Opini

Apa Itu Teori Konspirasi & Teori Konspirasi Yang Terkenal

teori konspirasi
Written by Rafi Wijaya

Teori konspirasi – Konspirasi belakangan ini menjadi salah satu topik yang menarik bagi masyarakat. Bahkan tak sedikit para konten kreator membuat konten yang membahas mengenai konspirasi. Namun, apakah Grameds mengetahui arti dari konspirasi?

Secara umum, Grameds dapat mengartikan konspirasi sebagai dugaan akan adanya suatu persengkokolan untuk menjalankan suatu rencana besar. Berbagai macam peristiwa maupun tragedi yang dinilai ganjil tak jarang dikaitkan dengan konspirasi. Agar tidak salah mengerti, artikel satu ini akan membahas mengenai teori konspirasi beserta contohnya. Simak hingga akhir artikel ya!

 

Pengertian Teori Konspirasi

Teori konspirasi atau teori persengkokolan dapat diartikan sebagai suatu teori yang berusaha untuk dapat menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu maupun serangkaian peristiwa merupakan suatu hal yang bersifat rahasia dan sering kali memperdaya seseorang, direncanakan secara diam-diam oleh pihak tertentu seperti sekelompok orang maupun organisasi yang memiliki kuasa tinggi serta sangat berpengaruh. Umumnya, peristiwa yang dikaitkan dengan konspirasi merupakan peristiwa politik, sejarah maupun sosial.

Kata konspirasi sendiri diambil dari bahasa Inggris yang berarti conspiracy yang memiliki arti yaitu adalah sebuah rencana rahasia yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk dapat melakukan suatu hal yang melanggar maupun merugikan huku,

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI sendiri, kata konspirasi berarti adalah persengkongkolan atau komplotan. Menurut arti kata konspirasi menurut KBBI, maka kata konspirasi tersebut menyiratkan suatu perbuatan yang salah serta illegal dilakukan oleh pihak konspirator karena beberapa pihak tidak perlu melakukan persengkongkolan tersebut demi terlibat dalam kegiatan yang nilianya tidak saha maupun tidak etis.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa konspirasi merupakan tindakan yang berusaha untuk dapat menjelaskan suatu penyebab dari satu atau serangkaiakn peristiwa rahasia. Sedangkan teori konspirasi merupakan sebuah teori yang berusaha menjelaskan penyebab utama dari suatu peristiwa atau serangkaian peristiwa.

Beberapa ahli pun turut memberikan pendapat mengenai pengertian konspirasi. Berikut penjelasannya.

  1. Robbert O Zelency

Menurut Robbert O Zelency ia mengemukakan pendapat pada tahun 1987 mengenai konspirasi, menurut Zelency, arti konspirasi merupakan suatu tindakan rahasia dengan sangat terencana untuk dapat melakukan suatu tindakan yang illegal maupun salah.

  1. Yenni Salim

Yenni mengatakan, bahwa konspirasi merupakan suatu perencanaan maupun tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan cara rahasia dengan bersekongkol untuk dapat melkaukan suatu perbuatan yang melanggar hukum serta termasuk dalam itikad buruk.

  1. Oxford Dictionary

Menurut kamus Oxford, konspirasi dapat diartikan sebagai suatu rencana yang memiliki sifat rahasia serta dapat dilakukan oleh sekelompok orang tertentu yang memiliki tujuan illegal serta dapat merugikan beberapa pihak tertentu.

 

The Hidden Killer, Sebuah Konspirasi Atas Nama Dendam

The Hidden Killer, Sebuah       Konspirasi Atas Nama                        Dendam

beli sekarang

Jenis-jenis Konspirasi

Pada praktiknya, konspirasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang berbeda-beda, berikut penjelasan dari jenis-jenis konspirasi.

  1. Konspirasi Politik merupakan persekongkolan yang terjadi di antara orang-orang tertentu yang memiliki tujuan untuk dapat memeroleh kekuasaan politik atau memenuhi tujuan politik. Konspirasi politik juga dapat diartikan sebagai suatu konspirasi yang meyakini bahwa ada kesepakatan yang terjadi di antara beberapa golongan atau orang yang memiliki tujuan untuk mendapatkan suatu kekuatan politik.
  2. Konspirasi Kriminal merupakan konspirasi yang meyakini bahwa ada perjanjian yang berlangsung atau terjadi di antara beberapa orang maupun kelimpok untuk dapat melanggar hukum yang ada di masa depan.
  3. Konspirasi Perdata merupakan pesekongkolan yang terjadi di antara beberapa orang untuk dapat melakukan suatu tindakan penipuan yang bersifat menyessatkan atau menipu orang lain dari hak hukum yang didapatkan oleh orang tersebut tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan sepihak.
  4. Konpirasi hub dan spoke, yang dimaksud dengan konspirasi hub dan spoke ialah sebuah konspirasi di mana satu atau lebih seorang konspirator utama melakukan beberapa persekongkolan yang sama dengan orang-orang lain dan keberhasilan dari konspirasi tersebut bergantung dari beberapa pihak yang ikut dalam persekongkolan tersebut.
Konspirasi Alam Semesta

Konspirasi Alam Semesta

beli sekarang

Grameds bisa mengetahui lebih lanjut mengenai konspirasi, atau teori-teori konspirasi yang muncul dan menjadi buku dengan membaca salah satu buku rekomendasi berikut. Buku ini berjudul “Konspirasi Alam Semesta” dan ditulis oleh Fiersa Besari yang tidak hanya menjelaskan mengenai teori konpirasi tetapi beberapa pertanyaan lain yang sering muncul dibenak pembaca.

 

Tujuan dari Melakukan Konspirasi

Apabila dilihat dari berbagai jenis konspirasi yang ada, konspirasi memiliki tujuan yang beragam yang pada umumnya adalah untuk mencapai keuntungan yang hanya didapatkan oleh beberapa orang atau kelompok tertentu saja. Dari tujuan beberapa jenis konspirasi tersebut, maka dapat diketahui bahwa konspirasi merupakan hal yang merugikan.

Secara umum, masyarakat sendiri tidak mengetahui apa tujuan dari kelompok atau orang tertentu melakukan konspirasi karena peristiwa yang dilakukan bersifat rahasia. Setiap konspirasi menurut jenis konspirasinya tentu memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Namun, secara umumnya tujuan dari konspirasi adalah untuk menyalahkan salah satu pihak atau untuk menggiring opini publik terhadap suatu peristiwai maupun serangkaian peristiwa serta isu yang saat itu mendapatkan sorotan publik dan dinilai penting oleh publik.

Konspirasi sendiri dapat terjadi di mana saja, mulai dari lingkungan bisnis, kerja, kawasan regional, negara bahkan peristiwa dan serangkaian peristiwa yang terjadi di dunia. Tetapi, walaupun tindakan dari persekongkolan tersebut terjadi, sangat jarang bahwa ada suatu pihak yang mampu membuktikan konspirasi tersebut kepada publik karena tidak memiliki bukti yang kuat. Hal ini dikarenakan sifat kerahasiaan dari konspirasi tersebut dan hanya diketahui oleh pihak-pihak yang terlibat saja.

 

Misteri Konspirasi

Misteri Konspirasi

beli sekarang

Contoh-contoh Teori Konspirasi

Konspirasi serta teori konspirasi yang berusaha mengungkapk suatu peristiwa maupun isu bukanlah hal yang baru. Bahkan konspirasi maupun teori konspirasi ini telah ada sejak bertahun-tahun silam. Bahkan ada pula beberapa teori konspirasi yang akhirnya memengaruhi pikiran orang. Berikut adalah beberapa teori konspirasi yang sebelumnya pernah terjadi.

1. Adanya Manipulasi Cuaca

Konspirasi pertama hadir di tahun 1993 ketika sebuah badan proyek penelitian serta pertahanan AS menggandeng militer AS serta Universitas Alaska. Proyek penelitian tersebut kemudian memulai sebuah program yang dinamakan sebagai program High Frequency Active Auroral Research Program atau disingkat menjadi HAARP.

HAARP merupakan sebuah proyek yang tidak diungkap oleh publik dan menimbulkan banyak kecurigaan. Publik banyak memberikan asumsi mengenai proyek HAARP yang dirahasiakan oleh pemerintah AS tersebut.

Beberapa teori konspirasi mengungkapkan bahwa proyek HAARP merupakan proyek satelit yang memiliki dampak yang cukup besar yaitu gempa. Kemudian, proyek HAARP ini merupakan proyek dari pemancar besar yang mampu menciptakan tornado dan bahkan tsunami. Namu, ternyata proyek HAARP yang menggandeng militer AS tersebut merupakan lanjutan dari sebuah proyek lama dari pemerintah AS di mana dilakukan suatu teknik penyemaian awan untuk dapat meningkatkan curah hujan.

Walaupun tidak sampai menyebabkan tornado, proyek HAARP ini terbukti memberikan beberapa hasil berupa memberi dampak manipulasi cuaca khususnya untuk memunculkan curah hujan yang lebat. Sehingga, teori konspirasi dari proyek HAARP ini dinilai cukup benar soal memanipulasi cuaca.

2. Keberadaan Bulan Tidak Nyata

Teori konspirasi ini, pertama kali dikemukakan oleh seorang mantan pemain bola, penulis buku sekaligus seorang publik speaker yang bernama David Icke yang menyatakan bahwa bulan sebenarnya tidak nyata.

Icke berargumen mengani bulan tidak nyata mulanya karena terinspirasi oleh seorang penulis asal Amerika yang mengatakan, bahwa ukuran bulan dinilai cukup aneh. David Icke kemudian memercayai teori konspirasi yang disampaikan penulis Amerika tersebut, lalu berteori bahwa bulan sebenarnya tidak nyata.

David Icke memiliki teori konspirasi berupa sebuah sistem kontrol yang mampu memanipulasi perasaan masyarakat terhadap suatu realitas. Icke mengungkapkan bahwa manipulasi perasaan tersebut menyebabkan manusia dapat menjadi ras budak. Icke menyampaikan bahwa semua hal yang ada di dunia ini adalah sebuah kebohongan yang dibangun sedemikian rupa agar manusia dapat percaya.

3. Bumi Tidak Bulat, Tetapi Datar

Teori konspirasi yang ketiga merupakan teori konspirasi yang cukup populer dan bahkan memiliki pengikut yang cukup banyak. Ialah teori konspirasi bumi datar atau flat earth yang diduga secara tak resmi ada pada abad ke 19 dan memunculkan masyarakat bumi datar atau flat earth society.

Setelah secara tidak resmi hadir dan berdiri masyaraka bumi datar tersebut, pada tahun 2004 akhirnya presiden dari masyarakt bumi datar yaitu Daniel Shenton pun kembali menghidupkan teori konspirasi flat earth tersebut.

Kelompok masyarakat bumi datar berpendapat, bahwa pendaratan manusia di bulan merupakan sebuah penipuan. Lebih lanjut, kelompok flat earth society menjelaskan mengenai teori konspirasi bumi datar bahwa apabila bumi memang berbentuk bulat, maka manusia pun harusnya dapat melihat lengkungan bumi tersebut dari pesawat terbang.

Tak hanya itu, masyarakat bumi data pun mengatakan bahwa caha yang ada pada satelit di orbit merupakan cahaya palsu yang sengaja dipasang untuk menipu manusia. Kelompok masyarakat bumi datar pun mempercayai, bahwa gaya gravitasi merupakan sebuah fenomena palsu lainnya.

4. Tragedi Serangan Teroris 9/11 

Teori konspirasi serangan teroris 9/11 juga merupakan salah satu teori konspirasi yang cukup terkenal. Ketika tragedi serangan teroris 9/11 tersebut, pada akhirnya mulai bermunculan beberapa teori konspirasi yang cukup dipercaya oleh masyarakat.

Menurut teori konspirasi serangan teroris 9/11 tersebut, banyak masyarakat yang percaya bahwa ada sebuah konspirasi di balik runtuhnya gedung yang akhirnya menewaskan banyak korban. Banyak yang percaya bahwa pemerintah Amerika Serikat sendirilah yang melakukan serangan pada 9/11 dan serangan tersebut bukanlah serangan dari teroris.

Beberapa teori konspirasi mengungkapkan, bahwa pemerintah Amerika Serikat sebenarnya telah mengetahui bahwa teroris akan datang dan menyerang pada 9/11. Tetapi pemerintah Amerika Serikat menolak untuk bertindak serta meyakinkan masyarakat untuk menyatakan perang terhadap Timur Tengah.

5. Kematian Putri Diana Bukanlah Kecelakaan

Putri Diana merupakan putri dari kerjaan Inggris yang menyita banyak perhatian, karena asal usul keluarga Putri Diana bukanlah berasal dari keluarga kerajaan atau bangsawan tetapi dari rakyat biasa.

Ketika menikah dengan Pangeran Charles, hubungan asmara keduanya langsung mendapatkan sorotan karena dianggap romantis. Namun, setelah menikah beberapa lama Pangeran Charles pun ketawan telah berselingkuh dari Putri Diana.

Putri Diana akhirnya tewas karena kecelakaan, namun kecelakaan tersebut dianggap disengaja oleh pihak kerajaan.

Teori konspirasi kecelakaan Putri Diana mengatakan, bahwa kecelakaan mobil di Paris yang akhirnya menewaskan Putri Diana dan Dodi Fayed pada tahun 1997 telah menjadi salah satu bagian dari istana untuk menyelamatkan image Pangeran Charles.

Tak hanya satu atau lima, tetapi ada sekitar 175 teori konspirasi mengenai kecelakaan yang menimpa Putri Diana tersebut. Muhamad Fayed yaitu ayah dari Dodi Fayed mengelak bahwa kecelakaan mobil yang menewaskan putranya terjadi karena supir mabuk dan melaju dengan kecepatan tinggi untuk menghindari kejaran wartawan saat itu.

Muhammad Fayed mengaku, saat kecelakaan terjadi Putri Diana tengah mengandung anak dari Dodi Fayed dan pasangan tersebut pun tengah berbahagia serta akan segera mengumumkan pertunangan keduanya. Muhamad Fayed menjelaskan, bahwa pihak istana kerjaan Inggris sendirilah yang dengan sengaja dan tega membunuh Putri Diana beserta Dodi Fayed. Tujuannya agar Dodi dan keluarganya tidak masuk ke dalam keluarga kerjaan Inggris.

Namun, teori konspirasi yang disampaikan Muhamad Fayed tersebut dibantah. Karena seorang dokter serta teman dekat dari Putri Diana membantah bahwa Putri Diana saat itu tengh hamil. Sementara itu, kakak tertua Putri Diana bernama  Lady Sarah McCorquodale bahkan mempertanyakan hubungan Putri Diana dan Dodi Fayed, sebab Putri Diana mengaku pada temannya yang bernama Lady Annabel Goldsmith bahwa pernikahan bagi Putri Diana hanyalah seperti rasa gatal pada wajah saja.

6. Pembunuhan Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy

Teori konspirasi terkenal lainnya adalah pembunuhan yang menimpa Presiden Amerika Serikat yaitu John F Kennedy pada November tahun 1963 di Dallas, Texas. Ketika pembunuhan terjadi, istri dari John F Kennedy yaitu Jackie, Gubernur Texas John Connelly dan istri Nelli pun turut berada di mobil yang sama.

Teori konspirasi pertama, merupakan teori yang banyak dipercaya oleh masyarakat. Bahwa pendukung dari Uni Soviet bernama Lee Harvey Oswald telah melepaskan tiga tembakan yang berasal dari lantai enam gedung di Texas School Book Depository, beberapa saat setelah iring-iringan Presiden John F Kennedy melintasi posisinya.

Peluru pertama yang ditemkana meleset, tetapi peluru kedua kemudian diduga menembus tubuh John F Kennedy dan kemudian keluar menembus tenggorokan lalu mengenai rusuk Gubernur Connelly yang saat itu duduk di kursi depan Presiden. Lalu, perluru ketiga melesat mengenai kepala samping John F Kennedy.

Sementara itu, menurut saksi serta agen rahasia yaitu Clint Hill memiliki pandangan yang berbeda-beda ketika peristiwa pembunuhan tersebut berlangsung. Sehingga menimbulkan banyak curiga lain dari masyarakat.

Menurut Hill, ada empat tembakan yang mengenai bagian belakang John F Kennedy dan keempat tembakan tersebut berasal dari belakang. Sementara itu, menurut para saksi, beberapa mengaku bahwa ia mendengar suara tembakan yang berasal dari semak serta beberapa saksi lain mengungkapkan bahwa ada yang melihat asap bekas dari tembakan John F Kennedy, tetapi ada pula saksi yang mengatakan bahwa hanya ada tiga tembakan dan bukan empat yang mengenai John F Kennedy.

Hingga kini, teori konspirasi dari pembunuhan John F Kennedy pun masih banyak beredar dan dipercaya, karena dianggap kasus pembunuhan tersebut masih belum usai dan belum terpecahkan.

Itulah penjelasan mengenai konspirasi, pengertian teori konspirasi, jenis, hingga tujuan dari teori konspirasi beserta enam contoh teori konspirasi terkenal.

Grameds dapat mengetahui lebih lanjut mengenai teori-teori konspirasi yang terkenal maupun menarik dengan membaca dan membeli buku yang tersedia di Gramedia, karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan menarik untuk dibaca oleh Grameds. Beli dan baca bukunya sekarang juga ya!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien