Manajemen

Pengertian Humas: Jenis, Tujuan dan Ciri-cirinya

Written by Restu

Pengertian dan Tujuan Humas – Dalam membangun sebuah lembaga, baik itu lembaga pendidikan, lembaga sosial, dan sebagainya sangat diperlukan untuk membangun sebuah citra positif. Selain itu, dalam sebuah perusahaan yang telah dibentuk juga membutuhkan citra positif. Baik itu, citra positif yang berada di lembaga atau perusahaan sama-sama menandakan bahwa keberadaannya dipandang dengan baik oleh banyak masyarakat.

Citra positif ini sangat penting untuk dimiliki oleh lembaga atau perusahaan agar rasa percaya masyarakat atau konsumen terus meningkat, sehingga masih ingin bekerja sama dengan sebuah lembaga dan masih ingin menggunakan barang dan jasa dari sebuah perusahaan. Apabila citra positif ini sudah mulai memudar, sebaiknya segera dibangun kembali agar tidak jadi hilang.

Keberadaan sebuah lembaga ini pada dasarnya sangat diperlukan oleh masyarakat terutama lembaga pendidikan karena, seperti sekolah. Jika suatu lembaga pendidikan, sekolah memiliki citra positif, maka akan banyak orang tua murid yang menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.

Sementara itu, setiap perusahaan pasti memiliki kemampuan untuk menghasilkan atau menciptakan suatu barang dan jasa dan sangat bergantung pada hasil penjualan kepada masyarakat atau konsumen. Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi sebuah perusahaan untuk membangun sebuah citra positif agar konsumen tetap ingin menggunakan barang dan jasa dari suatu perusahaan.

Citra positif yang ada pada lembaga dan perusahaan ini dapat terbentuk karena adanya peran suatu divisi, yaitu “Hubungan Masyarakat” atau lebih dikenal dengan sebutan “Humas”. Peran Humas ini bisa dibilang sangat krusial karena tanpa kehadirannya suatu lembaga atau perusahaan bisa tak dikenal oleh masyarakat. Dengan kata lain, Humas mampu menjembatani hubungan antara lembaga atau perusahaan dengan masyarakat atau konsumen.

Grameds, sudah tahu tentang apa itu Humas? Kalau belum, jangan khawatir, dengan membaca artikel ini, pengetahuan tentang Humas akan bertambah, Yuk, simak artikel ini Grameds.

Pengertian Humas

Humas adalah sebuah singkatan dari Hubungan Masyarakat. Sedangkan secara bahasa, Humas berasal dari bahasa Inggris yaitu Public Relations (PR). Sedangkan secara harfiah, Humas berarti hubungan dengan publik atau masyarakat. Sama halnya dengan yang diungkapkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Humas adalah bagian lembaga pemerintah atau swasta yang melakukan kegiatan mencari dukungan publik bagi usaha-usahanya.

Sementara itu, dikutip dari buku Pengantar Public Relations, Harlow membuat kesimpulan tentan pengertian Humas setelah meneliti kurang lebih 472 definisi Humas.

1. Fungsi manajemen yang khas yang dapat membantu untuk membangun serta memelihara hubungan mutualistik dari komunikasi, pemahaman, penerimaan, hingga kerja sama antara organisasi dan publik

2. Membantu manajemen agar terus mendapatkan informasi dan responsif terhadap opini publik.

3. Bertanggung jawab untuk mengutamakan kepentingan umum terlebih dahulu.

4. Memiliki peran sebagai peringatan dini agar bisa membantu untuk mengantisipasi adanya tren serta memanfaatkan suatu penelitian dan teknik komunikasi etis sebagai alat atau sarana utamanya.

Berdasarkan Webster’s New World Dictionary, Humas adalah sebuah hubungan yang dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan masyarakat dengan organisasi agar saling berkaitan dan menciptakan sebuah opini masyarakat atau membentuk suatu citra organisasi.

Dari beberapa pengertian tersebut, maka hubungan masyarakat atau Humas adalah sebuah manajemen yang berada di sebuah organisasi pemerintah atau swasta yang memiliki fungsi untuk menjaga hubungan masyarakat dengan organisasi tersebut. Dengan kata lain, sebuah organisasi pemerintahan atau swasta sangat diperlukan untuk memiliki manajemen Humas. Hal ini perlu dilakukan agar citra positif sebuah organisasi akan selalu terjaga dengan baik.

Beli Buku di GramediaPengertian Humas Menurut Para Ahli

1. Howard Bonham

Menurut Howard Bonham, Humas adalah seni yang bertujuan untuk membangun sebuah pengertian publik agar menjadi lebih baik dengan harapan agar rasa percaya publik atau pemberdayaan terhadap sebuah lembaga atau organisasi lebih tinggi.

2. J.C Seide

J.C Seide berpendapat bahwa Humas adalah sebuah proses yang saling terhubung mulai dari usaha-usaha manajemen supaya dapat memperoleh respon yang baik dan pengertian dari para pelanggan, publik secara umum, dan karyawan.

3. International Public Relations Association (IPRA)

IPRA menyatakan bahwa Public Relations adalah sebuah fungsi manajemen yang sudah memiliki perencanaan yang matang serta berkelanjutan di dalam suatu organisasi induk atau lembaga swasta dengan tujuan untuk mendapatkan pengertian, simpati, dan dukungan dari berbagai macam pihak terkait.

4. Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom

Cutlip, Center, dan Broom mereka menyatakan bahwa Humas adalah suatu fungsi manajemen yang dibentuk untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang bisa menghasilkan dampak positif terhadap keberhasilan atau kegagalan dalam sebuah organisasi.

5. W. Emerson Rec

Menurut W. Emerson Rec, Humas adalah sebuah hal yang berkesinambungan dari proses penetapan suatu penentuan pelayanan, sikap, dan kebijaksanaan yang disesuaikan dengan kepentingan dari orang banyak atau kelompok supaya orang atau lembaga tersebut mendapatkan kepercayaan dan sebuah citra positif dari mereka (orang banyak atau kelompok).

6. Frank Jeffkins

Frank Jeffkins mengatakan bahwa Humas adalah suatu hal yang didalamnya terdapat semua bentuk komunikasi yang sudah memiliki perencanaan, baik komunikasi ke dalam atau komunikasi ke luar antara organisasi dengan publik supaya bisa mencapai tujuan khusus, yaitu pengertian bersama.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

7. Ruslan

Menurut Ruslan, Humas adalah sebuah proses yang berkesinambungan dari usaha manajemen agar mendapatkan sebuah kepercayaan dan pengertian dari para pelanggan, konsumen, karyawan, dan publik. Ruslan juga membedakan hubungan Humas ke dalam organisasi atau lembaga dan ke luar organisasi atau lembaga. Hubungan Humas ke dalam berupa suatu perbaikan dan pembenahan dengan cara membangun budaya perusahaan, seperti motivasi, disiplin, produktivitas pekerjaan, dan meningkatkan pelayanan. Sedangkan hubungan Humas ke luar berupa membangun rasa percaya dan citra positif perusahaan sekaligus mempertahankan citra dari produk yang telah dihasilkan.

8. Edward L. Bernays

Edward L. Bernays menyatakan bahwa Humas adalah suatu manajemen yang berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat atau publik, membujuk secara langsung kepada masyarakat supaya dapat mengubah  sikap dan tindakan, berusaha mengintegrasikan tindakan dan sikap dari suatu masalah yang terjadi dengan masyarakat serta dari masyarakat terhadap suatu masalah tersebut.

Beli Buku di GramediaTujuan Humas Menurut Ahli

Tujuan Humas menurut beberapa ahli berbeda, di antaranya:

1. Menurut Greener

Greener menyatakan bahwa tujuan Humas adalah untuk membuat masyarakat atau publik berpikir lebih tinggi tentang Anda dan organisasi Anda.

2. Abdurachman

Menurut Abdurachman, adanya Humas bertujuan untuk mengembangkan good will dan mendapatkan sebuah pendapat publik yang favorable atau dapat membangun kerja sama yang dibangun dengan hubungan harmonis dengan publik.

3. Kriyantono

Menurut Kriyantono, Humas memiliki tujuan untuk menciptakan suatu pemahaman berupa public relations (mutual understanding) antara sebuah lembaga dengan masyarakat, serta membangun citra (corporate image), citra korporat melalui program CSR (Corporate Social Responbility), menciptakan opini public favorable, serta menciptakan good will dan kerja sama.

4. Ruslan

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Ruslan beranggapan bahwa kehadiran Humas dijadikan sebagai suatu alat manajemen modern yang secara struktural merupakan bagian integral dari suatu kelembagaan atau organisasi.

5. Kusumastuti

Menurut Kusumastuti, Humas mempunyai tujuan untuk membangun, membina, dan menjaga sebuah sikap yang dapat membuat kedua belah pihak merasa senang atau tidak merasa dirugikan. Dalam hal ini, kedua belah pihak yang dimaksud adalah pihak publik dengan pihak organisasi atau perusahaan.

Tujuan Humas

Berdasarkan tujuan Humas yang telah diungkapkan oleh beberapa ahli di atas, maka dapat disimpulkan tujuan Humas di antaranya:

1. Menjalin Hubungan dengan Publik

Sebuah perusahaan atau organisasi harus pandai untuk menjalin hubungan dengan publik, baik itu masyarakat, konsumen, bahkan pemerintahan. Bukan hanya menjalin hubungan saja, tetapi hubungan publik juga harus dijaga agar tidak terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak, yaitu perusahaan atau organisasi dengan publik. Hal seperti itu, menjadi salah satu tujuan dari divisi Humas.

2. Membangun Citra Positif

Tujuan berikutnya dari dibentuknya Humas adalah membangun citra positif. Sudah semestinya bagi perusahaan atau organisasi untuk membangun citra positif agar masyarakat atau konsumen percaya kualitas dari perusahaan atau organisasi tersebut. Citra positif ini dapat menambah rasa kepercayaan masyarakat atau konsumen, sehingga “nama” dari sebuah perusahaan atau organisasi akan selalu terlihat baik.

Beli Buku di Gramedia3. Meningkatkan Eksistensi

Selain membangun citra positif, Humas juga bertujuan untuk meningkatkan eksistensi perusahaan. Semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan sebuah perusahaan, maka hasil produksi dari sebuah perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat atau konsumen. Selain itu, eksistensi perusahaan yang semakin tinggi akan ada banyak mitra yang mau untuk diajak bekerja sama, sehingga perusahaan akan semakin maju.

4. Menjaga Komunikasi dari Dalam

Tujuan dari Humas bukan hanya untuk ke luar perusahaan atau organisasi saja, tetapi hubungan dari dalam harus dijaga dengan baik juga. Maka dari itu, tujuan Humas berikutnya adalah menjaga komunikasi dari dalam, yaitu komunikasi antara pimpinan dengan bawahan. Komunikasi yang terjalin dengan baik akan menciptakan suasana yang baik juga, sehingga perusahaan atau organisasi akan mengalami kemajuan.

Jenis-Jenis Humas

Setelah membahas pengertian Humas dan tujuan Humas, Hubungan Masyarakat atau sering dikenal dengan sebutan Humas memiliki beberapa jenis. Di bawah ini akan dijelaskan jenis-jenis Humas, yaitu:

1. Employee Relations

Employee Relations merupakan jenis Humas yang sangat berkaitan dengan hubungan di dalam perusahaan atau organisasi. Seperti yang kita tahu bahwa hubungan antara karyawan atau anggota harus dijaga dengan baik agar perusahaan atau organisasi dapat mengalami kemajuan, sehingga masyarakat semakin mengenalnya. Tak bisa dipungkiri jika hubungan antara karyawan atau anggota tidak berjalan dengan baik, kemungkinan besar perusahaan tidak akan mengalami kemajuan.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Employee Relations adalah jenis Humas yang bertugas untuk menjaga hubungan antara karyawan dengan pimpinan atau ketua dengan anggota. Kunci dari menjaga hubungan itu adalah komunikasi yang dilakukan oleh Employee Relations.

Beli Buku di Gramedia2. Government Relations

Setiap hasil produksi yang dibuat oleh suatu perusahaan harus sesuai dengan regulasi atau peraturan yang telah dibuat pemerintah. Oleh karena itu, sudah semestinya divisi Humas perlu mengenal berbagai macam peraturan pemerintahan. Jenis Humas yang berkaitan dengan peraturan pemerintahan adalah Government Relations. Singkatnya, jenis Humas ini berfungsi untuk menghubungkan antara pemerintahan dengan perusahaan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Jenis Humas ini biasanya pasti ada di setiap perusahaan di Indonesia. Hal ini dikarenakan setiap membangun perusahaan, menciptakan hasil produksi, dan lain-lain harus sesuai dengan peraturan pemerintahan. Apabila melanggar peraturan pemerintahan, perusahaan akan dikenakan sanksi, sehingga bisa membuat perusahaan mendapatkan citra negatif.

3. Customer Relations

Customer Relations adalah manajemen Humas yang yang bertugas untuk membuat hubungan baik  dengan pihak yang berada di luar perusahaan, seperti masyarakat atau konsumen. Terkadang Humas jenis ini bisa dibilang salah satu cara agar produk-produk perusahaan tetap digunakan oleh konsumen, sehingga para konsumen tidak pindah ke produk dari perusahaan lainnya.

Pada Humas jenis ini, hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen biasanya dalam bentuk fasilitas berupa pelayanan informasi untuk konsumen. Dibuatnya fasilitas ini untuk mendapatkan penilaian yang berasal dari konsumen berupa kekurangan-kekurangan dan perusahaan berusaha memberikan informasi terbaik kepada konsumen.

4. Media Relations

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi sangat perlu untuk menjalin hubungan dengan awak media massa, wartawan, dan sebagainya. Hal ini perlu dilakukan karena sumber pemberitaan dari awak media sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan dari suatu perusahaan atau organisasi serta dapat memberikan citra positif kepada perusahaan atau organisasi. Apabila perusahaan atau organisasi tidak dapat bekerja sama dengan baik dengan awak media, kemungkinan besar bisa menciptakan citra negatif.

Oleh sebab itu, hadirlah jenis Humas Media Relations. Jenis Humas ini memiliki perang yang cukup penting karena harus menghubungkan antara Humas perusahaan atau organisasi dengan para awak media. Hal ini dikarenakan di sebuah media akan ada banyak citra yang akan dihasilkan, sehingga perusahaan atau organisasi tidak boleh melakukan kesalahan fatal.

5. Community Relations 

Setiap perusahaan atau organisasi pasti akan membutuhkan kerja sama atau mencari partner untuk mengembangkan organisasi atau perusahaan tersebut. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi perusahan atau organisasi untuk menjalin hubungan baik dengan para partner atau mitra yang diajak bekerja sama. Hal ini penting untuk dilakukan demi kemajuan dari perusahaan atau organisasi yang telah didirikan.

Jenis Humas yang memiliki tugas untuk melakukan dan menjaga hubungan baik dengan partner atau mitra ini adalah Community Relations. Dengan kehadiran jenis Humas ini, maka kerja sama dengan mitra akan terjalin dengan baik, sehingga perusahaan atau organisasi dapat berkembang dengan baik juga. Selain itu, dengan kehadiran jenis Humas ini, citra positif perusahaan akan tetap terjaga.

Beli Buku di GramediaCiri-Ciri Humas

Dikutip dari buku yang berjudul Komunikas: Teori dan Praktek karya Onong Uchjana Effendy, ciri-ciri Humas sebagai berikut.

1. Komunikasi yang dilancarkan berlangsung dua arah secara timbal balik.

2. Kegiatan yang dilakukan terdiri dari penyebaran informasi, penggiatan persuasi, dan pengkajian pendapat umum.

3. Tujuan yang hendak dicapai adalah tujuan organisasi tempat PR menginduk.

4. Sasaran yang dituju adalah khalayak di dalam organisasi (publik internal) dan khalayak di luar organisasi (publik eksternal).

5. Efek yang diharapkan adalah terbinanya hubungan yang harmonis antara organisasi dan khalayak.

Kesimpulan 

Divisi Humas ini sangat diperlukan oleh setiap perusahaan atau organisasi karena dengan divisi ini, citra positif dapat terbentuk dengan baik. Citra positif ini sangat diperlukan bagi kemajuan sebuah perusahaan agar hasil produksinya tetapi dikonsumsi atau digunakan oleh para konsumen. Selain itu, divisi Humas juga berperan aktif dalam menjaga komunikasi antara pimpinan dengan bawahan dan menjaga hubungan dengan pemerintahan. Jadi, bisa dibilang divisi Humas harus ada di dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Rekomendasi Artikel & Buku Terkait

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien