Administrasi Ekonomi Marketing

Pengertian Faktur: Komponen, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

pengertian faktur
Written by M. Hardi

Pengertian faktur – Hingga kini masih banyak pelaku bisnis yang belum memahami tentang istilah yang ada dalam dunia bisnis serta ekonomi, salah satunya yaitu faktur. Secara singkat, faktur adalah sebuah bukti penjualan yang sangatlah penting di dalam dunia bisnis. Hal ini dikarenakan fungsi dari faktur itu sendiri merupakan sebuah bukti penagihan dalam sebuah transaksi yang dilakukan oleh pebisnis.

Jika kamu termasuk kepada pelaku bisnis yang belum paham atau belum menggunakan faktur dalam bisnisnya, maka artikel ini kemudian akan sangat membantu. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang pengertian hingga contoh faktur. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Pengertian Faktur

pengertian faktur

Sumber: Pixabay

Secara umum, pengertian faktur adalah sebuah dokumen komersial yang didalamnya berisi tentang transaksi di antara pembeli dan penjual. Dalam hal ini, transaksi yang dicatat dalam faktur, bisa berupa transaksi pembelian secara tunai maupun secara kredit, membutuhkan faktur. Misalnya saja, pada transaksi pembelian secara kredit, yang kemudian faktur akan berisi tentang ketentuan kesepakatan serta turut memberikan informasi mengenai metode pembayaran yang tersedia.

Faktur ini kemudian akan berperan sebagai barang bukti penjualan di antara keduanya. Oleh karena itu, faktur memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis.

Sementara itu, dalam masyarakat umum, faktur juga dikenal sebagai kuitansi, tagihan ataupun suatu faktur penjualan. Pada umumnya, faktur itu sendiri berbentuk hardcopy yang juga disertai dengan beberapa salinan, sehingga baik pada pembeli dan penjual masing-masing memiliki catatan transaksi yang dapat digunakan sebagai pencatatan.

Namun, dewasa ini faktur pajak memiliki bentuk berupa elektronik. Meski begitu, faktur pajak tetap bisa dicetak dalam bentuk hardcopy sesuai dengan permintaan atau dikirimkan via surat elektronik atau e-mail kepada pihak-pihak yang terlibat dalam suatu transaksi. Kehadiran faktur pajak dengan format elektronik ini bisa dibilang cukup memudahkan pencarian serta penyortiran atas transaksi tertentu pada tanggal tertentu.

Pengertian Faktur Menurut Para Ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, faktur atau invoice adalah suatu daftar barang-barang yang harus dikirim kepada konsumen. Biasanya, faktur yang akan memuat nama, jumlah, beserta harga yang harus dibayarkan oleh para konsumen.

Menurut Sugeng Hariyanto

Menurut Sugeng, faktur merupakan sebuah catatan yang berisi gambaran suatu daftar barang yang akan dikirim kepada para calon pembeli. Catatan faktur ini kemudian berisikan harga dari setiap barang. Adanya faktur ini bertujuan untuk alat tagih kepada pembeli. Selain itu, faktur juga berisi tentang informasi berbagai macam tagihan yang kemudian ingin dibayarkan menggunakan dasar kredit. atur keuangan usaha

Menurut Buku La Midjan

Buku yang berjudul “Sistem Informasi Akuntansi I” karya La Midjan ini mengungkapkan bahwa faktur adalah sebuah laporan yang digunakan sebagai bukti penjualan pada suatu barang atau jasa. Dokumen tersebut menampilkan sejumlah uang yang berhak ditagihkan kepada pelanggan yang telah melakukan pembelian.

Menurut Adrian Sutedi

Menurut Adrian Sutedi, faktur adalah sebuah dokumen penting yang akan digunakan dalam berbisnis. Hal ini juga tidak lepas dari data-data yang ada di dalam suatu faktur. Mulai dari jumlah penarikan terhadap wesel, juga banyaknya biaya penutupan asuransi, dan biaya bea cukai yang diperlukan.

Komponen Faktur

pengertian faktur

Sumber: Pixabay

Setelah kamu mengetahui pengertian faktur baik yang secara umum atau dari para ahli, maka pembahasan selanjutnya adalah komponen faktur itu sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut ini komponen-komponen faktur.

Nama Perusahaan ataupun Nama Penjual

Pada komponen ini terdiri dari nama, logo dan alamat perusahaan. Biasanya juga ditambahkan dengan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Nama Konsumen yang juga Dimuat Bersama dengan Alamatnya

Komponen selanjutnya dari faktur adalah adanya nama konsumen yang disertai dengan alamatnya. Hal ini bertujuan agar pencatatan bisa dilakukan dengan lebih detail.

Nomor Faktur ataupun Nomor Transaksi Faktur

Nomor faktur ialah komponen yang cukup penting, karena didesain secara unik serta memiliki arti. Biasanya, setiap tanggalnya kemudian menandakan tanggal, kode pembeli atau konsumen dan lain-lain.

Tanggal Faktur Tersebut Saat Dicetak

Selanjutnya, ada komponen faktur berupa tanggal faktur dicetak. Dengan adanya tanggal faktur ini, maka pelaku transaksi bisa lebih mudah dalam mengingat transaksi yang telah dilakukan.

Detail Transaksi Barangnya serta Nominal yang Harus Dibayarkan

Biasanya, nominal ini kemudian mencakup sub total belanja, diskon (jika ada) serta pajak yang harus dibayar oleh pembeli.

Nama Lengkap Beserta dengan Tanda Tangan dari Kedua Belah Pihak yang Telah Bertransaksi

Dalam komponen ini bisa dibilang penjual dan pembeli harus melakukan tanda tangan. Dilakukannya hal ini bertujuan sebagai bukti dan persetujuan yang sah dari kedua belah pihak.

Fungsi Faktur

Faktur itu sendiri juga memiliki beberapa fungsi. Berikut ini penjelasan tentang fungsi dari faktur.

  • Faktur berfungsi sebagai bukti yang absah pada saat kamu menambahkan transaksi ke dalam suatu pembukuan keuangan.
  • Faktur juga dapat digunakan sebagai laporan yang absah untuk kemudian digunakan sebagai tanda terima barang beserta faktur untuk pajak.
  • Faktur juga digunakan sebagai wadah penyimpanan arsip keuangan atau penjualan.
  • Hal ini karena di dalam faktur berisi tentang informasi yang lengkap dari data pembeli sampai barang atau jasa yang dibeli.
  • Dokumen dalam menyimpan informasi mengenai jumlah tagihan serta termin pembayaran yang wajib dibayarkan oleh para calon pembeli.
  • Menjadi bukti sumber rujukan yang sah jika kemudian barang atau jasa yang dimuat akan dijual lagi kepada para pihak lain.
  • Faktur berfungsi untuk menjaga kepastian hukum yang sah antara penjual dan pelanggan.
  • Faktur juga dapat diolah menjadi bahan analisis yang kemudian bisa dilihat melalui pola pembelian konsumen dan menentukan promosi ke depannya.

Jenis Faktur

pengertian faktur

Sumber: Pixabay

Setelah membahas tentang pengertian, komponen, dan fungsi faktur, maka pembahasan selanjutnya adalah jenis faktur.

Faktur Biasa

Jenis faktur yang satu ini termasuk yang paling popular serta sering digunakan dalam dunia bisnis. Hal ini sendiri disebabkan karena faktur biasa lebih mudah untuk dapat dipahami terutama oleh orang awam. Bahkan, bisa dibilang kalau tampilan dari faktur biasa lebih sederhana dengan faktur lainnya.

Pada umumnya, dalam faktur ini berisi tentang berbagai transaksi yang tidak begitu rumit. Oleh sebab itu, faktur jenis ini dikenal dengan faktur sederhana. Biasanya, faktur ini berisikan daftar-daftar barang serta biaya yang harus pembeli bayarkan.

Faktur Konsuler

Faktur konsuler kemudian dapat dibilang lebih rumit dibanding faktur biasa. Hal ini tidak terlepas dari faktur konsuler yang kemudian secara khusus mencatat berbagai macam transaksi atau perdagangan antar Negara (ekspor impor). Oleh karena itu, faktur ini memerlukan data yang lebih detail serta legalitas dari beberapa pihak terkait misalnya perwakilan dari Negara tujuan, kantor konsuler, serta kedutaan besar.

Faktur Proforma

Jenis faktur ini kemudian sering disebut sebagai faktur tentatif. Hal ini karena faktur proforma akan diberikan secara bertahap kepada pembeli sesuai dengan barang yang akan dikirim. Pada umumnya, jenis faktur ini akan digantikan dengan faktur biasa saat semua pesanan telah terkirim.

Bentuk Faktur

pengertian faktur

Sumber: Pixabay

Faktur itu sendiri dibagi menjadi dua bentuk, yaitu hardcopy dan softcopy.

Hardcopy (Kertas)

Bentuk faktur ini ialah merupakan jenis yang sering kamu temui setiap harinya. Jenis faktur ini umumnya dicetak pada selembar kertas serta berfungsi sebagai bukti sah suatu pembayaran ataupun pengiriman.

Softcopy (E-Faktur)

Elektronik faktur atau e faktur merupakan jenis faktur yang ada dalam bentuk elektronik serta tidak dicetak pada sebuah kertas. Selain itu, faktur ini juga sering disebut dengan faktur softcopy. Meski begitu, fungsi dari faktur elektronik sama yaitu untuk menjaga perjanjian di antara kedua belah pihak terpenuhi.

Contoh Faktur

pengertian faktur

Sumber: Pixabay

Agar lebih mudah dalam memahami faktur, maka kamu perlu mengetahui contoh-contoh dari faktur.

Faktur Barang

Faktur barang adalah faktur yang berisikan tentang daftar barang yang dibeli oleh konsumen. Terkadang, penjual juga kemudian harus menyertakan harga dalam faktur ini. Biasanya, faktur ini sering digunakan oleh para kurir untuk mengirimkan barangnya.

Faktur Jasa

Faktur jasa adalah contoh faktur penagihan atas jasa yang kemudian telah disediakan penyedia kepada pengguna. Contohnya, pada pengguna internet, hosting web dan lain-lain. Biasanya, faktur ini kemudian berisi daftar jasa yang telah diberikan beserta harga serta cara pembayarannya.

Faktur Pajak

Faktur pajak adalah sebuah faktur yang dikeluarkan oleh instansi pajak. Sesuai dengan namanya, maka faktur ini kemudian berisi bukti pungutan pajak PKP yang telah melakukan penyerahan Barang Kena Pajak atau penyerahan pada Jasa Kena Pajak.

Faktur Penjualan

Faktur penjualan adalah sebuah bukti yang penjual berikan kepada para pembeli atas barang atau jasa yang dijualnya. Biasanya, faktur ini akan diberikan oleh penjual ketika barang sudah sampai ke tempat tujuan atau tempat pembeli.

Faktur Pembelian

Faktur pembelian adalah sebuah bukti yang menyatakan bahwa barang serta jasa yang dibeli sesuai dengan keinginan para pembeli. Faktur ini berisi detail barang atau jasa serta harga tagihan yang kemudian harus dilunasi oleh konsumen atau pembeli.

Faktur Penagihan

Faktur penagihan merupakan sebuah faktur yang bertujuan untuk menagih biaya yang harus dibayarkan oleh para pembeli baik itu barang ataupun jasa.

Pembuatan Faktur Secara Umum

Pembahasan selanjutnya adalah tentang cara pembuatan faktur secara umum. Biasanya suatu produk yang baru dibeli oleh pembeli kemudian akan difakturkan. Dalam hal ini, difakturkan adalah suatu proses penjual yang membuat faktur untuk kemudian menagih sejumlah biaya atau uang kepada pembeli. Berikut ini adalah tahapan pembuatan faktur secara umum:

  • Mengisi data supplier kemudian Mengisi data detail produk
  • Memasukkan data pembeli serta menambahkan informasi tambahan jika ada
  • Membuat catatan pengiriman

Jika kamu mengalami kesulitan dalam membuat suatu faktur dan sistem transaksi keuangan lainnya, maka tak ada salahnya jika kamu menggunakan aplikasi yang kini telah tersedia banyak sekali.

Penutup

Demikian pembahasan tentang pengertian faktur hingga contoh faktur. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk Grameds. Jika ingin mencari buku tentang ekonomi, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan
Sumber: dari berbagai sumber

Buku-Buku Terkait

Pengantar Teori Ekonomi : Pendekatan Kepada Ed Revisi

https://www.gramedia.com/products/pengantar-teori-ekonomi-pendekatan-kepada-ed-revisi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Jika ilmu ekonomi diibaratkan sebagai sebuah gedung, maka buku ini dapat diibaratkan pintu gerbangnya. Seorang pelajar ekonomi perlu memahami lebih dahulu beberapa konsep dasar sebelum dia mempelajari ilmu ekonomi itu sendiri. Dengan kata lain, lebih dahulu ia harus belajar untuk dapat “berbicara dengan dan memahami bahasa ekonomi.”

Buku ini ditulis dengan tujuan memenuhi kebutuhan tersebut. Disiapkan untuk para pelajar pemula di tingkat universitas, buku ini terdiri dari tiga bagian utama, yakni Pendahuluan, Pengantar Ekonomi Makro, dan Pengantar Ekonomi Mikro. Di bagian Pendahuluan, pembaca diajak memahami beberapa konsep dasar ekonomi seperti permasalahan utama setiap perekonomian, produksi dan produktivitas, barang dan jasa, dan sebagainya.

Selanjutnya, di bagian kedua, pembaca diajak memahami pusat studi ekonomi makro, yakni pendapatan nasional. Disampaikan di sana apa artinya, apa unsurnya, bagaimana pertumbuhannya, demikian pula distribusinya, dan seterusnya.

Pengantar Ilmu Ekonomi Makro (Teori & Soal) Edisi Baru

https://www.gramedia.com/products/pengantar-ilmu-ekonomi-makro-teorisoal-edisi-baru?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/pengantar-ilmu-ekonomi-makro-teorisoal-edisi-baru?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Negara-negara maju seperti di kawasan Eropa dan khususnya Amerika Serikat telah menerapkan persaingan bebas dalam bentuk perdagangan bebas dengan pemberlakuan mekanisme pasar sebagai mesin penggerak roda perekonomian negara. Para pelaku ekonomi pasar praktis saling ”berlomba” untuk menguasai pangsa pasar sebesar mungkin dan secara otomatis berkeinginan memenangkan persaingan bebas dengan mengalahkan pelaku ekonomi pasar lainnya.

Oleh karena mekanisme pasar sangat berpengaruh pada perilaku para pelaku ekonomi pasar, kepemilikan modal menjadi salah satu sarana utama sebagai landasan untuk menjadi kuat bersaing. Permodalan yang kuat di sini sebagai landasan untuk menjadi kuat bersaing. Permodalan yang kuat di sini memegang peranan penting di samping pengelolaan sumber daya baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya.

Teori Ekonomi Mikro

https://www.gramedia.com/products/teori-ekonomi-mikro?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teori-ekonomi-mikro?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Persoalan ekonomi, baik mikro maupun makro, pada akhirnya harus diakui sebagai salah satu persoalan paling krusial sekaligus pelik dalam kehidupan manusia. Hal ini tidak terlepas dari dari kenyataan bahwa ketidakmampuan untuk mengatur, memahami, dan menjalankannya akan berakibat fatal bagi kelangsungan keberadaan baik individu, masyarakat, bahkan negara.

Buku ini, terkait persoalan tersebut, walhasil, adalah sebuah pijakan untuk mengkaji lebih dalam pelbagai perihal penting yang melingkari permasalahan ekonomi. Sebuah pembahasan yang mestinya menjadi bacaan wajib bagi kalangan akademisi maupun praktisi di bidang ekonomi, khususnya tentang kajian ekonomi mikro.

Keunggulan buku ini paling tidak terletak pada fakta bahwa pembaca, oleh sang penulis dituntut secara sistematis, ringkas, juga sederhana, dalam memahami persoalan ekonomi mikro.

Ekonomi Internasional Ed 1: Seri Sinop.3

https://www.gramedia.com/products/ekonomi-internasional-ed-1seri-sinop3?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Boediono adalah dosen pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Memperoleh gelar Bachelor of Economics (Hons.) dari University of Western Australia (1967), Master of Economics dari Monash University (1972), Doctor of Philosophy dalam bidang ekonomi dari Wharton School, University of Pennsylvania (1979), dan Guru Besar dari Universitas Gadjah Mada (2007).

Jabatan yang pernah diemban Boediono antara lain Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, dan Gubernur Bank Indonesia. Saat buku ini diterbitkan Boediono menjabat sebagai Wakil Presiden Rl.

Selain dari Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi. Boediono juga menulis buku Mengenal Beberapa Metode Kuantitatif dalam ilmu Ekonomi dan Seri Perekonomian indonesia Menghadapi Ekonomi Global.

Ekonomi Indonesia: Dalam Lintasan Sejarah

 

https://www.gramedia.com/products/ekonomi-indonesia-dalam-lintasan-sejarah?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

“Dalam dinamika proses pembangunan indonesia sekarang, tugas pengelola negara adalah secara aktif menumbuhkan iklim kesempatan, membangkitkan daya mampu serta kecerdasan masyarakat untuk memahami dan membangun zona equilibrium antara tonggak ekonomi dan tonggak politik.” -Prof.Dr.Emil Salim, Cendekiawan dan Ekonom

“Sebuah buku ekonomi yang ditulis oleh seorang guru besar yang tidak sekadar berkutat di teori, tetapi sarat dengan pengalaman nyata dalam penyelenggaraan berbagai aspek kehidupan bernegara. Layak dibaca oleh pejabat publik, politisi, mahasiswa, dan umum,” -Abdillah Toha, Pemerhati Politik Ekonomi

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien