in

10 Tips Supaya Lebih Lancar dalam Public Speaking

Tips Supaya Lebih Lancar dalam Public Speaking – Public speaking menjadi salah satu kemampuan penting yang dapat digunakan dalam situasi apapun, baik itu di sekolah atau di tempat kerja. Melalui kemampuan public speaking yang baik, seseorang dapat dinilai lebih berkarakter di depan publik.

Kemampuan public speaking sangat diperlukan supaya diri kita mampu menggerakkan orang lain melalui penyampaian gagasan yang mudah diterima oleh publik. Mulai dari pelajar hingga karyawan kantor, apabila mempunyai kemampuan public speaking yang baik, maka tentu akan memberikan banyak manfaat pada mereka.

Beberapa tokoh besar di dunia, misalnya Steve Jobs, mempunyai kemampuan public speaking yang baik. Berkat kemampuannya tersebut, Steve Jobs dapat mengguncang pasar teknologi dunia dengan mempresentasikan produk merk Apple miliknya.

Kunci kesuksesan dari kemampuan public speaking adalah percaya diri. Kamu harus percaya bahwa dirimu mampu dalam menyampaikan ide serta gagasan secara verbal di hadapan publik.

Lalu, bagaimana ya cara untuk meningkatkan kemampuan public speaking kita supaya lebih lancar dan tampak seperti profesional di hadapan publik? Yuk simak beberapa tips mengenai public speaking berikut!

1. Pahami Audiens atau Lawan Bicara

Dalam memulai pembicaraan di depan umum, kita sebagai pembicara harus memahami siapa lawan bicara kita. Hal tersebut harus dipahami supaya kita dapat mempersiapkan materi dan cara penyampaian yang sesuai sehingga informasi atau gagasan yang kita berikan mudah diterima oleh lawan bicara.

2. Tulis Materi dalam Bentuk Poin-Poin

Setelah kita memahami siapa audiens atau lawan bicara, kita harus menentukan materi yang akan disampaikan. Supaya dapat lebih menguasai materinya, kamu dapat menulisnya dalam bentuk poin-poin.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dalam menyampaikan materinya. Mengingat tidak semua orang mempunyai kapasitas pengetahuan yang sama.

tombol beli buku

3. Selipkan Humor dan Pertanyaan Retoris

Terutama ketika melakukan presentasi, sebaiknya selipkan beberapa humor dan pertanyaan retoris. Apa itu pertanyaan retoris? Pertanyaan retoris adalah jenis pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban, sehingga terkesan untuk basa-basi dalam kalimat pembuka.

Adanya humor dalam sebuah public speaking ternyata bagus lho untuk memecah keheningan suasana sehingga presentasi yang kamu sampaikan tidak terkesan kaku. Bahkan beberapa audiens umumnya lebih menyukai pembicara yang pandai menyampaikan humor lucu.

Adanya interaksi dengan audiens yang berupa humor dan pertanyaan retoris dapat menjadikanmu lebih percaya diri. Bangun ketertarikan audience terhadap materi yang akan kamu sampaikan kepada mereka.

4. Pandangi Audience atau Lawan Bicara

Dalam memandangi audience, akan lebih baik apabila kamu melakukan kontak mata dengan mereka.

banner-promo-gramedia

Namun, apabila kamu terlalu gugup untuk melakukan kontak mata, kamu bisa mengakalinya dengan memandangi kepala atau dahi para audiens.

Setelah menjaga pandangan dengan para audiens, kamu harus tetap fokus dalam menyampaikan gagasan atau materi yang telah kamu persiapkan sebelumnya.

tombol beli buku

5. Bicara Secara Perlahan

Tips selanjutnya dalam public speaking adalah sebaiknya kamu harus berbicara secara perlahan. Ketika gugup, wajar apabila kamu akan berbicara secara cepat dan bahkan tidak terdengar jelas.

Maka dari itu, berlatihlah untuk berbicara secara perlahan supaya materi atau informasi yang hendak kamu sampaikan dapat mudah dipahami oleh audiens.

Selain itu, kamu juga perlu berlatih untuk berbicara dengan artikulasi yang jelas. Jika dalam prosesnya, kamu menjadi gugup, kamu dapat berhenti sejenak lalu menarik napas panjang, kemudian lanjutkan kembali presentasimu.

6. Berlatih di Depan Cermin dan Orang Lain

Supaya kemampuan public speaking kamu menjadi lancar, kamu dapat melatihnya di depan cermin dan di depan orang lain. Upaya ini dinilai mampu meningkatkan kepercayaan diri dalam kemampuan public speaking-mu.

Jika kamu belum siap untuk praktik berbicara di depan umum, kamu dapat melatihnya dengan berbicara di depan cermin. Anggap saja seolah dalam cermin tersebut, terdapat banyak audience yang siap mendengarkan materimu.

Lalu, jika kamu sudah merasa cukup bagus dengan berlatih di depan cermin, lakukan pula praktik latihan di depan orang lain. Kamu dapat mengajak teman atau keluargamu untuk berpura-pura menjadi audience.

Selama latihan tersebut, jangan lupa untuk tetap menjaga kontak mata dengan audience. Apa saja yang harus dilatih sebelum melakukan public speaking? Jawabannya adalah latihan intonasi bicara, bahasa tubuh, artikulasi, dan tempo nada saat berbicara.

Pastikan meminta feedback atau masukan dari orang-orang yang kamu ajak berlatih tersebut. Meskipun mereka bukan seorang ahli public speaking, tetapi mereka mempunyai sudut pandang sebagai audiens yang mendengarkan pembicaraanmu.

tombol beli buku

7. Selalu Berpikir Positif

Sebelum memulai public speaking, kamu harus menghilangkan ketakutan dan pikiran negatif yang berlalu-lalang dalam otakmu. Bangunlah pemikiran-pemikiran positif dengan berpikir bahwa kamu bisa dan kamu mampu untuk melakukannya.

Pemikiran yang positif secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa percaya diri sehingga latihan-latihanmu selama ini tidak akan sia-sia.

8. Pegang bolpoin atau catatan kecil

Tips ini biasa dilakukan oleh mereka yang pemula dalam public speaking. Ketika berbicara di depan umum, peganglah bolpoin atau catatan kecil supaya tanganmu tidak terasa kosong.

Apabila kamu memegang catatan kecil, sesekali melirik catatan tersebut apabila kamu lupa-lupa-ingat terhadap materi yang hendak kamu sampaikan tersebut.

9. Hindari Filler Word atau Kata Pengisi

Apa itu filler word?

banner-promo-gramedia

Dalam Bahasa Indonesia, filler word atau kata pengisi adalah kata yang sering digunakan oleh pembicara ketika sedang berpikir atau grogi. Kata-kata tersebut misalnya “hmmm”, “eh”, “aaaa”, dan lain-lain.

Wajar saja apabila filler word diungkapkan dalam sekali atau dua kali, tetapi jika berlebihan tentu akan mengganggu.

Lalu, bagaimana supaya kita tidak terbiasa mengatakan filler word tersebut? Caranya adalah dengan berlatih terus-menerus dan memahami materi yang akan disampaikan.

 

tombol beli buku

10.Berdoa

Sebelum melakukan kegiatan apapun, termasuk berbicara di depan umum, kamu juga harus melakukan doa sesuai dengan agama dan kepercayaanmu.

Apabila kamu terus-menerus memanjatkan doa yang baik, maka secara tidak langsung dapat memberimu sugesti positif ke dalam pikiran sehingga ketika melakukan public speaking, kamu dapat berbicara handal seperti yang sudah kamu latih selama ini.

Nah, itulah beberapa tips supaya public speaking-mu menjadi lebih lancar dan materi yang kamu sampaikan dapat diterima oleh audience. Ingat, kunci kesuksesan dalam public speaking adalah dengan berlatih secara terus-menerus. Selain itu, apabila kamu mendapatkan kritik dan saran mengenai cara berbicaramu, jadikan hal tersebut sebagai penyemangat untuk terus maju.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum