in

20+ Pertanyaan Saat Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

Pertanyaan saat Interview Kerja – Interview kerja adalah tahapan yang harus dilalui oleh seseorang yang sedang mencari pekerjaan baru (jobseeker). Tahapan ini terkadang membuat seseorang merasa stres apalagi untuk orang yang baru pertama kali melamar kerja.  Untuk mendapatkan gambaran mengenai pertanyaan apa saja yang biasanya ditanyakan pada saat interview, salah satu strategi untuk menghadapinya adalah mempelajari contoh-contoh pertanyaan interview kerja. Pada dasarnya, tim rekrutmen pada sebuah perusahaan memiliki beberapa pertanyaan yang hampir sama ketika melakukan wawancara kerja. Umumnya mereka akan menanyakan seputar curriculum vitae (CV) dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh para pelamar. Agar para jobseeker tidak bingung, berikut Gramedia rangkum pertanyaan-pertanyaan interview kerja yang paling sering tim HRD tanyakan dan bagaimana harus menjawabnya.

Pertanyaan yang Sering Muncul saat Interview Kerja

pertanyaan saat interview kerja Pertanyaan mengenai data pribadi seperti yang pelamar cantumkan di CV biasanya digunakan untuk membuka percakapan dan mencairkan suasana interview kerja. Meskipun pertanyaan ini terkadang dianggap oleh sebagian para jobseeker sebagai formalitas saja, namun para jobseeker tetap harus menjawabnya dengan antusias sehingga pewawancara tertarik kepada para pencari kerja.

1. Ceritakan tentang diri Anda

Pertanyaan mengenai data diri ini lazim ditanyakan oleh HRD saat interview dengan calon karyawan. Meskipun terdengar mudah, ketika sudah memasuki ruang interview bisa saja calon karyawan grogi dan membuatnya salah menjawab pertanyaan. Dari cara penyampaian yang disampaikan calon karyawan, HRD akan mengevaluasi kepribadian, karakter, dan pola pikiran calon karyawan. Mulailah dengan mengucapkan salam, perkenalan, kemudian jawab secara singkat, lengkap, dan tegas. Dan jangan lupa ceritakan kepada HRD pengalaman atau pencapaian terbaik yang telah diraih selama ini. Ceritakan pengalaman bekerja sebelumnya atau untuk kamu yang lulusan baru (fresh graduate), ceritakan pengalaman organisasi atau kepanitian di kampus yang kamu ikuti.  Fokuslah menjawab pertanyaan dengan teliti dan jangan grogi supaya HRD yakin dengan kemampuan yang kamu miliki.

2. Apa yang Kamu Ketahui Mengenai Perusahaan?

Sebelum kamu melakukan interview kerja, pastikan kamu sudah cari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa mendapatkan informasi yang valid dari website resmi perusahaan. Tentu saja tidak perlu menghafal semua informasi yang kamu baca, pilih saja dan pahami informasi yang penting. Sobat Gramedia, supaya kamu tidak lupa mengenai apa yang sudah kamu pelajari tentang perusahaan, sebaiknya kamu mencatat poin-poin penting tentang perusahaan. Selain dari website atau situs resmi perusahaan, apabila kamu memiliki rekan kerja yang bekerja di perusahaan yang sama, kamu bisa menanyakan informasi penting untuk persiapan interview kerja ke rekan tersebut. Informasi tersebut tentu bisa membantu proses kamu dalam menghadapi pertanyaan pewawancara. Kamu juga bisa menanyakan budaya kerja perusahan ke rekan tersebut supaya kamu siap apabila diterima kerja di perusahaan yang kamu lamar. Pastikan kamu menjawabnya dengan natural supaya tidak kelihatan menghafal jawaban. Hal ini penting guna memastikan bahwa kamu benar-benar mengetahui perusahaan yang kamu lamar.

3. Apa Kelebihan Anda?

Untuk kamu yang menghadapi pertanyaan pewawancara seperti ini, pastikan kamu menjawab kelebihan yang menjadi kekuatan kamu, jangan mengada-ada. Pastikan jawaban kamu relevan dengan memilih kelebihan yang paling berhubungan dengan jabatan atau posisi yang kamu lamar. Jawaban yang kamu sampaikan kepada pewawancara harus spesifik dan jangan generic. Kemudian beri contoh bagaimana kamu mengimplementasikan kelebihan kamu dalam konteks profesionalisme pekerjaan.

Salah satu kelebihan yang bisa kamu sebutkan atau harus kalian miliki adalah sifat leadership. Leadership mengartikan bahwa kalian mengantongi kemampuan seseorang untuk mempengaruhi,  memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Suatu perusahaan bisa berkembang atau tidak salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan yang memimpin. Untuk mempelajari tentang sifat leadership lebih mendalam Grameds bisa mempelajari hal tersebut dengan klik banner di bawah ini.

4. Apa Kekurangan Kamu?

Melalui pertanyaan ini, pewawancara ingin mengetahui seberapa kenal kamu terhadap dirimu sendiri. Apabila kamu memiliki kekurangan tertentu, maka kamu bisa menjawabnya dengan jujur dengan ditambahi dengan penjelasan bahwa kamu akan membiasakan untuk selalu belajar supaya bisa.  Contoh, apabila kamu orang yang pelupa, maka kamu bisa menyiasatinya dengan membawa buku catatan kecil dan selalu mencatat sesuatu yang penting. Terkadang pertanyaan ini dianggap oleh beberapa pencari kerja menjadi pertanyaan yang sulit. Jika kamu tidak bisa menjawabnya maka ada kemungkinan HRD akan ragu menerima kamu karena dianggap sebagai sosok yang tidak kompeten. Hindari kalimat “saya tidak memiliki kekurangan”, karena hal itu membuatmu dianggap sosok yang sombong.

5. Mengapa Anda tertarik ke perusahaan ini?

Pertanyaan ini tergolong umum ditanyakan saat interview kerja. Hal ini biasanya ditujukan agar HRD mengetahui motivasi pelamar kerja. Hindari jawaban yang berkaitan dengan gaji yang diberikan perusahaan, skala perusahaan yang besar, atau bahkan menceritakan kekurangan perusahaan di tempat kamu bekerja sebelumnya. Hal ini akan dinilai buruk oleh HRD. Kamu akan dianggap sebagai orang yang tidak loyal terhadap perusahaan. Hendaknya kamu menjawab yang berkaitan dengan bisnis perusahaan yang kamu lamar, seperti kecocokan dengan jenis bisnis perusahaan, cocok dengan visi misi perusahaan, latar belakang pendidikan yang sesuai, maupun pengalaman kerja sebelumnya yang sesuai dengan posisi yang dilamar sekarang.

6. Mengapa Anda Tertarik dengan Posisi ini?

Umumnya, setelah ditanya oleh HRD mengenai motivasi melamar pekerjaan, pertanyaan selanjutnya adalah tentang posisi yang dilamar. Apabila pengalaman bekerja kamu sebelumnya berada di posisi yang sama tentu ini tidak menjadi hal yang serius dan membuat pusing kepala. Namun, apabila tidak memiliki pengalaman yang sama sekali di bidang tersebut, bahkan bila baru saja lulus sekolah atau kuliah, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Pelajari terlebih dahulu job description, kemudian cari hubungan dengan latar belakang pendidikan atau keterampilan yang kamu miliki.  Jika kamu sudah mempelajari terlebih dahulu, meskipun kamu fresh graduate, maka ada potensi kamu bisa diterima dibandingkan yang sudah berpengalaman.

7. Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan?

Pertanyaan ini perlu dijawab sesuai dengan kemampuan serta pengalaman yang kamu miliki. Kamu bisa menceritakan pengalaman di tempat lama bekerja dan ceritakan pencapaian serta prestasi-prestasi yang telah diraih sebelumnya untuk meyakinkan HRD.  Apabila kamu belum memiliki pengalaman kerja, baru lulus sekolah atau kuliah, maka kamu bisa menceritakan pengalaman kamu di organisasi dan ceritakan kesanggupan bahwa kamu siap bersedia belajar dari awal apabila diterima di perusahaan tersebut.

Dengan menceritakan pengalaman dalam organisasi tentunya kamu bisa menyebutkan bahwa kamu memiliki pengalaman manajemen yang baik, sehingga HRD bisa merasa yakin atas kinerja yang akan kamu berikan untuk perusahaan.

Selain dalam pengalaman dalam organisasi kamu bisa mendapatkan ilmu manajemen dari mana saja, salah satunya dari buku yang menjadi rekomendasi Gramedia.com. yang tentunya bisa Gramedians cari tahu lebih lengkap dengan klik banner di bawah ini.

banner-promo-gramedia

8. Apa Rencana Anda Lima Tahun ke Depan?

Perusahaan-perusahaan yang sudah besar biasanya akan menanyakan hal ini kepada calon karyawan. Tipsnya, kamu harus menjawab yang realistis dan jujur mengenai rencana karirmu lima tahun ke depan. Apabila kamu memiliki rencana menikah atau memiliki anak dalam lima tahun ke depan, sebaiknya ungkapkan saja kepada HRD secara langsung. Pertanyaan mengenai rencana menikah memang cukup sering diajukan oleh HRD karena ada beberapa perusahaan yang memenag mewajibkan karyawannya untuk tidak menikah minimal enam bulan ke depan setelah diterima kerja.

9. Mengapa Anda Berhenti Bekerja dari Perusahaan Sebelumnya?

Apabila kamu sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, hindari kalimat-kalimat yang membicarakan keburukan perusahaan kamu sebelumnya. Apabila kamu memiliki masalah pribadi dengan perusahaan sebelumnya, sebaiknya tidak perlu diceritakan kepada HRD. Sampaikan alasan-alasan yang logis, seperti ingin meningkatkan kemampuan di perusahaan yang kamu lamar sekarang serta ceritakan ketertarikan kami mengenai hal-hal yang tidak bisa dipenuhi di perusahaan sebelumnya, namun dimiliki oleh perusahaan yang saat ini kamu lamar.

10. Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Pertanyaan ini terkadang akan membingungkan bagi lulusan baru (fresh graduate). Sebelum kamu hadir untuk interview dengan HRD, sebaiknya kamu riset terlebih dahulu mengenai rentang gaji dengan posisi yang kamu lamar. Kamu bisa membaca di website-website mengenai kisaran gaji maupun bertanya dengan rekan kerja yang lain. Apabila kamu memiliki beberapa keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan, maka jangan ragu untuk menceritakannya kepada HRD supaya HRD tertarik untuk menerima lamaran pekerjaanmu dan memungkinkan gaji yang akan kamu dapatkan semakin besar. Pastikan bahwa kamu orang yang terbuka, mau diajak diskusi termasuk diskusi negosiasi mengenai gaji. Ceritakan pengalaman serta prestasi yang telah kamu capai sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan gaji di perusahaan baru. Jika kamu memiliki keraguan pada saat proses interview kerja ini, jangan ragu untuk menanyakan langsung kepada HRD supaya hal-hal yang kamu belum pahami menjadi jelas. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu antusias terhadap proses wawancara dan perusahaan tersebut. Ajukan pertanyaan yang spesifik dan berkaitan dengan pekerjaan agar pewawancara juga bisa memberikan jawaban dengan gamblang.

11. Bagaimana Sikap Anda Apabila Ada yang Mengkritik Pekerjaan Anda ?

Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh HRD kepada pelamar kerja untuk mengetahui kepribadian calon karyawannya. Pada umumnya memang manusia tidak suka dikritik, akan tetapi selama kritik itu membangun, maka kamu sebagai pelamar kerja harus menerima kritik tersebut dengan senang hati dan melaksanakannya untuk memperbaiki diri sendiri.

12. Apa yang Anda Lakukan Ketika Menghadapi Masalah dalam Pekerjaan?

Jawablah dengan kalimat-kalimat yang bijaksana karena itu menunjukkan kedewasaan kamu sebagai calon karyawan. Kedewasaan dalam berpikir, kedewasaan dalam menuntaskan masalah tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi HRD. Kamu bisa mencari akar masalahnya terlebih dahulu, kemudian analisis masalah tersebut guna mendapatkan solusi yang terbaik dalam menghadapi permasalahan tersebut. Dari setiap masalah yang timbul, maka kamu sebagai calon karyawan hendaknya menetapkan tindakan pencegahan (preventif) supaya permasalahan-permasalahan tidak terulang kembali.

Tentunya sebuah masalah tersebut bisa menghambat motivasi dalam pekerjaan, sehingga motivasi menjadi hal penting bagi para pegawai maupun karyawan dalam berjalannya sebuah perusahaan. motivasi harus terus di tingkatkan dalam keadaan apapun. Gramedians bisa menambah wawasan dalam meningkatkan motivasi dalam bekerja sebelum menjadi calon karyawan dengan mempelajari hal tersebut dengan klik banner di bawah ini.

13. Apakah Anda Bersedia Jika Diminta Bekerja Lembur?

Sebaiknya kamu menjawab dengan jujur dengan kemampuan waktu kerja yang kamu miliki. Kamu bisa menjawab dengan kalimat “Saya bersedia bekerja sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh kantor. Meskipun begitu, saya fleksibel untuk sesekali bekerja di akhir pekan asalkan diberitahukan pemberitahuan dari jauh hari”. Dengan pernyataan tersebut, maka HRD menjadi tahu bahwa kamu bisa bekerja di luar jam yang ditentukan asalkan tidak mendadak.

14. Menurut Anda, Apa yang Membuat Perusahaan ini Berbeda dengan Perusahaan Sejenis Lainnya?

Sebagai calon pencari kerja, bisa jadi HRD akan menanyakan pertanyaan ini. Kamu bisa menjawabnya dengan kalimat “sepanjang saya tahu, perusahaan ini menghasilkan produk yang berkualitas dan lingkungan kerjanya yang baik”.  Yang penting, kamu tidak menceritakan keburukan perusahaan lama.

15. Lingkungan Kerja Seperti Apa yang Anda Suka?

Ketika kamu dihadapkan dengan pertanyaan interview seperti ini, sebaiknya jawablah dengan jawaban yang berhubungan dengan culture perusahaan yang kamu lamar. Misalkan culture perusahaan yang kamu lamar sekarang memiliki lingkungan yang fleksibel, maka kamu bisa menjawab dengan jujur bahwa kamu menyukai lingkungan kerja yang fleksibel seperti perusahaan yang sedang kamu alamar makanya tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

16. Apakah Anda Bersedia Jika Ditempatkan di Luar Kota?

Untuk kamu yang mendapat pertanyaan ini, sebaiknya jangan asal memberikan jawaban “bersedia”. Jika kamu masih ragu atau tidak bersedia maka berikanlah alasan logis yang dapat diterima oleh perusahaan. Memang biasanya perusahaan mencari kandidat yang bias ditempatkan di mana saja. Oleh karena itu, sebelum tahap interview kerja, sebaiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu mengenai perusahaan yang kamu lamar. Mulai dari letak kantor cabangnya, hingga jaringan distribusinya. Sehingga kamu bisa memperkirakan di kota mana saja kamu kemungkinan ditempatkan serta memiliki kesiapan untuk mempertimbangkan pekerjaan tersebut.

17. Seberapa Baik Anda Mengenal Perusahaan Ini?

Perusahaan seringkali menanyakan ini kepada calon karyawannya. Pertanyaan ini sebenarnya cukup mudah untuk dijawab. Pasalnya, hanya kamu yang bisa memberikan jawaban. Namun, terkadang calon karyawan khawatir jika jawaban yang diberikan akan memberikan kesan yang buruk bagi HRD. Supaya kamu terhindar dari kekhawatiran, kamu bisa memberikan penjelasan mengenai fokus pada keunggulan perusahaan yang berkaitan dengan keahlian yang kamu miliki, mengaitkan keterampilan yang kamu miliki dengan posisi yang dilamar, dan menghubungkan tujuan dengan branding produk,

18. Apakah Anda Bersedia Jika Menerima Tanggung Jawab yang Lebih Besar?

Jika kamu bersedia, maka jawablah dengan siap bersedia. Artinya kamu dipercaya oleh perusahaan untuk mendapatkan amanah yang lebih besar maka kamu harus memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin dengan menunjukkan kinerja yang baik dan tanggung jawab.

19. Berapa Gaji Anda Sekarang?

Pada saat interview kerja terkadang masalah gaji menjadi hal yang sulit dijawab. Jika kamu mendapatkan pertanyaan ini jawablah secara jujur. Atau kamu bisa menyebutkan nominalnya secara langsung “Gaji pokok saya sekarang adalah 4 juta ditambah tunjangan dan bonus bulanan sehingga total gaji saya adalah 5 juta”. Perusahaan ini tidak bisa memenuhi Permintaan Gaji Anda. Seberapa Banyak Anda Bisa Menurunkan Permintaan Gaji Anda? Sebelum kamu melakukan interview dengan HRD, pastikan kamu sudah riset terlebih dahulu. Akan lebih mudah jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja maka kamu bias mengacu pada gaji terakhir yang kamu terima.

Apabila kamu seorang lulusan baru dan belum berpengalaman kerja maka kamu biasa melakukan hal ini: riset UMR di tempatmu melamar kerja, kebutuhan hidup minimal, serta upah minimal dari pekerjaan sejenis. Kemudian kamu bisa berikan kisaran sehingga  kamu berkesempatan mendapatkan upah yang lebih dari yang diekspektasikan dan pastikan juga batas bawah dan batas atas kisaran yang kamu berikan tidak terlalu jauh. Dan yang lebih penting adalah sesuaikan dengan kemampuan. Angka yang kamu sebut harus berdasarkan hasil riset yang sudah kamu lakukan, kamu bias menunjukkan kemampuan dan hasil kerja sebelumnya. Hal ini bisa membuat HRD yakin dan angka yang kamu sebutkan adalah angka yang wajar dan pantas kamu dapatkan.

Tidak menutup kemungkinan dengan menyebutkan kemampuan dan pencapaianmu bisa membuat HRD tertarik untuk merekrut dan memberikan gaji yang lebih besar seusai yang kamu harapkan. Setelah kita mendapat pekerjaan melalui proses wawancara, kita perlu menjalankan pekerjaan kita dengan baik serta meningkatkan keahlian – keahlian untuk kinerja perusahaan. Bagaimana caranya? Grameds bisa mempelajarinya dari buku rekomendasi kategori Keterampilan Profesional yang dijual di Gramedia.com dengan klik banner di bawah ini.   Baca juga artikel seputar “Interview Kerja”

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

banner-promo-gramedia
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad