Kewirausahaan

Pengertian, Manfaat dan Tujuan Bisnis yang Perlu Kamu Ketahui

Written by Restu

Tujuan Bisnis – Zaman yang semakin modern membuat banyak orang yang membangun suatu usaha mulai dari usaha rumahan hingga usaha yang sudah meluas ke beberapa daerah. Usaha yang dibangun oleh seseorang atau kelompok bisa dikatakan sebagai bisnis usaha. Kegiatan bisnis yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan mengalami perkembangan, sehingga keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak.

Maka dari itu, agar suatu bisnis dapat berkembang, sebaiknya kenali dulu pengertian bisnis, manfaat bisnis, tujuan bisnis, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis. Beberapa hal tersebut perlu diketahui oleh banyak orang terutama bagi mereka yang ingin memulai untuk membuat suatu usaha. Bahkan, bukan hanya mengetahui beberapa hal tersebut, kita juga perlu memahami hal-hal tersebut.

Dengan mengetahui dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan bisnis, maka semangat membangun dan mengembangkan usaha akan semakin bertambah, sehingga kita akan menemukan berbagai cara untuk mengembangkan bisnis yang sedang dibangun atau dirintis. Usaha yang semakin berkembang akan mampu bersaing dengan kompetitor yang lama atau kompetitor baru.

Semakin banyak orang yang membuat dan mengembangkan suatu usaha, maka lapangan pekerjaan akan terbuka lebar, sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat juga. Oleh karenanya, jangan pernah ragu untuk membangun suatu usaha walaupun harus menghadapi berbagai macam rintangan.

Apabila kamu ingin mengetahui hal-hal bisnis, seperti pengertian bisnis, manfaat bisnis, tujuan bisnis, kamu bisa membaca artikel ini sampai habis, Grameds. Jadi, segera baca artikel ini, Grameds.

Pengertian Bisnis

Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu business, sedangkan kata business itu sendiri berasal dari pengembangan kata busy yang berarti sibuk. “Sibuk” yang dimaksud dalam hal ini bisa terjadi pada individu, komunitas, atau masyarakat. Bisnis jika diartikan dalam konteks yang sederhana dapat diartikan sebagai suatu kesibukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan yang dapat memberikan keuntungan kepada seseorang.

Sementara itu, bisnis jika diartikan dalam konteks entitas dapat diartikan sebagai sebuah badan usaha atau organisasi yang melakukan pergerakan dalam suatu aktivitas profesional, industri, atau komersial. Semua kegiatan itu dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Hal ini selaras dengan bisnis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan atau bidang usaha atau usaha dagang. Dalam membangun sebuah usaha, pemilik usaha pasti akan berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang cukup melimpah karena dengan keuntungan itu suatu usaha dapat dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar.

Singkatnya, bisnis adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang dilakukan secara perseorangan atau badan usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan dengan cara melakukan berbagai macam hal, seperti pembuatan, penyaluran, penjualan, dan pembelian. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang mengatakan bahwa bisnis berkaitan dengan kegiatan ekonomi dan dapat membangun pertumbuhan ekonomi.

Namun, dalam membangun bisnis usaha tak semudah membalikkan telapak tangan, sehingga baik itu perorangan atau badan usaha harus berusaha memikirkan untuk membuat suatu perencanaan yang matang. Hal ini perlu dilakukan agar bisnis usaha yang dibangun dapat bertahan lama, bahkan memiliki kemampuan untuk bersaing dengan para kompetitor.

Beli Buku di Gramedia

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian bisnis berdasarkan KBBI, kini saatnya kita mengetahui pengertian bisnis menurut para ahli. Diambil dari beberapa sumber, pengertian menurut para ahli sebagai berikut.

1. Brown dan Petrello

Brown dan Petrello menyatakan bahwa bisnis adalah suatu lembaga yang dapat membuat suatu hasil produksi, baik itu dalam bentuk barang atau jasa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha serta dapat memenuhi kebutuhan para usaha yang sudah dilakukan oleh pemerintah atau swasta dengan tujuan untuk mencapai suatu keuntungan atau tidak.

2. Jeff Madura

Menurut Jeff Madura, bisnis adalah sebuah instansi yang dibangun oleh perseorangan atau kelompok dengan tujuan membentuk suatu perusahaan yang dapat dimanfaatkan atau berguna untuk menyediakan layanan atau hasil produksi yang disukai oleh para pelanggan atau masyarakat pada umumnya.

3. Hughes dan Kapoor

Hughes dan Kapoor mengatakan bahwa bisnis adalah sebuah aktivitas individu atau sekelompok individu yang terencana dengan tujuan untuk menciptakan sebuah barang atau jasa yang dapat dijual kepada konsumen demi memperoleh keuntungan sekaligus dapat memenuhi kebutuhan dari konsumen itu sendiri.

4. Steinford

Menurut Steinford bisnis adalah sebuah lembaga atau badan usaha yang dapat menciptakan barang dan jasa yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jika, kebutuhan dari masyarakat semakin meningkat, maka barang dan jasa yang dihasilkan dari lembaga bisnis akan semakin meningkat juga agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

5. Hooper

Hooper mengatakan bahwa bisnis adalah semua hal yang kompleks yang ada di dalam berbagai macam bidang, seperti penjualan dan industri, industri dasar, processing dan industri, manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankan, transportasi, asuransi, dan lain-lain yang kemudian semua bidang tersebut masuk ke dalam dunia bisnis secara menyeluruh.

6. Merriam Webster

Menurut Merriam Webster bisnis adalah sebuah kegiatan, seperti pembuatan, pembelian, dan penjualan barang dan jasa yang kemudian ditukar dengan uang. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa bisnis dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang termasuk bagian dari pekerjaan serta beberapa kegiatan yang sudah diselesaikan oleh perusahaan, toko, pabrik, dan sebagainya.

7. Griffin dan Ebert

Berdasarkan yang diungkapkan oleh Griffin dan Ebert, bisnis adalah sebuah lembaga atau organisasi yang menyediakan atau menghasilkan barang atau jasa dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

8. L.R Dicksee

Menurut L.R Dicksee, bisnis adalah suatu bentuk dari sebuah kegiatan yang dilakukan demi memperoleh keuntungan atau laba dari sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan.

9. Prof. Owen

Prof. Owen mengatakan bahwa bisnis adalah perusahaan yang sangat berkaitan dengan hasil produksi dan distribusi hasil produksi untuk diperdagangkan atau dijual ke pasaran atau konsumen dengan memberikan harga pada setiap jasanya.

Beli Buku di GramediaManfaat Bisnis

Bisnis yang dibangun oleh seseorang atau sebuah badan usaha, pasti memiliki beberapa manfaat, yaitu:

1. Menjadi Pemimpin dan Bos

Dalam membuat dan mengembangkan bisnis, kita bisa saja menjadi pemimpin atau bos. Terlebih lagi, jika bisnis usaha yang dibangun merupakan milik sendiri bukan milik kelompok. Dengan menjadi pemimpin sekaligus bos, maka kita bisa membuat kebijakan yang sesuai dengan keinginan kita. Akan tetapi, lebih baik lagi apabila kebijakan yang diambil berdasarkan keputusan bersama para karyawan dari usaha tersebut, sehingga komunikasi antara karyawan dengan pemimpin dapat terjalin dengan baik.

Bagi sebagian orang menjadi pemimpin dan bos sudah menjadi cita-cita sejak kecil, sehingga akan berusaha semaksimal mungkin, tetapi sebagian orang lainnya menjadi pemimpin dan bos karena kinerja yang luar biasa di perusahaan tersebut. Dari mana pun keinginan untuk menjadi pemimpin dan bos yang penting memiliki kemampuan untuk mengembangkan sebuah bisnis usaha.

2. Mengatur Waktu dengan Baik

Manfaat berikutnya yang dapat dirasakan dari kegiatan bisnis adalah dapat mengatur dengan baik. Maksudnya, kita dapat mengatur kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat. Akan tetapi, hal seperti ini lebih sering terjadi pada bisnis usaha yang dibangun oleh perorangan bukan kelompok.

Apabila bisnis usaha yang dibangun secara kelompok, sebaiknya mengatur waktu dengan kesepakatan anggota kelompok. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara anggota kelompok, sehingga bisnis usaha yang sedang dirintis dapat berkembang dan bertahan lebih lama. Bisnis yang semakin berkembang menandakan bahwa bisnis yang sedang dijalankan menjadi memperoleh keuntungan yang cukup.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Meningkatkan rasa percaya diri itu sangat penting dalam sebuah kehidupan manusia. Pada dasarnya ada banyak sekali cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya adalah membangun sebuah bisnis usaha. Kegiatan bisnis ternyata dapat membangun rasa percaya diri karena kita jadi memiliki keyakinan akan hasil produksi berupa barang dan jasa dapat terjual laris di pasaran.

Semakin bertambah rasa percaya diri, maka semakin bertambah juga ide-ide untuk mengembangkan bisnis usaha. Oleh karena itu, manfaat dari bisnis harus dimaksimalkan dengan sebaik mungkin.

4. Mendapatkan Penghargaan

Bagi kamu yang membangun sebuah bisnis usaha, baik itu secara kelompok atau individu, maka bisa mendapatkan manfaat berupa memperoleh penghargaan. Penghargaan yang diberikan bisa untuk perusahaan dan bisa juga untuk individu tersebut. Semakin banyak penghargaan yang diterima, maka semakin besar rasa percaya konsumen kepada perusahaan atau individu itu sendiri.

Rasa percaya konsumen ini sangat penting bagi keberlangsungan suatu bisnis usaha. Dengan kata lain, kepercayaan konsumen menjadi kunci dari kesuksesan sebuah bisnis usaha.

5. Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan

Manfaat dari bisnis usaha berikutnya adalah membangkitkan jiwa kewirausahaan. Jiwa kewirausahaan ini sangat diperlukan dalam membangun dan mengembangkan bisnis usaha. Tanpa adanya jiwa kewirausahaan, bisnis usaha akan sulit sekali untuk berkembang. Di zaman yang modern ini, membangun jiwa kewirausahaan perlu dilakukan karena kita bisa membuka lapangan pekerjaan.

6. Menambah Pengalaman dan Wawasan

Manfaat terakhir dari dibangunnya bisnis usaha adalah menambah pengalaman sekaligus wawasan. Semakin banyak pengalaman dalam kehidupan kita, maka semakin banyak solusi yang ditemukan untuk menyelesaikan masalah. Begitu pun, dengan membangun bisnis usaha, masalah-masalah yang ada dalam bisnis usaha akan semakin mudah diatasi apabila kita sudah memiliki banyak pengalaman dalam bisnis usaha.

Tujuan Bisnis

Pada dasarnya tujuan utama dari sebuah bisnis usaha adalah mendapatkan keuntungan. Namun, pada kenyataannya, tujuan bisnis bukan hanya itu saja, tetapi ada tujuan-tujuan lainnya. Oleh sebab itu, agar lebih mudah memahami tujuan dari sebuah bisnis, maka tujuan bisnis dibagi menjadi dua, yaitu tujuan bisnis secara umum dan tujuan bisnis bagi pelaku usaha.

Tujuan Bisnis Secara Umum

1. Mendapatkan Keuntungan

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa tujuan utama dari dibangunnya sebuah bisnis usaha dalam mendapatkan keuntungan. Hampir semua perusahaan dan pelaku usaha akan mencari keuntungan dari bisnis usaha yang dibangun. Oleh sebab itu, bagi pemilik usaha harus pandai untuk mencari cara  agar bisnis usaha yang dibangun dapat dikembangkan dengan baik dan keuntungan dapat diraih.

2. Kemajuan dan Perkembangan untuk Bisnis Usaha

Setiap bisnis usaha yang dibangun perseorangan atau kelompok, pasti sangat ingin bisnis usahanya terus mengalami kemajuan dan perkembangan. Semakin maju dan berkembang suatu bisnis usaha, maka semakin besar keuntungan yang didapatkan dan semakin banyak lapangan kerja.

Beli Buku di Gramedia3. Memperoleh Prestasi

Siapa yang tidak ingin mendapatkan sebuah prestasi, setiap bisnis usaha yang dibangun pasti memiliki tujuan untuk mendapatkan sebuah prestasi. Hal ini dikarenakan prestasi adalah suatu bentuk pengakuan bahwa bisnis usaha tersebut dipercaya oleh masyarakat serta barang dan jasanya memiliki kualitas yang unggul dari kompetitor.

4. Menyediakan Kebutuhan Masyarakat

Selain mendapatkan keuntungan, suatu bisnis juga dibangun dengan tujuan untuk menyediakan kebutuhan masyarakat. Kebutuhan masyarakat akan sulit terpenuhi apabila tidak ada yang membuat barang dan jasa dibutuhkan oleh masyarakat. Maka dari itu, masyarakat dan perusahaan akan saling berhubungan. Perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari barang dan jasa yang dijual, sementara masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya.

5. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat harus ditingkatkan agar masyarakat semakin sejahtera. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga diperlukan oleh negara untuk memajukan kehidupan bangsa dan negara. Pertumbuhan ekonomi bisa didapatkan melalui terbentuknya sebuah bisnis usaha. Singkatnya, ketika kita membangun suatu bisnis usaha pasti memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik itu ekonomi masyarakat ataupun ekonomi negara.

6. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Semakin banyak lapangan pekerjaan, maka kehidupan masyarakat semakin mendekati sejahtera. Bertambahnya lapangan pekerjaan dapat dilakukan dengan cara membangun sekaligus mengembangkan sebuah bisnis. Tujuan bisnis yang satu ini bisa dibilang sangat baik, karena bisa memberikan penghasilan atau pemasukan kepada orang lain, sehingga orang tersebut dapat menjalani hidup lebih baik lagi.

7. Menunjukkan Keberadaan Perusahaan

Eksistensi perusahaan menjadi tujuan dalam sebuah bisnis. Tanpa adanya eksistensi perusahaan, maka rasa percaya masyarakat dan konsumen akan berkurang, sehingga perusahaan akan sulit berkembang.

Beli Buku di GramediaTujuan Bisnis Bagi Pelaku Usaha

1. Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup

Bagi para pelaku bisnis usaha pasti memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan dari usaha yang dirintisnya. Oleh sebab itu, para pelaku usaha akan mencari berbagai macam cara untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan agar kebutuhan hidup dapat terpenuhi dengan baik.

2. Menyejahterakan Kehidupan Keluarga

Para pelaku usaha yang sudah memiliki keluarga akan menggantungkan bisnis usaha sebagai pemasukan atau penghasilan. Dengan pemasukan itulah, para pelaku usaha dapat menyehaterakan keluarganya.

3. Melanjutkan Usaha Keluarga

Bagi sebagian bisnis usaha yang ada di Indonesia merupakan hasil dari generasi sebelumnya, sehingga tak sedikit juga para pelaku usaha yang bertujuan untuk melanjutkan usaha keluarga yang telah lama didirikan. Dengan melanjutkan usaha keluarga, maka bisnis usaha yang telah dibangun sejak lama tidak akan hilang.

4. Membuat Inovasi dan Menambah Pengalaman

Tujuan bagi para pelaku usaha berikutnya adalah mengembangkan inovasi sekaligus menambah pengalaman dalam dunia bisnis usaha. Inovasi dalam bisnis usaha sangat diperlukan agar mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. Selain itu, dengan munculnya sebuah inovasi menandakan bahwa ide-ide yang dimiliki oleh pelaku usaha cukup banyak.

5. Ingin Memiliki Usaha Sendiri

Bagi para pelaku usaha yang membangun bisnis usahanya sendiri pasti sangat bangga karena dapat membangun usaha sendiri. Terlebih lagi, usaha yang dibangun secara individu akan bebas untuk menentukan sebuah kebijakan.

Beli Buku di GramediaKesimpulan

Bisnis yang dibangun dan dikembangkan secara individu atau dengan kelompok, sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan. Selain itu, dalam membangun sebuah bisnis, kita juga perlu mengetahui tujuan dari dibangunnya bisnis itu. Hal ini perlu dilakukan agar bisnis yang dibangun tidak kehilangan arah dan terus mengalami kemajuan dan perkembangan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri, masyarakat, hingga negara.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Penulis: Restu Nasik Kamaluddin

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien