapa ciri. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pembahasan memiliki sifat empiris
  • Adanya suatu objek yang dibahas
  • Memiliki teori yang cukup jelas serta terpercaya
  • Adanya metode ilmiah
  • Adanya generalisasi atau kesimpulan yang didapatkan berasal dari suatu peristiwa.

Sedangkan contoh dari ruang lingkup sejarah sebagai ilmu adalah seperti fosil, archa, artefak dan hasil penemuan lainnya.

https://www.gramedia.com/products/sejarah-umat-manusia-dari-nenek-moyang-kita-yang-paling-aw?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sejarah-umat-manusia-dari-nenek-moyang-kita-yang-paling-aw?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

2. Sejarah Sebagai Peristiwa

Berikutnya ruang lingkup sejarah sebagai peristiwa. Hal tersebut berhubungan erat dengan suatu kejadian yang telah terjadi pada masa lalu dan memang benar-benar ada dan nyata. Selain itu untuk ciri dari ruang lingkup ini juga ada hubungannya dengan kejadian penting, nyata dan actual.

Berikut adalah ciri-ciri dari ruang lingkup sejarah sebagai peristiwa.

  • Memiliki sifat abadi
  • Peristiwa atau kejadian yang terjadi hanya satu kali
  • Memberikan pengaruh yang terlihat serta diakui oleh banyak orang
  • Kejadian memiliki sebuah arti penting
  • Lalu untuk contohnya adalah seperti adanya hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sejarah berdirinya PBB dan lainnya.

3. Sejarah Sebagai Kisah

Berikutnya ada ruang lingkup sejarah sebagai kisah. Dimana dalam ruang lingkup ini akan mengacu terhadap penulisan fakta sejarah dari orang-orang yang telah mendapatkan atau mengumpulkan ide tulisan dengan bahan sejarah yang telah ada.

Dalam hal ini, cerita akan memiliki makna sebagai suatu rangkaian cerita. Cerita yang muncul tersebut akan dalam bentuk narasi ingatan yang juga merupakan sebuah interpretasi murni dari manusia.

Cerita sejarah juga dapat diceritakan secara implisit, secara lisan maupun secara tertulis. Dimana ketika cerita sejarah disampaikan secara lisan, maka cerita akan diceritakan melalui suatu pidato atau ceramah.

Lalu, untuk cerita sejarah yang disampaikan melalui tulisan, maka sejarah akan ditulis dalam bentuk cerita atau buku. Perlu diketahui juga jika setiap cerita pasti memiliki sudut pandang yang berbeda-beda tergantung siapa yang menulisnya.

4. Sejarah Sebagai Seni

Terakhir ada ruang lingkup sejarah sebagai seni yang hampir sama dengan mahami sejarah sebagai sebuah cerita. Sejarah akan ditulis serta diceritakan kembali dengan memberikan usur esensi seni.

Banyak hal yang bisa dieksplorasi dalam sebuah seni mulai dari tata Bahasa dalam penyampaian atau dalam bentuk keberagaman. Misalnya seperti sejarah yang dibawakan dalam bentuk puisi, drama, musik maupun lukisan yang memiliki nilai estetik yang begitu tinggi hingga bisa dinikmati oleh siapa saja.

Unsur Sejarah

Setelah mengetahui tentang pengertian dan ruang lingkup sejarah. Berikutnya kita akan belajar Bersama tentang unsur yang ada di dalam sejarah.

Secara umum, unsur dalam sejarah dibagi menjadi empat yaitu manusia, waktu, ruang dan kausalitas. Dimana setiap unsur akan memberikan pengertian yang berbeda-beda. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa unsur dalam sejarah.

1. Manusia

Manusia merupakan salah satu unsur penting dalam lahirnya sebuah sejarah. Hal ini dikarenakan manusia juga sangat menentukan suatu peristiwa sejarah. Selain itu manusia juga memiliki peran penting dalam kemunculan sejarah karena biasanya sejarah akan menceritakan tentang tindakan atau suatu tingkah laku manusia dalam bidang apapun atau bukan berdasarkan perspektif binatang maupun alam.

Hal tersebut bisa terjadi karena pada dasarnya sejarah tercipta memang untuk manusia. Mulai dari tindakan dan jalan kehidupan manusia selanjutnya menjadi penentu terjadinya sejarah dalam ruang dan waktu tertentu.

Hal tersebut sama dengan pendapat Ernst Berheim yang menjelaskan bahwa manusia merupakan suatu objek sejarah. Dimana sejarah akan bergantung terhadap manusia serta lingkungan sekitarnya untuk bisa menentukan sejarah dapat berlangsung cepat maupun lama.

2. Waktu

Berikutnya, ada unsur waktu atau periode yang memang begitu penting dalam sejarah. Sebab, konsep sejarah memberikan ulasan terkait dengan kegiatan manusia pada kurun waktu tertentu.

Kurun waktu inilah yang nantinya menjadi sebuah batasan waktu sejarah dimulai maupun diakhiri secara sistematis dan jelas. Unsur waktu juga bisa menunjukkan bagaimana manusia akan menggunakan waktu dalam melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan mereka tentunya.

Oleh karena itu, waktu bisa dipisahkan dari kesadaran manusia sebagai makhluk hidup yang lebih dinamis. Peristiwa yang dialami oleh manusia selanjutnya akan disajikan dalam bentuk sejarah dengan dasar urutan waktu.

Hal tersebut bisa menjadi tanda jika sejarah memiliki sifat kronologis yang begitu lekat terhadap periode atau keterlibatan waktu yang lebih jelas di dalamnya. Waktu yang jelas ini bisa diartikan sebagai tiga dimensi yang menentukan kehidupan manusia yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.

3. Ruang

Berikutnya, ada unsur ruang dalam sejarah. Ruang disni bisa juga disebut tempat yang lebih merujuk aspek letak geografis suatu kejadian yang telah dialami oleh manusia. Pada dasarnya, setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia pada waktu tertentu pasti berada pada ruangan tertentu.

Adanya keterlibatan ruang juga akan mempermudah para pembaca dari generasi yang berikutnya untuk lebih memahami secara utuh sebuah peristiwa sejarah secara benar-benar terjadi.

Jika dilihat dari teori Determinisme Geografis, ruang dan sejarah memiliki hubungan yang begitu erat karena adanya faktor geografis yang juga menjadi penentu jalannya sebuah peristiwa dalam sejarah. Oleh sebab itu, sejarah selain bisa dikategorikan dari segi waktu juga dapat dikategorikan dari tempat maupun lokasi dimana sejarah tersebut terjadi. Misalnya adalah sejarah negara, daerah, benua hingga sejarah dunia sekalipun.

4. Kausalitas

Sejarah juga memiliki sifat deskriptif,sehingga dapat ditampilkan dengan susunan fakta apa, siapa, kapan dimana dan bagaimana di dalam penafsirannya. Data deskriptif tersebutlah yang nantinya bisa memicu keingintahuan pada peristiwa sejarah tertentu agar bisa terpenuhi. Sebagai contohnya adalah dalam penggunaan pertanyaan bagaimana akan terjawab keterangan sebuah sebab peristiwa sejarah dapat terjadi walaupun dihadirkan dengan cara implisit dan bukan eksplisit.

Manfaat Sejarah Bagi Kehidupan Manusia

Keberadaan sejarah juga begitu bermanfaat bagi kehidupan manusia secara pribadi. Dimana sejarah bisa berubah menjadi sebuah nilai hidup yang berdampingan dengan manusia. Adapun beberapa manfaat sejarah dalam kehidupan manusia adalah sebagai berikut ini.

1. Sebagai Peneguh Hati

Setiap manusia pastinya memerlukan ketenangan serta keteguhan hati dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu dengan memahami sejarah, manusia akan lebih mudah untuk memahami apa yang sedang ia lakukan secara sadar.

2. Berguna Untuk Pengajaran

Sejarah juga bisa menjadi pembelajaran bagi manusia untuk bisa melakukan sesuatu di masa depan atau setidaknya dengan adanya sejarah bisa dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Sejarah secara pribadi bisa juga dimaknai sebagai pengalaman hidup, ruang dan waktu. Meskipun mungkin bukan mereka yang mengalami secara langsung.

Selain itu, sejarah juga bisa menjadi sumber informasi bagi seseorang untuk bisa lebih mengenal banyak hal yang bisa mempengaruhi jalan hidupnya.

3. Sejarah Sebagai Peringatan

Sejarah bisa menjadi perwakilan peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Baik itu peristiwa yang bersifat positif maupun peristiwa yang bersifat negatif. Hal tersebut juga akan bisa menjadi sinyal pengingat manusia dalam situasi tertentu berdasarkan kejadian yang sudah terjadi.

4. Sebagai Sumber Kebenaran

Setiap manusia pasti akan membutuhkan kebenaran dalam menjalankan kehidupannya. Oleh karena itu, sejarah bisa menjadi bukti jika manusia harus memahami sesuatu supaya dapat bertahan hidup. Sejarah bisa berguna sebagai pemenuh kebutuhan intelektual manusia sebagai mahluk yang berakal dan dapat berfikir secara dinamis.

5. Memberikan Manfaat Bagi Masa Depan

Sejarah tak hanya bisa digunakan sebagai bentuk informasi. Namun, sejarah juga bisa menjadi inspirasi dan instruksi agar manusia bisa menjalani kehidupan di masa depan.

https://www.gramedia.com/products/sejarah-agama-manusia?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sejarah-agama-manusia?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Nah, itulah rangkuman tentang semua hal yang berhubungan dengan sejarah. Mulai dari pengertian, ruang lingkup sejarah, sumber hingga manfaat sudah dijelaskan di atas.

Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang ilmu sejarah, maka kamu bisa mencarinya di buku-buku sejarah yang bisa didapatkan di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik nuryanto

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien