in

Tips Mendapat Pekerjaan dan Cara Bekerja di Singapura

Unsplash.com/Hu Chen

Cara Bekerja di Singapura – Apakah Grameds berminat untuk menjadi salah satu karyawan yang bekerja di Singapura? JIka iya yuk simak penjelasannya. Mendapat pekerjaan di Singapura tidak jauh berbeda dengan mendapatkan pekerjaan di Indonesia. Simak yuk artikel dibawah ini tentang cara bekerja dan mendapatkan pekerjaan di Singapura!

Grameds harus mengetahui semua persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan, kemudian melamar sedini dan sesering mungkin. Jika, Grameds mempunyai koneksi disana akan bermanfaat untuk mencari pekerjaan, tetapi mungkin tidak diperlukan jika aplikasinya cukup kuat.

Meskipun kecil negaranya, Singapura telah menjadi sebagai salah satu negara paling makmur di dunia. Statusnya sebagai pelabuhan terbesar di Asia Tenggara menjadikan Singapura sebagai pusat keuangan dan tetap menjadi salah satu kota tersibuk di dunia.

Apakah mudah mendapatkan pekerjaan di Singapura?

Cara Bekerja di Singapura
Unsplash.com/Hu Chen

Mencari pekerjaan di mana saja pada dasarnya sama saja. Di Singapura, juga sangat kompetitif bahkan untuk para profesional yang telah berpengalaman merasakan hal yang sama dengan yang fresh graduate. Di sisi lain, banyak perusahaan di Singapura sudah terbiasa mempekerjakan tenaga kerja asing,

Berikut adalah beberapa tips yang akan membuat proses mencari pekerjaan Anda di Singapura lebih mudah:

1. Pilih industri yang berkembang.

Seperti di negara lain di dunia, beberapa industri berkembang pesat di Singapura. Sektor pariwisata dan TI merupakan salah satu yang berkembang pesat dan diminati di sana. Banyak penawaran kerja pada bidang teknologi dan e-commerce seperti desainer UI dan UX, ahli pemasaran digital, copywriter dan sebagainya. Sedangkan untuk pariwisata berupa pelayanan di perhotelan dan tempat pariwisata.

Pekerjaan lain yang dibutuh termasuk manajemen bakat dan kepemimpinan sumber daya manusia (SDM). Untuk mengetahui pekerjaan dan keahlian yang dibutuhkan lebih secara lengkap, Grameds bisa mengunjungi situs web Kementerian Tenaga Kerja Singapura.

2. Biasakan diri dan mengetahui dengan budaya kerja di Singapura.

Sebaiknya periksa apakah budaya kerja di Singapura sesuai dengan gaya hidup. Pastikan untuk mengenal lebih dekat tentang jam kerja, absen dan hari libur. Kementerian Tenaga Kerja Singapura memiliki daftar praktik ketenagakerjaan yang dapat memberi gambaran yang lebih baik tentang seperti apa bekerja di Singapura. Disana terdapat informasi tentang gaji, pelatihan skill, cuti, hari libur, kontrak, jam kerja, dan masih banyak lagi.

3. Mencari kerja di portal pekerjaan online.

Situs pekerjaan seperti Monster, LinkedIn Jobs, dan Glassdoor digunakan secara luas di Singapura. Kalau Anda mencari pekerjaan part time bisa menggunakan workclass.co. Disana dapat menemukan berbagai macam lowongan pekerjaan yang terdaftar. Jika menemukan pekerjaan yang disukai dan sesuai dengan keahlian bisa langsung melamarnya.

Selain itu, juga mengunjungi situs perusahaan dan lihat apakah dapat melamar langsung melalui mereka. Ini akan memberi kesempatan untuk melakukan riset tentang perusahaan dan posisi juga. Jangan lupa untuk mendapatkan visa. Ada banyak pilihan untuk mendapatkan visa kerja (atau dikenal sebagai izin kerja) di Singapura.

Cara Bekerja di Singapura

4. Melamar lewat agen tenaga kerja.

Perekrut sering kali memiliki lebih banyak pekerjaan daripada yang akan ditemukan di situs portal pekerjaan online. Selain itu, agen-agen akan sangat termotivasi untuk membantu mendapatkan pekerjaan. GMP, Adecco, Kelly Services, dan Recruit Express merupakan beberapa agen perekrutan yang mungkin ditemui di Singapura.

Bagaimana cara melamar pekerjaan di Singapura?

Ada beberapa langkah yang harus Anda ambil sebelum melamar pekerjaan di Singapura sebagai orang asing, jadi pastikan sudah mempersiapkan diri dengan baik.

1. Periksa kelayakan diri untuk bekerja di Singapura.

Sebelum masuk terlalu jauh dalam mencari kerja, ada baiknya untuk memastikan apakah sudah memenuhi syarat untuk bekerja di Singapura. Ada berbagai jenis izin kerja berdasarkan kualifikasi. Kementerian Tenaga Kerja di Singapura telah menerbitkan alat penilaian mandiri online yang berguna untuk mengukur kemungkinan kelayakan Anda.

Meskipun sudah mencoba alat penilaian, belum bisa dijadikan sebagai jaminan bahwa telah memenuhi syarat. Beberapa faktor, seperti kuota izin dan latar belakang pribadi, tidak diperhitungkan dengan penilaian online.

2. Mengidentifikasi pekerjaan yang tersedia dan dalam permintaan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mendapatkan pekerjaan di Singapura sangat bergantung pada seberapa baik kecocokan, dan kelayakan serta lolos mengikuti semua seleksi yang diberikan pada saat melamar pekerjaan apalagi untuk orang asing.

3. Periksa kualifikasi yang dibutuhkan

Pastikan telah membaca seluruh deskripsi pekerjaan dan daftar semua kualifikasi dan keterampilan yang dicari ada di dalam diri kamu. Jika tidak, mereka kemungkinan akan memprioritaskan seseorang yang melakukannya.

4. Pastikan resume dan surat lamaran sudah siap.

Mempunyai curriculum vitae (CV) dan surat lamaran yang bagus merupakan suatu keharusan. Ingatlah bahwa CV dan surat lamaran harus menonjol, karena persaingan sangat banyak.

Persyaratan bagi orang asing untuk bekerja di Singapura

Singapura adalah negara yang kompetitif karena cara bisnisnya yang transparan dan efisien, pajak rendah, tingkat kejahatan yang rendah, masyarakat multi-budaya, iklim yang bagus, dan masih banyak lagi.

Maka tak heran, persyaratan bagi orang asing untuk bekerja di Singapura yang dipersiapkan cukup banyak. Agar bisa bekerja di Singapura, harus memiliki visa kerja yang valid. Sebelum harus mencari pekerjaan dan telah mendapatkan offering letter serta bersedia mensponsori visa untuk kamu.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berkut visa kerja yang tersedia untuk sebagian besar orang asing adalah:

1. Employment Pass

Employment Pass adalah visa kerja yang paling umum untuk orang asing di Singapura dan digunakan untuk “profesional asing, manajer, dan eksekutif”. Anda harus mendapatkan setidaknya SGD 3.600 sebulan dan memiliki kualifikasi yang dapat diterima untuk mendapatkan visa kerja ini.

Durasi pass hingga 2 tahun untuk kandidat pertama kali sementara perpanjangan berlaku selama 3 tahun. Untuk informasi lebih lanjut tentang work-pass ini, silahkan mengunjungi Ministry of Manpower (MOM) di Singapura.

2. EntrePass

Orang asing yang ingin memulai bisnis di Singapura dan tinggal di sana dapat mengajukan permohonan yang disebut EntrePass. Untuk visa kerja ini, tidak ada persyaratan gaji minimum dan berlaku selama 1 tahun untuk pertama kalinya. Untuk perpanjangan berikutnya berlaku selama 2 tahun.

Bisa tinggal di Singapura dengan work pass ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, silakan untuk membaca lebih lanjut tentang work pass dan persyaratannya di situs web Kementerian Tenaga Kerja di sini .

3. S Pass

Berbeda dengan Employment Pass dan EntrePass yang digunakan untuk profesional, S Pass digunakan untuk pekerja terampil dan semi terampil. Untuk mendapatkan work pass ini, Anda harus menghasilkan setidaknya SGD 2.400 sebulan dan memenuhi kriteria penilaian.

Durasi izin kerja adalah 2 tahun dan perusahaan atau agen tenaga kerja harus mengajukan permohonan atas nama pelamar. Pelamar atau pekerja tidak dapat menyimpan pass yang sama jika berganti pekerjaan, tetapi harus mengajukan pass baru. S Pass juga cukup umum di kalangan orang asing yang bekerja di Singapura.

Adapun untuk izin kerja yang digunakan untuk peserta dan siswa

  • Training Employment Pass: Untuk profesional asing yang sedang menjalani pelatihan praktis. Kandidat harus mendapatkan setidaknya $ 3.000 per bulan.
  • Work Holiday Pass (di bawah Program Work Holiday): Untuk pelajar dan lulusan berusia 18 hingga 25 tahun yang ingin bekerja dan berlibur di Singapura selama 6 bulan.
  • Work Holiday Pass (di bawah Program Work and Holiday Visa): Untuk pelajar dan lulusan Australia berusia 18 hingga 30 tahun yang ingin bekerja dan berlibur di Singapura selama 1 tahun.
  • Izin Kerja Pelatihan: Untuk peserta pelatihan atau siswa asing semi-terampil yang menjalani pelatihan praktis di Singapura hingga 6 bulan.

Sesuai aturan izin kerja, perusahaan yang mempekerjakan pekerja asing di Singapura harus memberi mereka gaji untuk layanan mereka, mempertahankan jaminan keamanan, serta memberi mereka asuransi kesehatan.

Cara Bekerja di Singapura

Persyaratan untuk Visa Kerja Singapura

Tenaga kerja asing yang bekerja di Singapura harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Pemohon harus memiliki paspor yang masih berlaku.
  • Pemohon harus berusia minimal 18 tahun
  • Pemohon hanya dapat bekerja dalam lingkup pekerjaan yang disebutkan dalam izin kerja yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang.

Selain poin-poin tersebut di atas, pekerja asing yang bekerja di Singapura juga harus mematuhi:

  • Jangan ambil bagian dalam bisnis lain atau memulai bisnis mereka sendiri.
  • Bekerja hanya dalam pekerjaan untuk perusahaan yang tercantum dalam izin kerja atau izin kerja.
  • Tidak menikah dengan warga negara Singapura atau penduduk tetap di dalam atau di luar Singapura tanpa persetujuan dari Kementerian Tenaga Kerja.
  • Domisili hanya di alamat yang ditentukan oleh perusahaan pada awal pekerjaan.
  • Bawalah izin kerja asli setiap saat dan tunjukkan untuk diperiksa sesuai permintaan oleh pejabat publik mana pun.

Berapa upah yang didapatkan di Singapura?

Singapura memiliki beberapa gaji tertinggi di dunia. Pada Maret 2020, gaji rata-rata di Singapura adalah SGD 67.152 atau Rp 718,303,550.00 per tahun, termasuk kontribusi CPF pemberi kerja. Selain itu, orang yang berencana pindah kerja mencari kenaikan gaji sebesar 10% hingga 15%.

Nilai gaji yang sedemikian besarnya berbanding lurus dengan tingginya biaya hidup di Singapura. Industri dengan bayaran tertinggi adalah perbankan & keuangan, akuntansi, TI, dan kesehatan & ilmu kehidupan.

Ingatlah bahwa harus menghasilkan setidaknya SGD 3.600 atau Rp. Rp. 38.235.600,00 per bulan untuk memenuhi syarat mendapatkan Employment Pass sebagai orang asing. S Pass lebih mudah didapat karena hanya perlu mendapatkan SGD 2.400 atau Rp. Rp. 25.490.400.

Seberapa tinggi pajak penghasilan?

Singapura memiliki beberapa pajak terendah di dunia, seperti yang disebutkan, ini adalah salah satu pendorong utama bagi orang kaya yang tinggal di sana. Tarif pajak berbeda tergantung pada apakah Anda seorang penduduk, tinggal lebih dari 183 hari setahun, atau bukan penduduk, tinggal 61 – 182 hari setahun. Untuk mengetahui lebih lengkap kunjungi situs IRAS (Inland Revenue Authority of Singapore).

Kiat melamar pekerjaan di Singapura

1. Perbarui resume yang disesuaikan

Kamu tidak mungkin berhasil dengan mengirimkan resume generik dan non-spesifik. Tidak mencantumkan pekerjaan terakhir di negara asal, maka buatlah yang baru serta fokus pada keterampilan dan kualifikasi yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan. Buat resume yang disesuaikan dengan setiap pekerjaan dan perusahaan yang Anda putuskan untuk didekati.

2. Sertakan referensi.

Meminta orang yang dapat dipercaya untuk membuktikan keterampilan dan pencapaian merupakan strategi yang bagus untuk memberikan pengalaman profesional yang dimiliki. Bahkan mungkin membedakan dari pelamar lain.

3. Jangan sertakan keterampilan TI dasar.

Di pasar kerja yang kompetitif seperti Singapura, secara otomatis diasumsikan setiap pelamar mampu bekerja dengan komputer.

4. Jangan sertakan foto pada CV

Menyertakan foto pada resume berbeda untuk setiap negara. Beberapa negara seperti Jerman dan Cina, foto biasanya diminta atau diharapkan, namun di Singapura foto pada resume sangat dilarang.Cara Bekerja di Singapura

BACA JUGA:

  1. Mengenal Perencanaan dan Pengembangan Karir yang Sukses 
  2. 4 Tips yang Perlu Disiapkan Saat Mencari Kerja, Apa Saja? 
  3. 30+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar [Template Gratis] 
  4. Tips Mengikuti Job Fair Agar Sukses Mendapatkan Pekerjaan 
  5. Pertanyaan Interview Kerja & Jawabannya, Serta Tips Interview Kerja 

Apa keuntungan bekerja di Singapura?

Selain peluang karir, ada manfaat lain dari bekerja di Singapura.

1. Peluang kerja yang menarik

Singapura menawarkan banyak peluang kerja bagi para profesional berpengalaman di bidang teknologi informasi, perawatan kesehatan, layanan keuangan, dll. Negara ini menawarkan peluang yang tepat bagi para profesional yang berbakat.

2. Gaji yang menggiurkan

Gaji di Singapura sangat menggiurkan. Perusahaan yang bersedia merekrut talenta luar negeri siap membayar gaji tinggi dan memberikan fasilitas menarik kepada kandidat yang tepat. Ini memberi peluang kesempatan untuk mendapatkan pendapatan yang jauh lebih banyak daripada yang didapatkan di negara asal.

3. Tarif pajak penghasilan pribadi yang rendah

Tarif pajak penghasilan pribadi cukup rendah di Singapura. Untuk non-penduduk, tarif tetap sebesar 15% dibayarkan sebagai pajak penghasilan atas semua penghasilan yang diperoleh selama tinggal di Singapura.

Bagi mereka yang memiliki izin tinggal, pajak penghasilan dapat berkisar dari 0% jika penghasilannya kurang dari 22.000 dolar Singapura per tahun sedangkan 20% untuk penghasilan di atas 320.000 per tahun. Selain itu, setiap pendapatan luar negeri yang dibawa ke negara tersebut tidak dikenakan pajak apa pun.

4. Proses mudah untuk izin kerja dan tinggal

Jika Anda sudah mendapatkan tawaran pekerjaan, melamar izin kerja hanya perlu beberapa klik ke situs web pemerintah dan Anda akan mengetahui hasilnya dalam satu hari, kemungkinan Anda akan menerima izin kerja untuk jangka waktu yang lebih lama. , ditambah lagi proses perpanjangannya cepat dan mudah. Izin tinggal biasanya dikeluarkan untuk jangka waktu yang sama dengan izin kerja Anda.

5. Proses residensi permanen yang mudah

Setiap pekerja asing dapat mempertimbangkan untuk mengajukan permohonan kartu penduduk tetap jika telah tinggal dan bekerja di Singapura selama lebih dari setahun. Tanpa banyak kesulitan seluruh proses dapat diselesaikan secara online.

6. Kesempatan melanjutkan pendidikan

Jika Anda ingin memperoleh keterampilan tertentu untuk mendapatkan promosi pada tahap apa pun, kamu harus mempertimbangkan untuk lulus di salah satu dari enam universitas di Singapura. National University of Singapore saat ini menduduki peringkat nomor satu di Asia dan nomor 22 di dunia dengan gelar di bidang seni, hukum, kedokteran, ilmu komputer, kebijakan publik. Setiap pekerja dapat mengajukan permohonan hibah pemerintah atau beasiswa untuk memangkas biaya studi Anda hingga 50%.

7. Mendapatkan jaminan sosial

Karyawan membuat kontribusi wajib ke sistem jaminan sosial Singapura setiap bulan sebagai bagian dari gaji mereka. Ini disebut sebagai Central Provident Fund (CPF), dan sejak 1955, skema ini sudah ada.

Kontribusi tersebut mencakup dana untuk jaminan sosial, perawatan kesehatan dan pensiun.Pekerja hanya dapat membayar ke skema ini sebagai orang asing sampai menjadi Penduduk Permanen Singapura. Setiap pekerja di sana wajib berkontribusi pada CPF setiap bulan.

Nah, Grameds setelah membaca artikel di atas, apakah semakin tak sabar untuk melamar kerja di Singapura? Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mempelajari bagaimana menulis CV dan surat lamaran kerja yang baik atau mengenal lebih dekat tentang Singapura, Anda bisa mempelajarinya dengan membaca referensi-referensi yang ada di internet maupun buku yang hanya bisa kamu dapatkan di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Penulis pena: Audrey Aulivia Wiranto

Baca juga artikel lain berikut ini :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda