in

20 Contoh CV Yang Menarik Di Mata HRD

20 Contoh CV Yang Menarik Di Mata HRD – Bagi kamu yang sudah lulus dan sedang mencari pekerjaan pastinya tidak asik dengan yang namanya Curiculum Vitae atau biasa kita kenal dengan CV. CV ini bisa dikatakan sebagai informasi penting tentang diri kita yang akan diberikan ke HRD perusahaan.

Secara umum, CV adalah biodata atau daftar riwayat hidup. Umumnya di dalam CV terdapat riwayat pendidikan, pengalaman kerja (bagi kamu yang sudah mempunyai pengalaman kerja). Kehalian, prestasi, dan beberapa hal penting lainnya. 

Dalam proses melamar kerja dan proses rekrutmen, CV ini menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh HRD perusahaan. Hal ini dikarenakan CV menjadi penilaian awal administrasi apakah kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya atau tidak. Oleh karena itu, dalam membuat CV disarankan singkat, jelas, dan padat supaya hal-hal pentingnya tersampaikan.

Pembuatan CV umumnya terdiri dari satu atau dua lembar yang disesuaikan dengan riwayat hidup kita. Sebaiknya, pembuatan CV tidak lebih dari dua lembar karena HRD perusahaan merasa CV terlalu panjang dan terlihat tidak menarik.

Bagaimana membuat CV yang menarik di mata HRD? Tenang, jangan merasa khawatir. Di artikel ini akan membahas 20 CV menarik di mata HRD perusahaan yang bisa kamu contoh. Tunggu apalagi mari kita lihat 20 CV menarik dan mudah dibuat.

20 Contoh CV yang Menarik

1. CV Yang Menunjukkan Bakat Desain

 

contoh cv
freepik.com

Kamu punya bakat desain grafis? Contoh CV ini sangat cocok dengan kamu. Dengan contoh CV ini bakat desain kamu bisa tersalurkan. Terlebih lagi jika ada lowongan kerja desainer grafis, peluan kamu untuk diterima di perusahaan terbuka lebar. 

Perpaduan ikon-ikon dan grafik keahlian membuat CV ini menarik. Namun, jika terlalu banyak ikon-ikon yang digunakan bisa membuat hal-hal penting tidak tersampaikan. Jadi, jika ingin menggunakan contoh CV ini, disarankan ikon-ikonnya hanya sedikit saja.

Untuk membuat HRD lebih yakin, tidak ada salahnya memberikan portofolio yang pernah kamu kerjakan. Umumnya profesi desainer grafis membutuhkan portofolio sebagai nilai tambah bagi HRD perusahaan. 

 

2. CV Dengan Background Gambar

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Contoh CV yang satu ini terlihat unik dan menarik karena memakai background bergambar. Background bergambar ini bisa disesuaikan dengan hobi, keahlian, dan lain sebagainya yang penting masih seputar diri kamu.

Hal lain yang perlu diperhatikan dari CV ini adalah perpaduan warna tulisan dan warna background. Jangan sampai tulisan jadi tidak terbaca hanya karena warnanya sama dengan warna background.

banner-promo-gramedia

Jika tulisan tidak terbaca, HRD menjadi tidak tertarik melihat CV kamu. Jika sudah seperti ini berarti hal-hal penting yang ada di CV jadi tidak dibaca oleh HRD perusahaan. 

 

3. CV Background Warna Putih

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Contoh CV berikutnya adalah CV dengan background warna putih. Contoh CV ini sudah biasa digunakan oleh banyak orang. Selain cara membuatnya yang mudah, hal-hal penting dalam contoh CV ini akan mudah tersampaikan kepada HRD perusahaan.

Hal-hal penting yang mudah tersampaikan kepada HRD perusahaan membuka peluang kamu diterima perusahaan yang kamu lamar semakin lebar. Mulai dari riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga prestasi yang pernah kamu dapat. Jadi, masih ragu menggunakan contoh CV ini? 

 

4. CV Dengan Dominasi Warna Hijau

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Jika kamu suka dengan warna hijau maka contoh CV ini sangat cocok dengan kamu. Perpaduan warna hijau dan warna pada tulisan menjadikan cv ini menarik. Selain itu, CV seperti ini juga memakai infografik keahlian yang memudahkan HRD perusahaan menilai keahlian yang kamu miliki.

Contoh CV ini biasanya sering digunakan sebagai template yang ada di berbagai macam aplikasi mengedit gambar atau foto. Dengan kata lain, kamu sudah tidak perlu repot-repot mendesain CV seperti ini. 

 

5. CV Dengan Dominasi Warna Jingga

 

contoh cv
helpshared.com

 

CV dengan warna dominan jingga atau oranye ini sekilas sama seperti dengan CV warna hijau sebelumnya. Sama halnya dengan CV yang berwarna hijau sebelumya. Contoh CV ini juga sering dijadikan sebagai template CV yang ada di berbagai macam aplikasi mengedit foto atau gambar.

Meskipun sudah dijadikan template bukan berarti CV ini tidak menarik. Hanya saja jika sudah dijadikan template maka akan banyak orang lain menggunakan CV seperti ini. Hal ini bisa mengakibatkan kamu dianggap kurang kreatif oleh HRD perusahaan. 

 

6. CV Dengan Perpaduan Warna Hitam Dan Kuning

 

contoh cv
freepik.com

 

CV dengan perpaduan warna hitam dan kuning. Dua warna itu ternyata jika dipadukan terlihat lebih menarik. CV ini memang terlihat menarik, tetapi siapa sangka kalau CV seperti ini sebenarnya sudah sering digunakan oleh banyak orang.

banner-promo-gramedia

Meskipun terlihat menarik, tetapi CV seperti ini pesan penting yang terdapat didalamnya menjadi kurang tersampaikan. Itu karena warna background terlalu dominan atau mencolok dibandingkan dengan tulisan atau pesan-pesan penting.

 

7. CV Menarik Dengan Warna Pink Dan Putih 

 

contoh cv
helpshared.com

 

Contoh CV ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan warna pink. Contoh CV ini terlihat lebih gemas karena warna pink dipadukan dengan warna putih. Umumnya CV seperti ini digunakan oleh pelamar kerja perempuan.

Meskipun CV ini sudah banyak digunakan, tetapi tidak ada salahnya untuk kamu coba untuk melamar pekerjaan. Siapa tahu ada HRD perusahaan yang tertarik dengan desain CV kamu sehingga kamu bisa ikut ke tahap selanjutnya.

 

8. CV Bagus Dengan Menunjukkan Grafik Keahlian

contoh cv
exempledecv.com

 

Grafik-grafik keahlian yang ada di contoh CV ini menjadikan kamu terlihat lebih profesional. Berkat-berkat grafik-grafik keahlian yang ada di CV ini membuat peluang kamu menggunakan CV ini jadi semakin terbuka. 

Jika kamu ingin menggunakan CV ini, sebaiknya semua info grafik yang diberikan sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Mengapa harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki? Itu karena supaya HRD perusahaan dapat menilai bahwa keahlian kamu bisa dipertanggungjawabkan.

 

9. CV Elegan

 

contoh cv
exempledecv.com

 

CV yang hanya ada tulisan tanpa ikon-ikon memang terlihat lebih elegan. Dengan CV seperti ini maka HRD perusahaan akan mudah mendapatkan hal-hal penting yang ada di diri kamu. 

banner-promo-gramedia

Hal-hal penting inilah yang menjadi kunci apakah kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya atau tidak. Dengan demikian, hal-hal penting yang ada di dalam CV jangan pernah dianggap sebelah mata.

Namun, terkadang jika dilihat secara sekilas CV ini seperti kurang menarik karena tidak ada perpaduan warna dan grafik-grafik keahlian. Meskipun mempunyai sisi kurang menariknya, tetapi CV ini sering digunakan karena elegan dan informatif.

 

10. CV Elegan Dengan Grafik Keahlian

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Contoh CV ini berbeda dengan contoh-contoh CV sebelumnya. Hampir semua contoh CV sebelumnya tidak didominasi infografik. Sedangkan dalam contoh CV ini bisa dikatakan bahwa info grafisnya lebih dominan daripada tulisan-tulisannya.

Sebenarnya, contoh CV seperti ini jarang sekali digunakan karena terlalu menonjolkan infografik. Hal ini mengakibatkan hal-hal penting yang ada didalamnya menjadi kurang terbaca, bahkan tidak menutup kemungkinan hal-hal penting itu tidak tersampaikan kepada HRD perusahaan.

Sangat disayangkan jika kamu sudah mengirim lamaran ke sebuah perusahaan, tetapi HRD perusahaan belum tertarik dengan diri kamu. Oleh karena itu, dalam pembuatan CV infografik dan tulisan harus seimbang supaya HRD tertarik membaca CV kamu.

 

11. CV Sederhana Dan Menarik

 

contoh cv

 

Contoh CV berikutnya adalah CV yang mempunyai desain yang elegan dan tetap menarik. Contoh CV ini sangat cocok untuk kamu yang suka kesederhanaan atau tidak ingin ada desain-desain macam-macam.

Keuntungan dari CV ini yaitu HRD akan mudah mencerna dan memahami hal-hal penting yang ada di diri kamu. Sehingga peluang kamu bisa menjadi bagian dari perusahaan lebih terbuka lebar. Itulah yang menjadi nilai tambah dari contoh CV ini. 

Namun, di sisi lain CV ini juga memberikan beberapa kekurangan yang dapat menurunkan peluang kamu diterima di perusahaan yang kamu lamar.

Meskipun mempunyai peluang diterima di sebuah  perusahaan terbuka lebar, tetapi jika CV ini terlalu sederhana akan mengurangi daya tariknya. Oleh karena itu, kamu bisa memadukan CV yang elegan ini dengan perpaduan beberapa warna. 

 

12. CV Sederhana Tapi Efisien

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Contoh CV ini bisa dikatakan hampir sama dengan CV sederhana dan menarik. Contoh CV ini memang terlihat sederhana, tetapi hal-hal penting yang ada didalamnya mudah tersampaikan Kepada HRD perusahaan. Dengan kata lain, CV ini selain sederhana, juga sangat efisien.

Sederhana dan efisien inilah yang menjadi kelebihan dari contoh CV ini. Mulai dari pendidikan, pengalaman kerja, hingga prestasi yang pernah diraih, semua disampaikan dalam CV ini. Karena hal inilah HRD menjadi tertarik dengan kemampuan dan pengalaman kerja yang kamu miliki.

CV ini memang tidak banyak motifnya, tetapi hal itu tidak akan menurunkan kualitas dari contoh CV ini. Jadi, masih ragu memakai CV ini untuk melamar kerja?

 

13. CV Sederhana Dan Elegan 

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Kamu sudah mencoba melamar kemana-mana, tapi belum mendapatkan panggilan untuk lanjut ke tahap selanjutnya? Mungkin salah satu penyebab itu adalah CV yang terlalu banyak motif dan infografik. Sebaiknya kamu mencoba membuat CV yang sederhana tapi tetap elegan. 

CV yang sederhana dan tetap elegan bisa kamu lihat seperti contoh CV yang ada di atas. Untuk membuat CV  ini sangatlah mudah, kamu hanya memerlukan word dan tidak perlu dibantu dengan aplikasi-aplikasi lainnya.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengganti bentuk CV yang biasa kamu gunakan. Siapa tahu dengan mengganti bentuk CV semakin banyak HRD perusahaan yang tertarik untuk merekrut kamu.

 

14. CV Menarik Tanpa Foto

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Pada umumnya, setiap orang yang membuat CV pasti menggunakan foto. Hal itu dikarenakan kebanyakan orang mengikuti template yang ada di berbagai macam aplikasi edit foto. Padahal beberapa perusahaan atau aplikasi pencari kerja tidak mengharuskan ada foto di dalam CV kamu.

Dengan demikian, kamu tidak ada salahnya untuk mencoba membuat CV tanpa menggunakan foto di dalamnya. Meskipun tidak ada foto didalamnya, tetapi hal-hal penting yang ada di dalam CV harus tersampaikan dengan baik kepada HRD perusahaan.

Hal ini akan sia-sia jika kamu lebih mementingkan untuk membuat CV tanpa foto, tetapi tidak mengindahkan hal-hal penting yang ingin kamu sampaikan ke HRD perusahaan.

 

15. CV Menarik Tanpa Foto Dengan Grafik Keahlian

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Contoh CV berikutnya adalah CV tanpa menggunakan foto, tetapi dilengkapi dengan info grafis. Seperti contoh CV di atas, setiap keahlian yang ada di CV digambarkan atau dijelaskan dengan info grafis. 

Setiap infografik berupa lingkaran yang ditebalkan. Jika semua lingkaran sudah ditebalkan itu berarti kamu adalah seorang yang sangat ahli. Lalu, keahlian apa yang kamu miliki? Keahlian yang kamu miliki harus dicantumkan di dalam CV supaya kamu mempunyai nilai tambah di mata HRD perusahaan.

Seperti yang sudah dijelaskan di contoh CV sebelumnya bahwa semua kemampuan atau keahlian yang dicantumkan di dalam CV harus sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

 

16. CV Kreatif

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Kamu suka dengan hal-hal yang kreatif atau unik? Itu berarti contoh CV ini sangat cocok untuk diri kamu. Pada contoh CV ini, garis tepinya diberikan berbagai warna yang membuat CV ini terlihat unik. Selain itu, beberapa katanya menggunakan warna selain warna hitam.

Namun, contoh CV ini memiliki kekurangan seperti pada kata “formations” warnanya kurang cerah. Hal ini bisa menyebabkan hal-hal penting menjadi tidak tersampaikan kepada HRD perusahaan. 

Contoh CV ini akan lebih menarik mata HRD perusahaan jika menggunakan warna-warna yang jelas dan tidak samar-samar.

 

17. CV Kreatif Warna Hitam 

 

contoh cv
helpshared.com

 

 

Contoh CV berikutnya adalah CV kreatif dengan warna hitam yang dominan. Meskipun termasuk CV yang kreatif, tetapi tidak mengurangi hal-hal penting yang akan disampaikan. Dari pendidikan, pengalaman kerja, hingga hobi yang kamu miliki. 

Namun, contoh CV ini memiliki beberapa kekurangan, seperti warna pada beberapa kalimat terlihat tidak jelas sehingga membutuhkan usaha lebih untuk membacanya. Jika warna pada beberapa kalimat itu diganti dengan warna yang lebih jelas maka CV ini menjadi lebih menarik.

 

18. CV Kreatif Dengan Motif Daun

 

contoh cv
helpshared.com

 

Jika kamu mempunyai bakat desain maka bisa disalurkan dalam pembuatan CV. Salah satu contoh CV yang sesuai dengan bakat desain kamu adalah CV kreatif dengan motif daun. Secara tampilan, CV ini terlihat unik sehingga sangat enak untuk dilihat terutama oleh HRD perusahaan.

Namun, contoh CV ini mempunyai beberapa kekurangan, salah satunya adalah warna kata dan kalimat pada CV ini sama dengan warna background CV. Hal ini mengakibatkan kata dan kalimat tersebut menjadi tidak terbaca. Padahal kata dan kalimat tersebut merupakan hal-hal penting yang perlu diketahui oleh HRD perusahaan.

 

19. CV Kreatif Dengan Motif Yang Menarik

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Setelah sebelumnya menggunakan motif daun yang dominan, contoh CV berikutnya adalah CV yang menggunakan motif, tetapi hanya di garis tepinya saja. Garis tepi yang diberi motif itulah yang menjadikan CV ini unik.

Warna pada kata dan kalimat yang ada di contoh CV ini sekilas sama dengan warna background CV. Dengan kata lain, HRD perusahaan akan kesulitan untuk membaca dan mengetahui hal-hal penting apa saja yang kamu miliki. 

 

20. CV Klasik Yang Hanya Menampilkan Tulisan

 

contoh cv
exempledecv.com

 

Contoh CV yang terakhir ini bisa dikatakan sebagai CV klasik dan sederhana. Meskipun tidak ada motif-motif hingga info grafis pada CV ini, tetapi CV ini tetap menarik mata HRD perusahaan.

Mengapa HRD perusahaan mudah tertarik dengan CV seperti ini? Itu karena semua hal penting yang kamu miliki, baik itu pendidikan hingga pengalaman kerja mudah tersampaikan kepada HRD perusahaan. Jadi, segera lamar pekerjaanmu menggunakan contoh CV klasik tapi informatif

Baca juga artikel terkait “Cara Membuat CV” :

Buku Terkait : 

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai macam bentuk dan model CV, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu bentuk CV yang sudah disebutkan? Apapun bentuk CV yang dipilih tetapi yakin bahwa semua orang akan mendapatkan pekerjaan walaupun harus menunggu waktu yang cukup lama.

 

tombol beli buku

 

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu